Pencipta Lagu Indonesia Yang Karyanya Sering Menjadi Hits

1 bulan lalu, by blogunik

Siapa yang nggak suka mendengarkan musik. Musik adalah salah satu hal yang tak pernah lepas dari kehidupan kita. Apalagi di Indonesia sendiri, kualitas seni musiknya sudah nggak perlu diragukan lagi. Pasalnya dari jaman nenekmu dulu, sudah banyak lagu-lagu yang hits yang keren bahkan masih banyak dinyanyikan hingga saat ini. Seperti lagu Kebyar Kebyar, Badai Pasti Berlalu, Kolam Susu dan masih banyak lagi.

Tentunya, kesuksesan sebuah lagu nggak bisa dilihat dari cara penyanyinya membawakan lagu saja. Sebab,dibalik semua itu, ada tangan-tangan dewa dari pencipta lagu yang mampu menulis lirik dan menciptakan lagu yang enak di dengar dan melekat di hati. Tak kalah dari musisi luar negeri, Indonesia sendiri memiliki banyak pencipta lagu berbakat yang karyanya sudah nggak perlu di ragukan lagi. Sebut saja seperti Melly Goeslaw yang karya-karya selalu laris manis dibawakan oleh penyanyi-penyanyi tanah air, bahkan kerap menciptakan lagu untuk soundtrack film. Ada juga Yovie Widianto yang identik dengan lagu-lagu yang romantis dan masih banyak lagi. Nah untuk itu, kali ini Blog Unik akan berbagi pada kalian mengenai daftar pencipta lagu Indonesia yang karyanya sering menjadi hits. Kira-kira siapa saja? Berikut ulasannya!

1. Melly Goeslaw

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Melly-Goeslaw

photo via instagram.com/melly_goeslaw

Pencipta lagu Indonesia yang karya-karya lagunya selalu menjadi hits dan populer pertama adalah Melly Goeslaw. Siapa yang nggak kenal dengan pencipta lagu wanita bertangan dingin satu ini? Hampir setiap karya lagu yang ia ciptakan selalu menjadi hits dan populer. Bisa dibilang, Melly Goeslaw adalah pencipta lagu perempuan yang paling sukses di Industri musik Indonesia saat ini.

Istri Anto Hoed ini sering membuat lagu untuk soundtrack sebuah film. Hampir setiap film yang menggunakan lagu dari ciptaan Melly akan sukses besar. Sebut saja seperti film AADC, Ayat-Ayat Cinta, Eiffel I’m in Love, Habibie & Ainun dan masih banyak lagi. Meskipun soundtrack, namun lagu buatan Melly Goeslaw selalu punya ciri khas dan jadi hits di masyarakat. Beberapa lagu ciptaan Melly Goeslaw yang hits seperti Bunda, Ada Apa Dengan Cinta, Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, Cinta Sejati, Let’s Dance Together dan masih banyak lagi.

2. Bebi Romeo

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Bebi-Romeo

photo via kapanlagi.com

Selain Melly Goeslaw, Bebi Romeo juga merupakan salah satu hits maker di Indonesia. Salah satu lagu ciptaannya yang fenomenal adalah Bunga Terakhir. Bebi Romeo sendiri memang sangat pandai dalam menciptakan lagu hits. Beberapa penyanyi seperti Ari Lasso, Chrisye, Afgan Syahreza, dan Krisdayanti adalah bukti dari tangan dingin seorang Bebi Remeo dalam membuat sebuah lagu hits. Beberapa lagu hits yang diciptakan Bebi Romeo meliputi, Mencintaimu yang dinyanyikan oleh Krisdayanti, Perbedaan yang dinyanyikan oleh Ari Lasso. Ada juga lagu berjudul Andai Aku Bisa yang dinyanyikan oleh Chrisye serta Bukan Cinta Biasa yang dinyanyikan oleh Afgan Syahreza.

3. Yovie Widianto

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Yovie-Widianto

photo via instagram.com/ywpiano

Yovie Widianto merupakan seorang pencipta lagu yang handal, komposer dan arrangger yang jenius sekaligus produser yang jeli. Yovie Widianto yang dikenal sebagai otak di balik sejumlah tembang abadi seperti Cerita Cinta, Cantik, Bila Ku Ingat, Takkan Terganti, Indah Ku Ingat Dirimu, Suratku, Untukku, Tak Sebebas Merpati dan sederet superhits seperti Aku Dirimu Dirinya, Mantan Terindah, Menjaga Hati, Janji Suci, Janji Di Atas Ingkar, Sebatas Mimpi, Bukan Untukku dan masih banyak lagi karyayang semuanya nyaris tak pernah gagal menyentuh hati dan telinga.

Tak banyak musisi seperti Yovie Widianto yang berhasil memadukan kualitas dan kuantitas dalam berkarya. Lagu-lagu ciptaanya sering dikemas dalam komposisi yang susah namun tetap asyik. Lagu-lagu ciptaan Yovie Widianto juga dikenal memiliki ciri khas yang kuat. Siapapun yang membawakan lagu ciptaannya, kamu akan langsung tahu, kalau lagu itu diciptakan oleh Yovie Widianto.

4. Ahmad Dhani

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Ahmad-Dhani

photo via brilio.net

Guys, sebelum banyak kontroversi, Ahmad Dhani merupakan pencipta lagu yang sangat disegani lho. Bersama band Dewa, lagu ciptaan Ahmad Dhani sangat terkenal dan hampir semuanya menjadi hits. Sebut saja seperti Kangen, Risalah Hati, Pupus, Dewi, Separuh Nafas, Pangeran Cinta, Arjuna dan masih banyak lagi. Bukan hanya menciptkan lagu untuk Dewa 19, Ahmad Dhani juga menciptkan lagu untuk artis-artis dibawah naungannya yakni, Mulan Jameela, The Virgin hingga Mahadewi. Meski beberapa tahun belakangan ini Ahmad Dhani belum menelurkan karya baru, namun karya-karya masih menjadi lagu yang paling sering dinyanyikan.

5. Eross Candra

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Eross-Candra

photo via instagram.com/erosscandra

Siapa sih yang nggak tahu band Sheila on 7? Grup band legendaris satu ini telah banyak mengelurakan lagu-lagu yang hits dan mengena di hati. Kalau ngomongin Sheila on 7 tentu tak lepas dari peran sang maestro yakni Eross Candra. Eross Candra atau yang dikenal sebagai Eross merupakan gitaris sekaligus composer dari Sheila on 7 yang selalu menciptakan lagu-lagu yang mudah diteriman dimasyarakat. Hampir setiap lagu yang diciptakan olehnya menjadi populer, sebut saja seperti Sephia, Seperapa Pantas, Kisah Klasik, Sahabat Sejati, Melompat Lebih Tinggi hingga yang terbaru adalah Film Favorit.

6. Pongki Barata

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Pongki-Barata

photo via instagram.com/pongki_barata

Pencipta lagu-lagu hits selanjutnya adalah Pongki Barata guys. Pastinya nama Pongki Barata sudah nggak asing lagi ditelinga kalian kan? Sejak kemunculannya bersama Jikustik pada awal 2000-an, nama Pongki Barata memang dikenal bukan hanya sebagai seorang vokalis, namun juga sebagai pencipta lagu-lagu yang handal. Kepiawaian Pongki dalam menciptakan lagu hits memang nggak perlu diragukan lagi, bahkan ia telah menghasilkan karya-karya hebat yang dibawakan sejumlah penyanyi seperti Iwan Fals, Chrisye, dan Siti Nurhaliza. Sebut saja seperti Aku Bukan Pilihan yang dinyanyikan oleh penyanyi legendaris Iwan Fals, Ada juga lagu berjudul Menangis Semalam, yang diciptakan Pongki untuk Audy. Tak sampai disitu, Pongki juga menciptakan lagu untuk dinyanyikan oleh Siti Nurhaliza berjudul Seindah Biasa. Penyanyi bersuara emas Chrisye juga membawakan lagu ciptaan Pongki berjudul Seperti Yang Kau Minta.

7. Indra Lesmana

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Indra-Lesmana

photo via instagram.com/indralesmana

Indra Lesmana merupakan salah satu musisi jazz, produser, komposer dan sound engineer dari Indonesia yang sering menelurkan karya-karya lagu yang hits. Lagu-lagu ciptaan dari Indra Lesmana ini terkenal memberikan semangat pada para pendengarnya. Hampir semua lagu ciptaannya menjadi lagu yang abadi sebab masih sering dinyanyikan oleh publik fugur maupun masyarkat. Beberapa lagu hitsnya yang paling awet adalah “Warna”, “Ekspresi”, “Aku Ingin”, dan “Dunia Boleh Tertawa”.

8. Glenn Fredly

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Glenn-Fredly

photo via instagram.com/glennfredly309

Siapa yang nggak kenal Glenn Fredly? Penyanyi bersuara merdu ini juga merupakan seorang pencipta lagu yang karya-karyanya sering menjadi hits di Indonesia. Lagu-lagu ciptaan musisi asal Ambon ini selalu kental dengan nuansa mellow dan lirik yang menyentuh kalbu. Lagu-lagunya pun sering dilibatkan sebagai soundtrack film. Tidak terhitung lagu-lagu galau yang pernah diciptakan Glenn Fredly sepanjang karir bermusiknya. Sebut saja seperti Januari, Terserah, Akhir Cerita Cinta, Tega hingga Sedih Tak Berujung.

9. Nazril Irham/Ariel

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Ariel

photo via instagram.com/ariel_inst

Tentunya penyanyi sekaligus pencipta lagu satu ini udah nggak asing lagi ditelinga kalian. Yup pentolan band Noah ini bukan hanya sebagai vokalis, namun dirinya juga menjadi figur penting di balik sukses band Peterpan dulu maupun Noah yang masih eksis hingga kini. Dari tangannyalah lahir banyak lagu-lagu hit. Ia yang menciptakan lagu “Mimpi yang Sempurna”, “Aku dan Bintang”, “Ada Apa Denganmu”, “Menghapus Jejakmu”, “Walau Habis Terang” dan banyak lagu populer lainnya. Banyaknya hit yang lahir dari Ariel membuatnya dianggap sebagai pencipta lagu genius. Bahkan Ariel dikenal sebagai composer dengan kemampuan mendeteksi sukses atau tidaknya sebuah lagu.

10. Eros Djarot

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Eros-Djarot

photo via instagram.com/erros_djarot

Jika ditanya, pasti sebagian besar dari kalian kenal dengan lagu legendaris berjudul Badai Pasti Berlalu. Yup lagu hits satu ini diciptakan oleh Eros Djarot. Eros Djarot sendiri merupakan seorang pencipta lagu, sutradara dan politikus. Kini Eros banyak bergelut di partai politik, salah satunya adalah Partai Nasionalis Banteng Kemerdekaan (PNBK) yang dipimpinnya. Eros Djarot, dikenal sebagai sosok yang multi talenta dan mempunyai kontribusi yang besar bagi perkembangan dunia musik di Indonesia Iewat album Badai Pasti Berlalu.

11. Dewiq

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Dewiq

photo via idntimes.com

Kalau ngomongin tentang pencipta lagu Indonesia yang karya-karyanya sering menjadi hits, tentunya nama Deweq nggak boleh dilupakan. Yup, Dewiq memang pencipta lagu yang fenomenal, karya-karyanya banyak melambungkan karir penyanyi-penyanyi baru sebut saja Shaden, Ussy Sulistyowati, dan terakhir Indah Dewi Pertiwi. Selain itu, Pemilik nama lengkap Cynthia Dewi Bayu Wardhani ini sudah menciptakan berbagai lagu yang sukses dibawakan oleh beberapa penyanyi terkenal. Sebut saja seperti Cinta Diujung Jalan yang dibawakan oleh Agnez Mo, Jenuh yang dinyanyikan oleh Rio Febrian, Cinta Pertama (Sunny) yang dinyanyikan oleh BCL hingga lagu berjudul Pelan-Pelan Saja yang di populerkan oleh Kotak. Selain itu masih banyak lagi karya-karya lagu yang diciptakan oleh Dewiq yang nggak kalah populer di kalangan masyarakat.

12. Deddy Dores (Alm)

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Deddy-Dores

photo via kapanlagi.com

Almarhum Deddy Dores adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu Indonesia. Namanya melambung saat ia menjadi produser penyanyi fenomenal Nike Ardila di tahun 1990 dengan lagu-lagunya. Karena keandalannya dalam menciptakan lagu, iapun berhasil mengorbitkan beberapa artis sehingga artis itupun menjadi terkenal saat itu, seperti Nike Ardila, Mayang Sari, Nafa Urbach dan Poppy mercury. Meski saat ini lagu-lagu ciptaannya masuk dalam daftar tembang kenangan, namun lagu-lagu tersebut tetap hits dikalangan pecinta lagu tembang kenangan. Beberapa lagu ciptaan Deddy Dores yang ngehits seperti Bintang Kehidupan yang dipopulerkan oleh Nike Ardila, Bagai Lilin Kecil, Untuk Apa Lagi, Nyalakan Api dan masih banyak lainnya.

13. Ebiet G Ade

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Ebiet-G-Ade

photo via akurat.co

Ebiet G. Ade adalah seorang musisi papan atas legendaris yang menelurkan lagu-lagu bergenre balada. Ebiet memulai karir di dunia musik pada tahun 1979, dengan merilis album perdananya yang berjudul “Camelia I”. Tak butuh waktu lama untuk membuat nama Ebiet dikenal oleh publik, karena kemampuannya dalam menulis lirik lagu yang puitis serta alunan musik yang nyaman membuat orang merasa nyaman ketika mendengar lagu yang dibawakannya. Dari lagu-lagu yang diciptakannya banyak bertemakan tentang cinta, alam, sosial, religi dan keluarga. Beberapa lagu hits yang diciptakan oleh Ebiet G Ade seperti Berita Kepada Kawan, Titip Rindu Buat Ayah, Lagu Untuk Sebuah Nama, Nyanyian Kasmaran dan masih banyak lainnya.

14.  Titiek Puspa

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Titiek-Puspa

photo via kapanlagi.com

Siapa sih yang nggak tau Titiek Puspa? Musisi legendaris Indonesia ini memang nggak perlu diragukan lagi kualitas bermusiknya. Tidak hanya sebagai penyanyi, Titiek Puspa juga merupakan pencipta lagu ternama. Sejumlah nama penyanyi berhasil terangkat ke permukaan menjadi artis penyanyi terkenal setelah membawakan lagu karya Titiek. Seperti, Lilies Suryani yang membawakan lagu Gang Kelinci, Eddy Silitonga (Romo Ono Maling, Rindu Setengah Mati), Acil Bimbo (Adinda), serta Euis Darliah (Apanya Dong). Titiek adalah pencipta lagu yang bercerita tentang manusia lewat lagu. Cerita yang didasari oleh rasa empati dan simpati yang sangat dalam kepada setiap manusia yang terpojok. Beragam tema kehidupan yang lekat dengannya diterjemahkan menjadi lagu. Seperti empati kepada kaum pinggiran seperti pekerja seks komersial dalam lagu Kupu-kupu Malam.

15. Rizky Febian

Pencipta-Lagu-Indonesia-Yang-Karyanya-Sering-Menjadi-Hits-Rizky-Febian

photo via instagram.com/rizkyfbian

Di jaman millenial seperti sekarang, Hadir musisi muda Rizky Febian yang digadang-gadang selalu menciptkan lagu-lagu yang hits dan kekinian. Putra sulung dari Komedian Sule ini membuktikan dirinya mampu menciptakan lagu-lagu yang berkualitas dan mampu diterima di masyarakat. Bukan hanya bersura merdu namun Rizky juga mampu membuat lagu-lagu ciptaannya menjadi hits. Lagu-lagu hits ciptaan Rizky Febian antara lain seperti Kesempurnaan Cinta, Hargai Cinta, Cukup Tahu, Menari dan masih banyak lainnya.

Nah itu dia beberapa pencipta lagu Indonesia yang karyanya sering menjadi hits di masyarakat dan populer sepanjang jaman. Selain 15 pencipta lagu di atas masih banyak lagi lho, pencipta lagu Indonesia yang karya-karyanya nggak kalah ngehits dari sebelumnya. Seperti Guruh Soekarno Putra, Guruh Soekarno Putra, Ismail Marzuki, Gesang, Iwan Fals, Arie Wibowo, Tonny Koeswoyo dan masih banyak lagi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *