Inilah 15 Patung Tertinggi Di Dunia, GWK Urutan Ke berapa?

9 bulan lalu, by blogunik

Di dunia ini banyak sekali dibangun patung-patung tinggi yang bahkan ketinggiannya mengalahkan gedung pencakar langit. Pembangunan patung tinggi ini bukan hanya untuk dijadikan destinasi wisata yang boleh dikunjungi wisatawan, namun juga sebagai kebanggaan tersendiri dari negara dimana patung tersebut dibangun. Selain itu, patung-patung tinggi dan juga terkenal ini juga bisa dijadikan ikon negara tersebut, sebut saja seperti patung Liberty yang dijadikan ikon dari New York, USA. Nah dibalik gagahnya patung-patung didunia yang menjulang tinggi ini, pasti ada sebuag fakta yang tersembunyi didalamnya, baik fakta tentang pembangunanya atau fakta ataupun fakta-fakta unik lainnya. Untuk itu kali ini Blog Unik akan berbagi tentang fakta-fakta dari patung-patung tertinggi didunia, selengkapnya cek info dibawah ini!

1. Statue of Unity (182 m) – India

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Statue of Unity

photo via : /www.instagram.com/gujarat.information

Patung tertinggi pertama adalah Statue of Unity yang terletak di Gujarat, India. Patung yang menjulang setinggi 182 meter yang berwujud manusia ini dipersembahkan untuk sosok seorang pemimpin kemerdekaan India, bernama Sardar Vallabhbhai Patel. Ketinggian patung ini bahkan dua kali lipat dari patung Liberty. Patung tertinggi didunia ini baru diresmikan pada tanggal 31 Oktober 2018 lalu.

Sempat mendapat protes dan menelan dana hingga 30 miliar ruppee atau sekitar Rp 6 triliun.

Patung ini awalnya sempat diprotes oleh kelompok masyarakat tertentu, karena dianggap pemborosan. Bayangkan saja pembangunan patung ini menghabiskan dana sebesar hampir 30 miliar ruppee atau sekitar Rp6 triliun. Namun walaupun sempat diprotes, Patung ini tetap diresmikan dan diwarnai dengan pertunjukan kembang api, tarian rakyat dan taburan kelopak bunga. Dan saat ini, patung tertinggi di dunia ini terbuka untuk umum dan menjadi salah satu daya tarik wisata utama.

Menjadi patung tertinggi didunia

Statue of Unity ini didirikan didekat Bendungan Sardar Sarovar di negara bagian Gujarat. Bukan hanya didirikan di tempat yang memiliki pemandangan yang indah, namun patung ini juga merupakan patung tertinggi didunia dengan ketinggian mencapai 182 m. Statue of Unity memiliki tinggi dua kali lipat dari Patung Liberty, dan memegang rekor sebagai patung tertinggi didunia. Statue of Unity juga mengalahkan patung The Spring Temple Buddha yang memiliki ketinggian sekitar 153 meter yang terletak di Provinsi Henan, China.

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Statue of Unity

photo via : /www.instagram.com/gujarat.information

Pembangunan yang memerlukan waktu sekitar 4 tahun

Untuk membangun patung tertinggi didunia ini dibutuhkan waktu sekitar 4 tahun. Dan menghabiskan sekitar 1.700 ton perunggu, 18.500 baja, dan 6.500 baja terstruktur. Sedangkan konstruksi utamanya dibangun dari 180 ribu meter kubik beton. Agar terlihat mirip dengan tokoh aslinya, pematung Ram V Sutar berkonsultasi dengan sejarawan dan juga orang-orang yang pernah bertemu Sardar Patel dengan mencocokkan sekitar 2 ribu gambarnya.

Diklaim sebagai patung yang tahan angin, guncangan dan gempa

Bukan cuman tinggi, Statue of Unity ini jugan dibangun dengan kontruksi yang sangat amat kokoh. Dibangun oleh Perusahaan Multinasional Larsen dan Toubro di India, patung ini dirancang untuk menahan angin sekitar 180 knots/jam. Kecepatan angin tersebut layaknya badai kategori 3 dan juga gempa bumi berkekuatan 6,5 magnitudo. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Bisa dijelajah hingga ketinggian 153 meter

Statue of Unity diharapkan akan menjadi salah satu daya tarik di daerah Gujarat, India. Bagi wisatawan yang berminat ke sana akan dikenakan tiket masuk sebesar 350 rupee atau sekitar Rp 70 ribu. Walaupun tinggi patung ini 182 meter, namun para pengunjung hanya dapat menjelajahi patung sampai ketinggian 153 meter saja. Para pengunjung dapat melihat pemandangan daerah sekitar dan juga perbukitan. Untuk saat ini, Statue of Unity memang menjadi patung tertinggi di dunia. Namun tidak lama lagi, pemerintah India juga sedang membangun sebuah patung memorial untuk raja prajurit, Maratha Shivaji dengan tinggi 190 meter.

2. Spring Temple Buddha (153 m) – China

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Spring Temple Buddha

photo via : www.instagram.com/tmocomrade

Patung yang saat ini menempati posisi patung tertinggi ke dua didunia adalah Spring Temple Buddha yang berlokasi di Henan China dengan ketinggian mencapai 153 meter. Patung ini merupakan salah satu patung ikonik kebanggaan rakyat China. Banyak pengunjung baik lokal maupun mancanegara mengunjungi tempat ini untuk melihat betapa menakjubkannya patung ini.

Memiliki ketinggian hingga 153 meter

Seperti yang dijelaskan tadi, patung yang berlokasi di Henan China ini memang memiliki ketinggian hingga 153 meter, hanya selisih 29 meter dengan Statue of Unity yang ada di Gujarat India. Namun perlu kalian tahu, kalau Patung Spring Temple Buddha ini hanya memiliki ketinggian total 128 m dimana sudah termasuk lotus di bawahnya namun jika ditambahkan lagi dengan semua sanggaan tempat berdirinya maka total tinggi patung ini adalah 153 meter.

Dibangun tahun 2001

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Spring Temple Buddha

photo via : www.instagram.com/janineinwanderlust

Spring Temple Buddha dibangun pada tahun 2001, dan menghabiskan waktu pembangunan hingga 7 tahun, karena patung Budha ini selesai dibangun pada tahun 2008. Patung dengan ketinggian 153 ini dibuat dari 108 kilogram emas, 3.300 kilogram paduan tembaga dan 15.000 ton baja khusus dan menggambarkan Vairocana Buddha. Vairocana Buddha sendiri merepresentasikan konsep akal budi, kekosongan jiwa, untuk melenyapkan kebodohan batin, atau dalam kata lain
tahap untuk mencapai kedamaian.

Menelan anggaran 55 juta dollar amerika, atau setara 733 miliar rupiah

Sebagai patung tertinggi ke dua didunia, Spring Temple Buddha menelan biaya hingga 55 juta dollar atau setara dengan 733 miliar rupiah. Namun walaupun menghabiskan dana yang cukup fantastis, masyarakat setempat menganggapnya sebagai bentuk penghormatan terhadap Sang Buddha. Sayangnya, patung ini dengan bentuk Buddha berdiri ini bukan merupakan patung yang unik. Karena patung seperti ini bukan hanya ada 1, namun beberapa di dunia.

3. Laykyun Setkyar (129 m)- Myanmar

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Laykyun Setkyar

photo via : myanmartravel.cc

Selanjutnya ada Patung Laykyun Setkyar yang terdapat di Myanmar. Patung Laykyun Setkyar ini selain tinggi juga sangat terlihat menarik karena terdiri dari 2 patung berbeda pose, yang satu patung berdiri dan yang kedua adalah patung berbaring. Namun walaupun beda pose, kedua patung ini tetap memiliki ukuran yang sama besar.

Ketinggian Laykyun Setkyar

Jika dilihat pada patungnya saja, Laykyun Setkyar memiliki tinggi 116 meter, dan jika ditambahkan dengan tempat singasana ia berdiri (13 m) maka patung ini memiliki tinggi sekitar 129 meter. Patung ini dibangun di atas bukit Po Kaung dekat desa Khatakan Taung, Monywa, Myanmar, sehingga pemandangan sekitar terasa menyejukkan. Patung dengan ketinggian 129 meter ini membutuhkan waktu lurang lebih 12 tahun yakni dari tahun 1996 hingga tahun 2008 untuk merampungkan pembangunan dan dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Dirancang sesuai warna asli bagian tubuh

Tak seperti patung Buddha lain yang keseluruhan warna menggunakan warna emas atau tembaga, Laykyun Setkyar justru menggunakan warna yang sesuai dengan bagian tubuh. Walaupun tetap didmonasi dengan warna kuning untuk warna pakaian, namun untuk warna kulit baik wajah dan anggota tubuh lain menggunakan warna putih. Untuk bagian lain seperti rambut, bibir hingga mata, menggunakan warna yang sesuai sehingga patung lebih terlihat hidup.

Terdiri dari 31 lantai

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Laykyun Setkyar

photo via : www.shwemyanmar.info/

Dengan ketinggian patung yang mencapai 129 m termasuk penyangganya, terdapat 31 lantai didalam Laykyun Setkyar ini. 31 lantai tersebut merupakan penggambaran dari 31 alam kehidupan. Pengunjung dapat memasuki dan melihat-lihat interior didalam patung tersebut sekaligus melihat pemandangan alam dari ketingguan ratusan meter.

Sebagai perwujudan suci dan tempat ibadah

Wisatawan memang mengunjungi tempat ini karena memiliki visual yang unik dan menarik, namun masyarakat setempat menyebut Laykyun Sekkya sebagai perwujudan suci dan tempat ibadah. Warna kuning pada patung merupakan simbol kebijaksanaan dalam agama Buddha. Patung Laykyun Sekky sendiri menggambarkan Buddha Shakyamuni, guru spiritual, yang dianggap sebagai pendiri agama Buddha.

4. Ushiku Daibutsu (120 m)- Jepang

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Ushiku Daibutsu

photo via : www.instagram.com/surin_anthony

Dari Myanmar, kita terbang ke Jepang untuk melihat betapa menakjubkannya Ushiku Daibutsu. Ushiku Daibutsu adalah patung perunggu Buddha yang berada di Ushiku, Ibaraki. Dengan tinggi yang mencapai 120 meter, membuat patung ini masuk ke dalam salah satu patung tertinggi di dunia dan bahkan masuk ke dalam Guiness World Book of Records. Ushiku Daibutsu dibagun pada tahun 1993 untuk memperingati kelahiran Shinran (1172-1263), pendiri sekte tanah suci Buddhisme Jepang. Kamu tidak hanya bisa menikmati kuil ini dari luarnya saja, kok. Di dalam patung dibagi menjadi lima tingkat. Terdapat lift yang akan membawa pengunjung untuk sampai ke lantai observasi di ketinggian 85 m.

Di dalam patung di bagi menjadi 4 lantai

Patung Buddha dengan tinggi 120 m ini terbagi menjadi 4 bagian. Lantai pertama tempat pengenalan Budha itu sendiri dengan lukisan, patung Budha dan gambar-gambar terkait Budha. Semua ruangan adalah dilarang merokok. Lantai kedua dengan penyajian berbagai benda ucapan terima kasih dari berbagai negara, jualan souvenir serta perlengkapan para penganut Budha serta penjelasan mengenai patung Budha tersebut.

Di lantai kedua pula kita bisa latihan menulis indah bahasa Jepang, Shodo, tetapi dengan kata-kata peribahasa Jepang yang penuh arti dan harapan-harapan untuk tahun yang baru ini, semua tulisan indah tulisan tangan kita sendiri (berlatih) dengan biaya 1000 yen per orang termasuk kertas washi dan pen serta tintanya.

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Ushiku Daibutsu

photo via : www.instagram.com/emichigo

Lantai ketiga berisi Lotus tempat-tempat kecil sekeliling ruangan tempat penyimpanan abu jenasah. Juga dipakai untuk pengajaran dan doa umat Budha. Lantai keempat berada tepat pada dagu Budha untuk melihat sekitarnya, menuju ke taman bunga serta taman indah di sekitarnya.

Dikelilingi oleh kebun binatang dan tanah suci

Ushiku Daibutsu merupakan patung dari perunggu tertinggi didunia. Patung ini dibangun di tengah kebun binatang kecil dan juga tanah suci. Taman dengan motif Sorga tersebar di kaki Patung Buddha, dengan bunga-bunga yang bermekaran sepanjang tahun.

5. Sendai Daikannon (100 m) – Jepang

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Sendai Daikannon

photo via : www.tallintokyo.com

Sendai Daikannon merupakan patung Buddha setinggi 100 meter yang terletak di Sendai, Jepang. Berlokasi di pegunungan Sendai, patung ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Jepang. Dari sekitar kawasan patung ini dapat dilihat pemandangan kota yang menakjubkan.

Patung Sendai Daikannon menggambarkan seorang Dewi, tangan kanannya memegang permata, sedangkan tangan kirinya memegang air kebijaksanaan. Melalui elevator, wisatawan yang berkunjung bisa melihat patung menakjubkan ini dari dekat dan melihat sekitaran kota Jepang yang modern.

Selesai dibangun pada tahun 1991

Patung Sendai Daikannon ini sempat menjadi patung tertinggi didunia sesaat patung ini selesai dibangun pada tahun 1991 silam. Namun seiring berjalannya waktu, ketinggian patung yang terletak di Sendai Jepang ini terlampaui oleh patung-patung tinggi yang baru. Salah satunya adalah patung Ushiku Daibutsu yang memiliki tinggi 120 m.

Terdapat 108 patung Buddha di dalamnya

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Sendai Daikannon

photo via : http://g3homes.com

Patung Sendai Daikannon ini merupakan patung dengan 12 lantai yang bisa kamu kunjungi. Didalamnya kamu akan disajikan dengan banyaknya patung Buddha tepatnya 108 patung yang di abadikan didalamnya. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Didedikasikan untuk Nyoirin Kannon

Patung setinggi 100 m ini didedikasikan untuk Nyoirin Kannon. Nyoirin Kannon sendiri merupakan sebutan lain untuk Dewi Kwan Im yang merupakan seorang Bodhisattva yang melambangkan kewelas asihan dan penyayang. Di negara Jepang, Kwan Im Pho Sat terkenal dengan nama Dewi Kanon.

6. Guishan Guanyin of the Thousand Hands and Eyes (99 m)- China

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Guishan Guanyin of the Thousand Hands and Eyes

photo via : rgdn.info

Guishan Guanyin of the Thousand Hands and Eyes adalah patung keempat tertinggi di China dan tertinggi ke 6 di dunia. Patung yang terbuat dari perunggu emas ini menggambarkan Avalokitesvara atau Dewi Kwan Im atau sering disebut juga sebagai Guanyin. Patung ini memiliki ketinggian hingga 99 m dan terletak di Weishan, Changsha, Hunan, China.

Guanyin terkenal karena belas kasih dan simpatinya. Seribu tangan pada patung ini dimaksudkan untuk melindungi semua makhluk hidup. Sedangkan mata menyimbolkan pandangan mata ke seluruh dunia guna untuk melindungi dunia.

Dalam pembangungannya Pemerintah setempat yang dibantu oleh bisnis lokal dan organisasi keagamaan menginvestasikan sekitar 260 juta yuan atau sekitar 543 miliar rupiah untuk dapat menyelesaikan patung seribu tangan ini tepat pada tahun 2009 lalu.

7. Great Buddha of Thailand (92 m)- Thailand

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Great Buddha of Thailand

photo via : http://www.phuket.com

Patung tertinggi di dunia selanjutnya adalah Great Buddha of Thailand dengan ketinggian mencapai 92 m. Great Buddha of Thailand juga dikenal sebagai The Big Buddha, The Big Buddha of Thailand, Phra Buddha Maha Nawamin, and Mahaminh Sakayamunee Visejchaicharn. Patung ini merupakan patung tertinggi di Thailand dan menjadi patung tertinggi ke 2 di Asia Tenggara sekaligus tertinggi ketujuh di dunia.

Great Buddha of Thailand terletak di kuil Wat Muang di Provinsi Ang Thong. Patung ini memiliki ketinggian hingga 92 m (300 kaki), dan lebar 63 m (210 kaki). Patung Buddha ini mulai didirikan dari tahun 1990 dan selesai pada tahun 2008.

Great Buddha of Thailand yang terbuat dari beton dan dicat dengan warna kuning emas ini dibangun mengikuti perintah Phra Kru Vibul Arjarakhun, yang merupakan seorang kepala biara pertama kuil Wat Muang untuk memperingati Raja Bhumibol Thailand. Patung itu dibangun dengan menggunakan uang sumbangan dari umat Buddha yang beriman yang menganggapnya sebagai perbuatan baik. Anggaran yang dihabiskan untuk patung itu sekitar 104.200.000 baht atau sekitar lebih dari 46 miliar rupiah. Patung itu sekarang dapat diamati dari jarak jauh, menandai ketenaran provinsi Ang Thong dan Thailand.

8. Dai Kannon of Kita no Miyako park (88 m) – Jepang

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Dai Kannon of Kita no Miyako park

photo via : imgur.com

Patung tertinggi selanjutnya adalah Dai Kannon of Kita no Miyako park atau dikenal juga sebagai Hokkaido Kannon, serta Byakue Kannon. Patung ini merupakan patung tertinggi ke 3 di Jepang dengan ketinggian hingga 88 m.

Patung ini mulai dibangun pada tahun 1975 dan rampung dibangun pada tahun 1989. Patung tersebut menggambarkan Guanyin ( Avalokitesvara atau Dewi Kwam Im) dan terletak di taman Kita no Miyako di pulau Hokkaido. Patung Dai Kannon ini terdiri lebih dari 20 lantai dengan lift yang memudahkan para pengunjung untuk mencapai ketinggian patung.

Beberapa lantai berisi tempat-tempat suci dan tempat ibadah. Total ada 8 tempat suci dan tempat ibadah yang bisa kamu temukan di dalam patung Dai Kannon satu ini. kamu juga bisa menikmati pemandangan panorama pulau Hokkaido melalui platform yang telah disediakan.

9. The Motherland Calls (85 m)- Rusia

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - The Motherland Calls

photo via : www.reddit.com

Selanjutnya ada patung The Motherland Calls yang terletak di Rusia dengan ketinggian 85 m. Patung yang terletak di Mamayev Kurgan di Volgograd, Rusia ini merupakan patung wanita tertinggi didunia tanpa menggunakan alas. Patung ini dirancang oleh pematung Yevgeny Vuchetich dan insinyur struktur Nikolai Nikitin. Motherland sempat dinyatakan sebagai patung terbesar di dunia pada tahun 1967. Patung ini terbuat dari 5.500 ton beton dan 2.400 ton logam.

Patung The Motherland Calls merupakan gambaran alegoris dari Tanah Air, yang menyerukan putra-putrinya untuk mengaklahkan musuh dan melanjutkan serangan mereka selanjutnya.

Disekitar patung ini terdapat kompleks monumen memperingati Pertempuran Stalingrad (Agustus 1942 sampai Februari 1943). Pertempuran itu menjadi penentu kemenangan Soviet atas pasukan Axis di garda timur Perang Dunia II dan bisa disebut sebagai pertempuran paling berdarah dalam sejarah manusia.

Monumen peringatan ini dibangun antara tahun 1959 dan 1967, dan dimahkotai oleh patung alegoris raksasa di bagian atas bukit. Monumen, yang dirancang oleh pematung Yevgeny Vuchetich ini, memiliki nama lengkap The Motherland Calls. Namun, monumen ini juga kerap dipanggil dengan sebutan Mother Motherland, Mother Motherland Is Calling, The Motherland, atau Monumen Mamayev.

10. Awaji Kannon (80 m) – Jepang

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Awaji Kannon

photo via : twitter.com/LinNyunt

Patung tertinggi selanjutnya adalah patung Awaji Kannon yang terletak di Pulau Awaji , Prefektur Hyogo, Jepang. Pembanguna Awaji Kannon dimulai pada tahun 1977 dan selesai dibangun pada tahun 1982. Patung itu duduk di atas sebuah bangunan tumpuan berlantai 5 yang tingginya 20 meter dengan dek observasi lantai enam di dalam patung.

Berbeda dengan patung-patung lainnya, Awaji Kannon yang terletak di pulau Awaji, ini justru tidak dibuka untuk umum. Letak bangunannya yang kurang kokoh dianggap berbahaya bagi pengunjung. Oleh karena itu, patung yang menggambarkan Guanyin ini ditinggalkan penduduk. Namun, monument yang dibangun oleh seorang pengusaha lokal pada 1982 tersebut tetap menjadi salah satu landmark di Awaji dan termasuk sebagai salah satu patung tertinggi didunia.

11. Grand Buddha at Ling Shan (79 m – total 88 m termasuk alas bangunan) – China

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Grand Buddha at Ling Shan

photo via : www.fodors.com

Patung Grand Buddha satu ini terletak di Selatan gunung Longshan dekat Mashan, kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, China. Grand Buddha merupakan patung perunggu yang menggambarkan Amitabha Buddha dalam posisi berdiri. Patung yang dibangun tahun 1997 ini memiliki ketinggian 79 meter namun berdiri di atas bangunan teratai setinggi 9 meter sehingga total tinggi patung ini adalah 88 m.

Di tempat patung ini didirikan, para wisatawan tidak hanya dapat menyaksikan kemegahan patung Buddha tersebut, namun dapat juga menikmati beberapa hal menarik lainnya seperti menonton pertunjukan 9 naga memandikan Shakyamuni, melihat-lihat kemegahan Brahma Palace, Berfoto dengan latar jari tangan terbesar didunia dan berbagai hal menari lainnya.

12. Guan Yin of the South Sea of Sanya (76 m, total 108 m dengan tinggi bangunan dasar 32 m) – China

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Guan Yin of the South Sea of Sanya

photo via : www.trover.com

Guan Yin of the South Sea of Sanya atau dikenal juga sebagai Guanyin of Nanshan merupakan patung Bodhisattva Guanyin atau Dewei Kwam Im yang memiliki ketinggian 76 m. Namun total tingginya mencapai 108 dengan tinggi bangunan dasar hingga 32 m. Patung ini terletak di pantai Selatan Provinsi Hainan, China yang berdekatan dengan Nanshan Temple of Sanya.

Yang menarik dari patung ini adalah menampilkan 3 perwujudan Bodhisattva Guanyin yang berbeda. 1 menghadap ke daratan dan 2 lainnya menghadap kelautan. Ke tiga pasang tangan sang dewi juga digambarkan dalam 3 posisi yang berbeda. Satu menggambarkan Guanyin menggendong sutra di tangan kiri dan menggerakkan Vitarka Mudra dengan tangan kanan, yang kedua dengan telapak tangannya bersilang, memegang seutas talitasbih dan yang ketiga memegang teratai. Dalam pembangunannya, patung ini membutuhkan waktu selama 6 tahun untuk menyelesaikannya. Dan tepat tahun 2005, patung ini diresmikan untuk umum.

13. Guanyin statue in Tsz Shan Monastery (76 m)- Hongkong

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Guanyin statue in Tsz Shan Monastery

photo via : www.itishk.com

Patung tertinggi selanjutnya adalah Guanyin statue in Tsz Shan Monastery yang ada di Hongkong. Beridiri di area biara Tsz Shan dengan ketinggian 76 m dan dapat dilihat dari kejauahan. Patung ini selesai dibangun tahun 2013 lalu. Patung ini dibuat dengan nuansa pada patung-patung dinasti Song, dan menggunakan perunggu sebagai bahan utama pembuatan patung. Patung lantas di cat dengan fluorocarbon putih sehingga menghasilkan patuh yang yang bersih dan anggun.

Dalam hal Feng Shui , patung Guan Yin yang berdiri di kaki Shun Yeung Fung di pegunungan Pak Sin Leng, menghadap barat daya menuju Plover Cove adalah tata letak terbaik untuk memilih lokasi konstruksi. Untuk pembangunan biara dan patung ini, telah menghabiskan biaya sekitar HK$ 1,7 miliar atau sekitar Rp.3 triliun rupiah.

14. Garuda Wisnu Kencana (GWK)(75 m total 121 m jika ditambah tinggi bangunan dasar 46 m) – Indonesia

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Garuda Wisnu Kencana

photo via : /www.instagram.com/gwkbali/

Patung yang terletak di Bali ini sepertinya kalian semua sudah mengetahuinya kan? Yup Garuda Wisnu Kencana atau GWK memang memang menjadi salah satu patung tertinggi didunia saat ini. Sebenarnya ketinggian patung GWK ini hanya 75 m, namun menjadi 121 setelah diukur dengan bangunan dasar yang tingginya 46 m. Dengan ketinggian 121 dan lebar 64 m, patung GWK ini mampu mengalahkan ketinggian patung Ushiku Daibutsu di Jepang yang hanya 120 m.

GWK berlokasi di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Taman budaya yang berlokasi di sebelah selatan Bali ini merupakan salah satu ikon pariwisata baru di Pulau Dewata. GWK menggambarkan Dewa Wisnu yang sedang mengendarai tunggangannya, yaitu burung Garuda yang menyimbolkan penyelamatan lingkungan dan dunia.

GWK ini dirancang oleh Nyoman Nuarta dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada September 2018. Membutuhkan waktu 28 tahun dan biaya sekitar 1 triliun rupiah untuk mendirikan patung kebanggan Indonesia satu ini. Patung GWK juga melibatkan 1.000 pekerja. Total pekerja tersebut dibagi dua wilayah kerja, yaitu 400 pekerja di Bandung, sedangkan yang 600 pekerja lainnya menggarap proyek ini di Pulau Dewata.

15. Leshan Giant Buddha (71 m) – China

Daftar Patung Tertinggi Di Dunia - Leshan Giant Buddha

photo via : commons.wikimedia.org

Leshan Giant Buddha merupakan salah satu patung Buddha terbesar didunia. Patung Buddha ini dipahat di sebuah lembah yang langsung menghadap ke laut di Sichuan, bagian barat Cina. Dipahat di pinggir sebuah bukit pada abad ke 8 masehi di pertemuan tiga sungai. Ketiga sungai itu adalah Sungai Min, Sungai Qingyi dan Sungai Dadu. Patung Buddha ini mempunyai tinggi 71 meter.

Selain itu detail dari patung ini dapat tercermin dari 1.021 sanggul yang bergelung di rambut Sang Buddha. Sistem arsitektur pembuangan air pun tersebar di bagian tangan, kepala, belakang telinga dan pakaian, membuat patung Leshan tetap kering sehingga tidak mudah rusak.

Pembuatan patung ini dimulai pada tahun 713 masehi pada zaman Dinasti Tang atas inisiasi dari Hai Tong, seorang Biksu Buddha dan selesai pada tahun 803. Patung Leshan ini dijadikan salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.  *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait