Mau Tahu Pria Yang Memiliki Payudara Penghasil ASI ?

2 tahun lalu, by blogunik

Bisakah pria menyusui? Sebuah pertanyaan yang menarik! BlogUnik yakin banyak dari anda para ayah berharap bisa melakukannya, terutama saat anda melihat kedekatan yang terjalin antara ibu dan bayinya saat menyusui.

Ya, secara teori, pria bisa menyusui. Payudara laki-laki memiliki saluran susu, dan beberapa jaringan mammae. Mereka juga memiliki oksitosin dan prolaktin, hormon yang bertanggung jawab untuk produksi susu.

Kejadian langka itulah yang terjadi pada Amir yang mengalami kelainan pada kelenjar pituitari miliknya sehingga menyebabkan payudaranya mampu menghasilkan ASI. Bagi seorang pria hal seperti ini tentu saja merupakan suatu hal yang sedikit memalukan, karena pria normal biasanya tidak mampu menyusui ataupun menghasilkan ASI.

Untuk itu amir menemui Dr Christian yang merupakan seorang ahli gynaecomastia yakni kelainan pada tubuh pria yang menyebabkan payudara membesar seperti wanita. Meskipun Amir postitif mengalami gynaecomastia, namun dengan sedikit kelebihan yakni ia mampu menghasilkan ASI dari putingnya.

Kondisi yang membuat Amir tidak nyaman dan memalukan ini diduga disebabkan karena masalah kelenjar pituitari yang menghasilkan hormon prolaktin terlalu banyak, sehingga meningkatkan produksi ASI. Setelah ditelusuri saat dilakukan pemeriksaan pada dokter endokrin untuk pemeriksaan lebih lanjut, Dokter memastikan bahwa dia memiliki tumor jinak pada bagian kelenjar pituitari miliknya. Namun hal ini dapat diobati dan disembuhkan dengan melakukan perawatan hormon.

Artikel Terkait