Memilukan, Sedih, Seru Bahkan Menyeramkan! Daftar Film Di Dunia Yang Berdasarkan KISAH NYATA.

3 tahun lalu, by blogunik

Industri perfilman saat ini terus berkembang pesat. Dimana makin banyaknya penikmat film sekaligus bioskop-bioskop yang ada di dunia membuat industri perfilman menjadi amatlah menguntungkan. Film-film yang ada saat ini amatlah banyak dengan berbagai genre yang ada seperti fiksi, fantasi, romance, horror dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan banyaknya film dan tiap tahunnya selalu ada rilis film baru terutama film hollywood, terkadang kita bingung dibuatnya untuk menonton yang mana terlebih dahulu. Kebanyakan film-film yang ada saat ini merupakan sebuah karya fiksi yang didapat dari sumber novel, komik ataupun karangan langsung penulis naskah. Namun tak jarang beberapa film diangkat dari sebuah kisah nyata dari orang, tempat ataupun peristiwa. Bisa dibayangkan betapa memilukan, menyedihkan bahkan menyeramkan apabila hal-hal di film tersebut kalian rasakan di dunia nyata. Berikut ini daftar film di dunia yang berdasarkan kisah nyata:

1. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

photo via : images-na.ssl-images-amazon.com

Ini adalah film kisah nyata anjing dari Jepang yang sangat fenomenal. Film Hachiko telah menarik minat banyak orang dari berbagai penjuru negeri. Kisahnya yang menyentuh telah mengetuk pintu hati para penontonnya hingga tak tahan untuk menitikkan air mata. Jika Anda ingin mengetahui apa itu arti kesetiaan, sepertinya Hachiko dapat menunjukkan bagaimana cara melakukannya lewat film yang mengisahkan dirinya ini.

Hachiko adalah seekor anjing yang dirawat oleh seorang dosen di sebuah stasiun kereta api. Dosen tersebut bernama Parker, dia merawat Hachiko dengan penuh kasih sayang sampai Hachiko tumbuh besar. Hachiko selalu mengantar Parker ke stasiun kereta api dan menjemputnya lagi di sore hari. Sampai suatu hari, Parker meninggal dunia akibat terjatuh dan dari situ Anda akan diperlihatkan bagaimana kesetiaan Hachiko yang menunggu kepulangan Parker. Dia memutuskan untuk tidur di gerbong yang sudah tua. Hari demi hari hingga tahun-tahun berlalu, Hachi tetap saja menunggu Parker di stasiun tersebut sampai kematian pun “membawa”-nya bertemu kembali dengan majikannya.

2. Red Cliff (2008)

photo via : images-na.ssl-images-amazon.com

Film ini merupakan film dengan genre peperangan yang berdasarkan kisah nyata dalam hal adu strategi. Film yang rilis pada tahun 2008 ini menceritakan tentang seorang ahli strategi yang bernama Zhuge Liang.

Dalam film ini Zhuge Liang harus membuat strategi untuk melawan musuh yang memiliki kekuatan lebih besar dari kekuatan pasukan yang dimiliki. Sampai akhirnya mereka harus berhadapan di jurang Chi Bi (Red Cliff).

3. Braveheart (1995)

photo via : images.mentalfloss.com

Film berdasarkan kisah nyata ini hanya mengambil latar peristiwa saat Inggris berkuasa di Skotlandia pada abad ke-13. Diceritakan seorang pria bernama William Wallace (Mel Gibson) yang gagah berani memimpin pasukan pemberontakan untuk merebut negara kelahirannya, Skotlandia. Dengan keberaniannya tersebut, William cepat dikenal dan mendapatkan dukungan dari rakyat yang ikut bergabung melakukan perlawanan.

William Wallace juga mengajak kaum bangsawan Skotlandia untuk ikut bergabung dalam perjuangannya. Ajakan tersebut disambut baik oleh Robert (Agus Mcfadven). William bersama pasukannya yang semakin besar telah merepotkan pihak Inggris. Pemberontakan yang ia lakukan berujung pada penangkapannya oleh pihak Inggris setelah dijebak oleh ayah Robert yang melakukan pengkhianatan. William mendapatkan hukuman penggam dan semangat perjuangannya diteruskan oleh raja Skotlandia berikutnya yaitu Raja Robert dan berhasil memerdekakan Skotlandia.

4. The Amityville Horror (1979)

photo via : cdn.bloody-disgusting.com

Hingga kini, masih terjadi perdebatan mengenai apakah kisah horor di rumah Amityville memang benar terjadi. Namun, keluarga Lutz yang pernah menghuni rumah itu masih tetap pada pendirian mereka yang mengaku diganggu setan dan mayat berjalan di rumah tersebut.

5. The Conjuring (2013)

photo via : www.tvovermind.com

Film yang empat tahun lalu jadi hits ini memang berdasarkan kisah sepasang suami istri yang pekerjaannya adalah pastor pengusir setan sekaligus paranormal bernama Ed dan Lorraine Warren. Lorraine Warren yang masih hidup hingga sekarang itu pun pernah membantu kasus rumah Amityville yang disebutkan tadi.

6. Flag our father

photo via : chilibike.com

Film berjudul “Flag our father” ini menceritakan mengenai 3 prajurit veteran perang dunia kedua yang berhasil pulang dengan selamat setelah berperang di pulau Iwojima. Alur cerita film ini memiliki flashback yang menceritakan awal penyerbuan.

Saat pasukan Amerika Serikat hampir berhasil menguasai pulau Iwojima, maka diputuskan ketiga marinir tersebut dipulangkan untuk membantu kampanye perang sebagai pahlawan perang karena dianggap sudah membantu perperangan di Iwojima.

7. Letters from Iwojima

photo via : argunners.com

Film “Letters from Iwojima” garapan sutradara Clint Eatwood ini menceritakan seorang prajurit Jepang dalam menghadapi perang di Iwojima. Film merupakan sekuel film “Flag our father” dalam versi Hollywood.

Film ini memiliki kisah yang sangat mengharukan saat di mulainya invasi pasukan Amerika Serikat ke Iwojima sampai kekalahan Jepang.

8. City of God (2002)

Remove featured image

photo via : www.gablescinema.com

Sebagai saksi nyata kehidupan yang ganas di kota sebelah barat Rio De Jenairo, Alexandre Rodriguez mengajak kita untuk bertualang lebih dalam menyusuri perjalanan kelam di kota tersebut. Lewat penuturannya sebagai Rocket (Alexandre Rodriguez), ia menceritakan dengan alur maju mundur. Kisahnya dimulai dengan menceritakan karakter-karakter yang mengisi kota tersebut.

Sebuah kota sakit yang dijuluki sebagai “Kota Tuhan”, daerah yang awalnya berkembang dari proyek perumahan untuk masyarakat kelas bawah tersebut telah banyak memotret tindakan kekerasan seperti pembunuhan dan perampokan. Kesengsaraan dan keputusasaan selalu membuntuti kehidupan masyarakat yang tinggal di dalamnya. Bisa dikatakan kalau City of God merupakan film kisah nyata bencana yang menimpa manusia. Pasalnya, selain dipenuhi dengan adegan kekerasan, banyak juga substansi dendam, penyalahgunaan obat, dan perjuangan keluar dari keputusasaan di dalamnya.

9. 127 Hours (2010)

photo via : movie.info

Film yang dibintangi oleh James Franco ini menceritakan tentang seorang pencinta alam bernama Aron Ralston yang terjepit kurang lebih selama 127 jam di bebatuan di Grand Canyon. Dari film ini ada banyak sekali pesan moral yang bisa diambil serta perjuangan Aron saat harus mengeluarkan dirinya dari batu besar yang menjepit tangannya. Untuk bertahan hidup, di film ini Aron terpaksa meminum urinnya sendiri, dan memutuskan untuk memotong tangannya dengan pisau kecil yang tidak terlalu tajam.

10. 12 Years A Slave (2013)

photo via : static.independent.co.uk

Film 12 Years A Slave mungkin menjadi salah satu film yang bisa membuat para penontonnya berlinang air mata. Menceritakan tentang warga kulit hitam yang diperlakukan semena-mena oleh warga kulit putih di Amerika Serikat. Salah satu warga kulit hitam bernama Solomon Northup menjadi tokoh utama dalam film ini. Pada mulanya, kehidupan Solomon terbilang enak dan beruntung. Ia salah satu orang kulit hitam yang sempat menyicipi dunia pendidikan dan menjadi seorang pemain biola yang cukup terkenal. Namun, di tengah cerita ia ditipu dan diperjualbelikan sebagai budak. Di sini penonton dibuat terharu dengan perjuangan Solomon untuk kembali bertemu dengan keluarga tercintanya.

11. The Pianist (2002)

photo via : focusmicrosites.s3.amazonaws.com

The Pianist adalah film kisah nyata yang masih mengambil tema tentang sejarah kelam yang dibuat oleh pasukan militer Nazi. The Pianist sukses besar di balik arahan Roman Polanski. Dengan memilih Adrien Brody sebagai pemeran utamanya, The Pianist selalu menarik untuk ditonton bagi mereka yang ingin mengetahui kekejaman Nazi saat itu.

The Pianist mengambil fokus cerita di Polandia, di mana seorang pemain piano bernama Wladyslaw Szpilman yang hampir sepenuhnya mengisi jalan cerita, berjuang untuk terus bisa bertahan hidup di tengah incaran tentara Nazi. Bersama Wladyslaw, Anda akan diajak menyaksikan kekejaman tentara Nazi, bagaimana orang-orang tak berdosa dibakar dan ditembak mati, eksekusi di jalanan, dan masih banyak adegan yang begitu kejam lainnya.

12. Full Metal Jacket (1987)

photo via : www.indiewire.com

Full Metal Jacket adalah film kisah nyata perang yang diciptakan dengan mengambil tema di Vietnam. Awalnya diceritakan para marinir muda yang sedang berada dalam masa pelatihan. Mereka dipimpin oleh Sersan Hartman (R. Lee Ermey) yang keras dan suka memaki sehingga tak jarang membuat setiap anggotanya merasa kesal.

Suatu ketika, salah seorang marinir bernama Joker (Matthew Modine) telah menjadi sersan dan bertugas sebagai jurnalis dalam kesatuan marinir. Bersama rekannya, Rafterman (Kevyn Major Howard), Joker ditugaskan untuk meliput peperangan yang terjadi di Vietnam. Perubahan karakter Joker alami setelah menjadi saksi kejam dan tragisnya perang Vietnam yang banyak menelan nyawa, mulai dari rekannya, para wanita, hingga anak-anak yang tidak bersalah.

13. Pearl Harbor

photo via : i.ytimg.com

Film perang yang dibumbui dengan kisah romantis ini menceritakan mengenai penyerbuan pangkalan militer milik Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii oleh pasukan Jepang pada awal perang dunia kedua di mulai.

Film yang rilis pada tahun 2001 silam dan disutradarai oleh Michael Bay, serta dibintangi beberapa bintang film terkenal seperti Kate Beckinsale, Ben Affleck dan Josh Hartnett, akhirnya membuat film ini sukses dengan memuncaki box office waktu itu.

14. Annabelle

photo via : bh-s2.azureedge.net

Film yang dirilis pada 2014 lalu ini juga masih diproduseri oleh spesialis film horor, James Wan yang menceritakan tentang boneka hantu anabelle yang memang ada di dunia nyata. Tak sampai di cerita pertama saja, kisah Annabelle kembali meneror para penonton dengan cerita prekuelnya yang baru rilis tahun 2017 ini. Disebut prekuel karena filmnya dipusatkan pada kisah awal kemunculan hantu yang merasuki tubuh Annabelle. Penonton pun baru sadar ketika mengetahui bahwa kisah Annabelle: Creation ternyata berhubungan dengan film pendahulunya.

15. Hantu Jeruk Purut

phtoto via : i.ytimg.com

Kisah seorang pastur Belanda tanpa kepala yang selalu membawa anjingnya ini sudah menjadi rahasia umum yang menyeramkan. Maka dari itu, kisahnya sampai dibuatkan film pada 2006 lalu. Legenda hantu Jeruk Purut ini konon berasal dari kesaksian Sapri Saputra yang tak lain merupakan penjaga TPU Jeruk Purut. Ia pertama kali melihat sosok pastur tanpa kepala ini pada tahun 1986. Sapri menyimpulkan kalau hantu tesebut ‘salah pulang’. Pasalnya, di TPU Jeruk Purut hanya ada unit pemakaman muslim saja.

Save

Save

Save

Save

Artikel Terkait