Rekomendasi Novel Best Seller Terbaik Untuk Kamu Baca

2 bulan lalu, by blogunik

Novel best seller 2019 - KKN di Desa Penari

Siapa nih yang hobinya baca buku apalagi baca novel? Novel sendiri memang jenis buku yang paling digemari banyak orang untuk mengisi waktu senggang. Hingga kini, jumlah novel sudah sangat banyak dengan berbagai jenis genre di seluruh dunia. Meskipun dengan kemajuan teknologi di jaman sekarang kamu bisa membaca novel secara gratis lewat aplikasi seperti Wattpad atau semacamnya, tapi novel-novel dalam bentuk cetakan tetap memiliki banyak peminat lho!

Terbukti dari banyaknya novel karya-karya penulis berbakat yang karya novelnya menjadi best seller dan terjual hingga ratusan tibu bahkan jutaan copy. Nah buat kamu yang punya hobi baca novel, berikut beberapa rekomendasi novel best seller terbaik yang akan menarikmu masuk kedalam ceritanya. Kira-kira novel apa saja? Berikut ulasannya!

1. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson

Novel best seller 2019 - Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

photo via gramedia.com

Novel best seller pertama adalah novel inspiratif berjudul “Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat” karya Mark Manson. Novel satu ini merupakan novel terjemahan dari novel berjudul “The Subtle Art of Not Giving a F^ck” yang terbit dan masuk dalam daftar buku best seller The New York Times dan Washington Post. Pada Januari 2019 kemarin, buku ini telah terjual lebih dari 3 juta salinan.

Meskipun judulnya “Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat”, namun buku satu ini tidak mengajarkan seseorang untuk bersikap bodo amat dengan segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Justru penulis ingin membuka pikiran kita bahwa ada hal-hal penting yang dirasa tidak perlu dipersoalkan dalam hidup. Buku ini mengajarkan kita untuk lebih cuek dengan hal-hal yang kurang penting melalui sebuah seni. Penulis juga menambahkan cerita-cerita yang menghibur dan ‘kekinian’, serta humor yang cadas. Buku ini merupakan tamparan di wajah yang menyegarkan untuk kita semua, supaya kita bisa mulai menjalani kehidupan yang lebih memuaskan, dan apa adanya.

2. KKN Di Desa Penari – Simpleman

Novel best seller 2019 - KKN di Desa Penari

photo via instagram.com/sandra.bianca

Siapa sih yang belum pernah mendengar kisah misteri KKN di Desa Penari yang viral baru-baru ini di jagat maya? Nah karena mendapat banyak sorotan, kisah yang menceritakan kejadian nyata ini akhirnya diterbitkan menjadi sebuah novel misteri lho. Novelnya pun telah beredar dari awal September lalu.

Disadur dari akun Twitter @SimpleM81378523 yang memviralkan kisal ini, KKN di Desa Penari mengisahkan petualangan horor 6 orang yang namanya disamarkan sebagai Bima, Anton, Ayu, Widya, Nur, dan Wahyu di kota B yang penuh misteri. Mereka bertemu dengan Badarawuhi, jin yang konon merupakan penari di daerah tersebut. Dalam versi novel ini, kalian juga akan mendapatkan beberapa detail yang tidak dijelaskan penulis melalui Twitternya. Novel ini merupakan salah satu novel best seller di tahun 2019, jadi buat kamu jangan sampai kehabisan novel ini ya.

3. Habibie & Ainun Edisi Khusus (3 Buah puisi B J Habibie & foto foto Esklusif) – Bacharuddin Jusuf Habibie

Novel best seller 2019 - Habibie & Ainun Edisi Khusus

photo via prelo.co.id

Novel Habibie & Ainun Edisi Khusus ini merupakan salah satu novel best seller yang diluncurkan dari tahun 2010 di Jakarta. Menceritakan berbagai kisah cinta menarik antara Pak Habibie dan Ibu Ainun. Mulai dari perjumpaan keduanya yang menjadi awal segalanya, keseharian dalam mengarungi bahtera rumah tangga hingga kejadian memilukan tatkala sang takdir Ilahi memisahkan keduanya.

Selain itu para pembaca juga akan menemukan beberapa untaian doa dan puisi cinta yang pernah ditulis keduanya. Tak berlebihan jika Habibie mengatakan saat dirinya menulis buku ini tiap halamannya penuh dengan tetesan air mata.

Buku ini terdiri dari 37 bab. Masing-masing babnya mengandung hikmah tentang kehidupan dari sang profesor. Gaya ceritanya yang sederhana, menjadikan para pembaca ingin terus menyaksikan apa-apa saja tingkah pola Habibie dan Ainun di belakang layar pentas nasional. Sehingga para pembaca akan menemukan sebuah bacaan yang berbeda. Layaknya sebuah novel, Habibie mampu menyajikan sebuah alur cerita unik dan menawan sehingga begitu lekat dimata para pembacanya.

Di dalam novel Habibie & Ainun ini terdapat 3 puisi yang berada di halaman depan dan bonus foto-foto Pak Habibie sekeluarga pada halaman belakang. Foto-foto Pak Habibie dan sekeluarga dicetak berwarna.

4. Kami (Bukan) Sarjana Kertas – J.S. Khairen

Novel best seller 2019 - Kami (Bukan) Sarjana Kertas

photo via instagram.com/kunfvook

Novel best seller terbaik selanjutnya yang wajib kamu baca adalah “Kami (Bukan) Sarjana Kertas” karya J.S. Khairen. Pada penjualan pre-order-nya, Kami (Bukan) Sarjana Kertas telah terjual lebih 2000 eksemplar dalam kurun waktu kurang dari satu hari. Buku ini juga telah terpajang di rak best-seller dan top 10 di beberapa titik toko buku di Indonesia.

Kami (Bukan) Sarjana Kertas adalah sebuah novel fiksi yang dikemas secara ringan dan diiringi humor-humor khas anak kampus. Di dalamnya terdapat banyak tokoh yang menjadi representasi jenis-jenis mahasiswa yang sering kita temui saat kuliah. Mereka bersama menempuh pendidikan yang menantang di sebuah kampus yang bobrok. Pada akhirnya, keputusan-keputusan yang mereka ambil akan membuat kita merenungi tentang apakah kita sendiri telah memilih jalan yang tepat untuk hidup kita.

5. Man’s Search For Meaning – Viktor E. Frankl

Novel best seller 2019 - Man's Search For Meaning

photo via kubukabuku.com

Rekomendasi novel terbaik buat kalian baca berikutnya adalah novel inspiratif berjudul Man’s Search For Meaning. Novel satu ini merupakan salah satu novel best seller didunia dimana telah terjual lebih dari 12 juta eksemplar di seluruh dunia. Novel ini juga telah diterbitkan dalam 24 bahasa dan 190 edisi.

Novel ini sendiri merupakan novel yang diadaptasi dari kisah penulisnya sendiri yakni Viktor E. Frankl saat mengalami penderitaan dibawah kekejaman Nazi. Viktor Frankl pernah berada di empat kamp kematian Nazi yang berbeda, termasuk Auschwitz, antara tahun 1942 dan 1945. Dia bertahan hidup, sementara orangtuanya, saudara laki-laki, dan istrinya yang tengah hamil akhirnya tewas dalam kamp. Di dalam keganasan dan kekejian kamp, Frankl yang juga seorang psikiater belajar menemukan makna hidup. Menurutnya, kita tidak dapat menghindari penderitaan, tetapi kita dapat memilih cara mengatasinya, menemukan makna di dalamnya, dan melangkah maju dengan tujuan baru. Teori Frankl, yang dikenal sebagai logoterapi, menjelaskan bahwa dorongan utama kita dalam hidup bukanlah kesenangan, tetapi penemuan dan pencarian dari apa yang secara pribadi kita temukan bermakna.

Harapan dan dorongan untuk bertahan hidup ini digambarkan secara mendalam dalam buku ini. Masih adanya harapan Viktor Frankl beserta tawanan-tawanan Nazi lainnya untuk dapat keluar dengan selamat dari cengkeraman Nazi membuat mereka bisa melihat hal-hal kecil untuk mereka syukuri. Banyak orang terinspirasi dari kisah novel ini dan menjadikan novel ini sebagai satu dari sepuluh buku paling berpengaruh di Amerika. Novel ini juga menerima penghargaan sebagai “Book of the Year” by Colby College, Baker University, Earlham College, Olivet Nazarene College, and St. Mary’s Dominican College.

6. Tapak Jejak – Fiersa Besari

Rekomendasi-Novel-Best-Seller-Terbaik-Tapak-Jejak-Fiersa-Besari

photo via tofo.me

Bagi kamu pecinta novel bertema petualangan, mungkin kalian nggak asing lagi dengan penulis novel Fiersa Besari. Ya Fiersa Besari beberapa waktu lalu merilis novel teranyarnya bertajuk “Tapak Jejak”. Sejak awal perilisan, buku satu ini telah menempati posisi best seller. “Tapak Jejak” sendiri merupakan memoir dan kelanjutan cerita dari buku ‘Arah Langkah’. Fiersa Besari melanjutkan cerita petualangannya mengunjungi daerah-daerah di wilayah timur Indonesia, menelusuri keindahan alam, budaya, dan tradisi, menembus dinding kegelisahan akan makna keluarga dan rumah.

Penulis asal Bandung ini ingin mengajak pembaca agar mengikuti perjalanan hidupnya. Serta mengajak untuk melihat kondisi Indonesia yang tak hanya indah tapi juga kaya akan tradisi dan budaya. Buku ‘Tapak Jejak’ merupakan buku keenam Fiersa Besari yang sudah diterbitkan. Sebelumnya ia menerbitkan ‘Garis Waktu’, ‘Catatan Juang: Sebuah Konspirasi Alam Semesta’, ‘Konspirasi Alam Semesta’, ‘Arah Langkah’, dan album buku ’11:11′.

7. Uncensored – @olevelove (Citra Ayu Mustika)

Rekomendasi-Novel-Best-Seller-Terbaik-Uncensored-olevelove

photo via instagram.com/bukubukularisdotcom

Nah kalau novel satu ini wajib banget dibaca buat kamu para pasutri yang baru menikah atau yang telah lama menikah. Novel ini mengangkat isu tentang ASI. selain tentang ASI. Istilah #teronglyf sendiri penulis buat untuk menggambarkan masalah pasutri yang lebih luas mencakup seks, perasaan, keuangan, dan masalah rumah tangga lainnya.

Buku ini menceritakan pengalaman pribadi si penulis ketika mengalami cinta macet dan hubungan mulai hambar, ketika rasa cinta berkurang saat ga ada uang, ketika emosi jiwa mengalami baby blues, ketika pasangan tidak peka, dan banyak masalah kusut lainnya yang mengancam kewarasan suami istri. Diurai dengan bahasa yang santai dan blak-blakan ala Citra Ayu Mustika membuat buku ini seru dan tegang buat dibaca. Temukan juga tips yang bikin kamu deg-degan dan gak bakal kamu temuin di buku lain.

Saking banyak peminatnya, novel satu ini telah lebih terjual sebanyak 5.000 eksemplar dalam waktu beberapa hari. Ga tanggung-tanggung ternyata buku Uncensored ini juga telah sampai pada cetakan ke-3 hanya dalam waktu kurang dari 2 minggu. Wow!

8. Orang-Orang Biasa – Andrea Hirata

Rekomendasi-Novel-Best-Seller-Terbaik-Orang-Orang-Biasa-Andrea-Hirata

photo via instagram.com/hirataandrea

Siapa yang tak kenal penulis novel Andrea Hirata yang sukses dengan novel Laskar Pelanginya. Kali ini Andrea Hirata kembali dengan karya terbarunya yang berjudul Orang-Orang Biasa. Novel ini menjadi buku ke-10 bagi penulis kondang asal Belitung satu ini.

Orang-Orang Biasa sendiri menyuguhkan sebuah cerita yang sedikit berbeda dari novel-novel sebelumnya. Di novel ini menceritakan masa sekarang, sehingga muncul kata-kata seperti Facebook, internet bahkan di berbagai halaman menyebut Kupi Kuli yang mana merupakan Warung Kopi yang ada di Museum Kata milik Pak Cik Andrea Hirata.

Orang-orang Biasa berkisah tentang Aini, seorang anak miskin yang diterima di fakultas kedokteran ternama namun terhalang biaya masuk yang selangit. Novel satu ini wajib kalian baca sebab mengajarkan kita nilai-nilai pendidikan, pengorbanan serta dedikasi. Novel ini juga mengangkat isu bullying yang bukan hanya terjadi di dunia pendidikan, tetapi juga di masyarakat.

9. Five Dark States – Kendare Blake

Rekomendasi-Novel-Best-Seller-Terbaik-Five-Dark-States-Kendare-Blake

photo via themarlenamarie.com

Rekomendasi novel best seller berikutnya adalah Five Dark States. Novel bergenre fantasi ini merupakan novel ke 4 dari penulis kondang Kendare Blake yang sukses menjadi salah satu New York Times Best Selling. Five Dark States ini menceritakan sebuah perang antara tiga saudara. Kesetiaan akan berubah. Obligasi akan diuji. Namun nasib pulau itu ada di tangan para ratu. Five Dark Fates adalah kesimpulan epik dari seri Three Dark Crowns terlaris Kendare Blake.

10. Si Anak Badai – Tere Liye

Rekomendasi-Novel-Best-Seller-Terbaik-Si-Anak-Badai-Tere-Liye

photo via instagram.com/gramedialombok

Jika kalian penggemar buku-bukunya Tere Liye, maka kalian wajib hukumnya untuk membaca novel best seller dengan judul Si Anak Badai. Buku ini merupakan buku ke enam dari Serial Anak Nusantara karya Tere Liye. Serial ini merupakan bacaan yang target pembacanya untuk semua umur, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua.

Novel ini menceritakan kisah seru Za dan kawan-kawannya dari kampung Muara Monowa yang berada persis di muara sungai besar yang menjadi perlintasan kapal-kapal menuju desa atau kota-kota berikutnya. Dengan tekad sebesar badai, bertualang mencari pembuktian atas rekayasa kasus yang mengancam kampung mereka.

11. Taken At The Flood (Mengail Di Air Keruh) – Agatha Christie

Rekomendasi-Novel-Best-Seller-Terbaik-Taken-At-The-Flood-Agatha-Christie

photo via id.carousell.com

Taken At The Flood atau Mengail Di Air Keruh adalah sebuah karya fiksi detektif buatan penulis Inggris Agatha Christie, yang pertama kali diterbitkan di AS. Taken At The Flood menjadi salah satu novel best seller yang wajib kalian baca khususnya bagi kalian yang suka dengan novel bertema misteri.

Taken At The Flood sendiri menceritakan ketika Gordon Cloade tewas dalam serangan udara di London. Dia tidak meninggalkan surat wasiat, dan kekayaannya yang besar jatuh pada istrinya yang masih muda, Rosaleen. Tetapi kepada lima orang telah dijanjikan bagian dari kekayaan itu ternyata sangat membutuhkan uang. Nah, mereka baru bisa menerima bagian mereka apabila Rosaleen meninggal sebelum mereka. Ada lima orang yang punya motif kuat untuk membunuh. Lalu, terjadilah pembunuhan yang kejam. Tetapi bukan Rosaleen korbannya. Lalu siapakah yang tewas dan siapa pelakunya? Kalau penasaran segera baca novel Taken At The Flood satu ini guys!

12. Petualangan Pohon Kelana Ajaib: Negeri Camilan (A Faraway Tree Adventure: The Land of Goodies) – Enid Blyton

Rekomendasi-Novel-Best-Seller-Terbaik-Petualangan-Pohon-Kelana-Ajaib-Negeri-Camilan

photo via shopee.co.id

Enid Blyton adalah penulis asal Inggris yang sangat produktif dalam menulis buku cerita anak. Penjualan buku-buku karya Enid Blyton pun mencapai lebih dari 600 juta kopi. Banyak karyanya yang sangat populer di kalangan anak-anak. Sebut saja, novel A Faraway Tree Adventure: The Land of Goodies yang telah diterjemahkan menjadi Petualangan Pohon Kelana Ajaib: Negeri Camilan. Novel ini merupakan seri ke 4 dari serial novel Pohon Kelana Ajaib.

Novel ini berisi kisah klasik tentang sebuah negeri camilan. Negeri ini adalah tempat terlezat yang pernah Joe, Beth, Frannie, dan Rick kunjungi. Di sana ada pohon es krim, semak permen loli, dan pagar dari marshmallow! Buku ini sangat cocok buat para anak-anak yang gemar membaca, kamupun yang sudah remaja dan dewasa dapat membaca buku ini sebagai hiburan yang bermakna.

13. Rich People Problems – Kevin Kwan

Novel best seller 2019 - Rich People Problems

photo via carousell.ph

Novel best seller satu ini merupakan penutup trilogi Crazy Rich Asians karya Kevin Kwan. Tentunya, masih berkisah tentang Rachel dan Nick. Nah yang mengikuti kisah cinta yang dibumbui kemewahan di Crazy Rich Asians tentunya tidak boleh melewatkan novel best seller satu ini.

Rich People Problems dibuka dengan kabar Su Yi kena serangan jantung. Semua orang merasa sisa hidup perempuan berusia 96 tahun itu takkan lama lagi. Maka, anak-anak, menantu, beserta cucu-cucunya dari Hong Kong, Bangkok, hingga Australia berdatangan. Eleanor juga menelepon putranya, Nicholas Young yang sudah beristrikan Rachel Chu di New York untuk pulang ke Singapura.

Tujuan keluarga besar berkumpul cuma satu: menemani Su Yi yang tinggal menunggu waktu, kemudian mendengar apa isi surat wasiatnya. Mereka ingin tahu siapa dapat apa dan berapa banyak.

Dan terutama, siapa yang diwarisi Tyersall Park, rumah asri nan luas dan mewah yang ditinggali Su Yi, Eleanor, dan Nick sampai ia kepincut Rachel di Amerika. Rumah itu tak hanya properti termahal dan paling eksklusif di Singapura, namun juga punya nilai sejarah.

Hubungan Nick dengan nenek renggang saat sang cucu lebih memilih Rachel ketimbang tinggal di Singapura. Padahal Nick, sang cucu favorit Su Yi, pernah digadang-gadang yang bakal mewarisi Tyersall Park. Terus siapa yang akan menjadi pewaris Tyersall Park?

14. The Girl Who Drank The Moon – Kelly Barnhill

Rekomendasi-Novel-Best-Seller-Terbaik-The-Girl-Who-Drank-The-Moon-Kelly-Barnhill

photo via tokopedia.com

Buat kamu yang suka dengan novel bertema fantasi, maka jangan ketinggalan untuk menyimak kisah menakjubkan dalam novel best seller berjudul The Girl Who Drank The Moon. Salah satu novel terlaris di tahun 2019 ini menceritakan tentang sebuah desa yang dikuasai oleh para penyihir sehingga harus rutin menyerahkan tumbal.

Setiap musim tertentu, penduduk Protektorat wajib mempersembahkan bayi termuda kepada Sang Penyihir di Hutan untuk menghindari petaka. Namun Xan adalah penyihir baik hati, setiap musim itu pula, dia mengambil si bayi dan menyerahkannya pada warga Wilayah Merdeka untuk diadopsi. Suatu hari, tanpa sengaja, bayi yang digendongnya terlalu banyak meminum sinar rembulan sehingga ia dipenuhi sihir. Bayi itu bernama Luna. Luna ditemani Fyrian sang naga mungil dan Glerk si monster rawa, pun mengalami berbagai petualangan menakjubkan, hingga akhirnya Luna menjadi penyihir sejati yang mengalahkan Sang Penyihir Jahat dan bertemu kembali dengan ibu kandungnya.

15. Norwegian Wood – Haruki Murakami

Rekomendasi-Novel-Best-Seller-Terbaik-Norwegian-Wood-Haruki-Murakami

photo via shopee.co.id

Norwegian Wood adalah salah satu karya Haruki yang mendunia. Buku ini pertama kali dirilis pada 1987 lalu di Jepang. Buku ini mengisahkan perjalanan seorang pemuda romantis bernama Toru dan kisah-kisah pilunya semasa menjadi mahasiswa.

Sedikit spoiler, dikisahkan Toru Watanabe merupakan seorang siswa menengah yang bersahabat dengan sepasang kekasih, Kizuki dan Naoko. Naoko yang ceria dapat membagi waktu, antara pasangan dan sahabatnya. Kizuki juga salah seorang sahabat yang paling bisa diajak berbagi.

Tapi, di ulang tahun ke-17 Kizuki, ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya tanpa alasan yang jelas. Persahabatan dengan Naoko pun ternyata bukanlah perasaan sebatas teman, melainkan hubungan yang lain. Setelah hubungannya berjalan semakin dekat, Naoko menghilang dengan hanya meninggalkan selembar surat.

Perisitiwa gelap membuat lubang besar di hatinya, Wanabe pun pindah ke Tokyo untuk melanjutkan studi. Kenangan akan sahabatnya tidak bisa ia lupakan sampai membuat dirinya despresi. Sosok wanita lain bernama Midori tiba-tiba muncul. Walaupun kepribadian Naoko dan Midori berbeda seratus persen. Tanpa disadari, Watanabe terjebak antara dua kepribadian. Naoko yang masih tidak bisa dilupakan, dan Midori yang selalu ia tunggu.

Sepintas, buku ini terlihat seperti buku dengan cerita cinta anak muda biasa. Namun, plot dan karakter yang diciptakan Haruki Murakami sangat jelas, dan dapat dirasakan oleh pembaca. Murakami ingin memberi gambaran bagaimana seseorang yang kesepian, seseorang yang depresi, seseorang yang berharap tinggi namun dihempaskan kembali ke tanah. Meskipun ia seorang yang berasal dari Jepang, penulisan buku ini banyak menggunakan unsur barat, seperti kutipan-kutipan dalam film The Great Gatsby sampai juga lagu The Beatles, yang menjadi pengaruh untuk judul bukunya.

Nah itulah rekomendasi 15 novel best seller terbaik di tahun 2019 yang wajib kalian baca untuk mengisi waktu luang guys! Buku adalah jendela dunia, meskipun hanya membaca novel namun karya sastra satu ini mampu menambah daya imajinasi, kreativitas dan juga menambah wawasan lho. Jadi jangan sampai malas membaca buku ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait