Makanan dan Minuman Paling Enak dan Pas Dimakan Saat Musim Hujan. Yummy!!



Musim hujan telah tiba, bagi kita musim hujan pasti merupakan musim yang merepotkan dan juga gampang untuk sakit. Bagaimana tidak, dengan curah hujan yang semakin meningkat tiap harinya pada musim penghujan, pasti ada kalanya satu hari itu tidak ada matahari sama sekali. kalau kita pas lagi jemur pakain pasti gak bisa kering.

Selain hal menyebalkan tersebut, musim hujan juga identik dengan dingin yang biasanya membuat kita mudah terserang flu dan juga kelaparan. Kalau sudah urusan perut, dingin-dingin pas musim hujan paling enak buat makan makanan dan minuman hangat. Tapi kalau cuman hangat saja sih belum cukup. Makanan dan minuman hangat ini tentu saja haruslah mengenyangkan. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang paling cocok untuk dimakan saat musim hujan.

1. Bakso

photo via : www.tupperware.co.id

Dingin-dingin saat hujan, bakso merupakan makanan paling diincar banyak orang. Bagaimana tidak, makanan dengan tekstur lembut yang dihidangkan hangat-hangat ini akan membuat harimu terasa lebih segar dan bersemangat. Yang paling enak saat hujan turun adalah dengan menyantap bakso dengan kuah yang super pedas. Pasti mantap banget rasanya.

Selain itu, salah satu makanan favorit orang Indonesia ini juga bisa ditemui dimana saja. Misalnya kamu lagi di rumah dan turun hujan, biasanya masih ada abang-abang tukang bakso yang lewat. Atau kalau kamu lagi dijalan dan sedang turun hujan, di pinggir-pinggir jalan juga banyak yang menjual bakso.

Kamu juga bisa membuat bakso sendiri lho. Bakso ini termasuk makanan yang mudah dibuat. Kamu hanya memerlukan daging sapi yang sudah digiling, yang kemudian di tambahkan bumbu, dan tepung, lalu dibulat-bulatkan. Biasanya bakso akan disajikan bersama dengan mi atau bihun, ditambah kuah hangat dan taburan seledri dan bawang goreng.

2. Soto

photo via : static01.nyt.com

Kuah soto ditambah dengan isian daging didalamnya pastinya bisa menghangatkan harimu saat musim hujan tiba. Soto sendiri ada banyak jenisnya loh, berbeda daerah, biasanya beda juga sajian soto yang dimiliki. Namun semua soto pastinya nikmat jika disantap saat hujan.

Makanan ini memang cocok untuk disantap saat musim hujan, kuahnya yang hangat dan isiannya yang gurih menjadikan sot semakin nikmat.Bukan hanya itu, taburan seledri dan daun bawangnya juga membuat selera makan kita bertambah dan pastinya ingin cepat-cepat menghabiskannya.

3. Mi Rebus

photo via : img.qraved.co

Hujan-hujan, pasti membuat kita malas untuk keluar rumah. Dingin-dingin seperti ini membuat kita makin lapar. Karena malas unutk membeli makanan di luar, jalan keluar lainnya kita pasti bisanya membuat mi rebus. Ya mi instan yang biasanya pasti kita stok di rumah akan jadi makanan mewah saat musim hujan tiba. Mi rebus memang disajikan hangat-hangat dengan tambahan sayuran dan daging ataupun telur didalamnya akan membuat kita semakin tergugah untuk menikmatinya.

4. Sup Ayam

photo via : orsimages.unileversolutions.com

Makanan yang satu ini selain memang enak untuk dimakan saat musim hujan, juga dapat digunakan untuk menjaga kondisi tubuh loh. Dimana sup ayam dapat mebantu kita mengatasi hidung tersumbat akibat flu. Sup yang dihidangkan saat hangat dapat membantu menjaga suhu tubuh anda agar tetap stabil. Pada sup ayam tentu digunakan bumbu salah satunya adalah bawang putih. Dalam bawang putih terdapat kandungan allicin yang dapat melawan bakteri serta infeksi.

5. Pempek Palembang

photo via : 1.bp.blogspot.com

Tak usah menunggu musim hujan, camilan khas Palembang ini enak disantap setiap saat. Namun saat hujan, menyantap pempek Palembang tentu makin nikmat. Kuah cuka yang diguyur diatas potongan lenjer, adaan ataupun kapal selam akan membuat lidah kamu bergoyang.

6. Jagung rebus dan jagung bakar

photo via : 4.bp.blogspot.com

Jagung adalah makanan murah meriah yang rasanya enak. Jagung baisanya seringkali diolah lewat cara direbus atau dibakar. Untuk jagung yang dibakar, lebih baik memakai jagung yang muda, agar terlalu keras. Jagung ini paling enak dinikmati waktu turun hujan saat hangat. Jagung sendiri banyak mengandung serat, vitamin B kompleks, serta antioksidan.

7. Binte Biluhuta

photo via : i.ytimg.com

Makanan khas Gorontalo ini sebenarnya berbentuk dasar sup jagung. Penambahan bumbu seperti belimbing sayur, kelapa, daun kemangi, daun bawang dan jeruk nipis lah yang membuatnya semakin sedap. Plus, tambahan udang! Oleh orang-orang setempat, makanan ini disebut juga milu (jagung) siram. Paling nikmat disantap waktu udara dingin saat musim hujan. Karena binte biluhuta ini adalah makanan lokal, kamu tidak akan kesusahan mencicipinya jika kalian melancong ke Gorontalo.

8. Tongseng

photo via : oatmeal.perutgendut.com

Bagi Anda penggemar daging kambing, makanan hangat di musim hujam yang sering dicari mungkin adalah tongseng. Kuahnya yang agak kental dengan campuran rempah dan ditambah dengan irisan daging kambing memang paling cocok disantap saat tubuh sedang merasa kedinginan. Selain daging kambing, masih ada pilihan daging lain seperti daging ayam dan daging sapi.

9. Gulai

photo via : sedapkuliner.com

Gulai merupakan masakan berbahan baku daging ayam, ikan, kambing, sapi ataupun sayuran jenis lainnya seperti nangka muda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercita rasa gurih. Gulai memiliki ciri khas dimana bumbunya yang kaya akan rempah seperti kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai, bawang merah/putih, adas, pala, serai, kayu manis & jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan gurih. Duh, nikmat banget pastinya apalagi jika musm hujan tiba, makanan yang disajikan hangat-hangat ini pastinya makin lezat dan menggoda.

10. Pisang goreng

photo via : cdn.bisnisukm.com

Siapa yang belum pernah menyantap pisang goreng? pasti gak ada yang meragukan kelezatan makanan yang satu ini. Walaupun makanan ini bisa dijumpai dengan berbagai bentuk di Indonesia. seperti jika di Jawa biasanya menyantap pisang goreng begitu saja, ditemani kopi atau teh hangat. Namun di Manado serta di Makassar, pisang goreng dinikmati bersama dengan sambal dabu-dabu serta sambal roa.

Selain di goreng, pisang juga dapat diolah dengan cara dipipihkan lalu dipakar diatas arang. Selain itu pisang goreng kipas ala Kalimantan juga sedang populer jadi camilan saat ini.

11. Kopi

photo via : monitor.co.id

Kopi bisa dibilang minuman nomor 1 yang paling cocok untuk menemani aktivitas Anda dimusim hujan. Suara rintik-rintik hujan yang mendamaikan jiwa dan menggoda Anda untuk cepat terlelap, tidak akan berarti apa-apa bila Anda ditemani dengan segelas kopi. Kandungan kafein pada kopi mampu membuat anda tetap terjaga dan mengembalikan semangat Anda. Semangat Anda akan tetap cerah, walaupun di luar cuaca sedang hujan.

12. Coklat Hangat

photo via : i2.wp.com

Cuaca di musim hujan biasanya mampu membuat Anda merasa ngantuk, bagi Anda yang sedang bekerja atau berkarya akan sangat meyebalkan bila rasa ngantuk itu menghampiri Anda. Jika perasaan itu datang menghampiri, Anda dapat mengatasinya dengan konsumsi coklat atau segelas coklat hangat saat jam istirahat. Coklat mampu menambah semangat dan mengusir rasa ngantuk Anda karena coklat mengandung theobromine dan kafein.

13. Bir Pletok

photo via : ecs7.tokopedia.net

Walaupun namanya adalah Bir Pletok, namun minuman yang satu ini tidak memiliki kandungan alkohol sedikitpun, Bir Pletok adalah minuman khas betawi yang terbuat dari campuran beberapa rempah seperti jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman ini berfungsi untuk mengobati masuk angin. Karena sifatnya yang menghangatkan tubuh, bir pletok juga bisa mengurangi gejala flu dan batuk. Cuaca ekstrem dan udara dingin saat musim hujan yang dapat menimbulkan gejala flu dapat diatasi dengan minum minuman yang satu ini.

14. Ronde

photo via : 3.bp.blogspot.com

Meskipun minuman yang satu ini merupakan minuman khas Yogyakarta dan Semarang, tapi kalian juga bisa menemui minuman ini di tempat lain seperti Malang, Magelang dan tempat-tempat lainnya. Ronde sendiri adalah semangkuk kuah wedang jahe disertai dengan kacang sangrai dan juga kudapan kenyal yang berbentuk bulat, isinya kacang dan gula merah.

Ada juga tambahan semacam dawet yang dicampur sama kuah. Cocok banget buat diminum di musim hujan. Hangatnya jahe bisa menghindarkan kalian dari perut kembung saat beraktivitas di musim hujan. Harganya juga cocok di kantong pastinya.

15. Angsle

photo via : elshinta.com

Angsle ialah kudapan lezat bersantan hangat, yang terdiri dari ketan putih, roti tawar, petulo (sejenis kudapan kenyal, tapi mengenyangkan. Terbuat dari tepung beras, kemudian ada mutiara dan kacang yang telah disangrai. Semua komponen yang ada dalam angsle tersebut disiram dengan kuah santan beraroma pandan dan pastinya terasa hangat. Angsle ini bisa kita jumpai di pinggir-pinggir jalan. Para penjual biasanya menggunakan gerobak keliling untuk menjajakan dagangannya.

16. Wedang Jahe

photo via : i.ytimg.com

Wedang jahe merupakan minuman yang terkenal untuk menghangatkan tubuh. minuman yang berbahan dasar jahe ini mudah sekali untuk dibuat sendiri dirumah. Caranyapun cukup mudah, dengan menggunakan jahe secukupnya, cuci dengan air bersih, tumbuk-tumbuk, lalu masukan kedalam gelas dan tuangkan air panas.

Kamu dapat menambahkan gula supaya rasanya menjadi manis dan tidak terlalu pedas, tetapi wedang jahe tanpa tambahan gula lebih baik untuk menghangatkan tubuh, menghilangkan kembung serta masuk angin. Jahe sendiri adalah tanaman obat yang berperan sebagai antibiotik, anti inflamasi dan anti bakteri.

17. Susu hangat

photo via : reps-id.co

Satu lagi minuman yang cocok diminum saat cuaca dingin saat musim hujan tiba. Selain manfaat susu yang begitu banyak serta rasanya yang gurih dan manis membuat susu menjadi minuman yang sering diburu waktu musim hujan. Selain itu susu dapat juga mengembalikan daya tahan tubuh yang menurun sepanjang musim penghujan. Hal ini dikarenakan susu adalah sumber kalsium serta protein yang memiliki kandungan fosfor, vitamin, kalium, magnesium, serta seng yang bermanfaat untuk tubuh kita.

18. Bajigur

photo via : pleisbilongtumi.files.wordpress.com

Minuman hangat khas Sunda ini, terbuat dari santan, gula aren, daun pandan dan sedikit garam. Bajigur memiliki rasa yang manis dan gurih. Bajigur sangat cocok dikonsumsi saat musim hujan. Biasanya penjual bajigur menjual satu gelas bajigur hangat dengan pisang rebus, kacang rebus, ubi rebus maupun kue pisang berbungkus daun.

19. Bandrek

photo via : resepkoki.id

Seperti halnya bajigur, bandrek juga populer di kalangan orang-orang Sunda. Tetapi, bandrek juga mudah didapat di daerah lain di Indonesia, seperti Medan. Komposisi utama bandrek adalah jahe, gula merah, daun pandan, serta kayu manis. Terkadang minuman yang satu ini juga diberi tambahan cengkih. Selain menghangatkan tubuh, bandrek dipercaya dapat menambah stamina terutama waktu menghadapi musim hujan. Hampir sama dengan bandrek adalah Sarabba. Minuman khas Makassar ini terdiri dari jahe, gula aren, santan serta kuning telur, plus merica bubuk.

20. Teh Talua

photo via : malkistdebest.files.wordpress.com

Udara Bukittinggi, Sumatera Barat yang selalu dingin membuat sajian teh telur ini begitu populer di kalangan orang-orang lokal. Bila kamu berkunjung ke Bukittinggi, jangan lupa mencicipi minuman eksotis ini. Kombinasi teh, kuning telur ayam kampung serta kayu manis terasa kompak di lidah. Tidak ada rasa amis, yang tercium hanya aroma wangi. Diminum panas-panas, dijamin membuatmu segar pada tegukan pertama, amat cocok diminum sembari menunggu hujan reda.

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >