Mitos-mitos Ini Masih Dipercaya Oleh Masyarakat Di Indonesia

    Unik, Aneh & Lucu, Budaya

Kehidupan orang-orang di Indonesia memang masih sarat akan mitos dan legenda. Bagi orang jawa hal tersebut pamali dilakukan. Biasanya yang menjadi korban mitos-mitos ini adalah anak -anak. Terkadang mereka mendapatkan larangan yang kurang bisa diterima akal sehat dan tanpa menjelaskan kenapa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Teknologi sudah semakin canggih namun bukan jaminan masyarakat kita tidak percaya lagi akan mitos. Kenyataannya masih banyak masyarakat yang masih sangat percaya akan hal-hal tersebut dan mempraktikannya dikehidupan sehari-hari mereka. Berikut mitos-mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat di Indonesia :

1. Kalau nyapu tidak bersih suaminya nanti brewokan

Photo via : http://www.etonline.com

Pada zaman dulu terutama perempuan sangat menyukai laki-laki yang wajahnya bersih dari brewok. Mitos ini sebenarnya bertujuan untuk menakut-nakuti perempuan agar mereka menyapu dengan sungguh-sungguh hingga bersih. Dulu brewok itu mengambarkan akan hal-hal yang tidak bersih, makanya jika kamu malas membersihkan rumah, kamu akan mendapatkan laki-laki yang malas membersihkan dirinya.

 

2. Tidak boleh makan buah dan bijinya, nanti bisa tumbuh di kepala

Photo via : cn.nytimes.com

Mitos ini sebenarnya mengajarkan kita untuk melestarikan alam dengan membiarkan biji-biji tersebut tidak termakan dan bisa tumbuh disuatu tempat.

 

3. Jangan duduk di depan pintu, nanti sulit ketemu jodoh

Photo via : www.selipan.com

Mitos ini paling sering dikatakan oleh orang tua. Memang pintu bukanlah tempat untuk duduk karena dapat menghalangi orang yang akan masuk atau keluar ruangan. Hal ini sebenarnya untuk mendidik anak perempuan agar bersikap sopan.

 

4. Jangan bersiul di malam hari, katanya bisa memanggil ular atau hantu

Photo via : http://www.dailymotion.com

Pada zaman dulu waktu tidurnya lebih awal ketimbang zaman sekarang ini. Dulu karena tidak ada hiburan jadi mereka tidur sekitar jam 8-9. Larangan bersiul dimalam hari ini dimaksudkan agar tidak menganggu orang lain ketika tidur dengan suara siulan.

 

5. Jangan bangun kesiangan nanti rejekinnya dipatok ayam

Photo via : www.kabarmakkah.com

Kata-kata ini pasti sering dilontarkan orang tua pada anaknya, namun maksudnya adalah bangunlah pagi-pagi untuk melakukan berbagai aktifitas dan mendapatkan rejeki. Orang yang bangun kesingan akan terlambat berangkat bekerja sehingga bisa kehilangan rejeki.

 

6. Jangan menyisakan nasi nanti nasinya menangis

Photo via : www.chowhound.com

Larangan ini banyak dilakukan orang tua untuk anak-anaknya, jangan membuang atau menyisakan nasi nanti nasinya menangis. Alasan ini dijadikan bahan untuk menakut-nakuti anak yang jika makan nasi tidak habis maka nasinya bisa nangis dan anak-anak pun pasti takut jika nasinya menangis. Hal ini juga baik digunakan untuk mendidik anak agar menghargai makanan. Orang tua yang susah payah mencari uang untuk membeli makanan maka jangan disia-siakan.

 

7. Tidak boleh potong kuku malam hari

Photo via : http://www.listingmaniac.com

Mitos ini sebenarnya bertujuan untuk menghindari tangan orang yang sedang memotong kuku tidak terluka di malam hari. Karena zaman dulu belum ada penerangan listrik seperti sekarang ini, maka jika saat memotong kuku di malam hari, dikhawatirkan bukan kuku yang di potong namun jari.

 

8. Jangan duduk di bantal nanti pantatnya bisulan

Photo via :  http://dev.wtimes.id

Mitos ini sebenarnya mengajarkan bahwa tidak baik bantal untuk kepala digunakan untuk alas pantat. Wajar jika orang zaman dulu melarangnya dengan ancaman.

 

9. Tidak boleh foto bertiga, nanti salah satunya mati

Photo via : http://www.lampost.co

Sepertinya zaman dulu belum ada kamera ? Namun sepertinya mitos ini sudah ada saat zaman modern. Masyarakat sampai saat ini masih percaya jika foto bertiga salah satu diantaranya akan meninggal. Namun sebenarnya sumber ini dari kepercayaan bangsa Vietnam yang mengeramatkan angka tiga. Negara tersebut mengalami akulturasi budaya yang besar ketika penjajahan, mereka mengambil mitos bahwa angka tiga membawa kesialan. Jadi tidak ada kaitannya dengan berfoto bertiga akan meninggal, jika ada saat berfoto bertiga meninggal mungkin itu sudah ditakdirkan dari tuhan.

 

10. Jangan keluar rumah sore hari, nanti diculik wewe gombel

Photo via : http://www.tanahnusantara.com

Anak-anak memang sangat takut dengan Wewe Gombel yang katanya suka menculik anak-anak. Zaman dulu mitos ini digunakan bertujuan agar anak-anak tidak keluar saat magrib tiba sebab waktu magrib adalah waktunya orang beribadah. Selain itu waktunya orang beristirahat dan berkumpul dengan keluarga.

 

11. Jangan makan pakek penutup piring

Photo via : arabic.alibaba.com

Mitos ini bertujuan baik, dimana tutup piring bukanlah untuk dipakai makan. Pemahaman ini bertujuan mengembalikan peran barang sesuai dengan fungsinya.

 

12. Anak perempuan tidak boleh makan sayap ayam nanti jodohnya jauh

Photo via : http://www.foodandwine.com

Mitos anak perempuan tidak boleh memakan sayam ayam ini karena sayam ayam memang banyak mengandung lemak, jika remaja yang hormonnya sedang tidak stabil dikhawatirkan akan jerawatan setelah makan. Mitos ini digunakan karena jika wajah tidak bersih maka anak perempuan sulit mendapat jodoh.

 

13. Ibu hamil wajib membawa gunting

Photo via : www.pinterpandai.com

Gunting dipercaya sebagai penolak bala karena katanya jin dan mahkluk halus lain suka mengganggu ibu hamil, karena ibu hamil mengeluarkan bau yang harum. Meskipun sulit diterima akal sehat, namun ibu-ibu yang sedang mengandung mempraktekan hal ini.

 

14. Jangan mandi di malam hari nanti rematik

Photo via : hellosehat.com

Mitos ini memang diakui beberapa orang di Indonesia, jika mandi pada malam hari maka akan mengakibatkan rematik. Nyatanya memang dapat dijelaskan dengan cara ilmu pengetahuan, memang jika mandi malam dapat membuat tulang sendi nyeri.

 

15. Jangan berdiri dibawah pohon waktu malam hari, nanti bisa dibius setan

Photo via : www.qigongconnection.com

Sebenarnya pada malam hari, tumbuhan mengeluarkan gas karbon dioksida dari dalam tubuhnya dan jika berada di bawah pohon gas tersebut akan terhirup oleh kita sehingga jika terlalu lama kita bisa pingsan karena kekurangan oksigen.

 

16. Jangan pakai baju hijau saat ke pantai selatan

Photo via : http://www.direktoripati.com

Siapapun yang ke pantai selatan dilarang menggunakan baju berwarna hijau, katanya mereka yang nekad menggunakan baju hijau akan dibawa oleh Ratu Pantai Selatan ke kerajaannya. Faktanya dari kejauhan warna air laut selatan berwarna hijau. Jika ada orang yang tenggelam maka teman atau tim penyelamat akan kesulitan menemukan orang tersebut. Nah, jika ada korban yang terseret arus pantai dan jasadnya baru ditemukan beberapa hari kemudian, itu bukan karena disandera sama Nyi Roro Kidul.

 

17. Gak boleh nyapu dimalam hari nanti rejekinya hilang

Photo via : www.springcleaning.ae

Pada zaman dulu tidak boleh menyapu pada malam hari karena diperaya bisa menghilangkan rejeki. Mitos ini sangat masuk akal karena zaman dulu disetiap rumah masih menggunakan lampu tempel sehingga penerangan masih remang-remang. Hal ini untuk menghindari ada benda atau barang berharga yang terjatuh di lantai dan terbuang bersama sampah.

 

18. Menyapu diarahkan keluar, dapat menjauhkan rejeki

Photo via : http://www.familyhealthnaturally.com

Berdasarkan perhitungan peruntungan Jawa, sebuah rumah harus memiliki pintu belakang yang digunakan untuk membuang kotoran saat menyapu dan dapat digunakan untuk keluar masuk saat ada tamu agar tidak mengganggu tamu tersebut. Dipercaya silaturahmi adalah pengundang rezeki jadi tidak terlihat sopan jika ada tamu kemudian mengarah ke depan rumah.

 

19. Mengambil makanan di meja makan sebelum orang tua mengambilnya dianggap pamali

Photo via : www.huffingtonpost.com

Mitos ini bertujuan untuk mendidik anak-anak untuk menghargai orang yang lebih tua. Orang Indonesia khususnya orang jawa amat menjunjung nilai kesopanan, menurut mereka tidak sopan jika mendahului orang tua makan.

 

20. Mencuci kaki sebelum masuk rumah supaya tidak ditempeli

Photo via : http://www.vonvon.id

Pada zaman dulu di depan rumah selalu ada gentong yang berisi air yang berfungsi untuk mencuci kaki, tangan dan wajah. Dulu katanya, jika tidak mencuci kaki setelah berpergian katanya ada yang masih “ditempelin” (diikutin setan). Namun pada zaman sekarang ini, istilah itu bukanlah suatu hal yang masuk akal, walaupun ada eksperimen metafisis dan spiritual yang sudah membuktikan kebenarannya. Alasan yang lebih masuk akal yaitu agar rumah bersih.

 

21. Posisi rumah tusuk sate dapat membawa sial

Photo via : www.msn.com

Rumah tusuk sate adalah rumah yang menghadap persimpangan antara 2 jalan membentuk huruf T. Menurut Feng Shui, rumah itu dapat berdampak buruk bagi penghuninya, karena alasan itulah banyak orang tidak mau membeli rumah dengan posisi seperti itu. Namun disisi lain, rumah tusuk sate ini bisa menguntungkan jika digunakan sebagai tempat berbisnis.

 

22. Tidak boleh makan di tempat tidur

Photo via : www.time4sleep.co.uk

Hal ini karena jika kita makan di tempat tidur sprei akan kotor dan juga mendatangkan semut. Namun zaman dulu jika makan di tempat tidur akan mendapatkan jodoh yang pemalas.

 

23. Burung gagak berbunyi ada anggota keluarga yang meninggal

Photo via : id.wikipedia.org

Suara ini sampai sekarang masih dipercayai akan ada keluarga yang meninggal. Namun jika dipikirkan secara rasional, bagaimana mungkin si gagak tau semua keluarga kita dan sempat-sempatnya memberi kode ke sanak keluarga jika ada yang meninggal.

 

24. Tidak boleh menabrak kucing nanti sial

Photo via : http://www.readersdigest.ca

Mitos ini sampai sekarang masih dipercayai oleh masyarakat. Jika ada seorang pengendara baik motor atau mobil menabrak kucing maka diyakini akan mendapatkan kesialan. Jika ada orang yang masih percaya pasti akan langsung berhenti dan mengubur kucing tersebut. Bahkan saat menguburkan kucing tersebut ada tata caranya, tidak boleh dikubur begitu saja mesti dibungkus dengan kain.

 

25. Membuang air panas mendidih ke dalam WC atau selokan bisa bernasib sial

Photo via : food-hacks.wonderhowto.com

Katanya jika membuang air panas ke dalam WC atau selokan akan menganggu makhluk halus penunggu tempat-tempat tersebut. Akibatnya mahkluk tersebut akan membalas aksi pelaku yang membuang air panas.

 

26. Mimpi gigi copot bertanda akan ada musibah

Photo via : www.thesun.co.uk

Mimpi untuk sebagian orang adalah bunga tidur dab tidak berarti apa-apa, namun bagi sebagian orang lainnya mimpi bisa dianggap sebagai pertanda. Mimipi gigi copot diartikan bahwa ada orang yang kita kenal terkena musibah bahkan meninggal dunia.

 

27. Jangan buka payung di dalam rumah nanti kena sial

Photo via : http://wlpapers.com

Mitos ini juga masih sering digunakan oleh masyarakat. Mereka yang membuka payung di dalam rumah bisa mengalami nasib sial dalam hidupnya.

 

28. Dilarang main beras nanti tangannya bisa “Keteng

Photo via : http://www.recipesbnb.com

Mitos ini mengajarkan betapa berharganya bahan pangan yang merupakan bahan pokok utama dalam budaya kuliner orang jawa (Keteng artinya jari-jarinya lengket).

 

29. Makan sambil tiduran bisa menjadi ular

Photo via : http://www.montereybayparent.com

Pada zaman dulu, katanya jika makan sambil tiduran bisa menjadi ular. Namun faktaya makan sambil tiduran tidak baik untuk masalah pencernaan. Mitos ini digunakan untuk menakuti orang jaman dulu.

 

30. Waktu hujan jangan berdiri diambang pintu nanti disambar petir

Photo via : www.theodysseyonline.com 

Pada umumnya saat hujan anak-anak pasti ingin bermain hujan. Mitos ini digunakan agar tempias air hujan tidak masuk ke dalam rumah. Selain itu banyak serangga seperti nyamuk dan yang lainnua mencari tempat berteduh maka dari itu pintu ditutup pada saat hujan.

 

31. Anak perempuan harus mandi sebelum sore kalau tidak nanti jodohnya jauh

Photo via : www.shefinds.com

Katanya anak perempuan yang belum membersihkan rumah, mandi dan rapi sebelum sore akan jauh dari jodoh. Mitos ini bertujuan mengajarkan anak perempuan sejak dini untuk menjadi ibu rumah tangga yang baik. Selain itu mitos ini memang sedikit mendoktrin anak perempuan terbiasa menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum petang.

 

32. Angkat jemuran sebelum gelap agar tidak masuk angin

Photo via : http://mentalfloss.com

Jemuran yang dibiarkan hingga malam bisa membuat sakit saat kita memakainnya nati. Tapi secara logika ada benarnya juga, karena jemuran yang dibiarkan hingga malam akan membuat pakaian agak lembab karena embun. Karena baju lembab dan udara malam yang dingin inilah yang bisa membuat tubuh masuk angin.

 

33. Ibu hamil dilarang memakan pisang gandeng nanti bayinya kembar siam

Photo via : www.agrobusinessngr.com

Pisang gandeng yaitu pisang yang kulitnya menyatu. Katanya ada larangan wanita yang sedang hamil dilarang memakan buah pisang gandeng, katanya bisa membuat bayi yang dikandungan nantinya lahir kembar siam.

 

34. Jangan meludah sembarangan nanti bibirnya sumbing

Photo via : scroll.in

Mitos ini biasanya digunakan pada anak kecil, karena biasanya anak kecil jika saling mengolok-olok biasanya sampai ludah-ludahan. Maka dari itu mitos ini digunakan untuk menakuti, mendoktrinkan rasa takut nanti bibir mejadi sumbing karena meludah sembarangan. Mitos ini sebenarnya mengajarkan sopan santu, tata krma adan kebersihan lingkungan.

 

35. Tidak boleh main petak umpet saat malam hari

Photo via : www.keypoo.com

Permainan petak umpet memang tidak asing lagi di telinga kita. Pada zaman dulu permainan ini ternyata ada faktor mistisnya, orang dulu percaya permainan ini tidak boleh dilakukan di malam hari karena akan di sembunyikan oleh setan. Namun sepertinya mitos ini hanya sebuah gertakan orang tua zaman dulu agar anaknya berhenti bermain.

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >