Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

Dibuat oleh blogunik

Selain perawatan dari luar, kita juga memerlukan perawatan dari dalam jika ingin memiliki penampilan yang awet muda dan cantik. Salah satu caranya adalah dengan meminum minuman sehat yang dibuat dari beragam jenis rempah-rempah.

Seperti yang kita tahu, rempah-rempah tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, tapi rempah-rempah juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk mampu merawat kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih awet muda. Ini karena beberapa jenis rempah khas Indonesia mengandung berbagai senyawa yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan sejumlah vitamin dan mineral yang dikenal mampu menjaga elastisitas dan membuat kulit tampak lebih bersih. Nggak heran jika beberapa jenis rempah-rempah Indonesia digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu yang merupakan minuman tradisional khas Indonesia yang memiliki beragam manfaat kesehatan dan juga kecantikan.

Nah buat kamu yang ingin memiliki kulit yang awet muda dengan cara yang alami, berikut ini beberapa minuman rempah yang bakal bikin awet muda dan cantik yang bisa kamu konsumsi. So let’s check it out guys!

10 Minuman Rempah Untuk Awet Muda dan Kecantikan

1. Wedang Jahe

Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

photo via buzzfeed.co.id

Minuman rempah yang bakal bikin awet muda dan cantik jika dikonsumsi secara rutin diawali dengan wedang jahe. Tentu kalian semua sudah tidak asing lagi dengan minuman tradisional khas Indonesia satu ini. Tak hanya mampu menghangatkan tubuh, minuman berbahan dasar jahe ini juga mampu menghilangkan tanda-tanda penuaan di wajah.

Ini karena jahe memiliki senyawa gingerol yang memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah bintik-bintik penuaan yang berkembang akibat paparan sinar matahari.

Selain itu jahe juga mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang bakteri atau virus. Menariknya, tak hanya enak, wedang jahe juga bisa dikonsumsi setiap hari untuk dapat mendapatkan wajah yang awet muda.

2. Kunyit Asam

Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

photo via content.co.id

Minuman rempah yang enak dan bermanfaat bagi kecantikan kulit berikutnya adalah kunyit asam. Kunyit asam sendiri merupakan salah satu jenis jamu yang paling populer dikalangan wanita karena dipercaya dapat menurunkan berat badan, membuang racun tubuh, meredakan peradangan, melancarkan siklus haid, mencegah nyeri saat haid menghilangkan bau badan serta membuat kulit tampak awet muda.

Ini karena kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan juga antiinflamasi. Senyawa tersebut sangat berperan dalam menghalau berbagai faktor penyebab kerusakan kulit, memperkuat jaringan kulit, serta mencegah dan mengatasi peradangan. Selain itu, kunyit juga mengandung vitamin C, fosfor, kalium, kalsium dan minyak atsiri yang mampu membuat kulit tampak cerah dan berseri.

Sedangkan campurannya yakni buah asam mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin C, antioksidan, karoten, serta mineral seperti magnesium dan potasium yang juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

3. Susu Campur Kunyit

Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

photo via elle.se

Buat kamu yang kurang suka dengan rasa asam dari minuman rempah kunyit asam, kamu masih bisa mendapatkan manfaat dari kunyit dengan mencampurkan susu dengan kunyit. Kamu bisa menambahkan satu sendok kunyit ke dalam susu atau air panas setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang baik untuk kesehatan kulit. Karena seperti penjelasan sebelumnya, rempah berwarna orange ini sangat kaya akan antioksidan yang ampuh untuk memperlambat proses penuaan.

4. Beras Kencur

Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

photo via hanjuang.com

Beras kencur juga menjadi salah satu jamu atau minuman rempah yang ampuh untuk merawat kecantikan kulit dan mampu membuat kita menjadi lebih awet muda. Lebih tepatnya, minuman rempah ini mampu mengatasi jerawat, membuat kulit lebih cerah serta membantu membentuk tubuh agar tetap ramping. Bahkan jamu favorit semua kalangan ini mampu membuat badan lebih segar.

Sesuai namanya, minuman ini terbuat dari beras dan kencur yang ditambahkan dengan tambahan asam, kunyit, jahe, kapulaga dan kedaung. Kandungan yang terdapat pada bahan-bahan tersebut mampu menangkal kulit dari radikal bebas sehingga kulit akan tampak lebih sehat, dan menjauhkan kamu dari tanda-tanda penuaan. Tak hanya memberikan manfaat alami untuk kecantikan kulit, minuman tradisional ini juga memiliki rasa yang enak sehingga bisa dikonsumsi setiap hari.

5. Kunci Sirih

Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

photo via cookpad.com

Minuman rempah yang bikin awet muda dan cantik selanjutnya adalah kunci sirih. Sesuai namanya, minuman tradisional ini merupakan minuman yang terbuat dari daun sirih dan temu kunci sebagai bahan utamanya.

Minuman rempah ini memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan karena mampu membantu mengurangi jerawat. Selain itu, minuman ini juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita. Ini karena kunci sirih dapat membantu mengurangi keputihan, mengatasi bau tidak sedap, merapatkan organ kewanitaan, memperkuat email gigi dan mencegah peradangan.

Untuk menambah kenikmatan pada minuman ini, kamu bisa meracik kunci sirih dengan tambahan gula merah, kayu manis, kapulaga, asam jawa, serai, perasan jeruk nipis, garam, serta buah delima dan majakani.

6. Rebusan Daun Sirih

Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

photo via genpi.co

Air rebusan daun sirih merupakan salah satu rahasia alami kecantikan wanita zaman dulu. Ini karena kandungan minyak atisiri dan betlephenol pada daun sirih berfungsi sebagai antioksidasi, antikuman serta antijamur. Kandungan tersebut juga ampuh menjaga kulit agar terlihat lebih awet muda dan cantik.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirih setiap hari. Agar rasanya tidak terlalu pahit, kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan madu ke dalam minuman tersebut.

7. Jamu Sinom

Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

photo via cookpad.com

Cara agar memiliki penampilan awet muda dan cantik secara alami berikutnya adalah dengan rutin meminum jamu sinom. Jamu sinom ini merupakan minuman rempah yang diracik dari kunyit, kayu manis, asam jawa, gula merah dan kapulaga. Seperti minuman herbal lainnya, jamu sinom juga memiliki khasiat kecantikan.

Pasalnya, jamu ini mampu memperlancar proses detoksifikasi pada tubuh. Jika racun yang ada di tubuh terbuang, maka akan membuat kulit kamu lebih bersinar dan bebas dari jerawat bahkan membuat badan menjadi lebih segar dan awet muda. Selain bisa membuatnya sendiri, kini sinom juga sudah banyak dijual di toko-toko dalam botol kemasan dan biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

8. Jamu Pahitan

Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

photo via stock.adobe.com

Minuman rempah yang bakal bikin awet muda dan cantik berikutnya adalah jamu pahitan. Sesuai namanya minuman jamu ini memang memiliki rasa yang pahit karena dibuat dari campuran sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih dan adas.

Meskipun rasanya sangat pahit, namun minuman rempah ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mulai dari melancarkan peredaran darah, mencegah jerawat, mencegah bau badan dan mengatasi gatal-gatal pada kulit.

9. Jamu Gepyokan

Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

photo via jybmedia.com

Jamu gepyokan juga menjadi salah satu minuman rempah yang baik untuk kecantikan kulit. Meski nggak banyak orang yang tahu, namun bagi orang-orang yang mengenal jamu ini sering meminumnya untuk untuk mendapatkan khasiat untuk kesehatan.

Jamu Gepyokan ini terbuat dari campuran rempah seperti jahe, lengkuas, kencur, kunyit, temu giring, temulawak, daun katuk dan lempuyang. Tak hanya itu, terdapat juga tambahan gula merah yang membuat rasanya manis. Jamu ini kerap dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap dan untuk mengecilkan perut. Perut yang ratapun membuat penampilan kamu lebih baik dan awet muda. Selain untuk kecantikan, jamu ini biasa dikonsumsi untuk memperlancar ASI bagi yang sedang menyusui.

10. Jamu Bersih Darah

Minuman Rempah Yang Bakal Bikin Awet Muda Dan Cantik

photo via berbagaisebab.blogspot.com

Satu lagi minuman rempah yang bisa membuat tampilan menjadi awet muda dan cantik adalah jamu bersih darah. Jamu ini terbuat dari temulawak, kunyit, temu ireng, daun ayang-ayang, akar alang-alang, daun pegagan, kulit kayu pulai dan daun bidara laut yang kemudian direbus dan diminum airnya.

Jamu bersih darah ini memiliki khasiat untum mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, bisul, alergi dan menghilangkan bercak hitam. Rutin mengonsumsi minuman rempah inipun akan memberikan hasil yang maksimal pada kecantikan kamu.

Nah itu dia beberapa minuman rempah yang bakal bikin awet muda dan cantik. Meskipun hanya minuman tradisional yang tidak memberikan hasil instan namun minuman-minuman rempah ini sangat aman untuk dikonsumsi sehari-hari dan mampu memberikan khasiat kecantikan secara alami.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *