15 Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah, Pas Buat Traveler Modal Pas-pasan

2 minggu lalu, by blogunik

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah

Berpelesiran ke luar negeri dan menghabiskan waktu liburan dalam waktu yang lama tentu menjadi impian setiap orang. Namun sayangnya semua itu terbentur karena keterbatasan dana dan khawatir dengan mahalnya biaya yang akan dikeluarkan. Hal itu membuat banyak orang membatasi waktu liburan keluar negeri mereka. Tentu dengan waktu yang terbatas, kita tidak puas mengeksplore destinasi yang ada pada negara yang kita tuju. Namun apa boleh buat, keterbatasan dana karena mahalnya biaya hidup di negara orang memang tak bisa dielak lagi.

Tapi guys, meskipun kebanyakan negara dengan destinasi wisata yang populer identik dengan biaya hidup yang mahal, namun ternyata ada lho beberapa negara yang terkenal dengan biaya hidupnya yang paling murah didunia. Negara-negara inipun cocok menjadi tujuan wisata para traveler yang memiliki modal pas-pasan.

Sebelum kita membahas negara-negara apa saja yang memiliki biaya hidup paling murah didunia, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu, apasih sebenarnya standar kriteria sebuah negara bisa dikatakan memiliki biaya hidup murah?

Standar kriteria negara dengan biaya hidup murah

Dikutip dari situs Simulasikredit.com, berikut beberapa kriteria yang menjadi standar sebuah negara memiliki biaya hidup murah, yang didapatkan dari GoBankingRates yang disediakan oleh Numbeo, sebuah online pricing database. Dimana mereka telah memeringkat negara berdasarkan empat indeks yang dibandingkan dengan biaya hidup di kota New York, yaitu indeks daya beli lokal, sewa, bahan makanan, dan harga konsumen.

Indeks daya beli lokal

Murah atau mahalnya biaya hidup di suatu negara salah satunya diukur dari daya beli relatif berdasarkan standar gaji di negara tersebut. Jika daya belinya lebih rendah dari kota New York, maka negara tersebut tergolong sebagai negara dengan biaya hidup murah. Daya beli yang lebih rendah akan berdampak pada pembelian barang dalam jumlah yang lebih sedikit. Sebaliknya, daya beli yang tinggi akan diikuti dengan pembelian barang dalam jumlah yang lebih banyak.

Indeks sewa

Mengapa indeks harga sewa rumah yang digunakan sebagai ukuran untuk menilai biaya hidup di suatu negara, bukannya harga jual rumah? Tempat tinggal menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang baik individu maupun keluarga. Meski demikian, tak semua orang mampu membeli rumah untuk dijadikan sebagai tempat tinggalnya. Oleh sebab itu yang dijadikan sebagai standar ukuran biaya hidup adalah harga sewa tempat tinggal.

Harga sewa rumah sebagai tempat tinggal umumnya mencakup pula biaya utilitas seperti listrik, gas (beberapa negara menggunakan sistem berlangganan), dan lainnya. Semakin rendah harga sewa, artinya biaya hidup semakin murah. Demikian pula sebaliknya. Jika harga sewa secara umum di suatu negara jauh lebih murah dibandingkan dengan harga sewa di kota New York, maka negara tersebut tergolong sebagai negara dengan biaya hidup termurah di dunia.

Indeks bahan makanan

Makanan menjadi kebutuhan pokok yang untuk pemenuhannya sering kali menghabiskan sebagian besar anggaran atau penghasilan yang dimiliki. Oleh sebab itu, biaya untuk makanan ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Harga bahan-bahan makanan yang murah akan tetap terjangkau oleh mereka yang tingkat penghasilannya pas-pasan. Sebaliknya, tingginya harga bahan makanan menjadikannya sulit dijangkau oleh orang-orang dengan tingkat penghasilan yang rendah.

Seperti halnya indeks daya beli dan sewa, indeks bahan makanan juga dibandingkan dengan harga makanan di kota New York untuk menentukan murah atau mahalnya biaya hidup di suatu negara. Apabila harga bahan makanan di suatu negara jauh lebih murah dibandingkan New York, maka negara tersebut murah untuk ditempati.

Indeks harga konsumen

Selain harga sewa dan makanannya, bagaimana dengan biaya transportasi, makan di restoran, dan yang lainnya? Transportasi jelas menjadi salah satu indikator untuk mengukur biaya hidup di suatu negara. Keberadaan transporasi dibutuhkan untuk mempermudah dan memperlancar mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat.

Tak hanya transportasi, tetapi juga biaya barang dan jasa lokal yang menjadi tolok ukur dari murah mahalnya biaya hidup di suatu negara. Jika barang-barang kebutuhan umum seperti produk elektronik, makanan restoran, jasa, dan lainnya tergolong lebih murah dibandingkan harga barang-barang dan jasa yang sama atau sejenis di New York, maka negara tersebut masuk sebagai salah satu negara paling murah di dunia.

Nah setelah mengetahui kriteria sebuah negara dikatakan memiliki biaya hidup yang murah, kini saatnya kita bahas tentang negara-negara yang memiliki biaya hidup paling murah di dunia. Kira-kira negara apa saja? Let’s check it out guys!

Negara-negara dengan biaya hidup paling murah di dunia

1. Thailand

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Thailand

photo via croda.com

Siapa yang nggak tahu Thailand? Thailand memang terkenal sebagai negara tujuan wisata bagi banyak wisatawan Indonesia. Selain karena memiliki banyak tujuan wisata yang menarik, Thailand juga memiliki biaya hidup yang murah, sehingga menjadi negara favorit para travelers berkantong pas-pasan. Harga rata-rata makanan di Bangkok, berkisar di angka Rp 20.000-40.000 saja. Kamar pribadi untuk dua orang di pusat kota juga bisa didapat dengan harga mulai dari Rp 100 ribuan.

Sementara untuk berkeliling kota, kamu bisa naik BTS Skytrain atau MRT yang berkisar di harga Rp 6.000-20.000 per sekali jalan, tergantung seberapa jauh kamu pergi dan apakah kamu melewati zona yang berbeda atau tidak. Meski demikian, tidak semua kota di Thailand memiliki standar biaya hidup yang murah. Di Phuket misalnya, walaupun harga penginapan tergolong murah, harga makanan dan transportasi cenderung lebih mahal.

2. Vietnam

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Vietnam

photo via timesofindia.indiatimes.com

Vietnam juga menjadi negara tujuan wisata favorit akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan karena Vietnam tidak mematok tarif mahal untuk makanan lokal, penginapan, maupun destinasi wisata. Banyak kota di Vietnam yang menarik untuk ditempati. Sebut saja Ho Chi Minh (Saigon), Hanoi, Da Nang, dan lainnya. Dibandingkan dengan kota-kota kecil di pinggiran, biaya hidup di ketiga kota tersebut memang lebih mahal.

Meski demikian, kamu bisa tinggal di apartemen sederhana dengan harga sewa $400 per bulan. Cukup merogoh kocek kurang dari $5, kamu bisa makan makanan lokal dari Vietnam. Dengan budget $1200 atau setara dengan Rp16.560.000, kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup kamu setiap bulannya saat tinggal di negara ini.

Negara Vietnam juga sangat cocok bagi kamu yang backpacker-an. Di negara ini kamu dapat menghabiskan uang Rp 270 ribu saja dalam satu hari. Pasalnya banyak tujuan wisata yang nggak butuh biaya mahal. Bahkan ada banyak yang gratis Salah satunya adalah Tran Quoc Pagoda.

3. Bolivia

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Bolivia

photo via travelawaits.com

Negara dengan biaya hidup paling murah didunia selanjutnya adalah Bolivia. Bolivia merupakan sebuah negara kecil di Amerika Selatan, yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur, Paraguay dan Argentina di selatan, serta Chili dan Peru di bagian barat. Meski masuk benua Amerika Selatan, biaya hidup di negeri yang dikelilingi Pegunungan Altiplano ini tak semahal negara-negara tetangganya.

Untuk menginap, kamu cuma butuh biaya Rp 250 ribu per malam. Kamu juga tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya mahal untuk mengunjungi tempat wisata. Cukup berkeliling kota saja, kamu sudah bisa mendapatkan pemandangan yang indah. Kamu bisa berkunjung ke Sucre yang mempunyai banyak arsitektur peninggalan kolonial. Ada juga La Paz yang dikelilingi oleh pegunungan Andes yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Bolivia juga terkenal dengan pesta rakyat dan tarian adat yang autentik. Ada karnaval Ouro sebagai perayaan The Virgin of Candelaria yang bisa kamu ikuti, serta rumah Pedro Domingo Murillo yang menjadi legenda sejarah Bolivia yang bisa kamu kunjungi.

4. Mesir

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Mesir

photo via travel.detik.com

Banyak yang mengira kalau biaya hidup di Mesir sangat mahal sehingga untuk berlibur dalam jangka waktu yang lama di Mesir sangatlah mustahil. Padahal Mesir yang berlokasi di Afrika dan berbatasan dengan Laut Mediterania, Laut Merah, Libya dan Sudan ini merupakan salah satu negara dengan biaya hidup paling murah di dunia lho.

Hidup dan menetap di Mesir setidaknya membutuhkan anggaran sebesar $ 370 sebulan, itu sudah termasuk harga kamar, makanan, dan akses ke museum yang menjadi salah satu ikon pariwisata di Mesir. Perlu kalian ketahui, harga sewa satu kamar tidur di Kairo 90% jauh lebih murah dibandingkan dengan New York. Demikian pula untuk kebutuhan lain seperti bahan makanan dan barang-barang konsumtif lainnya juga lebih murah sekitar 60% dibandingkan harga bahan makanan dan barang-barang di New York. Jadi jangan ragu berlibur ke Mesir walaupun kantong kalian pas-pasan.

5. Nepal

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Nepal

photo via timesofindia.indiatimes.com

Buat kamu yang ingin menikmati liburan dengan pemandangan ikonik yang berbeda dari biasanya, kamu bisa datang ke Nepal. Negara yang berada dekat India ini menyuguhkan keindahan alam yang tidak bisa kamu temukan ditempat lain. Bahkan negara ini memiliki banyak situs-situs bersejarah yang sudah diakui oleh UNESCO. Kamu takkan menyesal traveling ke tempat ini karena Nepal terletak di pegunungan Himalaya yang tertutup salju abadi.

Tak hanya itu, negara ini pun menyuguhkan biaya hidup yang murah dan pas buat para traveler berkantong pas-pasan. Daya beli lokal di negara ini tergolong rendah, sesuai dengan PDB per kapitanya yang hanya lebih dari $ 700 menurut Bank Dunia. Harga sewa tempat tinggal di Nepal jauh lebih murah dibandingkan negara-negara lainnya, di mana satu kamar tidur di Kathmandu hanya dihargai $ 109 saja per bulan. Tak hanya harga sewa, makanan dan barang-barang konsumsi di negara ini pun juga rendah. Untuk menetap di negara ini setidaknya anggaran bulanan yang perlu disiapkan sebesar $ 340 yang sudah mencakup sewa dan utilitas, bahan makanan, transportasi, dan hiburan.

6. Hungaria

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Hungaria

photo via travelmelodies.com

Hungaria adalah salah satu Negara paling menawan di Eropa. Ada banyak tempat menawan yang dapat dikunjungi. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi dan memiliki banyak tempat bersejarah adalah kota Budapest yang juga merupakan ibukota Hungaria.

Biaya hotel yang ditawarkan pun murah yaitu dimulai dengan Rp200.000 saja. Saat berkunjung kesana kamu bisa membeli travel card dengan harga dimulai Rp82.000 saja dengan semua moda transportasi. Jika dirata-ratakan, biaya hidup di sini juga terjangkau yaitu, 350 – 55- EUR/bulan, sudah termasuk tempat tinggal, makanan, jalan-jalan, hiburan dan aktivitas sosial.

7. Filipina

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Filipina

photo via vantageasia.com

Negara dengan biaya hidup paling murah di dunia selanjutnya adalah Filipina. Meskipun memiliki nilai tukar mata uang yang lebih tinggi dibanding Indonesia, tapi standar biaya hidup di Filipina tergolong sama bahkan lebih murah dibanding Indonesia.

Dikutip dari Indozone.id, harga sekali naik Jeepney di Filipina adalah sekitar 8 Peso atau Rp 2 ribu. Harga kamar pinggir pantai dengan akses pantai pribadi di Palawan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 600 ribuan saja. Sementara harga hotel di pusat kota bisa kamu temukan mulai dari Rp 150 ribuan. Sangat murah untuk ukuran hotel berbintang.

8. India

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - India

photo via telegraph.co.uk

India juga menjadi tujuan wisata favorit banyak wisatawan dengan landmark mereka yang terkenal yaitu Taj Mahal. Negara dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di dunia ini juga merupakan salah satu negara dengan biaya hidup paling murah di dunia. Seperti halnya di negara lainnya, di India pun terdapat kota-kota besar yang biaya hidupnya lebih mahal dibandingkan kota-kota kecil lainnya. Sebut saja Mumbai, New Delhi, Goa, dan lain sebagainya. Meski demikian rata-rata biaya hidup di India tergolong murah dan sangat terjangkau.

Biaya transportasi yang disuguhkan pun murah yaitu hanya Rp3.000 per km nya. Bahkan hanya dengan Rp20.000 saja kamu sudah bisa menikmati makanan khas India yaitu roti prata. Selain itu biaya menginap yang ditawarkan cukup murah yaitu Rp300.000 per malam.

9. Malaysia

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Malaysia

photo via malaysiaairlines.com

Malaysia juga merupakan negara dengan biaya hidup paling murah di dunia berikutnya yang pas buat kamu kunjungi. Nilai tukar Ringgit Malaysia terhadap rupiah memang tergolong tinggi. 1 Ringgit bernilai sekitar Rp 3.000. Namun, standar biaya hidup di Malaysia kurang lebih sama seperti di Indonesia.

Sebagai contoh, harga 1 botol air mineral di Malaysia berkisar dari RM 1-1,5 atau jika di rupiahkan berkisar Rp 3.500 hingga Rp 5.000 per botolnya. Kamu juga bisa menemukan makanan mulai dari RM 2.5, seperti roti canai. Dengan infrastruktur memadai yang difasilitasi air minum di berbagai kota tentu memberi nilai plus tersendiri. Di negara ini, transportasi dan makanannya pun sangat bagus. Di Kuala Lumpur pada khususnya, dengan jaringan transportasi yang sudah sangat terintegrasi, kamu bisa naik LRT ke berbagai tujuan dengan harga mulai dari RM 1 saja sekali jalan. Sementara untuk taksi memang tergolong lebih mahal, kurang lebih sama seperti harga taksi di Jakarta.

10. Meksiko

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Meksiko

photo via tripsavvy.com

Meksiko yang terkenal dengan negara telenovela ini juga menjadi salah satu negara dengan biaya hidup paling murah di dunia meskipun berada di kawasan Amerika Utara. Biaya hidup yang murah di negara ini ditunjukkan dengan harga sewa yang murah dan harga barang-barang konsumsi yang rendah. Untuk hidup dan menetap di Meksiko selama sebulan setidaknya membutuhkan anggaran sebesar $ 650. Anggaran tersebut sudah termasuk sewa dan utilitas, bahan makanan, transportasi, dan juga hiburan. Bahkan di kota-kota utamanya seperti Merida and Queretaro, biaya hidup rata-rata per bulannya hanyalah US$ 400 atau sekitar Rp 5,8 juta.

11. Georgia

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Georgia

photo via freepik.com

Selain Hungaria, Georgia juga merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki biaya hidup paling murah didunia. Negara yang berbatasan dengan Turki, Armenia dan Azerbaijan ini menawarkan biaya kebutuhan sehari-hari yang sangat rendah. Harga bahan makanan dan barang-barang konsumtif begitu murah dan terjangkau. Pengeluaran bulanan untuk satu orang di negara ini setidaknya hanya menghabiskan $ 360 atau sekitar Rp 5,2 juta saja per bulannya. Sebagai permata yang tersembunyi di Eropa tentu Georgia tak boleh dilewatkan apalagi buat para traveler berkantong pas-pasan.

12. Indonesia

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Indonesia

photo via picfair.com

Negara kita Indonesia juga termasuk ke dalam salah satu negara yang memiliki biaya hidup paling murah di dunia. Meskipun tergantung dengan gaya hidup orangnya masing-masing namun rata-rata masyarakat Indonesia hanya membutuhkan anggaran bulanan setidaknya Rp 5 juta. Itupun sudah termasuk biaya makan, listrik, transportasi, hiburan dll. Tak hanya murah, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan jutaan objek wisata yang menakjubkan dan menawarkan keindahan alam tiada tara. Negara ini juga kaya akan budaya dan keanekaragaman kuliner, sehingga senantiasa menawarkan pengetahuan dan pengalaman baru yang tak ada habisnya.

13. Taiwan

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Taiwan

photo via roadaffair.com

Di banding dengan negara tetangganya yakni China dan Jepang, Taiwan bisa dikatakan negara dengan biaya hidup paling murah bahkan hampir sama dengan biaya hidup di Indonesia. Di negara ini kamu bisa mendapatkan penginapan mulai dari Rp 150 ribuan saja di daerah Taipei. Harga makanan pun tergolong murah, dengan rata-rata sekitar Rp 20.000 per sekali makan. Sementara untuk transportasi memang tergolong lebih mahal dari Indonesia. Harga naik bis sekali jalan mulai dari Rp 6.500, sementara MRT berkisar dari Rp 8.000. Tapi system transportasi di Taiwan sudah sangat terintegrasi, bersih dan sangat terjadwal.

14. Kamboja

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Kamboja

photo via en.wikipedia.org

Negara dengan biaya hidup paling murah di dunia berikutnya adalah Kamboja. Negara yang masuk keanggotaan ASEAN ini menawarkan tempat menginap dan makan yang cukup murah, khususnya bagi para backpacker. Dengan hanya Rp 50.000 per orang, kamu sudah dapat menginap di hostel.

Kamu tak perlu takut kelaparan di negara ini karena cukup membayar sekitar Rp 13.000-50.000 kamu bisa makan sampai kenyang. Soal destinasi wisata kamu juga tidak perlu khawatir, di Negara ini terdapat Angkor Wat Archaelogical Park, yaitu sebuah candi yang masuk situs warisan dunia UNESCO. Hanya sekitar Rp 200.000, kamu sudah bisa berkeliling di tempat bersejarah tersebut dengan puas. Ada banyak pula candi yang bisa kamu kunjungi di Kamboja sambil melihat matahari terbit, yang tiketnya ramah di kantong.

15. Afrika Selatan

Negara Dengan Biaya Hidup Paling Murah - Afrika Selatan

photo via go2africa.com

Satu lagi negara dengan biaya hidup paling murah adalah Afrika Selatan. Negara ini merupakan negara dengan produksi platinum, emas, dan kromium terbesar di dunia, di mana sangat membantu dalam perekonomian negaranya. Jika dibandingkan Indonesia, di Afrika Selatan daya belinya lebih tinggi 26,9 persen. Harga sewanya juga lebih murah 87,5 persen, bahan makanan lebih murah 71 persen, dan harga barang dan jasanya lebih rendah 65,8 persen. Hal ini membuat daya beli lokal meningkat secara signifikan.

Di samping daya beli yang tinggi, Afrika Selatan menawarkan bahan makanan dan barang konsumsi yang ternyata berharga murah. Harga sewa hunian untuk wisatawan hanya diberi nilai USD 400 sudah bisa tinggal di ibukota Afrika Selatan, Cape Town. Sementara untuk di Kota Durban, wisatawan cukup mengeluarkan biaya USD 280 saja per bulan.

Nah itulah 15 negara dengan biaya hidup paling murah yang bisa kamu sambangi. Meskipun disebut sebagai negara dengan biaya hidup paling murah, namun hal tersebut kembali lagi pada gaya hidup orangnya masing-masing. Jadi kalian lebih tertarik berlibur ke negara mana guys?

Artikel Terkait