Nostalgia Yuk! Ini Lho Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

Blackberry Messenger

Sebelum kepopuleran WhatsApp membabi buta seperti sekarang ini, ternyata ada masa dimana aplikasi BlackBerry Messenger menjadi aplikasi chatting paling digandrungi banyak orang. BlackBerry Messenger atau lebih dikenal dengan singkatan BBM sendiri merupakan aplikasi chatting yang awalnya hadir eksklusif untuk pengguna smartphone BlackBerry.

Kalian yang dulu pernah menggunakan HP BlackBerry pasti sudah nggak asing dengan fitur-fitur legend yang diberikan oleh HP BlackBerry. Salah satu kenangan tak terlupakan dari BBM adalah ketika kita saling tukar PIN BBM untuk saling terhubung dengan teman baru.

Meski sempat menjadi trend, namun kepopuleran BlackBerry akhirnya dikalahkan oleh beberapa aplikasi chatting lainnya, seperti WhatsApp, Line hingga Telegram. Dan hal ini membuat BlackBerry Messenger mengumumkan menghentikan layanannya pada 31 Mei 2019 lalu. Resmi ditutup, tentu ada beberapa hal yang membuat kamu merindukan HP dan aplikasi BBM yang identik dengan teror “PING”nya tersebut. Maka dari itu, untuk bernostalgia kembali, berikut ini merupakan beberapa hal yang paling ngangenin dari BlackBerry Messenger! Mana yang paling membuat kamu kangen?

1. Saling tukar PIN BBM

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via tripadvisor.com

Kenangan paling legend dari BBM adalah ketika kita saling tukar PIN BBM untuk saling terhubung dengan teman baru. Hal ini bahkan menjadi salah satu alasan kenapa popularitas SMS langsung runtuh. Pasalnya kita tidak perlu repot meminta nomor HP untuk saling berkomunikasi jarak jauh, cukup minta PIN BBM, maka komunikasi saat itu akan menjadi mudah.

Pastinya banyak yang merindukan kalimat, “Cuy, bagi pin lo dong!”, atau “pin-nya berapa say?”. Kita bahkan bisa merasa bangga ketika memajang PIN BB di Facebook atau di email, karena saat itu rasanya kita selangkah lebih maju daripada orang yang tidak memakai BB.

2. PING!!!

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via popxo.com

Siapa nih yang sering ngisengin teman dengan fitur PING ?. Yap, hal yang paling ngangenin dari BBM selanjutnya adalah fitu PING! yang sering kita gunakan entah untuk memanggil teman atau sebagai alat untuk iseng atau bahkan untuk menarik perhatian.

PING!!! sendiri sebenarnya berfungsi untuk mendorong orang agar cepat membalas pesan saat melakukan chatting. Namun kadang-kadang, mendapat pesan PING!!! berulang kali serasa seperti sedang diteror seseorang ya?

3. Simbol “D” dan “R”

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via crackberry.com

Hal yang ngangenin dari BlackBerry Messenger selanjutnya adalah simbol “D” dan “R” yang membuat kita bisa melihat apakah status pesan kita sudah terkirim (delivered/deliv) yang ditandai dengan huruf “D” atau hanya sekedar dibaca (read) yang ditandai dengan huruf “R”. Munculnya simbol “R” tanpa adanya balasan tentu membuat kita kesal setengah mati karena merasa diabaikan.

4. Memilih nama profil BBM (Display Name)

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via xdyeymix.wordpress.com

Siapa nih yang suka menggunakan nama profil alias display name yang unik saat menggunakan BBM? Dengan banyaknya pilihan emoticon dan text style, kita kadang tergoda membuat display name seunik dan sealay mungkin.

5. DP (Display Picture)

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via frikipandi.com

Selanjutnya adalah kegiatan mengganti DP. Tentu kalian yang sempat menggunakan BBM masih ingat dengan jelas dengan DP. DP alias display picture merupakan istilah untuk menyebut foto profil dari pengguna BBM. Kita bahkan bisa mengganti DP beberapa kali dalam sehari. Meskipun BBM sudah resmi tutup, namun istilah ini masih sering digunakan hingga saat ini untuk menyebut foto profil di media sosial lainnya.

6. Update status BBM/PM (Personal Message)

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via blog.phonehouse.es

Meski update status bisa kita temukan di aplikasi chatting lainnya. Tetap saja update status di BBM memiliki kenangan tersendiri yang susah untuk dilupakan. Dengan fitur ini, kita bisa memberitahu teman jika kita sedang tidak bisa dihubungi karena sibuk atau satu lain hal. Tak hanya itu, fitur ini juga kerap digunakan sebagai ajang curhat untuk menarik perhatian pengguna lain yang terhubung denganmu di BBM. Mengecek status BBM orang-orang bahkan menjadi kegiatan yang menyenangkan pada masanya.

7. Broadcast Message

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via wallpaper-muslim.blogspot.com

Salah satu fitur canggih di BBM yang bakal membuat kita kangen dengan aplikasi chatt satu ini adalah fitur Broadcast Message. Fitur ini berfungsi untuk membagikan pesan yang sama ke banyak pengguna, seperti sebuah siaran. Fitur broadcast ini dulunya sangat penting digunakan untuk share ke semua circle pertemanan BBM untuk menginfokan sesuatu.

Biasanya yang paling populer ialah pesan broadcast PIN BBM teman hingga broadcast sesuatu yang memuat informasi seperti ucapan hari raya. Tapi tak jarang juga Broadcast Message memuat pesan yang mengganggu, seperti “Didatangi setan kalau nggak broadcast ulang”.

8. BBM Channels

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via crackberry.com

Siapa nih yang pernah gabung dalam sebuah BBM Channels? Aplikasi BBM memang menyediakan fitur BBM Channels, yang mirip sebuah forum di dalam aplikasi. Dengan fitur ini, kamu dapat terhubung dengan komunitas BBM. Dalam komunitas ini, kamu dapat berbagi ide dan berdiskusi tentang berbagai topik yang menarik hingga bertemu dengan teman baru.

9. BBM Group

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via helpblog.blackberry.com

Sebelum grup WA, mendominasi, kita juga pernah berada dalam masa BBM group. Dengan fitur BBM Grup ini, kamu bisa mengelompokkan kontak–kontak BBM kamu yang termasuk ke dalam kategori yang sama, seperti Grup keluarga, teman kuliah, teman sekolah, teman satu angkatan, atau bahkan teman-teman organisasi. Didalam fitur grup ini, kita bisa mengobrol, berbagi informasi, berbagi gambar, serta mengelola event atau acara yang dibuat dalam grup sebagai pengingat (reminder).

10. Unlock BB

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via wave.thozargi.tk

Repotnya unlock BB saat membeli BlackBerry second merupakan hal yang ngangenin saat kita menggunakan BBM. Sering kali terjadi ketika kita membeli BB second kita harus melakukan Unlock BB terlebih dahulu. Ini biasanya terjadi kalau SIM card bawaan pada BB tersebut berbeda dengan SIM card yang kamu gunakan. Jika tidak mengerti teknologi, biasanya kita harus mencari jasa unlock BB di berbagai mall pada saat itu.

11. Screen muncher

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via wotthetech.com

Nggak secanggih smartphone sekarang yang tinggal usap dengan 3 jari udah bisa screenshoot atau nangkap layar. HP BlackBerry dulu perlu yang namanya aplikasi Screen muncher yang bisa dibeli di BB app store untuk bisa melakukan tangkap layar. Meski sedikit ribet, namun hal inilah yang ngangenin dari BlackBerry Messenger.

12. Fitur “Show what i’m listening to” di BBM

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via yangpentinghepi.com

Hal ngangenin dari BBM selanjutnya adalah fitur “listening to” di BBM. Bila kamu mengaktifkan fitur ini, maka memungkinkan aktivitas mendengarkan lagu dan memutar video yang kamu lakukan tersambung ke status BBM. Sering kali fitur ini dimanfaatkan untuk memberi kode pada gebetan dengan sengaja mendengarkan lagu-lagu bernuansa romantis atau film-film romantis. Wah siapa nih yang sering kode-koderan dengan fitus satu ini?

13. TC (Test Contact)

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via hardrockfm.com

Siapa nih yang baru dapat pin BBM baru dari orang yang disukai langsung Test Contact? TC alias Test Contact biasanya dilakukan pengguna BBM ketika baru mengirim pesan untuk pertama kali ke kontak barunya

14. Auto Text

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via youzakysan.blogspot.com

Siapa nih yang sering kirim pesan-pesan alay pakai Auto Text di BBM? Fitur ini merupakan salah satu hiburan yang paling dirindukan dari BBM. Auto Text sendiri adalah gaya tulisan menarik yang akan keluar secara otomatis apabila kita menekan huruf tertentu yang sebelumnya telah kita setting.

15. Delcont (Delete Contact)

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via mobilitaria.com

Kalau lagi marah atau kesal dengan seseorang, langsung Delcont alias Delete Contact nya. Siapa yang sering kayak gini? Saat jamannya BBM menghapus kontak sama saja dengan ngeblock seseorang dari media sosial kita.

16. LED merah mulai kedip-kedip

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via vtwctr.org

Udah paling seneng deh kalau LED merah di atas layar BBM kamu mulai kedip-kedip. Karena itu tandanya ada yang nge-chat kita. Meski bukan gebetan namun munculnya kedip-kedip LED membuat kita merasa menjadi orang yang penting karena mendapat banyak pesan dari teman.

17. Keypad QWERTY dan trackpad

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via withinwards19.rssing.com

Salah satu hal yang paling dirindukan dari BlackBerry Messenger adalah Keypad QWERTY dan trackpad yang legend. Meski belum layar sentuh seperti smartphone sekarang, namun trackpad di BB ini berfungsi sama seperti touchpad di laptop. Suara tombol QWERTY nya juga sangat menarik saat kita memencetnya.

18. Membersihkan trackball

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via youtube.com (Ken Hanscom)

Selain menggunakan trackpad, HP BB juga identik dengan trackballnya. Makin sering main BBM, makin sering juga trackball-nya di putar-putar, gulir sana gulir sini. Saking seringnya, trackball sering macet dan tidak mau merespon gerakan jari jemari kita. Biasanya, kalau trackball lagi macet, pengguna HP BB sering mengakalinya dengan minyak kayu putih. Ya, minyak kayu putih selalu menjadi andalan untuk membersihkan trackball yang macet, dan mamper karena penuh daki.

19. HP BB nge-hang

Beberapa Hal Yang Paling Ngangenin Dari BBM Messenger

photo via crackberry.com

Selain trackball yang macet, handset BB yang lain juga sering hang karena terlalu sering digunakan. Ini biasanya terjadi karena HP BB terlalu panas ketika digunakan non stop. Kalau sudah begini, biasanya kita bakal restart HP dulu, namun nunggunya kadang lama.

Nah itu dia beberapa hal yang paling ngangenin dari BlackBerry Messenger alias BBM. Kalau kalian sendiri, mana nih yang paling kalian kangenin?

Artikel Terkait