Nasib Para Jawara Indonesian Idol Kini, Ada Yang Memprihatinkan

1 tahun lalu

Menjadi juara tak selamanya dapat menjamin nama kita berada pada urutan pertama. Bahkan status juara pada ajang pencarian berbakat bergensi setingkat Indonesian Idol tak dapat menjamin kepopuleran sang juara selamanya. Dari Indonesian Idol musim pertama yakni ditahun 2004 hingga musim kesembilan yang beberapa waktu lalu baru saja melahirkan seorang Idol baru yakni Maria, tak banyak juara Indonesian Idol yang namanya kita dengar sukses didunia hiburan, mungkin hanya segelintir nama seperti Rini Wulandari dan Ihsan Tarore yang namanya sering kita dengar menghiasi dunia hiburan televisi. Namun bagaimana dengan juara Indonesian Idol lainnya? Penasaran seperti apa kehidupan mereka saat ini? Berikut Nasib Para Jawara Indonesian Idol Terkini.

1. Joy Tobing (2004)

photo via : www.instagram.com/joydestinytobing

Pada awal diselenggarakan pada tahun 2004, ajang yang diadopsi dari Pop Idol asal Inggris ini sukses menghasilkan penyanyi terbaiknya yakni Joy Tobing sebagai juara pertama. Perempuan bernama lengkap Joy Destiny Tobing ini berhasil mengalahkan Delon Thamrin atau Delon Idol. Pada saat itu nama Joy Tobing digadang-gadang sebagai penyanyi terbaik dan sempat memeriahkan perindustrian musik Indonesia. Single yang cukup melambungkan namanya berjudul Karena Cinta yang diciptakan Glenn Fredly.

Tak lama setelah menjuarai Idol, Joy kemudian memutuskan kontraknya dengan Freemantle setelah adanya masalah di antara kedua pihak. Saat itu Joy dituduh melakukan rekaman tanpa sepengetahuan pihak Fremantlemedia. Perlahan-lahan nama Joy Tobing seperti ditelan bumi, setelah bertahun-tahun, kini juara Indonesia Idol musim pertama tersebut sibuk dengan kegiatannya sebagai single parent, menyanyi untuk kegiatan of air hingga aktif menyanyi untuk sebuah pelayanan gereja di daerah Jakarta Selatan.

2. Mike Mohede (2005)

photo via : www.instagram.com/mikemohede

Pada musim keduanya tahun 2005, Indonesian Idol kembali melahirkan seorang idol baru. Ia adalah Mike Mohede. Mike sukses mengalahkan Judika yang keluar sebagai runner up. Setelah menang di Indonesian Idol, namanya pun semakin dikenal di industri musik tanah air dan sempat mewakili Indonesia di Ajang Asian Idol. Namun gelar Asian Idol jatuh ke Hady Mirza, juara Singapore Idol musim kedua.

Sayangnya, Mike harus tutup usia di karirnya yang tengah menanjak. Mike Mohede meninggal dunia di usia 32 tahun pada 31 Juli 2016 akibat serangan jantung.

3. Ihsan Tarore (2006)

photo via : www.instagram.com/ihsantarore

Hanya selang satu tahun, Di musim ketiganya, Indonesian Idol kembali melahirkan Idol baru. Nama Ihsan Tarore, muncul sebagai jawara pada musim ketiga Indonesian Idol dan mengalahkan Dirly Sompie. Saat itu, Ihsan masih berumur 17 tahun, dan menjadi pemenang termuda sepanjang sejarah Indonesian Idol.

Karier Ihsan selepas itu tidak hanya di dunia music, tapi juga merambah di bidang seni peran. Banyak judul film yang dimainkan Ihsan dan membuat karirnya semakin gemilang. Ihsan telah membintangi 6 judul film, 6 judul sinetron, dan 9 judul FTV. Ihsan bahkan menyabet penghargaan Indonesian Movie Awards 2011 untuk kategori Aktor Terfavorit. Kini, Ihsan tak cuma sibuk menyanyi dan jadi aktor. Ia juga buka bisnis baru di bidang kuliner. Usaha yang ia beri nama Madang Mamak itu menawarkan masakan rumahan khas Medan.

4. Rinni Wulandari (2007)

photo via : www.instagram.com/rinni_w

Di musim keempat tepatnya di tahun 2007, juara Indonesian Idol diraih oleh Rinni Wulandari. Ini merupakan kemenangan untuk wanita setelah Indonesian Idol sebelumnya diraih oleh laki-laki secara berturut-turut. Rinni, sukses menjadi juara setelah mengalahkan Wilson Simon Maiseka. Rinni bisa dibilang merupakan juara Indonesian Idol yang terbilang cukup sukses di dunia tarik suara hingga kini. Dirinya berhasil mengeluarkan sejumlah single. Wanita kelahiran 28 April 1990 ini merilis 2 album; Aku Tetap Milikmu (2007) dan Independent Part 1 (2017) yang dirasa memberi warna baru pada genre RnB Tanah Air.

Pada tahun 2015, Rinni bersama produser musik Jevin Julian membentuk grup musik Soundwave dalam kompetisi musik The Remix yang ditayangkan di Net Tv. Dari ajang inilah, Rinni tampil dengan gaya bermusik dan penampilan barunya yang lebih kekinian. Kini Rinni telah menikah dengan partner bermusiknya Jevin Julian

5. Aris Runtuwene (2008)

photo via : www.instagram.com/aris_officiall

Di musim kelima, Indonesian Idol kembali menelurkan seorang juara. Aris menjadi juara Idol tahun 2008. Namanya mengalahkan Gisella Anastasia saat itu. Pasca jusara, pria kelahiran 25 Januari 1985 ini berhasil merilis album berjudul Ajari Aku pada 2010.

Dari para pemenang lainnya, Aris bisa dibilang bernasib paling ironis. Selepas mengikuti Indonesian Idol dan mengeluarkan sebuah album, nama Aris pun seolah tenggelam dengan kemunculan musisi-musisi lainnya. Aris bahkan sempat kembali ke titik nol dan sempat tersiar kabar keretakan rumah tangganya. Isu KDRT hingga perselingkuhan mewarnai kabar tersebut. Belum juga reda pemberitaan mengenai KDRT dalam bahtera rumah tangga nya, Aris kembali dikabarkan menuntut sesama lulusan Idol, yaitu Ihsan pada pertengahan tahun 2017 silam, karena statement Ihsan dianggap telah menghina Aris. Namun belakangan dikabarkan Aris mengais rezeki dengan menjadi sopir taksi online.

6. Igo C Penturry (2010)

photo via : nulis.babe.news

Masih ingat dengan Igo Idol? yup dimusim keenam Indonesian Idol mengeluarkan Igo C Penturry sebagai juaran Indonesian Idol 2010, yang berhasil mengalahkan Citra Scholastika. Igo sempat merilis album Terima Kasih pada 2010. Bisa dibilang Igo memang paling sepi dari berbagai pemberitaan dibandingkan dengan para pemenang lainnya.

Namun setelah itu, nama Igo Pentury seolah ditelan bumi. Ia kalah saing dengan musisi lainnya. Kini, Igo diketahui baru saja sukses menjalani wisuda S1 nya sebagai sarjana di Universitas Trisakti.

7. Regina Ivanova (2012)

photo via : www.instagram.com/ivanova.regina

Di musim ketujuh, Sosok Regina Ivanova keluar sebagai juara Indonesian Idol tahun 2012. Regina berhasil mengalahkan Kamasean Matthews. Setelah kemenangannya di ajang Indonesian Idol musim ketujuh, Regina Ivanova menelurkan album Kemenangan pada 2013. Sebelumnya dia sudah mengeluarkan single dengan judul yang sama pada 2012, lalu disusul Terlalu Indah (2013) dan Aku Jatuh Cinta (2014).

Biarpun jarang tampil di televisi, namun kini selain menjadi penyanyi rohani, Regina juga sangat aktif menyanyi untuk berbagai acara seperti acara pernikahan maupun ulang tahun. Tak sekedar itu, Regina juga banjir endorse di instagram nya dan menjelma bak celebgram.

8. Nowela Auparay (2014)

photo via : www.instagram.com/mikhelia

Di musim kedelapan, Indonesian Idol kembali melahirkan juara Idol wanita, siapa lagi kalau bukan Nowela Auparay. Mengalahkan Husein Alatas, Nowela sukses menjadi juara Indonesian Idol tahun 2014.

Nowela juga sempat menghasilkan single yang banyak diminati penggemarnya. Dengan persahabatannya bersama Regina, nama keduanya semakin dikenal di dunia hiburan tanah air sebagai penyanyi bersuara khas dan kerap menghadiri event untuk bernyanyi bersama.

9. Maria Simorangkir (2018)

photo via : www.instagram.com/mariasmrngkr/

Vakum selama 4 tahun, akhirnya Indonesian Idol lembali melahirkan Idol berbakat dalam Indonesian Idol 2018 yang baru saja selesai diselenggarakan. Di musim kesembilan ini, Maria Simorangkir muncul sebagai juara setelah sukses mengalahkan Abdul. Maria merupakan juara Idol termuda dengan umur 16 tahun sepanjang sejarah Indonesian idol, menggantikan posisi Ihsan Tarore yang saat itu menjadi juara Idol diusia 17 tahun.

Pasca kemenangannya, Maria kini tengah merampungkan pendidikannya di Medan. Dan bersiap untuk meramaikan industri musik Indonesia setelahnya.

Baca Juga