Ajaib! Ternyata Pantai Terkecil di Dunia Ini Tidak Memiliki Laut Lho! Berikut Faktanya

4 bulan, by blogunik

fakta seputar pantai Gulpiyuri

Kalau kita ke pantai, hal pertama yang pasti kita temukan pastinya adalah laut yang membentang luas dan berwarna biru. Bisa dibilang pantai dan laut menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Tapi hal itu tidak berlaku bagi salah satu pantai di Spanyol ini guys.

Namanya pantai Gulpiyuri atau masyarakat setempat menyebutnya Playa de Gulpiyuri. Pantai Gulpiyuri ini terletak di Kota Llanes, 475 kilometer ke arah utara Kota Madrid. Di antara Castro Molina dan Punta Rociera.

fakta seputar pantai Gulpiyuri

photo via instagram.com/warawaranature

Pantai ini tidak memiliki laut seperti pantai pada umumnya dan hanya selebar 15 meter dan sepanjang 40 meter. Terlindung oleh tebing rerumputan dan batu yang terkesan memberi batas ukurannya. Panorama pantai yang biasanya kita lihat sebagai hamparan air yang luas, sangat berbeda karena yang terlihat adalah tebing bukit hijau yang cantik.

fakta seputar pantai Gulpiyuri

photo via instagram.com/borealistips

Meski disebut sebagai pantai terkecil didunia serta tanpa memiliki laut, namun Playa de Gulpiyuri ini mempunyai pasir pantai berwarna putih lengkap dengan air asin dan ombak berukuran sedang. Dan tak ketinggalan pula bahwa pantai ini juga mengalami proses pasang surut.

Saat kamu menapaki kaki di pantai tersebut, kamu akan merasakan lembutnya pasir putih di kakimu tanpa takut terluka karena serpihan kerang yang tajam. Hal ini karena pantai Gulpiyuri tidak begitu banyak mengandung kerang-kerang laut.

fakta seputar pantai Gulpiyuri

photo via instagram.com/mybestplace

Sontak keajaiban alam ini membuat Pantai Gulpiyuri menjadi destinasi wisata populer di kota tersebut. Setiap hari ada saja wisatawan yang datang untuk melihat langsung keajaibannya atau sekedar menikmati keindahan pantai berukuran mini ini. Bahkan Playa de Gulpiyuri sering dipilih sebagai salah satu destinasi terbaik di Asturia.

fakta seputar pantai Gulpiyuri

photo via instagram.com/jrtruiz

Dikutip dari Sumber.com, Gulpiyuri sendiri memiliki arti harafiah “lingkaran air”. Playa de Gulpiyuri terbentuk dari sebuah celah lubang di Bumi. Air dari Laut Kantabria menembus masuk melalui bebatuan dan kanal-kanal bawah tanah, dan muncul di Playa de Gulpiyuri saat ombak sedang tinggi. Jadi, level air di Playa de Gulpiyuri sepenuhnya bergantung pada ketinggian ombak Kantabria.

fakta seputar pantai Gulpiyuri

photo via instagram.com/sandradeetzphoto

Saat ombak surut, Playa de Gulpiyuri akan menghilang dan menyisakan area pasir. Jadi pengunjung disarankan untuk mengecek kondisi ombak terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Playa de Gulpiyuri. Pengunjung bisa berenang di Playa de Gulpiyuri saat ombak sedang pasang. Namun seringnya, level air di Playa de Gulpiyuri hanya mencapai setinggi lutut.

fakta seputar pantai Gulpiyuri

photo via instagram.com/itinerantbloggers

Cara pengunjung mencapai pantai Gulpiyuri

Playa Gulpiyuri dapat dicapai dengan berjalan kaki atau dengan kayak. Mayoritas pengunjung berkendara dari Desa Naves, yang jaraknya sekitar satu kilometer jauhnya dari Playa Gulpiyuri. Ada juga yang menggunakan kayak dari lautan. Jika cuacanya sedang bagus dan tidak berombak tinggi, pengunjung bisa mengayuh kayak dan memasuki gua sepanjang 100 meter yang menghubungkan Laut Kantabria dengan Playa de Gulpiyuri.

Nah itulah fakta menarik seputar pantai Gulpiyuri alias Playa de Gulpiyuri yang merupakan satu-satunya pantai yang tidak memiliki laut didunia. Bagaimana menurut kalian guys? Tertarik berkunjung ke pantai terunik didunia ini?

Artikel Terkait