Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu

10 bulan lalu, by blogunik

Miss Universe 2018 sudah terpilih beberapa waktu yang lalu. Di tahun 2018 ini Catriona Gray asal Filipina terpilih menjadi pemenang Miss Universe 2018 dan melanjutkan tugas dari Miss Universe-Miss Universe sebelumnya. Kontes kecantikan Miss Universe ini sendiri sudah digelar sejak tahun 1952 untuk merayakan perempuan, perbedaan, dan menyediakan tempat bagi para perempuan untuk menjadi pribadi yang terbaik. Setiap tahunnya akan terpilih satu wanita terbaik yang paling pantas menyandang gelar Miss Universe. Nah berikut Pemenang Miss Universe Dari tahun 1990 sampai 2018.

1. Mona Grudt – 1990

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Mona Grudt - 1990

photo via : www.hoylosangeles.com

Mona Grudt merasih gelar Miss Universe pada tahun 1990. Putri asal Norwegia ini memang memiliki wajah yang cantik sehingga dirinya mendapat julukan ‘The Beauty Queen of Hell”. Hell disini tentunya bukan neraka, Mona lahir kota Hell, Norwegia. Setelah meraih titel Miss Universe, Mona memutuskan untuk terjun ke dunia akting. Ia pun sempat tampil di serial ‘Star Trek: The Next Generation’.

2. Lupita Jones – 1991

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Lupita Jones - 1991

photo via: trynotlaughs.us

Di tahun 1991, Putri asal Meksiko, Lupita Jones meraih gelar Miss Universe. Saat menjadi Miss Universe dirinya baru berumur 23 tahun. Selain menjadi Miss Universe, sebelumnya ia memiliki gelar Senorita Mexico atau Miss Mexico.

 

3. Michelle McLean – 1992

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Michelle McLean - 1992

photo via : raulgatal.blogspot.com

Michelle McLean saat itu baru berusia 19 tahun ketika ia mewakili Namibia dan menjadi wanita dari Namibia pertamayang berhasil memenangkan mahkota Miss Universe. Sebelum ia menjadi Miss Universe, McLean berkompetisi di Miss World 1991 namun akhirnya selesai di top 5.

 

4. Dayanara Torres – 1993

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Dayanara Torres - 1993

photo via : www.laprensagrafica.com

Setahun setelahnya, Dayana Torres asal Puerto Riko berhasil menyabet gelar Miss Universe 1993. Saat ia dinobatkan menjadi Miss Universe, Torres baru menginjak umur 18 tahun. Selama dan setelah masa jabatannya sebagai Miss Universe, ia menjadi duta bagi UNICEF, berkeliling Asia dan Amerika Latin untuk mendukung organisasi tersebut. Ia mendirikan Dayanara Torres Foundation yang menyediakan beasiswa bagi pelajar miskin di Puerto Riko dan Filipina.

 

5. Sushmita Sen – 1994

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Sushmita Sen - 1994

photo via : http://celebsandcinema.com

Pencinta film Bollywood pastinya sudah gak asing lagi dengan aktris cantik satu ini. Yup Sushmita Sen adalah Putri asal India yang berhasil memenangkan mahkota Miss Universe pada tahun 1994. Ia adalah kontestan pertama dari India yang berhasil memenangkan mahkota Miss Universe di tahun 1994. Kini Sushmita Sen dikenal sebagai aktris Bollywood legendaris dan juga sebagai model ternama.

 

6. Chelsi Smith – 1995

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Chelsi Smith - 1995

Miss Universe di tahun berikutnya yakni tahun 1995 adalah Chelsi Smith asal Amerika Serikat. Ia dinobatkan sebagai Miss Universe pada 12 Mei 1995 dan dimahkotai sebagai Miss Universe oleh Miss Universe 1994 Sushmita Sen. Sayangnya Chelsi Smith telah meninggal pada September 2018 lalu di usia 45 tahun. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

7. Alicia Machado – 1996

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Alicia Machado - 1996

photo via : baomoi.com

Alicia Machado merupakan wanita keempat dari Venezuela yang memenangkan gelar dan mahkota Miss Universe. Machado memenangkan kontes Miss Venezuela 1995 mewakili Yaracuy dan kemudian memenangkan mahkota Miss Universe 1996 di Las Vegas. Selama menjabat sebagai Miss Universe 1996, Machado menjadi pusat perbincangan dunia karena bobot tubuhnya yang semakin hari semakin berat. Bahkan karena hal tersebut Organisasi Miss Universe sempat mempertimbangkan mengganti dirinya dengan runner-up nya,yakni Taryn Mansell Aruba. Namun Alicia Machado mampu mempertahankan mahkota Miss Universe tetap ditangannya.

 

8. Brook Mahealani Lee – 1997

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Brook Mahealani Lee - 1997

photo via : http://www.iptvhits.com

Di tahun 1997, Brook Mahealani Lee asal Amerika Serikat berhasil memenangkan gelar Miss Universe dimana sebelumnya ia telah meraih gelar Miss Hawaii USA dan Miss USA. Hingga saat ini, Lee adalah Miss Universe tertua dalam sejarah karena ia memenangkan mahkota Miss Universe di usia 26 tahun. Setelah masa jabatannya sebagai Miss Universe, Lee telah membuat beberapa penampilan cameo dalam film dan acara televisi, dan telah menyelenggarakan berbagai acara televisi di Asia dan Amerika Serikat.

 

9. Wendy Fitzwilliam – 1998

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Wendy Fitzwilliam - 1998

photo via : http://www.foroelitebeauties.com

Wanita bernama lengkap Wendy Marcelle Fitzwilliam ini memenangkan gelar Miss Universe pada tahun 1998. Wendy adalah wanita Trinidad dan Tobago kedua yang terpilih menjadi Miss Universe pada tahun 1998 setelah sebelumnya diraih oleh Janelle Commissiong pada tahun 1977. Setelah masa jabatannya habis, ia menjadi duta pada UNAIDS dan UNFPA yang bekerja dibidang pendidikan untuk HIV/AIDS.

 

10. Mpule Kwelagobe – 1999

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Mpule Kwelagobe - 1999

photo via : www.rappler.com

Mpule Keneilwe Kwelagobe atau yang lebih dikenal dengan nama Mpule Kwelagobe ini adalah warga dari Botswana dan terpilih menjadi Miss Universe yang berlangsung pada tahun 1999 di Trinidad dan Tobago. Sebelumnya, Kwelagobe turut pula berkompetisi di ajang kontes kecantikan lain, Miss World pada tahun 1997, namun ia tidak berhasil meraih posisi apapun. Saat ini ia aktif menjadi aktivis dilembaga HIV/AIDS.

 

11. Lara Dutta – 2000

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Lara Dutta - 2000

photo via : www.missuniverse.com

Mengikuti jejak Sushmita Sen, Lara Dutta yang kita ketahui adalah aktris Bollywood ini juga merupakan Miss Universe di tahun 2000 silam. Pada tahun 1997, Dutta mengikuti kontes kecantikan Miss Intercontinental dan memenangkannya, Dan pada tahun 2000, ia mengikuti acara serupa di negara asalnya, Femina Miss India, atau kini disebut Miss India Universe. Bahkan ia kembali memenangkan kontes tersebut dan membawanya sebagai peserta Miss Universe 2000 yang diadakan di Siprus, dan lagi-lagi ia terpilih sebagai wanita tercantik sejagat raya tersebut. Setelah masa jabatannya habis, Dutta berkarier sebagai aktris India.

 

12. Denise Quiñones – 2001

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Denise Quiñones - 2001

photo via : http://www.misshongkongpageant.com

Tahun 2001, Miss Puerto Riko kembali memenangkan mahkota Miss Universe. Ia adalah Denise Quiñones yang merupakan wanita Puerto Riko keempat yang menjuarai Miss Universe. Setelah sebelumnya ia menjuarai Miss Puerto Rico pada tahun yang sama. Denise memenangkan Miss Universe 2001 yang diadakan dinegara asalnya, Puerto Riko. Bahkan ia tidak saja dinobatkan sebagai Miss Universe, tetapi mendapatkan penghargaan lain seperti Miss Photogenic, Best in Swimsuit Award dan Best Hair/Style Award. Atas kemenangnnya itu, ia mendapatkan hadiah berupa mobil, peralatan kecantikan, busana, dan beasiswa sebesar $60.000 ke New York City film school dan juga kunjungan ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.

 

13. Oxana Fedorova (Sementara) dilanjutkan Oleh Justine Pasek – 2002

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Oxana Fedorova

photo via : http://www.misshongkongpageant.com

Di tahun 2002, pertama kalinya dalam sejarah, Tahta Miss Universe dipegang oleh 2 orang secara bergilir. Awalnya pada kontes kecantikan tersebut, Oxana Fedorova yang merupakan Miss Rusia berhasil memenangkan mahkota Miss Universe di tahun 2002. Namun beberapa bulan kemudian, ia memilih untuk melanjutkan studinya sehingga melepas jabatannya sebagai Miss Universe 2002. Gelar Miss Universe 2002 lantas diserahkan kepada sang runner-up Justine Pasek.

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Justine Pasek - 2002

photo via : http://m.yukle.mobi

Justine Pasek sendiri merupakan Miss Panama yang menjadi runner-up Miss Universe 2002. Namun beberapa bulan kemudian, ia menggantikan kedudukan sang Miss Universe dan mengemban tugas Miss Universe hingga gelarnya berakhir.

 

14. Amelia Vega – 2003

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Amelia Vega - 2003

photo via : http://linkpat.info

Wanita bernama lengkap Amelia Vega Polanco adalah seorang wanita Dominika yang meraih gelar di ajang Miss Universe tahun 2003. Acara tersebut diselenggarakan di Kota Panama, Panama pada 3 Juni 2003. Ia menjadi Miss Universe pertama dari Republik Dominika di usia 18 tahun dimana sebelumnya ia dinobatkan sebagai pemenang Miss Dominican Republic Universe di tahun yang sama. Setelah kemenangannya di Miss Universe, ia disibukkan oleh organisasi sosial. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

15. Jennifer Hawkins – 2004

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Jennifer Hawkins - 2004

photo via : lotusfairydreams.blogspot.com

Jennifer Hawkins merupakan Miss Australia 2004 yang berhasil memenangkan gelar Miss Universe 2004. Bukan hanya berwajah cantik dan pintar, Jennifer juga merupakan orang yang sangat enerjik. Ia pernah menjadi cheerleader untuk olahraga rugby di Newcastle Knights dan setelah itu ia memenangkan kontes Miss Australia 2004 dan mengantarkannya menjadi Miss Universe pada tahun yang sama. Kini setelah masa jabatannya berakhir, ia bekerja sebagai model dan presenter televisi di Australia.

 

16. Natalie Glebova – 2005

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Natalie Glebova - 2005

photo via : aomoi24.com/

Pada tahun 2004, Glebova mencoba peruntungannya dalam kontes kecantikan Miss Universe Canada dimana ia berhasil meraih posisi runner-up 3. Belum puasa dengan hasilnya Glebova berkompetisi kembali pada Januari 2005, dan berhasil meraih gelar tersebut yang mengantarkannya untuk berkompetisi di Miss Universe 2005 yang diadakan di Bangkok, Thailand pada Juni 2005. Natalie Glebova merupakan wanita Kanada kedua yang berhasil memenangkan kontes kecantikan Miss Universe, setelah Karen Dianne Baldwin pada tahun 1982.

 

17. Zuleyka Rivera Mendoza – 2006

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu

photo via : worldandbeauty.wordpress.com

Rivera dinobatkan sebagai Miss Universe 2006 setelah mengalahkan 85 kontestan dari seluruh dunia di ajang Miss Universe 2006 yang dilaksanakan di Los Angeles, Amerika Serikat. Dengan umur 18 tahun yang meraih gelar Miss Universe, Rivera merupakan salah seorang wanita termuda sebagai penyandang gelar ratu kecantikan tersebut. Dialah yang termuda di antara Miss Universe asal Puerto Rico sebelumnya. Keempat nama tersebut adalah Marisol Malaret, Deborah Carthy-Deu, Dayanara Torres, dan Denise Quiñones. Pada ajang Miss Universe 2007 (28 Mei 2007), ia menyerahkan mahkotanya kepada Riyo Mori asal Jepang di Mexico City, Meksiko di depan banyak penonton yang diperkirakan mencapai 600 juta penonton. Masa tugasnya hanya berjalan selama sepuluh bulan, salah satu yang tersingkat dalam sejarah Miss Universe.

 

18. Riyo Mori – 2007

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Riyo Mori - 2007

photo via : www.rappler.com

Riyo Mori merupakan pemenang Miss Universe pada tahun 2007 dan menjadi wanita kedua dari Jepang yang meraih gelar dalam kontes tersebut. Miss Universe pertama asal Jepang adalah Akiko Kojima pada tahun 1959. Wanita yang pandai menari ini kini telah mendirikan Riyo Mori’s International Dance School di kota kelahirannya.

 

19. Dayana Mendoza – 2008

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Dayana Mendoza - 2008

photo via : http://www.pulsk.com/

Dayana Mendoza adalah wanita Venezuela ke-5 yang berhasil memenangkan Miss Universe pada tahun 2008. Wanita bermata hijau dengan tinggi 176 cm ini berasal dari Caracas, Venezuela dan memiliki karir modeling yang cukup gemilang. Dayana Mendoza mengalahkan 27 kandidat lainnya untuk memenangkan Miss Venezuela 2007 yang mana mengantarkan dirinya menjadi pemenang Miss Universe 2008 di Nha Trang, Vietnam pada 13 Juli 2008. Mahkota untuk Miss Universe 2008 ini agak berbeda dari tahun sebelumnya. Mahkota seharga $120 ribu Dolar AS, terbuat dari Emas Putih dan Kuning 18 karat.

 

20. Stefanía Fernández – 2009

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Stefanía Fernández - 2009

photo via : www.kaskus.co.id

Di tahun 2009, kembali Miss Venezuela memenangkan mahkota Miss Universe. Stefanía Fernández adalah perempuan ke 6 asal Venezuela yang membawa pulang mahkota Miss Universe. Bahkan yang memahkotainnya pun Dayana Mendoza yang merupakan Miss Universe 2008 berasal dari negara yang sama, Venezuela. Stefanía Fernández mengalahkan 83 peserta dari berrbagai negara yang telah mengirimkan wakilnya, dan perempuan yang lahir pada 4 September 1990 ini berhasil menyisihkan pesaingnya di 5 besar yang diantaranya adalah Republik Dominika – Ada de la Cruz, Kosovo – Marigona Dragusha, Australia – Rachael Finch, Puerto Riko – Mayra Matos.

 

21. Ximena Navarrete – 2010

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Ximena Navarrete - 2010

photo via : http://eyeni.biz

Ximena Navarrete merupakan Miss Universe 2010 asal Meksiko. Sebelumnya ia merupakan seorang model yang karirnya cukup gemilang. Sebelum berkompetisi di ajang Miss Universe, ia telah meraih gelar Nuestra Belleza México 2009. Navarrete dinobatkan Nuestra Belleza Jalisco pada tanggal 16 Juli 2009 di kota kelahirannya, dan kemudian memenangkan gelar nasional Nuestra Belleza México yang huga mengantarkan dirinya sebagai pemenang Miss Universe 2010.

 

22. Leila Lopes – 2011

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Leila Lopes - 2011

photo via : wallpapersharee.com

Wanita bernama lengkap Leila Luliana da Costa Vieira Lopes adalah juara kontes kecantikan Angola yang dinobatkan sebagai Miss Angola 2011 hingga kemudian ia dinobatkan sebagai Miss Universe 2011. Leila Lopes merupakan wanita pertama dari Angola yang meraih gelar Miss Universe. Lopes menerima gelar dari mantan juara Miss Universe Ximena Navarrete dari Meksiko.

 

23. Olivia Culpo – 2012

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Olivia Culpo - 2012

photo via : http://www.fresherstyle.com

Culpo mewakili Amerika Serikat pada kompetisi Miss Universe 2012 yang diadakan pada bulan Desember. Dia bersaing dengan 88 peserta lainnya untuk meraih gelar yang diraih sebelumnya oleh Leila Lopes dari Angola. Pada akhir kontes, Culpo berhasil menang dan menyandang predikat sebagai Miss Universe 2012 dan meneruskan tugas dari Miss Universe sebelumnya. *Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

 

24. Gabriela Isler – 2013

photo via : cellcode.us/

Isler mewakili Venezuela di Miss Universe 2013 yang diselenggarakan pada 9 November 9 di Moscow, Rusia. Ia memenangi kompetisi ini dan dimahkotai Miss Universe 2013. Dengan kemenangannya, Venezuela telah menghasilkan tujuh kemenangan dalam sejarah kontes Miss Universe, menetapkan statusnya sebagai negara kedua tersukses pada kontes Miss Universe. Kemenangan Isler juga menjadikan Venezuela telah memenangi tiga mahkota dalam enam kali negara ini mengirim perwakilan sejak 2009.

 

25. Paulina Vega – 2014

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Paulina Vega - 2014

photo via : http://missdiversitynews.com

Paulina Vega mewakili Kolombia pada Miss Universe 2014 di mana ia kemudian dinobatkan sebagai pemenang menggantikan Miss Universe 2013, Gabriela Isler dari Venezuela. Paulina Vega menggunakan mahkota baru yang diproduksi oleh perusahaan permata basis Republik Ceko, Diamonds International Corporation. Setelah masa jabatannya berakhir, Paulina menapaki karir sebagai seorang aktris Kolombia, pembawa acara TV dan juga model.

 

26. Pia Wurtzbach – 2015

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Pia Wurtzbach - 2015

photo via : fashionpageant.wordpress.com

Pia mewakili negaranya Filipina pada kontes Miss Universe 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2015 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Pada saat penobatan terjadi kesalah pahaman. Awalnya MC mengumumlan bahwa Ariadna Gutiérrez dari Kolombia sebagai pemenang , namun diralat setelah beberapa menit kemudian karena MC salah membaca dan pemenang Miss Universe 2015 yang benar adalah Pia. Mahkota yang sudah dipasang pada Ariadna kemudian diambil dan dipasangkan kembali ke Pia oleh Miss Universe 2014, Paulina Vega.

 

27. Iris Mittenaere – 2016

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Iris Mittenaere - 2016

photo via : hectorjoaquin.blogspot.com

Mittenaere berkompetisi di Miss Universe 2016 di mana ia berhasil menjadi pemenang dan menggantikan Miss Universe 2015 Pia Wurtzbach dari Filipina. Ia menjadi wanita Perancis kedua dalam sejarah yang berhasil memenangkan mahkota Miss Universe setelah Christiane Martel memenangkannya di Miss Universe 1953. Setelah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Miss Universe, Mittenaere menjabat sebagai presiden juri bersama Jean-Paul Gaultier pada kontes Miss France 2018. Mittenaere memulai kariernya di televisi pada tahun 2018, menjadi pembawa acara versi Perancis dari Ninja Warrior menyusul hengkangnya Sandrine Quétier.

 

28. Demi-Leigh Nel-Peters – 2017

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Demi-Leigh Nel-Peters - 2017

photo via : katterabeauty.com

Demi pertama kali memulai karier di dunia kontes kecantikan melalui kontes nasional Miss South Africa 2017 mewakili Western Cape dan ia dinobatkan sebagai pemenang. Seperti tradisi pada kontes Miss South Africa, bahwa pemenang akan mewakili Afrika Selatan pada kontes Miss World 2017 dan Miss Universe 2017, namun dikarnakan penyelenggaraan dua kontes tersebut yang berdekatan, Demi mewakili pada kontes Miss Universe, yang diselenggarakan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Dan ia terpilih sebagai pemenang Miss Universe 2017 dan dinobatkan oleh Iris Mittenaere dari Perancis.

 

29. Catriona Gray – 2018

Pemenang Miss Universe Dari Waktu Ke Waktu - Catriona Gray - 2018

photo via : jolygram.com

Penyandang gelar Miss Universe ter baru di tahun 2018 adalah Catriona Gray. Pastinya masih segar diingatan kita bagaimana detik-detik Catriona Gray dimahkotai sebagai Miss Universe oleh Miss Universe 2017 Demi-Leigh Nel-Peters. Sebelum menjadi pemenang di ajang Miss Universe, Catriona Gray merupakan model berdarah Filipina-Australia yang juga berprofesi sebagai pembawa acara televisi. Ia menjuarai 2 kontes kecantikan besar di Filipina, yaitu Miss World Philippines 2016 dan meraih posisi 5 Besar dan Miss Universe Philippines 2018 dan berhasil menjadi pemenang dan mengantarkan dirinya pada ajang Miss Universe 2018. Saat ini Catriona Gray sedang disibukkan dengan tugasnya menjadi seorang Miss Universe sebelum nantinya tugasnya akan diambil alih oleh Miss Universe 2019 yang akan datang.

*Jika artikel ini muncul di website selain BlogUnik.com, maka dapat dipastikan bahwa web tersebut sudah mencuri dan menayangkan artikel ini tanpa persetujuan BlogUnik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *