Berani Coba? Inilah 15 Olahraga Ekstrim Paling Berbahaya di Dunia

Dibuat oleh blogunik

Bagi sebagian orang olahraga itu sangat penting bagi kesehatan tubuh dan lainnya. Tapi bagaimana jika olahraga tersebut dikategorikan sebagai olahraga ekstrim? Olahraga ekstrim ini biasanya sering melibatkan kecepatan, ketinggian, aktivitas fisik tinggi dan peralatan yang sangat khusus.

Selain itu, untuk melakukan olahraga ekstrim ini kamu juga harus dilatih terlebih dahulu oleh instruktur atau pihak ahli yang mendampingi. Olahraga ini tidak bisa dilakukan sendirian bagi pemula atau tanpa pendamping. Olahraga ekstrim ini juga banyak dipilih sebagian orang karena memang menantang dan menguji adrenalin. Lalu, kira-kira olahraga eksrim apa saja sih yang paling berbahaya? Simak ulasan Blog Unik berikut ini.

15 Olahraga Ekstrim Paling Berbahaya di Dunia

1. Base Jumping

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Base Jumping

Photo via wonderopolis.org

Kita mulai dengan Base Jumping yang merupakan salah satu olahraga ekstrim yang paling berbahaya dengan. Olahraga ini dilakukan dengan cara melemparkan diri kita keluar dari pesawat dan jatuh bebas dengan kecepatan lebih dari 100mph. Merasa belum cukup berbahaya, ada juga beberapa pelompat yang melompat dari tebing dan lainnya. Namun olahraga ini cukup sulit dilakukan ketika menjelang akhir musim gugur. Dengan waktu yang sedikit, pelompat harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menarik parasutnya. Jika dibandingkan dengan Skydiving, Base Jumping dinilai lebih berbahaya karena ketinggiannya lebih rendah.

2. Heli-Skiing

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Heli-Skiing

Photo via telegraph.co.uk

Olahraga ekstrim selanjutnya adalah Heli-Skiing. Heli-Skiing adalah olahraga ski atau snowboarding yang dilakukan di lereng gunung, dimana untuk mencapai lereng gunung dilakukan dengan menggunakan helikopter.

Untuk alasan keamanan dan meminimalisir resiko kecelakan ketika melakukan olah raga ekstrim satu ini maka biasanya para penghobi Heli-Skiing menggunakan kantung udara yang dipasang di punggung layaknya tas. Air bag ini sendiri akan terbuka secara otomatis jika terjadi benturan.

Olahraga satu ini cukup berbahaya karena memiliki resiko terjatuh dari tebing yang tinggi serta terkena longsoran salju. Nyawap pun menjadi taruhannya.

3. Cave Diving

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Cave Diving

Photo via scubadiving.com

Cave Diving adalah olahraga menyelam yang dilakukan di bawah air dalam gua dan dikategorikan sebagai olahraga ekstrim. Dengan menggunakan peralatan scuba diving, para penyelam turun ke air dalam gua kemudian mulai menyelam. Olahraga ini sangat berbahaya karena jika terjadi sesuatu, penyelam tidak dapat berenang secara vertikal ke permukaan karena gua di sekitarnya.

4. Bull Riding

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Bull Riding

Photo via codyenterprise.com

Bull Riding adalah sebuah olahraga rodeo yang melibatkan seorang penunggang yang menungganggi seekor banteng dan berusaha untuk tetap menungganginya saat hewan tersebut berusaha untuk melepaskan penunggang tersebut. Resiko dari Bull Riding yang sangat berbahaya yaitu, dari terbentur badan atau kepala banteng, terjatuh bahkan terinjak banteng yang bisa menyebabkan cedera parah hingga kematian.

5. Mountain Climbing

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Mountain Climbing

Photo via penntoday.upenn.edu

Olahraga ekstrim selanjutnya adalah mendaki gunung, olahraga satu ini memang banyak sekali digemari oleh orang-orang. Namun tahukah kamu, para pendaki gunung ini mempertaruhkan nyawa mereka untuk mencapai titik tertinggi pegunungan. Salah satu risiko utama mendaki gunung adalah mencapai dataran tinggi. Dari ketinggian ini para pendaki bisa saja kesulitan mendapatkan oksigen yang cukup. Dalam banyak kasus, pendaki gunung meninggal sebelum mencapai puncak ketinggian yang dituju.

6. Highlining

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Highlining

Photo via reddit.com

Highlining juga termasuk salah satu olahraga ekstrim yang paling berbahaya. Dimana olahraga ini dilakukan dengan berjalan diatas tali, kemudian menyeimbangkan diri diatas tali yang bergoyang melintasi ngarai. Kebayangkan bagaimana fatalnya jika kemudian seorang Highliners terjatuh? Meskipun demikian, para Highliners tetap mengutamakan safety dengan menggunakan tali pengaman dan memiliki jaring pengaman tetapi tidak selalu melindungi mereka dari cedera serius bahkan kematian.

7. Creeking

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Creeking

Photo via 1sport.in

Creeking adalah salah satu cabang olahraga kano dan kayak yang melibatkan arus yang besar serta sangat curam. Biasanya kano yang digunakan dirancang khusus untuk tahan terhadap lingkungan arung yang ekstrim. Selain itu, mereka yang memilih untuk olahraga ini biasanya menggunakan masker wajah, helm, bantalan siku dan bantalan pelampung untuk meminimalisir resiko kecelakaan. Olahraga ini dikatakan ekstrim karena bisa saja kita terjebak diantara bebatuan, kano pecah dan terjebak dibawah air.

8. Tow-In Surfing

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Tow-In Surfing

Photo via theinertia.com

Olahraga ekstrim satu ini memang mampu memacu adrenalin yaitu Tow-In Surfing. Tow-In Surfing ini merupakan versi ekstrim dari berselancar. Para peselancar pada olahraga ekstrim yang satu ini berselancar dengan bantuan untuk memungkinkan menangkap gelombang yang bergerak lebih cepat daripada yang biasanya dilakukan ketika mengayuh dengan tangan. Bahkan para peselancar ini dapat berselancar dengan ketinggian ombak diatas 50 kaki. Kekuatan gelombang ini juga dapat membuat para peselancar jauh dibawah air sehingga mereka mungkin tidak dapat muncul kembali. Tali di papan selancar juga dapat menyebabkan bahaya besar. Tali tersebut dapat mengikat peselancar dan menahan mereka dibawah air sehingga menyulitkan mereka untuk membebaskan diri.

9. Free Solo Climbing

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Free Solo Climbing

Photo via theatlantic.com

Panjat tebing menjadi salah satu olahraga ekstrim dimana para pemanjat tidak menggunakan tali, tali kekang atau peralatan pelindung lainnya. Sehingga para pemanjat ini bergantung sepenuhnya pada kekuatan dan keterampilan masing-masing. Satu kesalahan kecil seperti menginjak batu yang lepas atau meraih batu yang terlalu kecil akan membuat pendaki terjatuh yang berakibat fatal. Pendaki yang terjatuh biasanya kebanyakan dilaporkan meninggal daripada cedera.

10. Volcano Surfing

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Volcano Surfing

Photo via life.unwindworldwide.com

Volcano Surfing atau Volcano Boarding adalah olaheaga yang dilakukan du lereng gunung berapi. Lereng gunung yang paling populer adalah Cerro Negro dekat Leon di Nikaragua barat. Penunggang mendaki gunung berapi dan meluncur kebawah, duduk atau berdiri diatas kayu tipis atau papan logam. Mereka yang mengikuti olahraga ekstrim ini berisiko menabrak bebatuan vulkanik yang tajam, menghirup gas mematikan, jatuh dari kayunya dan tersayat abu vulkanik. Belum lagi, dalam beberapa kasus letusan gunung berapi akan terjadi.

11. Wingsuit Flying

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Wingsuit Flying

Photo via xinhuanet.com

Jika kamu ingin merasakan bagaimana rasanya terbang, kalian bisa mencoba Wingsuit Flying. Olahraga ini kamu akan keluar dari pesawat hanya dengan pakaian bersayap. Namun terbang dengan Wingsuit ini memiliki banyak resiko. Jika pelompat salah menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menarik parasutnya, hal ini dapat mengakibatkan cedera serius bahkan kematian. Selain itu para pelompat juga harus khawatir menambrak objek dan rintangan saat turun.

12. Ice Climbing

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Ice Climbing

Photo via redbull.com

Mendaki es dianggap berbahaya karena berbagai alasan. Pertama, suhu yang dingin benar-benar membahayakan tubuh kalian. Mereka yang berpartisipasi, beresiko jatuh ke dalam celah yang dalam, longsoran salju, terjebak dibawah lapisan salju dan tertimpa es yang tajam. Dalam banyak kasus, kematian tercatat lebih sering daripada cedera.

13. Cliff Diving

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Cliff Diving

Photo via 10best.com

Cliff Diving adalah olahraga menyelam ke dalam air dari ketinggian yang relatif tinggi. Olahraga satu ini mampu memacu adrenalin dan olahraga ini menjadi salah satu olahraga ektrim terpopuler. Mereka yang melakukan olahraga ini jika gagal mengatur kecepatan saat akan terjun bebas, maka akan menyebabkan cedera serius seperti gegar otak.

14. Wing Walking

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Wing Walking

Photo via buyagift.co.uk

Olahraga satu ini benar-benar akan menantang adrenalin kamu, dimana kita mengikat diri kita di atas pesawat. Kemudian pesawat melaju lebih dari 200 mph. Kemudian mereka melakukan aksi dan trik yang mendebarkan banyak orang. Beberapa bahaya terbesar dari olahraga ini termasuk kecelakan pesawat, tertabrak burung, jatuh dan kesalahan yang dibuat oleh pilot.

15. Street Luge

Olahraga Ekstrim Yang Paling Berbahaya - Street Luge

Photo via earthtripper.com

Street Luge adalah olahraga rekreasi dimana para kompetitornya duduk diatas luge board atau skateboard dan turun ke jalan beraspal. Cedera dan kematian sangay umum terjadi para pengendara sepeda jalanan. Mereka bisa terlempar dari papannya dan menabrak benda-benda mematikan.

Itulah beberapa olahraga ekstrim yang paling berbahaya. Olahraga-olahraga diatas bahkan dapat membuat cedera bahkan yang lebih ektrimnya lagi bisa menyebabkan kematian.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait