Aneka Nama Makanan Indonesia Yang Lucu Dan Nyeleneh

4 minggu lalu, by blogunik

Aneka Nama Makanan Indonesia Yang Lucu Dan Nyeleneh

Selain dikenal memiliki kuliner yang lezat dan beragam, Indonesia juga dikenal memiliki aneka makanan dengan nama yang unik-unik. Saking uniknya kamu akan tertawa jika mendengar nama-nama makanan Indonesia berikut ini. Namun meskipun memiliki nama yang lucu dan nyeleneh, makanan ini memiliki rasa yang lezat dan mungkin kamu akan ketagihan. Kira-kira makanan apa saja itu? Berikut ini aneka nama makanan Indonesia yang lucu dan nyeleneh

1. Dawet Jembut

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Dawet Jembut

Photo via ngiderngiler.com

Dawet Jembut adalah salah satu nama makanan Indonesia yang nyeleneh. Makanan ini dinamakan tersebut karena dawet ini dijual di sebelah timur Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Meskipun memiliki nama yang unik, es dawet ini tergolong legendaris dan selalu menjadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke Purworejo.

2. Kue Tete

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Kue Tete

Photo via indozone.id

Kue Tete adalah kue yang terbuat dari tepung terigu dan tepung beras lalu diberi warna hijau dari daun pandan. Kue ini memiliki bentuk yang melebar dan pada bagian tengahnya menonjol. Kue ini sebenarnya berasal dari Betawi yang memiliki nama lain yaitu Kue Ape.

3. Ketela Bajingan

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Ketela Bajingan

Photo via anehdidunia.com

Ketela Bajingan adalah salah satu makanan Indonesia yang memiliki nama unik. Makanan ini berupa ketela yang disajikan utuh tanpa dipotong terlebih dahulu sehingga mirip dengan bajing rebus. Ketela Bajingan ini dimasak dengan gula jawa dan santan dan disajikan dengan kuah manis yang kental.

4. Kue Ketawa

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Kue Ketawa

Photo via kompasiana.com

Kue Ketawa adalah salah satu makanan Indonesia yang memiliki nama lucu dan nyeleneh. Jika dilihat-lihat kue ketawa ini hampir mirip dengan onde-onde. Kue ketawa ini memiliki bentuk bulat dengan adanya belahan pada permukaannya. Mungkin karena adanya belahan seperti mulut sedang tertawa ini, maka kue ini dinamai seperti itu.

5. Kue Cubit

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Kue Cubit

Photo via doyanresep.com

Makanan satu ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, dimana makanan ini bernama kue cubit. Kue ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan saat matang kue ini biasanya diangkat dengan capit seperti dicubit. Kue ini juga memiliki aneka topping diatasnya.

6. Kue Dollar

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Kue Dollar

Photo via tokopedia.com

Kue Dollar adalah kue yang memiliki nama unik dan memiliki rasa yang enak. Kue dollar ini berbentuk pipih mirip seperti uang koin dan rasanya mirip seperti kue semprong. Kue dollar ini kini sudah memiliki berbagai macam rasa seperti wijen, keju, jahe dan lainnya.

7. Kuku Macan

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Kue Macan

Photo via travelingyuk.com

Kue macan adalah salah satu nama makanan Indonesia yang lucu dan nyeleneh. Makanan ini berupa kerupuk ikan tenggiri yang bentuknya mirip dengan kuku jari yang runcing. Makanan ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga disebut dengan kuku macan.

8. Kue Pancong

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Kue Pancong

Photo via blog.tokowahab.com

Kue Pancong adalah salah satu makanan Indonesia yang memiliki nama unik. Kue satu ini merupakan kue tradisional yang sudah ada sejak dulu. Kue ini memiliki bentuk setengah lingkaran yang terbuat dari santan, tepung, kelapa dan garam. Hingga saat ini kue ini masih banyak kita dapatkan di pinggir jalan.

9. Kupat Jembut

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Kupat Jembut

Photo via liputan6.com

Nama makanan Indonesia satu ini memang sangat aneh namun kalian jangan memikirkan yang aneh-aneh. Kupat Jembut ini adalah makanan khas Pedurungan, Semarang. Dimana makan ini biasanya ada ketika perayaan Syawalan dan makanan ini terbuat dari ketupat yang didalamnya berisi kecambah.

10. Kerupuk Upil

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Kerupuk Upil

Photo via jateng.tribunnews.com

Kerupuk Upil adalah salah satu nama kerupuk yang berasal dari Cirebon. Kerupuk ini diberi nama upil karena bentuknya kecil imut dan memiliki rasa yang gurih.

11. Kerupuk Melarat

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Kerupuk Melarat

Photo via idntimes.com

Kerupuk satu ini memiliki nama yang unik yaitu kerupuk melarat. Kerupuk ini disebut melarat karena tidak digoreng dengan minyak melainkan menggunakan pasir yang sudah dibersihkan. Kerupuk ini berasal dari Cirebon, selain itu kerupuk ini juga memiliki berbagai macam warna seperti kuning, merah muda, hijau hingga putih.

12. Lidah Kucing

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Lidah Kucing

Photo via foodizz.id

Lidah Kucing adalah salah satu jenis kue yang memiliki rasa yang sangat enak. Kue ini diberi nama lidah kucing karena bentuknya seperti lidah kucing yaitu panjang dan pipih.

13. Mie Lendir

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Mie Lendir

Photo via wisatago.com

Mendengar nama makannya saja mungkin kamu akan berpikiran yang tidak-tidak. Namun tahukah kamu makanan satu ini memiliki rasa yang sangat nikmat. Makanan ini diberi nama mie lendir karena kuahnya sangat kental hingga menyerupai lendir.

14. Mie Petil

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Mie Petil

Photo via idntimes.com

Nama makanan Indonesia yang aneh kali ini adalah Mie petil. Mie satu ini berasal dari Bantul, Yogyakarta. Mie ini terbuat dari tepung tapioka sehingga mie ini lebih elastis seperti karet atau pentil. Mie ini biasanya disajikan dengan sambal dan bawang goreng.

15. Memek

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Memek

Photo via idntimes.com

Nama makanan Indonesia satu ini memang sangat nyeleneh, dimana makanan ini bernama memek. Memek sendiri adalah makanan khas dari Kabupaten Simeulue, Aceh. Makanan ini menggunakan bahan dasar ketan putih yang dicampur dengan santan, pisang dan gula yang ditumbuk hingga mirip bubur. Meskipun namanya agak nyeleneh namun makanan ini memiliki rasa yang lezat.

16. Nasi Kentut

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Nasi Kentut

Photo via ringkaskata.com

Nasi Kentut adalah salah satu makanan Indonesia yang memiliki nama yang lucu dan bisa dikatakan sedikit jorok terdengar namun rasa dan penyajiannya tidak sejorok namanyan kok. Nasi kentut ini berasal dari Medan yang dimasak dengan daun sembukan, dimana daun ini dikenal dengan daun kentut di Medan. Walaupun daun ini memiliki bau yang tak sedap mirip dengan kentut manusia, namun daun ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

17. Nasi Kucing

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Nasi Kucing

Photo via medium.com

Nasi Kucing adalah salah satu nama makanan Indonesia yang banyak ditemukan di Jogja. Makanan satu ini memang menjadi makanan favorit para anak-anak kos yang kelaparan pada malam hari. Nasi kucing ini biasanya dibungkus dengan daun pisang dengan porsi yang sama dengan porsi makan kucing. Untuk lauknya sendiri cukup sederhana yaitu ikan goreng, tempe, tahu dan sambal.

18. Rawon Setan

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Rawon Setan

Photo via liputan6.com

Rawon Setan adalah makanan Indonesia yang memiliki nama unik, makanan ini dikenal dengan rasanya yang nikmat dan pedas. Rawon Setan ini memang diidentikkan dengan tingkat kepedasan sehingga dinamai setan.

19. Sate Kere

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Sate Kere

Photo via travelingyuk.com

Makanan Indonesia ini merupakan makanan khas solo yang bernama sate kere. Dulunya sate dikenal sebagai makanan orang kaya karena hanya orang kaya yang mampu membelinya. Namun tak hanya orang kaya, orang miskin pun ingin juga mencicipi makanan satu ini sehingga munculah sate kere. Sate kere ini tidak terbuat dari daging namun terbuat dari potongan tempe gambus. Selain itu sate kere ini juga ada yang terbuat dari jeroan sapi.

20. Tahu Gimbal

Nama Makanan Indonesia Yang Lucu - Tahu Gimbal

Photo via travelingyuk.com

Yang terakhir ada Tahu Gimbal. Makanan dari tahu ini adalah salah satu makanan Indonesia yang banyak di gemari oleh masyarakat. Selain enak makanan satu ini juga mengenyangkan perut dikala lapar. Tahu gimbal ini adalah makanan perpaduan antara tahu goreng dan bakwan udang. Nama gimbal sendiri ternyata sebutan untuk udang digoreng pakai telur oleh orang Semarang.

Itulah beberapa nama makanan Indonesia yang lucu dan nyeleneh. Meskipun makanan tersebut memiliki nama yang tidak biasa, namun rasanya sangat nikmat dan kamu pasti ketagihan untuk mencicipinya.

Artikel Terkait