Nyoman Kalor, Pria Strong Tukang Panggul Motor Di Sanur Bali

2 tahun lalu, by blogunik

Siapasih yang gak tau kekuatan super hero Hulk? super hero yang terkenal dengan kekuatannya yang dapat mengangkat benda-benda berat, mematahkan besi, melempar batu raksasa, hingga merobohkan bangunan. Nah kini orang kuat gak cuman ada di tokoh-tokoh super hero loh!. Walaupun tak sampai merobohkan bangunan, tapi dikehidupan nyata ada seorang pria asal Bali yang mampu mengangkat motor setiap hari dengan mudahnya.

Ialah I Nyoman Kalor yang bekerja di penyeberangan Sanur-Nusa Penida menjadi tukang angkut barang. Pak Nyoman ini berasal dari Nusa Penida dan berdomisili di Batu Bulan Bali. Tak hanya beras yang ia angkut namun benda-benda yang sangat berat mampu ia angkut seorang diri. Bak superhero berkekuatan super Pak Nyoman mampu mengangkat motor dengan mudahnya. Meski tak menentu, namun jika ada yang ingin motornya dipindahkan ke kapal makan Pak Nyoman tak akan ragu untuk memanggul motor tersebut hingga ke kapal.

photo via : bali.tribunnews.com

Pak Nyoman Kalor mengungkapkan jika dirinya mencoba untuk membantu mengangkat motor ke kapal karena merasa kasihan kepada penumpang kapal yang lama menunggu orang untuk bisa mengangkat motornya ke kapal. Pak Nyoman juga mengungkapkan jika dirinya tetap belajar untuk menjaga keseimbangan beban motor saat dirinya melewati ombak. Sebab kondisi ombak dan keseimbangan adalah kunci utamanya mengangkkat beban yang berat.

Pak Nyoman juga sempat menjelaskan jika dirinya mampu mengangkat beras seberat 100 kilogram, makanya dirinya percaya mampu mengangkat motor yang beratnya tak jauh berbeda.

photo via : harianriau.co

Kegiatan yang awalnya coba-coba tersebut kemudian menjadi sebuah kebiasaan, bahkan Pak Nyoman dikenal dengan pria yang mempunyai keahlian mengangkat barang banyak dan mengangkat motor.

Pak Nyoman menjelaskan jika dirinya dalam sehari bisa mengangkut motor sebanyak dua sampai tiga kali, tergantung kondisi ombak. Sebab jika kondisi ombak sedang tidak baik, maka dirinya harus mencari celah dan ancang-ancang agar keseimbangan tetap bisa dipertahankan. Namun ia mengaku selama bekerja menjadi pengangkut barang belum ada motor yang terjatuh akibat kesalahannya maupun kondisi ombak.

photo via : terbakor.com

Walaupun pekerjaan Pak Nyoman Kalor terlihat dipandang sebelah mata, namun selama 10 tahun dirinya bekerja menjadi tukang panggul barang, ia mampu menghidupi keluarganya dan menyekolahkan keempat anaknya hingga ketingkat yang lebih tinggi.

Anak pertama Pak Nyoman telah lulus kuliah dan sekarang masih melanjutkan kuliah S2, anak kedua dan ketiganya masih kuliah, sedangkan anak bungsunya masih mengenyam pendidikan ditingkat SMA.

photo via : style.tribunnews.com

Dalam sehari Pak Nyoman mengaku dapat menghasilkan uang sebesar Rp 500 ribu dimana untuk sekali angkut barang biasa dirinya tidak memiliki patokan. Sedangkan untuk mengangkat motor dirinya bisa diberi Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu tergantung kondisi ombak.

photo via : terbakor.com

Pak Nyoman Kalor tidak bekerja dibawah sebuah perusahaan, melainkan bekerja dibawah kepengurusan desa setempat. Hal itu membuat dirinya dapat membagi waktunya untuk dua pekerjaan yang ia geluti. Dari pagi hingga selesai dirinya bekerja membersihkan tempat penjualan tiket milik desa. Baru setelah itu dirinya bekerja sebagai tukang angkat barang penumpang.

 

Artikel Terkait