10 Jenis Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

1 bulan lalu, by blogunik

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk saat ini saja namun juga bermanfaat untuk jangka panjang seperti menghindari dari serangan penyakit salah satunya penyakit jantung. Jantung sendiri adalah salah satu organ vital tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Pentingnya peranan jantung untuk organ-organ diseluruh tubuh, sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga agar tetap sehat dan kuat hingga tua nanti. Kira-kira olahraga apa saja itu? Berikut ini olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung

1. Aerobik

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung - Aerobik

Photo via magazine.job-like.com

Aerobik adalah salah satu olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung. Olahraga ini dapat meningkatkan sirkulasi sehingga mampu mengontrol tekanan darah dan detak jantung lebih optimal. Tak hanya itu saja, aerobik juga dapat meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh. Aerobik juga dapat membantu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah serta meningkatkan pernapasan. Tentunya manfaat ini bisa kamu dapatkan jika kalian melakukannya dengan rutin.

2. Angkat Beban

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung - Angkat Beban

Photo via oppobaca.news

Selain aerobik, angkat beban juga menjadi salah satu olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Angkat beban tidak hanya dapat membakar lemak dan membangun massa otot, namun angkat beban juga baik untuk kesehatan jantung serta tulang. Namun yang kamu perlu perhatikan saat olahraga angkat beban ini adalah menyesuaikan tempo gerakan. Kamu dapat melakukan olahraga ini sekitar 30 hingga 40 menit per minggunya . Dengan melakukan olahraga ini kamu sudah bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, stroke dan hiperkolesterolemia.

3. Berenang

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung - Berenang

Photo via headtopics.com

Mungkin ada sebagian dari kalian yang mengisi waktu luangnya dengan berenang, ternyata berenang adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Berenang sendiri sama seperti latihan aerobik, dapat menguatkan dan memperbesar jantung sehingga membuatnya lebih efisien dalam memompa. Dengan begitu aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Kamu yang gemar berenang, dengan hanya berenang sekitar 30 menit sehari kamu sudah dapat mengurangi penyakit jantung koroner dan mampu mengurangi tekanan darah.

4. Bersepeda

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung - Bersepeda

Photo via travel2fair.com

Agar badan kita tetap sehat dan bugar tentunya kita harus aktif secara fisik. Karena aktivitas fisik yang teratur dapat membantu melindungi diri dari penyakit serius seperti obesitas, kanker, jantung, penyakit mental, radang sendi dan diabetes. Salah satu olahraga yang dapat mengurangi risiko masalah kesehatan yaitu bersepeda. Dengan bersepeda 32 kilometer per minggu sudah dapat mengurangi potensi penyakit jantung hingga 50 persen, meningkatkan detak jantung dan membakar kalori dalam tubuh.

5. Latihan Sirkuit

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung - Latihan Sirkuit

Photo via elprovincia.com

Salah satu olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung adalah latihan sirkuit. Latihan Sirkuit adalah olahraga berinterval yang menggabungkan kekuatan, kecepatan dan fleksibilitas seperti push up, plank, sit up, jumping jack, lompat tali dan lainnya. Olahraga ini juga dipercaya mampu meningkatkan kekuatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

6. Lari

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung - Lari

Photo via sciencemag.org

Lari adalah salah satu olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan sangat mudah dilakukan. Namun tentunya setiap orang memiliki intensitas yang berbeda saat berolahraga lari ada yang rendah, sedang dan tinggi. Olahraga ini juga harus kamu sesuaikan dengan kemampuan tubuhmu jangan terlalu memaksa. Dengan rutin olahraga lari, secara signifikan akan memberikan dampak baik kesehatan seperti meningkatnya kolesterol baik, mengurangi risiko arteriosklerosis, mengurangi produksi hormon stres adrenalin dan kortisol, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan risiko trombosis dan meningkatkan volume darah di tubuh.

7. Yoga

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung - Yoga

Photo via readersdigest.co.id

Buat kalian yang malas keluar rumah, kalian juga masih bisa melakukan olahraga seperti yoga. Yoga sendiri merupakan latihan fisik yang menekankan pada pengaturan napas, fokus dan meditasi. Berlatih yoga membawa kesadaran pada tubuh, pikiran dan emosi yang menyelaraskan kesehatan fisik dan mental. Selain itu, olahraga ini juga membangun kesehatan kardiovaskular, meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan fungsi pernapasan, detak jantung, meningkatkan sirkulasi darah, membangun otot dan mengurangi peradangan.

8. Peregangan (Stretching)

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung - Peregangan

Photo via klikdokter.com

Peregangan adalah salah satu olahraga yang bagus untuk meregangkan otot-otot secara perlahan. Dengan meregangkan lengan dan kaki sebelum olahraga kamu bisa membantu mempersiapkan otot-otot untuk beraktivitas dan membantu mencegah cedera dan ketegangan otot.

9. Tai Chi

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung - Tai Chi

Photo via scholarlyoa.com

Tai Chi adalah olahraga yang berasal dari Tiongkok kuno yang didasari pada seni bela diri yang menggabungkan gerakan lambat tubuh yang berirama dengan pernapasan dalam dan konsentrasi. Jika melakukan olahraga ini secara rutin, kamu dapat membantu menjaga kesehatan pikiran dan tubuh serta kesehatan jantung.

10. Zumba

Olahraga Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung - Zumba

Photo via selera.id

Selain Tai Chi, Zumba juga dipercaya sebagai salah satu olahraga yang bagus untuk jantung, Namun tentunya kamu mendapatkan manfaatnya jika dilakukan secara tertaur. Dengan berolahraga Zumba satu jam kamu dapat membakar 1.000 kalori asalkan kamu melakukannya dengan benar.

 

Itulah beberapa jenis olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung. Adabaiknya kamu berolahraga selama 150 menit per minggu untuk olahraga ringan atau 75 menit per minggu untuk olahraga berat.

Artikel Terkait