Manfaat Hal Positif Yang Di Dapat Umat Muslim Saat Berpuasa

1 tahun lalu

Berpuasa pada saat di bulan Ramadhan merupakan suatu kewajiban bagu setiap umat muslim. Buan Ramadhan ini selalu menjadi bulan spesial bagi umat muslim karena selama sebulan penuh kita wajib menjalankan puasa dan juga pada bulan ini Allah memberikan banyak pahala dan keberkahan bagi umat muslim yang dengan iklas untuk menjalankan ibadah dan amalan-amalan kebaikan. Puasa pada saat ramadhan bukan hanya bertujuan untuk menahan lapar dan haus saja, namun pada saat berpuasa seseorang yang melakukannya harus benar-benar mampu menahan dan mengendalikan hawa nafsunya. Berikut ini manfaat dan pahala yang di dapat umat muslim saat berpuasa :

 

1. Melatih Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Tabah dan Sabar

Photo via : http://umrohhajiwisata.com

Di bulan ramadhan ini, tak hanya menahan rasa lapar dan haus saja, namun kita juga dilatih untuk menahan amarah dan tidak berburuk sangka terhadap orang lain. Kita juga dilatih untuk bersabar dalam menghadapi sesuatu seperti tidak mudah terpancing emosi ketika mendengar omongan-omongan orang lain tentang diri kita.

 

2. Tercapainya Derajat Ketaqwaan Seseorang

Photo via : pixabay.com

Di bulan ramadhan ini, siapapun yang menjalankan ibadah puasa, maka seseorang itu akan menjalankan kebaikan-kebaikan seperti yang Allah SWT perintahkan dan menjauhi semua larangannya. Dengan demikian maka seseorang mampu menjadi pribadi yang lebih bertaqwa lagi kepada Allah SWT. Selain itu, dengan kita menjalankan ibadah puasa, kita akan selalu diawasi oleh Allah SWT.

 

3. Melatih Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Menghargai Waktu

Photo via : https://jubah.id

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, maka hidupnya akan lebih teratur. Contohnya, kita yang tidak terbiasa bangun pagi harus bangun pagi untuk menjalankan makan sahur dan ketika seseorang makannya tidak teratur maka saat puasa makannya akan teratur ketika sahur dan berbuka puasa.

 

4. Melatih Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Bersyukur

Photo via : http://metro.co.uk

Saat kita menjalankan ibadah puasa, kita hanya akan makan dan minum dua kali sehari disaat berbuka puasa dan sahur saja. Dengan hanya makan dua kali dalam sehari itu kita diajarkan untuk lebih menghargai dan besyukur dengan makanan yang selama ini kita makan disaat sedang tidak berpuasa dan kita juga diajarkan bagaimana rasanya menahan lapar seperti saudara-saudara kita yang tidak bisa membeli makanan karena tidak memiliki uang untuk membeli makanan. Bersyukurlah jika kita masih bisa makan walaupun dengan lauk seadanya saja.

 

5. Lebih Peduli Terhadap Sesama

Photo via : https://www.nytimes.com

Pada saat bulan ramadhan kita diajarkan untuk peduli dengan sesama muslim karena mereka juga saudara kita. Peduli sesama muslim bisa dilakukan dengan cara memberi makanan takjil untuk berbuka secara cuma-cuma, shalat berjama’ah dan saling berbagi ilmu agama.

 

6. Mempererat Tali Silaturahmi

Photo via : https://www.youthkiawaaz.com

Saat bulan ramadhan kita juga mempererat tali silahturahmi, setiap malam kita menjalankan shalat tarawih secara berjama’ah dan mengaji di masjid. Dengan adanya kegiatan seperti itu, yang awalnya kita tidak pernah bertemu menjadi akrab satu sama lain.

 

7. Berhati-hati Saat Bertindak

Photo via : huffingtonpost.com

Pada saat bulan ramadhan kita juga menghindari hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa kita. Maka dari itu kita akan berhati-hati dengan menjaga ucapan, perbuatan dan tingkah laku kita, dengan demikian setelah kita membiasakan diri berbuat baik di bulan ramadhan, kita akan terbiasa berhati-hati dalam bertindak.

 

8. Melatih Untuk Hidup Sederhana

Photo via : http://www.xinhuanet.com

Ketika berpuasa, kita akan merasakan betapa nikmatnya berbuka puasa walaupun hanya dengan air dan nasi saja. Dengan merasakan hal seperti itu, kita akan menghargai makanan dan kita diajarkan untuk lebih sederhana dalam hidup. Dan sesungguhnya Allah SWT menyukai hal-hal yang sederhana dan tidak menyukai hal-hal yang berlebihan.

 

9. Lebih Dekat Pada Allah

Photo via : https://www.thenation.com

Di bulan puasa ini, kita akan menjadi lebih dekat kepada Allah SWT. Di bulan ini kita akan banyak menjalankan ibadah dan amalan-amalan kebaikan daripada maksiat dan dosa. Selain itu hati kita juga akan tentram dan kita merasa aman karena merasakan bahwa Allah ada di dekat kita.

 

10. Menjadi Pribadi Yang Lebih Sehat

Photo via : https://www.justrunlah.com

Pada saat bulan puasa secara tidak langsung kita juga menjaga kesehatan kita, menjalankan ibadah puasa sebenarnya baik untuk pencernaan kita sendiri. Awalnya organ pencernaan kita digunakan terus-menerus, namun dengan adanya ibadah puasa ini kita mengistirahatkan sejenak organ pencernaan kita agar dapat berkerja lebih baik lagi.

Baca Juga