Pelembab Untuk Kulit Kering dan Kusam Serta Tips Merawatnya

Pelembap wajah untuk kulit kering dan kusam

Sedang mencari produk pelembab yang bagus untuk kulit kering dan kusam? Mungkin deretan merk pelembab terbaik berikut bisa membantu kalian.

Seperti yang kita tahu, selain kulit berminyak dan berjerawat, ada banyak juga orang, khususnya wanita yang memiliki masalah kulit kering dan kusam. Kulit kering bila tidak dirawat dengan benar dapat mengakibatkan munculnya kerutan pada wajah dan mempercepat proses penuaan bahkan menyebabkan penuaan dini. Maka dari itu, pengaplikasian pelembab atau moisturizer pada wajah wajib hukumnya, bahkan tidak hanya untuk kulit yang kering namun juga untuk semua jenis kulit.

Pelembab untuk kulit kering sendiri, selain berguna untuk menjaga kelembaban kulit, juga bermanfaat untuk menjaga elastistas kulit wajah, serta dapat menjaga kekenyalan kulit wajah. Pelembab wajah juga memiliki beberapa kandungan mineral dan juga vitamin yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Sehingga kulit wajah dapat ternutrisi dengan baik. Pelembab juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kulit yang mulai menjadi keriput, munculnya garis-garis pada wajah, dan juga munculnya noda hitam.

Nah sebelum kita mencari tahu, produk pelembab terbaik untuk kulit kering dan kusam, ada baiknya kita ketahui dulu tips dan cara mengatasi kulit kering dan kusam. Pasalnya hanya mengandalkan pelembab saja tak akan cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu butuh effort untuk merubah wajah kering dan kusam kamu menjadi lebih lembab dan cerah. Berikut tips dan cara mengatasi kulit kering dan kusam.

Tips dan Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

1. Jangan terlalu sering membasuh wajah

Cara mengatasi kulit kering dan kusam yang paling mudah dilakukan adalah dengan tidak membasuh wajah terlalu sering. Jika kalian biasanya mencuci wajah 4 sampai 5 kali, maka mulai sekarang kurangi frekuensi kalian mencuci wajah. Untuk kulit kering disarankan membasuh wajah hanya 2 kali sekali, yakni pada pagi dan malam hari. Kecuali kalau kamu menggunakan makeup barulah kamu bisa mencuci wajah sebanyak 3 kali dalam sehari. Ketahuilah, mencuci wajah terlalu sering, dapat mengikis lapisan minyak alami dan kelembapan alami kulit sehingga kulit menjadi kering dan rentan terbentuk kerutan.

2. Batasi waktu mandi dengan air hangat dan hindari menggunakan air dengan suhu terlalu panas

Buat kamu yang punya kebiasaan mandi dengan air hangat, maka kamu harus membatasi waktu mandi kalian dengan air hangat. Terlalu lama terpapar air hangat justru akan membuat kulit menjadi semakin kering. Jadi, sebaiknya batasi waktu mandi hanya sekitar 5-10 menit. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan suhu air yang akan digunakan untuk membasuh wajah atau mandi. Air yang panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit. Ada baiknya menggunakan air hangat atau air suam-suam kuku dengan suhu sekitar satu derajat di atas suhu tubuh yaitu 38OC.

3. Gunakan sabun pembersih wajah khusus untuk kulit kering

Pastikan juga kamu memilih sabun pembersih wajah yang tepat untuk kulit kering. Perhatikan kandungan dalam produk pembersih wajah dan pilihlah pembersih wajah yang mengandung ceramide yang dapat mengunci kelembapan kulit yang hilang seiring bertambahnya usia. Selain itu, kamu juga harus menghindari produk pembersih wajah yang bebas dari kandungan alkohol, pewarna, dan zat pewangi buatan.

4. Hindari pembersih wajah yang dapat merusak kulit

Untuk pemilik kulit kering, sebaiknya memilih pembersih wajah dengan kandungan yang ringan dan menghindari pembersih wajah yang mengandung antibakteri dan mengandung alkohol karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah iritasi.

5. Gunakan pelembab wajah setiap hari

Dan hal yang paling penting untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan pelembab setiap hari. Gunakan pelembab segera setelah kamu mencuci wajah, baik itu dipagi hari sebelum beraktivitas maupun di malam hari sebelum kamu tidur. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kandungan yang terdapat dalam produk pelembab yang kamu gunakan. Untuk pemilik kulit kering, disarankan memilih pelembab yang mengandung hyaluronic acid, lactic acid, ceramide, gliserin, lanolin, minyak mineral, petrolatum, dan colloidal oatmeal. Kamu juga bisa memilih pelembab yang mengandung vitamin E, minyak alpukat, minyak biji aprikot dan vitamin A.

6. Eksfoliasi wajah

Sesekali lakukan eksfoliasi wajah maksimal 2 kali seminggu. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk membantu dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit wajah menjadi kering. Kamu bisa menggunakan eksfoliasi wajah yang mengandung senyawa alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA). Kamu juga bisa menggunakan eksfoliasi wajah alami seperti menggunakan masker outmeal, gula, kopi ataupun madu.

7. Gunakan sunscreen

Selain menggunakan pelembab, kamu juga harus menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Perlu kalian ketahui, paparan sinar matahari secara berlebihan dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan kusam. Disarankan menggunakan produk sunscreen dengan SPF minimal 15. Gunakan sunscreen setelah kamu menggunakan pelembab dan oleskan pada permukaan wajah 15-20 menit sebelum bepergian ke luar rumah.

8. Minum air yang cukup

Salah satu penyebab kulit kering adalah kekurangan cairan atau tubuh mengalami dehidrasi. Maka dari itu kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yaitu 1,5–2 liter per hari. Dengan begitu, kebutuhan hidrasi tubuh bisa tercukupi dengan baik. Kondisi kulit kering pun semakin lama akan semakin membaik.

9. Konsumsi antioksidan

Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi antioksidan sebagai cara mengatasi kulit kering dan kusam dari dalam. Makanan kaya antioksidan dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel yang lebih sehat. Kebutuhan antioksidan ini bisa kamu dapatkan dengan konsumsi buah dan sayur seperti blueberry, tomat, wortel, hingga kacang-kacangan.

10. Gunakan humidifier atau pelembap udara

Tips mengatasi kulit kering berikutnya adalah dengan menggunakan humidifier atau pelembap udara. Banyak yang tidak tahu kalau kulit kering juga disebabkan oleh udara yang kering, panas, dan ruangan ber-AC. Maka dari itu kamu bisa menggunakan humidifier untuk menambah kelembapan di dalam rumah. Kelembaban dalam ruangan dapat terjaga akan membuat kulit menjadi lebih lembap dan tidak mudah gatal ataupun bersisik.

11. Gunakan masker alami yang dapat melembabkan kulit

Untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam, kamu juga butuh yang namanya masker wajah. Untuk perawatan yang aman, kamu bisa menggunakan masker alami seperti masker lidah buaya yang terkenal dapat melembabkan kulit. Lidah buaya mempunyai kandungan antioksidan alami yang dapat memperbaiki kulit wajah akibat paparan sinar matahari. Lidah buaya juga mempunyai sifat antiperadangan yang mampu menenangkan kulit wajah yang kering. Selain lidah buaya, kamu juga bisa memanfaatkan alpukat sebagai masker alami untuk mengatasi kulit kering. Alpukat juga kaya akan vitamin A dan E yang bisa melembapkan kulit secara alami tanpa memberikan kesan berminyak.

12. Istirahat yang cukup

Tips mengatasi kulit kering dan kusam berikutnya adalah istirahat yang cukup. Ini karena tubuh memerlukan waktu istirahat untuk mengembalikan energi dan memperbarui sel-sel di dalam tubuh secara rutin, termasuk sel-sel kulit. Dengan melakukan tidur yang cukup selama 6-8 jam setiap hari, maka akan membantu kulit untuk beregenerasi menjadi lebih baik.

Rekomendasi Merk Pelembab Terbaik Untuk Kulit Kering dan Kusam

Nah setelah mengetahui beberapa tips dan cara yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam, saatnya kita mengetahui daftar merk pelembab yang bagus untuk kulit kering dan kusam. Kira-kira merk pelembab apa saja? Berikut ulasannya!

1. Laneige Water Bank Moisture Cream EX

Pelembab Wajah Terbaik Untuk Kulit Kering dan Kusam

photo via laneige.com

Pelembab terbaik untuk mengatasi kulit kering dan kusam yang pertama adalah Laneige Water Bank Moisture Cream EX. Krim pelembab ini diperkaya dengan formula Green Mineral Water yang diekstraksi dari pilihan sayuran melalui Ocean Brew yang dapat meningkatkan kemampuan pelembap kulit. Diengkapi juga dengan teknologi Water Zipper yang mampu mengunci kelembaban untuk retensi kelembaban hingga 24 jam. Selain itu, pelembab terbaik ini juga mengandung garden cress yang memiliki efek antioksidan yang sangat baik sehingga mampu menghilangkan oksigen yang berbahaya dan aktif untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kulit. Produk pelembab ini dibandrol dengan harga Rp 500 ribu.

2. The Body Shop Vitamin E Intense Moisture Cream

Pelembab Terbaik Untuk Kulit Kusam

photo via thebodyshop.co.id

Selanjutnya ada The Body Shop Vitamin E Intense Moisture Cream yang juga merupakan salah satu pelembab terbaik untuk masalah kulit kering dan kusam. Pelembab dari The Body Shop ini memiliki teksture yang creamy dan tidak membuat kulit terlihat greasy atau berminyak. Pelembap ini diperkaya dengan vitamin E, wheat germ oil, dan biofermented hyaluronic acid untuk membantu melembapkan kulit secara intensif. Cocok untuk kulit yang sangat kering. Kulit terasa lebih halus dan lembap. Dibandrol dengan harga Rp 239 ribu, pelembab ini worth it banget buat digunakan untuk mengatasi kulit kering dan kusam.

3. Pixy White-Aqua Brightening Moisturizer

Pelembab Wajah Terbaik Untuk Kulit Kering

photo via pixy.co.id

Siapa yang nggak tau merk Pixy? Merk yang terkenal akan produk kecantikan ini memiliki varian pelembab yang bagus untuk mengatasi kulit kering dan kusam yaitu Pixy White-Aqua Brightening Moisturizer. Dibandrol dengan harga Rp 75 ribu, pelembab yang digunakan di pagi atau siang hari ini dilengkapi dengan Hydra Active yang melembabkan dan menyegarkan kulit yang lelah.

Pelembab ini juga didukung dengan SPF 30 & PA+++ untuk melindungi kulit dari sinar UVA & UVB. Dilengkapi juga dengan Natural Whitening Complex yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda, serta Vitamin E yang dikenal sebagai antioksidan. Pelembab ini dibuat dengan formula Water Based atau berbahan dasar air yang memberikan sensasi dingin dan segar pada kulit, ringan, tidak lengket dan tidak berminyak.

4. Nature Republic Soothing & Moisture ALoe Vera 92% Soothing Gel

Pelembab Terbaik Untuk Kulit Kusam

photo via naturerepublic.id

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa melembabkan kulit yang kering dengan aman. Namun buat kamu yang tidak ingin repot, kamu bisa menggunakan Nature Republic Soothing & Moisture ALoe Vera 92% Soothing Gel sebagai solusi untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk kulit kering.

Pelembab Nature Republic asal Korea ini mengandung 92% ekstrak lidah buaya dan formulanya bebas dari paraben, mineral dan pewarna buatan. Pelembab yang berbentuk gel ini menyerap cepat dan memberi kesan menyegarkan pada kulit. Mampu melembabkan kulit yang kering dan sensitif. Dijual dalam kemasan jar 300 ml, pelembab ini dibanderol dengan harga Rp 98 ribu.

5. Sebamed Sensitive Skin Moisturizing Cream

Pelembab Wajah Terbaik Untuk Kulit Kering

photo via sebamedindonesia.com

Sedang mencari pelembab yang bagus untuk mengatasi kulit kering dan kusam? Sebamed Sensitive Skin Moisturizing Cream mungkin bisa kamu pertimbangkan. Krim pelembab ini mampu mengembalikan dan menjaga kelembaban alami kulit. Mengandung antioksidan dan vitamin E yang menetralkan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan penuaan dini. Diperkaya dengan Oil-in-water emulsion dengan kadar lipids 25% sehingga membuat kulit lembut dan bercahaya. Selain itu, kandungan pH 5.5 didalamnya juga membantu menjaga dan memperkuat mantel asam kulit. Diformulasikan untuk kulit kering dan sensitif, pelembab ini di jual dengan harga sekitar Rp 260 ribu.

6. Cetaphil Daily Facial Moisturizer with SPF 50+

Pelembab Terbaik Untuk Kulit Kusam

photo via cetaphil.com

Pelembab dari cetaphil juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengatasi kulit kering dan kusam agar lebih lembab dan cerah. Cetaphil Daily Facial Moisturizer with SPF 50+ merupakan pelembab wajah harian yang telah terbukti secara klinis dapat melembabkan kulit kamu. Dilengkapi dengan SPF 50 yang membantu melindungi kulit dari kerusakan karena sinar matahari. Diformulasikan dengan Titanium dioksida yang dapat menyerap dengan cepat dan tidak meninggalkan residu. Teruji secara klinis hipoalergenik dan non-komedogenik, sehingga tidak mengiritasi kulit atau menyumbat pori-pori. Pelembab ini juga bebas pewangi dan tidak berminyak sehingga cocok untuk kulit yang sensitif. Cetaphil Daily Facial Moisturizer with SPF 50+ ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 303 ribuan.

7. Natur-E Daily Face Cream

Pelembab Wajah Terbaik Untuk Kulit Kering

photo via natur-e.co.id

Rekomendasi merk pelembab yang bagus untuk kulit kering dan kusam berikutnya adalah Natur-E Daily Face Cream. Pelembab terbaik dari Natur-E ini diperkaya dengan kandungan vitamin E alami, minyak biji delima dan tabir surya yang efektif menutrisi serta meningkatkan kelembapan kulit wajah. Vitamin E yang terkandung didalamnya berbentuk e-beads yang sangat efektif meresap ke dalam kulit untuk memberikan wajahmu kelembapan dan perlindungan dari sinar matahari. Dengan penggunaan secara rutin setiap pagi, pelembab ini akan menjaga tingkat kelembapan dan kesehatan kulit wajah kamu. Natur-E Daily Face Cream dibandrol dengan harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 30 ribuan.

8. Bioderma Atoderm Intensive Baume

Pelembab Terbaik Untuk Kulit Kusam

photo via bioderma.co.id

Bioderma Atoderm Intensive Baume merupakan produk pelembab kulit dari Bioderma yang dapat menenangkan sekaligus memperkuat kulit. Diformulasikan khusus untuk kamu yang memiliki masalah kulit sangat kering hingga sensitif tanpa menimbulkan efek iritasi. Produk satu ini dapat menenangkan gatal dan iritasi pada kulit yang terlalu kering. Membantu membangun kembali lapisan kulit sehat, mencegah kulit mengalami fase iritasi baru dan mengembalikan rasa nyaman pada kulit. Bioderma Atoderm Intensive Baume dengan isian 500 ml dibandrol dengan harga sekitar Rp 473 ribuan.

9. Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

Pelembab Wajah Terbaik Untuk Kulit Kering

photo via eminacosmetics.com

Emina Bright Stuff Moisturizing Cream merupakan daily moisturizer yang bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang memiliki masalah kulit kering dan kusam. Tidak hanya mencerahkan dan melembabkan wajah, pelembab yang mengandung ekstrak summer plum dan vitamin E ini juga diperkaya dengan UVA dan UVB filter yang juga melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Formulanya ringan, sehingga dapat dipakai setiap hari. Dengan pemakaian yang rutin, pelembab ini akan membuat wajah kamu terlihat matte sepanjang hari. Menariknya, Emina Bright Stuff Moisturizing Cream ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau yakni sekitar Rp 17 ribuan.

10. Erha 8 Moisturizer for Very Dry Skin

Pelembab Terbaik Untuk Kulit Kusam

photo via erhastore.co.id

Erha 8 Moisturizer for Very Dry Skin merupakan pelembab wajah terbaik selanjutnya yang bisa diandalkan untuk mengatasi kulit kering dan kusam. Diformulasikan dengan kandungan bahan-bahan khusus untuk kulit yang sangat kering. Selain itu, pelembab ini juga diperkaya dengan bahan-bahan yang dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.

Didalamnya terkandung Niacinamide, AHA dan Pro Vit B5 yang bermanfaat untuk meregenerasi sel kulit, mencerahkan dan mengatasi tanda penuaan. Dilengkapi juga dengan Line Factor untuk membantu mengurangi kerut halus pada wajah. Dijual dengan harga sekitar Rp 100 ribuan, pelembab satu ini layak untuk dipertimbangkan.

11. Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel

Pelembab Wajah Terbaik Untuk Kulit Kering

photo via wardahbeauty.com

Brand kecantikan asal Indonesia, Wardah juga mengeluarkan varian pelembab atau moisturizer yang bagus untuk kulit kering dan kusam yakni Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel. Pelembab ini merupakan gel multifungsi dengan kandungan Aloe vera natural yang memberikan kelembapan ekstra dengan efek menenangkan serta mendinginkan kulit yang kering dan memerah akibat sinar matahari.

Pelembab wajah yang bagus dari Wardah ini memiliki formula yang ringan dan tidak lengket ketika diaplikasikan di wajah. Selain melembabkan, produk ini juga bekerja sebagai anti-iritasi, anti-inflamasi, sebagai agen soothing kulit yang terbakar sinar matahari, dan membantu meningkatkan ketahanan kulit (skin barrier). Triple Humectant System mampu melembabkan kulitmu secara optimal dan Triple Soothing Agent mampu menyejukkan kulitmu. Dijual dengan harga sekitar Rp 38 ribu, pelembab dari Wardah ini tentu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi kulit kering dan kusammu.

12. Sariayu Putih Langsat Skin Brightening Moisturizer

Pelembab Terbaik Untuk Kulit Kusam

photo via shopee.co.id

Selain Wardah, Sariayu juga memiliki varian pelembab terbaik untuk mencerahkan kulit yang kering. Salah satunya adalah Sariayu Putih Langsat Skin Brightening Moisturizer. Pelembab ini tak hanya cocok untuk jenis kulit kering dan kusam namun juga untuk semua jenis kulit. Diperkaya dengan ekstrak alami buah langsat yang memiliki dua manfaat utama. Yakni membantu mencerahkan wajah dalam 4 minggu pemakaian. Dan mampu melindungi kulit dari pengaruh radikal bebas karena mengandung antioksidan.

Pelembab ini juga dilengkapi dengan Pro vitamin B5 yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Mengandung juga tabir surya (sunblock) yang melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV dan aromaterapi yang menenangkan. Dengan pemakaian teratur, pelembab dari Sariayu ini akan menjadikan kulit wajah tampak cerah, segar bersinar. Untuk harga, Sariayu Putih Langsat Skin Brightening Moisturizer ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 19 ribuan.

13. Rohto Hada Labo Perfect X Simple Perfect 3D Gel

Pelembab Wajah Terbaik Untuk Kulit Kering

photo via rohto.co.id

Hada Labo Perfect X Simple Perfect 3D Gel adalah rangkaian perawatan wajah yang dikembangkan oleh Rohto Pharmaceutical Japan dengan pengawasan ketat berstandar farmasi untuk menjamin kualitas produk dan kepuasan konsumen. Dengan filosofi Perfect X Simple, pelembab Hada Labo menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik dan bermanfaat bagi kulit.

Hada Labo Perfect X Simple Perfect 3D Gel merupakan pelembab yang memiliki 3 fungsi sekaligus yakni sebagai moisturizing, whitening dan anti-aging. Mengandung 4 tipe Hyaluronic Acid untuk mengunci kelembaban kulit secara intensif serta menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Tak hanya itu, pelembab Hada Labo ini juga mampu mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam dan mengurangi kulit kusam. Pelembab ini juga bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan dini dan berguna sebagai anti oksidan serta menangkal efek radikal bebas. Untuk harga lumayan mahal yakni sekitar Rp 115 ribuan untuk ukuran 40 gr.

14. Citra Pearly White UV Facial Moisturizer

Pelembab Terbaik Untuk Kulit Kusam

photo via cantikcitra.co.id

Buat kamu yang sedang mencari krim pelembab untuk mencerahkan kulit yang kering, maka Citra Pearly White UV Facial Moisturizer bisa menjadi pilihan yang tepat. Pelembab ini mengandung 100% Natural Korean Pearl Essence dan 10x Vitamin Essence sehingga memberikan 5x brightening power untuk wajah cerah, mulus, bening bercahaya. Kandungan mutiaranya membantu menutrisi wajah dari dalam untuk memberikan wajah yang cerah alami, secantik kilau mutiara. Selain itu, pelembab ini juga dilengkapi dengan UV Protectionnya (UVA & UVB) yang dapat membantu mencegah terbentuknya noda hitam dan penggelapan kulit akibat sinar matahari. Untuk harga sendiri cukup terjangkau yakni sekitar Rp 33 ribu.

15. Rohto Skin Aqua UV Moisture Milk

Pelembab Wajah Terbaik Untuk Kulit Kering

photo via rohto.co.id

Satu lagi merk pelembab terbaik yang bagus untuk kulit kering dan kusam adalah Skin Aqua UV Moisture Milk, ini merupakan rangkaian skincare yang juga dikeluarkan oleh Rohto. Skin Aqua sendiri adalah rangkaian UV Skin Care yang dapat melindungi wajah dari radiasi sinar matahari (UV-A dan UV-B) dan mengandung Hyaluronic Acid yang berfungsi untuk melembapkan, melembutan dan menutrisi kulit.

Salah satu varian pelembabnya yakni Skin Aqua UV Moisture Milk dilengkapi dengan SPF 50+, PA+++ yang memberikan perlindungan lebih lama terhadap sinar matahari. Diperkaya dengan Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan Collagen yang berfungsi untuk melembabkan dan melembutkan kulit. Tekturnya tidak lengket dan mudah meresap. Pelembab ini juga tidak menggunakan zat pewarna dan parfum sehingga cocok untuk kulit sensitif. Harganya tergolong terjangkau yakni sekitar Rp 50 ribuan.

Itu dia beberapa rekomendasi pelembab terbaik yang bagus untuk kulit kering dan kusam. Kamu bisa memilih salah satu dari daftar merk pelembab sebagai solusi untuk mengatasi kulit kering dan kusam kalian. Jangan lupa untuk memilih produk yang sesuai dengan masalah kulit kalian dan juga keuangan yang kalian miliki ya! Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait