Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

Aneka Olahan Lontong

Siapa yang tidak mengenal lontong? Makanan yang dibungkus dalam daun pisang ini memiliki tekstur yang lembut dan sangat cocok disantap dengan aneka masakan.

Lontong juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi karena bahan utama yang digunakan sama yaitu beras. Yang membedakannya hanya proses memasaknya saja. Untuk rasa tentu saja berbeda, lontong sendiri memiliki aroma khas daun pisang yang membuatnya sangat nikmat.

Di Indonesia, ada beragam masakan yang menggunakan lontong sebagai bahan utamanya. Tapi kamu tahu tidak masakan apa saja itu?  Berikut ini aneka olahan makanan dari lontong

1. Lontong Balap

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via kompas.com

Lontong balap merupakan salah satu makanan khas Surabaya, dinamakan lontong balap karena dulunya para penjualnya berkeliling sambil memikul kuali berisi kuah lontong yang cukup berat dan bersaing agar cepat sampai di Pasar Wonokromo sehingga terdengar seperti balapan.

Dalam seporsi lontong balap terdiri dari irisan lontong dan tahu, lalu ditambah dengan remasan lentho kemudian diatasnya tambahkan taoge setengah matang lalu siram dengan kuah yang nikmat. Tak lupa tambahkan kecap serta sambal agar semakin mantap. Biasanya lontong balap ini dihidangkan bersama beberapa tusuk sate kerang.

2. Lontong Cap Go Meh

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via diariodoidfs.blogspot.com

Seperti namanya makanan satu ini adalah makanan khas saat perayaan Cap Go Meh. Lontong Cap Go Meh ini diciptakan oleh para pendatang Tionghoa untuk menggantikan menu yuanxiao yang berupa bola-bola beras yang padat.

Pada awalnya makanan ini hanya dapat ditemukan di daerah Semarang dan Betawi. Namun kini, lontong Cap Go Meh ini sudah bisa kita temukan di daerah lainnya.

Lontong Cap Go Meh ini terdiri dari opor ayam, telur petis, sambal goreng ati, acar, kerupuk dan bubuk kedelai sebagai taburannya.

3. Lontong Kari

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via jktgo.com

Olahan lontong satu ini merupakan makanan favorit warga Bandung yang bisa ditemui di berbagai sudut kota yaitu Lontong Kari. Lontong Kari ini tersedia dalam dua pilihan rasa yaitu kari ayam atau kari sapi yang bisa kalian pilih sesuai dengan selera.

Lontong ini terdiri dari daging sapi atau ayam, ditambah dengan emping, telur rebus dan disiram dengan kuah kari yang gurih serta nikmat. Tak lupa tambahkan jeruk nipis untuk menambah kesegaran.

4. Lontong Kikil

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via jevtonline.org

Makanan tradisonal Indonesia ini terdiri dari lontong dan kikil sapi yang dihidangkan dengan mangking atau piring. Lontongnya dipotong kecil-kecil kemudian kikilnya dituangkan bersama kuah yang panas.

Sebelumnya kikil yang digunakan direbus lama hingga empuk kemudian dimasak bersamaan dengan beberapa bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, kunyit, jahe dan lainnya. Untuk rasanya tak perlu diragukan lagi, sudah pasti enak.

5. Lontong Kupang

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via sangpelancong.com

Meskipun bernama lontong kupang, makanan satu ini bukan berasal dari Kupang melainkan makanan khas daerah Jawa Timur. Lontong kupang ini terkenal khususnya di daerah Arekan Jawa Timur. Lontong kupang bisanya disajikan dengan sate kerang dan air degan.

Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih yaitu hewan laut semacam kerang bentuknya kecil sebesar biji beras. Kupang ini sudah dikupas dan dimasak, lalu tambahkan lontong dan lentho kemudian siram dengan kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis.

6. Lontong Medan

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via food.detik.com

Dari Jawa Timur mari kita terbang menuju Medan, disini ada salah satu olahan lontong yang nikmat yaitu lontong Medan. Lontong Medan ini termasuk jenis makanan yang paling kompleks pembuatannya dan pada umumnya disantap ketika pagi hari.

Seporsi lontong Medan ini terdiri dari sayur labu siam, ayam semur santan, bubuk kedelai, kuah tauco dan sambal badar (sambal teri medan) dan telur balado. Dijamin menyatap lontong sayur ini akan kenyang sampai waktu makan siang tiba.

7. Lontong Mie

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via iniresep.com

Selain lontong balap ada satu lagi varian lontong dari Surabaya yaitu lontong mie. Lontong mie ini konon katanya terinspirasi dari lontong balap yang populer di Surabaya. Lontong mie ini terdiri dari lontong, mie kuning, taoge, udang, potongan tahu atau tempe lalu disiram dengan kuah bening dan sambal petis. Tak lupa taburan bawang goreng dan seledri yang menambah rasa dan aroma.

8. Lontong Sayur Betawi

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via nibble.id

Olahan lontong satu ini sangat populer di Jakarta, terkadang orang-orang menyebutnya dengan lontong sayur atau ketupat sayur. Makanan satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk sarapan selain dapat mengeyangkan perut harganya pun sangat terjangkau.

Lontong Sayur Betawi ini berisi labu siam atau buah pepaya muda, kacang panjang, irisan tahu atau tempe disiram dengan kuah kuning bersantan. Tak lupa lontong ini juga disajikan dengan opor ayam, semur tahu, semur kentang dan kerupuk. Bagaimana sudahkah kalian ngiler melihatnya?

9. Lontong Sayur Padang

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via saribundo.biz

Next ada Lontong Sayur Padang, makanan ini menjadi menu kebanggaan orang Minangkabau yang ada di Sumatera Barat. Lontong Sayur

Padang ini disajikan dengan kuah yang kaya akan rempah-rempah dan terdiri dari campuran gulai nangka muda, kacang panjang, sayur buncis, telur ayam rebus atau gulai ayam. Kemudian diatasnya ditaburi dengan bawang goreng dan kerupuk ro berwarna pink.

Buat yang doyan pedas, pasti akan ketagihan karena di dalamnya terdapat sambal lado merah.

10. Lontong Tuyuhan

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via phinemo.com

Disebut lontong tuyuhan karena pembuat dan penjual makanan ini dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Meskipun hampir mirip dengan opor ayam, namun rasanya cukup berbeda karena lontong Tuyuhan ini memiliki rasa sedikit agak pedas.

Lontong tuyuhan ini menggunakan lontong segitiga bukan yang lonjong. Seporsi terdiri dari lontong dengan sayur santan agak pedas, ditambah dengan lauk pauk ayam kampung yang sudah dipotong-potong dengan jeroan dan tempe yang diberi bumbu merah.

11. Lontong Tahu

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via sajiansedap.grid.id

Jika kamu berencana berkunjung ke Blora, jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya lontong tahu disana ya. Lontong tahu ini disajikan dengan kacang tanah goreng yang dihaluskan bersama dengan bawang putih, cabe rawit, jeruk nipis, kencur dan garam. Untuk isianya sendiri terdiri dari taoge, kol merah, bawang goreng, kerupuk dan kecap. Kecap yang digunakan bukan sembarangan kecap melainkan kecap khas Blora merk “Cap Kuda Terbang”. Lontong tahu ini biasanya disajikan diatas daun pisang atau daun jati.

12. Lontong Orari

Aneka Olahan Makanan Dari Lontong

photo via genpi.id

Terakhir ada lontong orari yang berasal dari Banjarmasin. Makanan ini biasanya disajikan sebagai menu makanan sehari-hari orang Banjar. Lontong ini bernama Orari yang merupakan singkatan dari Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia, karena ada satu tempat makan yang menjual lontong disana kemudian dijadikan tempat nongkrong orang-orang Orari ini.

Umumnya lontong yang disajikan berbentuk lonjong, tapi makanan satu ini menyajikan lontong dalam bentuk segitiga pipih. Lontong ini kemudian disajikan dengan sayur berkuah, ikan gabus, telur dan ayam. Perpaduan rasa gurih serta manis bisa kamu rasakan dari lonotng orari ini.

Nah, itulah aneka olahan makanan dari lontong yang sangat nikmat untuk disantap. Dengan cita rasa gurih, manis dan pedas, pastinya lontong-lontong ini mampu menggoyang lidahmu. Dari sekian banyak olahan lontong, kamu tertarik untuk mencicipi yang mana?

Artikel Terkait