Kurma Ajwa, Jenis Kurma Dengan Segudang Manfaat Dan Khasiat Bagi Kesehatan

2 minggu lalu

Ciri ciri kurma ajwa yang asli

Siapa sih yang gak tau buah kurma? Buah lezat yang identik dengan rasa manis ini biasanya selalu identik dengan bulan ramadhan. Di saat bulan suci ramadhan, akan ada banyak jenis buah kurma yang dijual di pasaran. Tapi walaupun identik dengan ramadhan, namun buah ini bisa dimakan kapanpun. Mengutip dari wikipedia sejarah kurma merupakan makan pokok dari negeri Timur Tengah sejak ribuan tahun yang lalu, pohon kurma perkiraan berasal dari teluk persia, yang telah dibudidayakan sejak zaman prasejarah mesir (Tahun Awal 4000 SM). dan sampai sekarang masih sebagai makan pokok.

Didunia ini ada banyak jenis buah kurma, namun ada satu junis buah kurma yang menjadi primadona seluruh masyarakat muslim. Ada yang tau? Yup buah kurma yang populer tersebut adalah jenis Kurma Ajwa. Biasanya masyarakat mengenal kurma Ajwa dengan sebutan Kurma Nabi.

Kurma Ajwa memiliki tekstur lembut dan kering. Bentuknya cenderung mungil, bulat dagingnya tebal dan berwarna hitam mengkilat. Kurma jenis ini banyak tumbuh di Madinah. Buah kurma ajwa tidak hanya memiliki rasa yang lezat untuk dinikmati tapi manfaat serta khasiat yang baik untuk kesehatan. Kurma ajwa mengandung vitamin B1, E, B6, B12, C, K, dan A. Selain itu, kurma yang satu ini juga mengandung banyak gula, lemak jenuh, energy, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, protein, magnesium, sodium, seng, zat besi, dan kalium. Semua vitamin dan mineral tersebut merupakan gizi yang lengkap dan menyehatkan untuk tubuh. Nah untuk lebih lengkapnya, berikut khasiat kurma Ajwa bagi kesehatan. Check it out guys!

Khasiat dan Manfaat Kurma Ajwa

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat kurma ajwa bagi kesehatan yang pertama adalah melancarkan pencernaan guys! Buah kurma ajwa ini terbukti mengandung potassium yang berguna dengan baik untuk melancarkan sistem pencernaan jika dikonsumsi secara rutin. Sehingga sistem pencernaan menjadi lancar dan gak ada lagi kasus susah BAB dan kamusmu. Selain itu kurma ajwa juga dapat menghilanglan bakteri jahat yang ada di dalam sistem pencernaan. Sehingga buah kurma ajwa juga dapat membantu untuk mencegah penyakit sembelit ataupun diare karena makanan yang tidak sehat. Selain itu, gangguan pencernaan seperti sakit maag juga bisa diobati dan dihilangkan dengan membiasakan makan buah ajwa.

2. Mengatasi anemia

Khasiat kurma ajwa bagi kesehatan selanjutnya adalah mampu mengatasi anemia. Penyakit anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah, dimana penderitanya sering terlihat pucat dan mudah lelah. Kurma ajwa dipercaya mampu mengatasi penyakit anemia lantaran memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Bahkan energi yang dikandung dari 5 buah kurma setara dengan 130 kJ dan mampu membuat tubuh tidak terasa lemas lagi. Selain itu kurma ini juga mengandung zat besi yang mampu membuat sel-sel darah merah diproduksi lebih banyak.

3. Meningkatkan energi

Buah kurma ajwa juga mampu meningkatkan energi guys! Pasalnya kurma satu ini menganjung gula alami yang sehat bagi tubuh, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Hal ini membuat kurma dapat meningkatkan energi dengan cepat. Ini pula yang membuat kurma jadi makanan yang identik saat bulan Ramadhan. Cukup dengan mengonsumsi beberapa buah kurma saja sudah dapat mengembalikan energi tubuh.

4. Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis

Manfaat buah kurma ajwa selanjutnya adalah memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis guys! Osteoporosis dan kepadatan tulang dipengaruhi oleh kalsium yang dikandung dalam tubuh. Nah kalau kamu kekuranga kalsium kemungkinan besar kamu rentan dengan namanya pengapuran tulang ataupun osteoporosis. Nah kurma ajwa ini dipercaya mampu mengatasi masalah tulang ini guys! Pasalnya kurma ajwa mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah pada tulang.

Manfaat kurma ajwa bagi kesehatan

photo via : bateel.com

5. Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Tubuh manusia tentunya membutuhkan banyak asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas. Buah kurma ajwa bisa jadi salah satunya untuk dikonsumsi karena kaya akan nutrisi. Seperti yang kita tahu kandungan utama dari buah kurma ajwa sangat bermanfaat untuk kesehatan dan daya tahan tubuh, diantaranya vitamin A dan C, protein, zat besi dan kalsium.  *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

6. Menjaga kesehatan kulit

Selain melakukan perawatan kulit, buah kurma ajwa ini juga berfungsi dengan baik untuk menjaga agar kulit tetap terasa kenyal serta lembut. Pasalnya kurma ajwa mengandung vitamin C dan D yang baik untuk kesehatan kulit kamu jika dikonsumsi secara rutin. Selain menjaga kesehatan kulit kurma ajwa juga memiliki khasiat anti aging.

7. Menjaga kesehatan jantung dan mengatasi diabetes mellitus

Saat ini sangat susah untuk memilih makanan bergizi yang benar-benar dapat menyehatkan jantung. Namun kurma ajwa bisa kalian manfaatkan sebagai cemilan lezat dan bergizi bagi jantung. Pasalnya kurma satu ini mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga mampu merangsang pengangkatan kolesterol dari sel-sel arteri. Mencegah arteri jadi keras dan tersumbat dengan plak. Selain itu, mengkonsumsi kurma ajwah diyakini dapat mencegah penyakit diabetes mellitus. Karena buah kurma ajwa mengandung zat besi, kalsium, niacin, kalium yang berguna untuk mengatasi penyakit tersebut.

8. Dapat meningkatkan libido

Khasiat kurma ajwa selanjutnya adalah dapat meningkatkan libido guys! Khususnya buat kalian yang sudah berumah tangga, kurma satu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan gairah kegiatan malam kalian dengan pasangan. Libido ini berbeda-beda setiap orangnya. Jika ada orang yang libidonya lemah, bisa dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma ajwa. Karena buah kurma ajwa dapat meningkatkan libido dengan cara yang alami. Sehingga hubungan kalian dengan pasangan semakin harmonis.

Manfaat kurma ajwa bagi kesehatan

photo via : www.bukalapak.com

9. Bermanfaat untuk ibu hamil

Kurma ajwa juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil lho guys! Pasalnya kurma ajwa memberikan banyak nutrisi bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara rutin. Pada masa kehamilan pasti seorang ibu memerlukan yang banyak gizi untuk dirinya, baik dari makanan tertentu yang bisa memberikan hasil yang baik untuk tubuh nya dan si bayi dalam kandungannya. Selain itu, kurma ajwa juga sangat bermanfaat pada waktu menjelang melahirkan karena memberikan kekuatan fisik dan kesehatan yang baik sehingga si ibu kuat melahirkan dengan normal.

10. Bermanfaat untuk ibu menyusui

Kurma ajwa juga sangat bermanfaat bagi ibu menyusui guys! Setelah melahirkan tugas ibu tidak berhenti disana, namun masih harus memberi ASI yang kualitas bagus, kurma ajwa sangat membantu dengan nutrisi yang dimilikinya. Sehingga seorang Ibu diharapkan mengkonsumsi kurma ajwa, yang dapat membantu dalam memproduksi banyak ASI, sehingga ASI yang diperlukan si Bayi tercukupi.

11. Bermanfaat untuk tumbuh kembang anak-anak

Gak sampai disana guys! Buah kurma ajwa ini juga sangat berguna untuk tumbuh kembangnya anak-anak lho! Pasalnya kurma ajwa ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak untuk membantu perkembangan otak dan melatih konsentrasi. Nutrisi buah kurma bisa menyehatkan badan dan juga pikiran karena didalamnya terkandung nutrisi yang bisa menghilangkan stres. Dengan begitu anak akan aktif dan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

12. Mengatasi kelebihan berat badan

Buat para cewek yang mau diet tapi gagal terus, kamu bisa memanfaatkan kurma ajwa ini untuk menurunkan berat badan kalian guys! Pasalnya mengkonsumsi kurma ajwa secara rutin dipercaya mampu menurunkan bobot yang berlebih. Itu karena buah kurma ajwa ini memiliki kandungan rendah kolesterol yang baik untuk kesehatan tubuh. Karena kolesterol yang menyebabkan seseorang menjadi gemuk dan kelebihan berat badan.

Manfaat kurma ajwa bagi kesehatan

photo via : palmyradelights.de

13. Mengatasi kanker

Dikutip dari Okezone.com, menurut ahli kesehatan, kurma memiliki komposisi 70% zat gula, 20% protein, dan 3% lemak. Buah tersebut mengandung zat besi dan mengandung vitamin B dan C hingga mengandung zat anti kanker. Penelitian di Mesir mengungkap bahwa penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya mengonsumsi kurma. Hal ini dikarenakan kurma memiliki zat-zat yang mematikan sel kanker. Selain itu, dikutip dari haji.kemenag.go.id sebuah penelitian baru yang dilakukan King Saud University ( KSU ), Riyadh, Arab Saudi, menemukan kurma ini mengandung unsur aktif yang berguna dalam pencegahan penyakit seperti kanker guys!

Ciri ciri kurma ajwa yang asli

Ciri ciri kurma ajwa yang asli

Photo via sg.carousell.com

Dengan segudang khasiat yang dimiliki oleh kurma ajwa dan harga yang lebih mahal dari jenis kurma lainnya maka banyak sekali pedagang nakal yang berusaha mengambil untung dengan menjual kurma ajwa yang palsu. Untuk itu diharapkan agar lebih teliti jika membeli kurma ajwa dengan memperhatikan ciri-ciri kurma ajwa yang asli sebagai berikut:

  1. Ciri-ciri kurma ajwa yang asli jika dilihat secara langsung memiliki ukuran yang lebih kecil dari jenis kurma lainnya.
  2. Kurma ajwa memiliki warna lebih gelap dengan tekstur permukaan yang agak kering. Selain itu kurma ajwa yang asli memiliki garis-garis guratan pada permukaannya.
  3. Selain itu ciri kurma ajwa lainnya adalah kurma jenis ini banyak disukai oleh semut, lalat bahkan madu. Hal ini menunjukan bahwa kurma tersebut memang asli dan tidak mengandung bahan kimia.
  4. Dari segi rasa, kurma ajwa memiliki rasa yang tidak terlalu manis atau bisa dikatakan memiliki rasa manis yang sedang.
  5. Untuk harga, kurma ajwa memiliki harga yang lebih mahal dari jenis kurma lainnya.

Nah itu dia guys informasi seputar kurma ajwa yang memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Baca Juga