Penting! Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

4 bulan lalu

Buah manggis merupakan buah-buahan tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Ada kabar gembira nih, ternyata buah ini selain enak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah ini hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan dan sangat baik untuk kesehatan. Buah dan kulitnya kaya kan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksida yang sangat bermanfaat. Selain itu, buahnya terkandung polikasanida, cathechins dan polyphenols yang merupakan salah satu bahan antikulat dan anti bakteri. Banyaknya zat dan vitamin dari buah manggis, membuat buah manggis ini kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat penting buah manggis untuk kesehatan tubuh.

 

1. Mencegah Kanker

Photo via : https://gitacinta.com

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang pertama adalah buah manggis dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan antioksidan tinggi pada kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Kulit manggis juga mengandung xanthoner yang dapat mencegah proliferasi sel kanker. Namun, kulit manggis tidak bisa membunuh sel kanker secara total. Pasien kanker masih harus menjalani kemoterapi dan radioterapi dan kulit buah manggis digunakan sebagai suplemen makanan.

 

2. Dapat Menurunkan Diabetes

Photo via : https://www.medicalnewstoday.com

Manfaat buah manggis yang berikutnya adalah untuk mengontrol kadar glukosa untuk penderita diabetes tipe 2. Peningkatan dalam kontrol kadar glukosa ini diketahui karena kemampuan buah manggis untuk mengurangi resistensi insuli pada jaringan dalam tubuh. Untuk penderita diabetes tipe 1, efek penurunan kadar glukosa mungkin sedikit rendah, namun tetap memperoleh manfaat dari kandungan antioksidan dalam buah ini.

 

3. Menyembuhkan Diare

Photo via : http://kesehatanaz.com

Terkadang kita menyepelekan kulit manggis dengan membuangnya setelah kita memakan isinya. Namun ternyata kulit manggsi memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dimana salah satunya adalah untuk membantu penyembuhan diare. Kamu bisa menggunakan kulit manggis sebagai obat diare, namun kamu harus tepat mengolahnya. Dalam kulit manggis terdapat kandungan mangostin yang dapat berperan sebagai anti-inflamasi dan anti oksidan.
*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

4. Meringankan Gangguan Saat Haid

Photo via : https://hellosehat.com

Buah manggis juga bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit pada gangguan haid. Siklus haid yang tidak teratur menyebabkan timbulnya rasa sakit nyeri pada sendi dan organ intim. Namun bagi siklus haidnya teratur juga terkadang sering menimbulkan rasa sakit ketika haid. Rasa sakit ini timbul karena darah kotor yang keluar kurang lancar. Kulit buah manggis ini bisa memperlancar aliran darah kotor ketika haid. Namun tetap harus memperhatikan cara mengolah kulit manggis dengan benar.

 

5. Memperkuat Sistem Imun

Photo via : https://konilife.com

Sistem imun merupakan salah satu hal yang penting untuk dijaga agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Maka dari itu, pentingnya mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat yang mampu memperkuat sistem imun tubuh kita. Salah satu sumber makanan yang baik yaitu buah manggis. Buah manggis kaya akan nutrisi, mineral, vitamin dan xanthone yang memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini akan melindungi tubuh dari penyakit yang melemahkan sistem kekebalan pada tubuh.

 

6. Memperlambat Proses Penuaan

Photo via : https://www.thenaturalbeauty.blog

Buah manggis juga memiliki manfaat bagi kecantikan dimana kandungan vitamin E pada buah manggis sering digunakan sebagai bahan baku untuk produk-produk kecantikan anti aging. Dimana untuk memperlambat proses penuaan dini. Sehingga tak heran ekstrak kulit manggis ini sangat populer di dalam produk kecantikan wanita. Selain itu, kandungan anti bakteri pada kulit manggis dapat membunuh bakteri pada kulit wajah sehingga penyebab komedo, jerawat dan flek hitam akan dengan mudah dibasmi.

 

7. Melawan Peradangan Di Tubuh

Photo via : https://hellosehat.com

Buah manggis memiliki alfa dan gamma mangostin yang merupakan salah satu manfaat buah manggis terutama dalam melawan peradangan. Alfa dan gamma mangostin yang terkandung dalam buah manggis memiliki kemampuan untuk menghambat produksi nitrit oksida, suatu gas yang mampu memperburuk kondisi peradangan pada tubuh.
*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

8. Mengurangi Rasa Sakit

Photo via : http://www.adajerawat.com

Buah manggis juga memiliki manfaat yang lain yang tak kalah pentingnya untuk tubuh seperti dapat mengurangi rasa sakit. Jika kamu kurang sehat seperti mengalami peradangan maka konsumsilah buah manggis agar mengurangi rasa sakit di tubuh kamu. Zat anti-inflamasi yang terdapat pada buah manggis ini mampu mengurangi rasa sakit tersebut.

 

9. Dapat Mencegah Infeksi

Photo via : https://hellosehat.com

Senyawa yang terdapat pada buah manggis diyakini dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan berbagai macam jenis infeksi pada luka. Xanthones dari manggis ini membuktikan zat ini dapat menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkulosis yang menjadi penyebab infeksi.

 

10. Menurunkan Berat Badan

Photo via : https://www.rancahpost.com

Buah manggis memiliki kandungan serat yang tinggi dimana dapat mempercepat tingkat metabolisme dan membuat sistem pencernaan semakin efektif. Selain itu, meningkatkan daya serap gizi. Sehingga buah manggis dapat membantu penurunan berat badan. Buah manggis juga dapat meningkatkan glikogen sintesis dalam tubuh. Tingkat produksi dan cadangan glikogen dalam tubuh akan menekan nafsu makan secara otomatis.

 

11. Mencegah Batu Ginjal

Photo via : https://doktersehat.com

Penyakit batu ginjal ini disebabkan oleh berbagai macam hal seperti kurang minum air putih. Salah satu cara mencegah penyakit satu ini yaitu dengan mengkonsumsi buah manggis. Buah manggis ini kaya akan kandungan gizi yang mampu mencegah berbagai penyakit salah satunya yaitu batu ginjal.

 

12. Mengobati Penyakit Asma

Photo via : https://magazine.job-like.com

Penyakit asma bisa dibilang tergolong penyakit yang darurat dan dapat berujung kematian karena rusaknya sistem pada pernafasan. Kamu yang memiliki atau mengalami sesak nafas tidak salahnya mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi buah manggis. Buah manggis ini dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan memiliki kandungan zat-zat yang dapat mengurangi alergi.

 

13. Menjaga Kesehatan Mata

Photo via : https://hellosehat.com

Kulit manggis ternyata bermanfaat untuk kesehatan mata. Kulit manggis merupakan obat herbal yang ampuh memperbaiki penglihatan terutama bagi penderita mata minus. Buah manggis ini mampu meregenerasi sel-sel mata yang sudah mati agar aktif kembali dan penglihatan menjadi tajam. Selain itu, buah yang kaya akan antioksidan ini dipercaya dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan seperti katarak dan glukoma.

 

14. Mengurangi Stres dan Depresi

Photo via : http://wap.mi.baca.co.id

Depresi merupakan masalah psikologi dan mental akibat adanya suatu masalah atau tekanan hidup seperti masalah pekerjaan, keluarga, hubungan dengan pasangan dan lainnya. Buah manggis juga dapat mengatasi stres dan depresi karena terdapat senyawa xantone yang terdapat dalam kulit manggis bermanfaat untuk memberikan efek menenangkan. Selain itu, adanya mineral kalsium yang terdapat dalam kulit manggis dapat membantu seseorang untuk dapat tidur dengan tenang dan nyenyak.

 

15. Mengurangi Kolesterol

Photo via : http://sambil-santai.com

Buah manggis juga dapat menurunkan kolesterol, buah manggis ini memiliki senyawa-senyawa yang memberikan beberapa efek farmakologis diantaranya anti lipemik dan anti-oksidan. Salah satu senyawanya yang berperan penting mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah yaitu Xanthon. Xanthone ini merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker dan anti-oksidan jauh lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E.

Itulah berbagai manfaat buah manggis bagi kesehatan kita. Ternyata banyak sekali kan manfaatnya, dan mungkin kita sering mengabaikannya.

Baca Juga