Saat Ini Lagi Trend Infused Water, Yuk Simak Berbagai Manfaat Dan Cara Bikinnya!

1 bulan lalu, by blogunik

Hari gini, siapa sih yang nggak tahu infused water? Air putih yang biasanya diisi dengan potongan buah-buahan dan daun mint ini, memang sudah populer dari beberapa tahun terakhir sebagai minuman kesehatan. Infused water sendiri merupakan detox water yang terbuat dari air mineral yang dipadukan dengan potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, atau rempah-rempah yang direndam dalam air dan mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C, E, dan vitamin penting lainnya. Air putih yang digunakan untuk merendam ini nantinya akan menghasilkan rasa sesuai dengan buah dan sayuran yang kamu rendam dalam air tersebut.

Tak ada buah, sayuran, herbal atau rempah khusus untuk membuat infused water. Pilihan bahan-bahan tersebut disesuaikan dengan apa yang kamu sukai. Minuman ini akan disimpan dalam sebotol air mineral dan disimpan di dalam kulkas setidaknya 1-12 jam agar sari buah lebih menyatu dengan air. Setelah didiamkan dalam waktu yang lama, potongan buah atau sayuran yang digunakan biasanya akan menjadi lembek.

Bagi sebagian orang, bahan-bahan yang sudah lembek tersebut biasanya akan dibuang karena dirasa kurang enak ketika dimakan. Oleh sebab itu, banyak orang menyebut infused water sebagai minuman rasa buah atau minuman sari buah. Lantaran mereka hanya mengonsumsi air rendaman buah atau sayuran saja.

Infused water mangandung campuran buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin. Beberapa di antaranya mengandung jenis vitamin yang larut dalam air. Sehingga, ketika dipakai untuk membuat infused water, vitamin akan keluar dan larut di dalam air yang kamu minum. Kaya akan vitamin, tentunya infused water memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Dikutip dari Hellosehat.com, berikut berbagai manfaat mengkonsumsi infused water secara rutin.

Manfaat Infused Water Untuk Kesehatan

1. Menurunkan berat badan

Buah yang paling sering digunakan untuk membuat infused water adalah lemon. Lemon sendiri adalah salah satu buah yang paling sering dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Menurut Jason Ewoldt, RDN, LD seorang ahli gizi dari Mayo Clinic Healthy Living Program menyebut bahwa lemon adalah buah rendah kalori dan baik untuk mengontrol kalori jika kamu berniat menurunkan berat badan. Rutin mengkonsumsi infused water berbahan dasar lemon, maka perlahan-lahan berat badanmu akan menurun jika diselingi dengan latihan fisik.

2. Mencegah penuaan kulit

Buah-buahan yang sering digunakan dalam infused water biasanya yang kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C. Itulah mengapa banyak orang memilih buah jeruk, lemon, strawberry, kiwi, apel dan lain sebagainya untuk campuran infused water. Kandungan antioksidan dan vitamin C memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk untuk menghambat penuaan kulit. Kedua senyawa tersebut terbukti membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen guna mengencangkan dan mengenyalkan kulit.

3. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Manfaat infused water juga bisa untuk melancarkan sistem pencernaan. Asupan cairan yang cukup sangat penting untuk menghidrasi tubuh sekaligus kesehatan pencernaan guna mempermudah kinerja usus dalam mencerna makanan.

4. Minuman pengganti bagi yang tidak suka mengkonsumsi air putih

Satu lagi guys, manfaat dari mengkonsumsi infused water khususnya bagi orang-orang yang tidak suka mengonsumsi air putih dan anak-anak yang kurang suka mengonsumsi buah-buahan.

Orang yang tidak suka minum air putih biasanya memenuhi kebutuhan cairan mereka dengan minuman seperti kopi, teh, atau minuman ringan. Padahal beberapa minuman jenis ini justru cenderung membuat tubuh menjadi makin kekurangan cairan karena kandungan kafeinnya. Selain itu, minuman-minuman ini, terutama minuman kemasan umumnya berharga mahal serta mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi dibandingkan dengan air mineral.

Dengan infused water, mereka dapat mengonsumsi air mineral dengan aneka rasa berbeda yang dapat diganti tiap hari sesuai dengan pilihan buah-buahan yang diinginkan.

Tips dalam membuat infused water

Jika hendak membuat infused water sebagai minuman sehat, pastikan kamu memilih buah dan sayuran yang tepat. Sebelum digunakan sebagai bahan infused water, buah dan sayuran tersebut dicuci terlebih dahulu agar kebersihan serta keamanannya terjaga. Pilihlah buah dan sayuran yang segar serta gunakan air matang untuk membuatnya.

Tidak semua buah dapat digunakan pada infused water, hanya buah yang memiliki kadar asam, tekstur cukup keras dan memiliki citarasa segar yang dapat digunakan untuk pembuatan infused water seperti jeruk, lemon, strawberry, mangga, jeruk nipis, apel, kiwi, dll. Buah-buahan ini juga dapat ditambah dengan rempah-rempah atau herbs seperti daun mint, jahe, kayu manis, dan sereh. Semakin banyak bahan yang kamu gunakan, maka akan semakin kuat rasa infused water.

Masa atau waktu penyimpanan yang efektif dalam pembuatan infused water adalah dua jam (dalam kulkas) agar sari-sari buah dapat keluar dan tercampur dengan air putih secara optimal, baru dapat dikonsumsi. Sementara itu kamu juga harus memperhatikan waktu simpan dalam lemari pendingin hanya 24 jam. Bila sudah lebih dari 24 jam, sebaiknya ganti dengan yang baru. Buahnya boleh dimakan, dengan syarat jika keadaannya masih segar.

Nah buat kamu yang tertarik ingin meminum infused water secara rutin, berikut beberapa cara membuat dan kombinasi resep infused water yang menyegarkan dan menyehatkan. Check it out guys!

Resep dan Cara Membuat Infused Water

1. Infused water dari lemon, timun, dan daun mint

photo via gadgette.com

Resep infused water yang pertama adalah dari cari campuran lemon, timun dan daun mint. Banyak serat, protein, vitamin C, vitamin B6, serta kalium yang bisa kamu peroleh dari sebotol infused water yang mengandung lemon. Sementara potongan timun akan menyumbang sejumlah protein, serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan sedikit kalori. Daun mint juga kaya dengan kandungan antioksidan yang bagus untuk pencernaan dan tentunya membuat rasa infused water semakin segar.

Bahan-bahan:

  • 1 botol air matang
  • 10 irisan mentimun
  • ½ bagian buah lemon
  • 3 lembar daun mint

Cara membuat infused water dari lemon, timun, dan daun mint:

Campurkan semua daun dan buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral. Selanjutnya, simpan di dalam kulkas selama sekitar 12-24 jam. Kemudian saring bahan-bahan dan minum airnya dengan tambahan es agar lebih menyegarkan.

2. Infused water dari strawberry dan jeruk nipis

photo via makingthymeforhealth.com

Infused water strawberry dan jeruk nipis ini mengandung vitamin C yang tinggi, dan bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme. Kombinasi dua buah yang mengandung vitamin C tinggi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus menurunkan berat badan.

Bahan-bahan:

  • 1 botol air matang
  • 5 irisan jeruk nipis
  • 5 irisan buah strawberry

Cara membuat infused water dari strawberry dan jeruk nipis:

Campurkan semua buah yang telah diiris-iris tersebut ke dalam satu botol air mineral. Selanjutnya, simpan di dalam kulkas selama sekitar 12-24 jam. Setlah itu nikmati selagi dingin. Kamu juga bisa menyaring terlebih dahulu buah-buah yang ada dan nikmati airnya saja.

3. Infused water dari apel dan kayu manis

photo via blog.clingme.vn

Infused water yang terbuat dari kombinasi buah apel dan kayu manis memiliki rasa yang enak dan segar serta dapat meningkatkan metabolisme sekaligus menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Apel merupakan buah yang kaya akan antioksidan dan juga flavonoid serta mengandung vitamin C serta vitamin B Kompleks. Sedangkan kayu manis bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah diabetes sekaligus meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan dari artritis.

Bahan-bahan:

  • 2 liter air matang
  • 1 buah apel, diiris tipis dan buang bijinya
  • 1 batang kayu manis, kayu manis batangan bukan yang bubuk

Cara membuat infused water dari apel dan kayu manis:

Rebus 1 batang kayu manis dalam 1,5 liter hingga mendidih. Setelah itu dinginkan air rebusan kayu manis lalu campurkan bersama irisan apel juga sisa air matang tadi. Simpan dalam botol infused water beserta batang kayu manis dan irisan apel, kemudian simpan di dalam lemari pendingin kurang lebih 3-4 jam sebelum kamu nikmati

4. Infused water dari mangga dan jahe

photo via rtl.de

Kombinasi infused water yang segar dan menyehatkan selanjutnya adalah infused water yang terbuat dari bahan dasar mangga dan jahe. Infused water ini baik untuk metabolisme tubuh serta dapat dijadikan pereda rasa sakit secara alami seperti migrain dan menstruasi serta beberapa rasa sakit lainnya. Buah mangga baik untuk metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja pencernaan, dan menambah daya ingat. Sedangkan jahe sangat tinggi akan antioksidan, mengatasi morning sick dan juga meningkatkan kinerja hati.

Bahan-bahan:

  • 1 inci jahe segar, cuci bersih, kupas kulitnya lalu iris tipis
  • 1 buah potongan buah mangga
  • 4 liter air matang

Cara membuat infused water dari mangga dan jahe:

Kupas jahe segar yang telah dicuci bersih lalu iris tipis. Lalu siapkan kurang lebih 4 liter air matang kemudian masukan potongan mangga dan dajuga irisan jahe ke dalam air. Masukan infuse water ke dalam lemari es selama 1-3 jam sebelum disajikan dengan tambahan es.

5. Infused water dari strawberry, belimbing, dan daun mint

photo via lifebitesandphotographs.blogspot.com

Di Indonesia buah belimbing sangat mudah didapatkan, untuk itu, kamu juga bisa membuat infuse water yang menyegarkan dan menyehatkan dengan campuran atara buah belimbing dan strawberry. Seperti buah-buahan pada umumnya, strawberry dan belimbing juga padat akan kandungan serat di dalamnya. Protein, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, serta folat turut melengkapi nilai nutrisi dalam buah strawberry. Sementara itu, belimbing mengandung sejumlah vitamin C, vitamin B5, protein, folat, kalium, dan magnesium yang baik bagi tubuh.

Bahan-bahan:

  • 1 botol air matang
  • 3 buah strawberry, potong menjadi setengah bagian
  • 2 buah belimbing, potong kecil-kecil
  • 3 lembar daun mint

Cara membuat infused water dari strawberry, belimbing, dan daun mint:

Campurkan semua daun dan buah yang telah dipotong-potong ke dalam satu botol air mineral, selanjutnya letakkan di dalam kulkas selama sekitar 12-24 jam. Infused water siap untuk dikonsumsi.

6. Infused water dari strawberry dan kiwi

photo via viralfood.nl

Selanjutnya ada resep infused water dari strawberry dan kiwi yang kaya akan manfaat. strawberry sendiri termasuk buah yang memiliki kandungan asam. strawberry mengandung vitamin C untuk memperbaiki kulit, mengurangi peradangan, batu ginjal, mencegah hipertensi, alergi dan juga dapat melancarkan pencernaan. Sedangkan kiwi mengandung vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk dan lemon. Antioksidan di dalam vitamin C dapat menyingkirkan radikal bebas yang mengakibatkan inflamasi atau kanker. Ditambah lagi, vitamin C dapat menaikkan kekebalan tubuh agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Bahan-bahan:

  • 5 buah strawberry ukuran sedang, cuci bersih
  • 2 buah kiwi, cuci bersih
  • 1 liter air matang atau air mineral
  • 3 lembar daun mint (optional)

Cara membuat infused water dari strawberry dan kiwi:

Iris tipis buah kiwi sebanyak 10 potong. Untuk buah strawberry, cukup dibelah menjadi dua bagian. Selanjutnya tuangkan air putih ke dalam botol kaca atau botol plastik yang ada tutupnya, kemudian masukkan buah strawberry, kiwi dan daun mint yang telah di remas terlebih dahulu ke dalam botol. Tutup rapat botolnya dan letakkan di dalam lemari pendingin. Setelah 1 jam di dalam lemari pendingin, kamu sudah bisa meminum infused water tersebut.

7. Infused water dari blackberry dan daun mint

photo via thepathmag.com

Campuran blackberry dan daun mint juga menjadi kombinasi infused water yang paling digemari. Minuman yang menenangkan ini sangat kaya antioksidan yang mampu membantu kulit agar tetap segar dan cerah. Daun mint merupakan salah satu komposisi infused water yang banyak digemari. Memiliki aroma dan rasa khas yang segar, daun mint juga dapat mengurangi bau mulut, menyegarkan kulit, dan mengurangi alergi. Sedangkan blackberry bisa memberikan rasa manis pada infused water mu. Tidak hanya itu, berkat kandungan flavonoid di dalam blackberry, maka minuman ini berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahan-bahan:

  • 1 botol air mineral
  • 8-10 buah blackberry yang telah dicuci bersih
  • 4-6 lembar daun mint

Cara membuat infused water dari blackberry dan daun mint:

Cara membuat infused water lain yaitu mencampur semua buah blackberry dan daun mint ke dalam sebotol air putih yang telah matang atau boleh juga dengan air mineral. Kemudian tutup rapat dan simpan didalam lemari pendingin selama kurang lebih 2-4 jam. Setelah itu nikmati infused water dengan tambahan es atau boleh juga langsung diminum.

8. Infused water dari blueberry dan jeruk

photo via girlscene.nl

Buah blueberry dan jeruk adalah pasangan buah yang cocok digunakan untuk bahan dasar infused water yang menyegarkan dan bermanfaat bagi tubuh. Serupa dengan strawberry, blueberry memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Blueberry juga minim akan sodium namun tinggi kalium, kalsium, dan magnesium, sehingga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan juga membantu mengurangi tekanan darah, dan juga meminimalisir risiko hipertensi. Sedangkan buah jeruk seperti yang kita tahu, mengandung vitamin c yang cukup kaya. selain itu ada juga kandungan vitamin A, serat, kalium, fruktosa, limonoid, Polyphonel, Karetonoid, Flavonoid, Beta karotin, gula, dan karbohidrat yang bermanfaat untuk kebaikan tubuh.

Bahan-bahan:

  • 1 botol air mineral
  • 8-10 buah blueberry yang telah dicuci bersih
  • 3-5 iris buah jeruk lengkap dengan kulitnya.

Cara membuat infused water dari blueberry dan jeruk:

Siapkan 1 botol air, kemudian masukan semua buah kedalamnya. Tambahkan daun mint sesuai selera. Kemudian tutup rapat dan masukan ke lemari pendingin. Tunggu sekitar 2-4 jam dan nikmati selagi dingin.

Itulah beberapa resep dan cara membuat infused water yang sehat dan menyegarkan. Ingat guys, agar manfaat infused water optimal, kamu juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Rutin melakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari. Jangan lupa, perhatikan asupan makanan harian kamu. Atur porsi makan dengan hanya mengonsumsi makanan dalam jumlah yang kecil. Lalu selingi dengan meminum infused water. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *