Pengen Liburan Keluar Negeri Tapi Low Budget ? Berikut Ini Tipsnya

2 tahun lalu, by blogunik

Traveling ke luar negeri selalu identik dengan biaya yang mahal. Mungkin juga kamu berpikiran hanya orang kaya saja yang mampu liburan ke luar negeri. Tapi jangan terburu-buru berpikiran seperti itu, karena kenyataannya orang biasa dengan low budget juga bisa menikmati perjalanan ke luar negeri melalui backpacking. Dalam beberapa hal, perjalanan backpacker memang tak senyaman liburan ala koper. Untuk itu buat kamu yang memiliki biaya mini harus mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Membuat perencanaan yang matang mulai dari keuangan, akomodasi hingga aktivitas apa saja yang akan dilakukan di tempat tujuan. Nah, berikut ini beberapa tips buat kamu yang ingin berlibur ke luar negeri namun memiliki low budget.

1. Pilih Negara Bebas Visa

Photo via : http://radiozdk.com

Dengan dana yang tidak banyak, kamu bisa mengunjungi negara-negara yang memberikan bebas visa bagi WNI. Negara-negara ASEAN bisa menjadi pilihan wisata yang memiliki dana minim, karena mereka membebaskan visa kunjungan bagi wisatawan Indonesia. Selain negara ASEAN, negara seperti Maroko, Makau dan Hongkong juga menerapkan bebas visa bagi WNI. Nah, dengan adanya bebas visa tersebut kamu bisa menghemat pengeluaran.

 

2. Jangan Bawa Terlalu Banyak Barang

Photo via : www.sbs.com.au

Nah, bayangkan jika kamu membawa barang terlalu banyak saat berpergian, tentu itu akan menyulikan kamu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa naik taksi. Untuk menghemat biaya ada baiknya kamu cukup membawa 1 ransel yang berisi barang-barang penting saja.

 

3. Cari Tiket Pesawat Promo

Photo via : indonesiapal.com

Jarak akan mempengaruhi biaya transportasi dan biaya transportasi adalah yang paling banyak menyedot anggaran. Maka dari itu kamu harus jeli mencari tiket pesawat promo. Sekarang banyak sekali promo maskapai penerbangan ke luar negeri dengan biaya yang sangat murah. Kamu hanya perlu cermat mencari informasi tentang promo di internet. Cara lainnya adalah memesan tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga miring dan jangan sekali-kali memesan tiket pesawat ke luar negeri pada saat musim liburan karena harga tiket otomatis akan mahal.

 

4. Mencari Penginapan Murah Namun Layak

Photo via : http://thesmartlocal.com

Sebelum berangkat ada baiknya kamu mencari infomasi mengenai tempat menginap yang murah tapi layak. Jangan mencari penginapan atau hotel yang dekat dengan kawasan wisata karena tarifnya akan mahal. Lebih baik cari penginpan yang agak jauh dari keramaian tempat wisata namun dekat dengan transportasi publik seperti stasiun MRT atau angkutan umum lainnya. Sehingga saat kamu ingin mengeksplore, kamu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menuju lokasi.

 

5. Makan di Warung Lokal

Photo via : http://www.thegannet.com

Makanan memang menjadi salah satu daya tarik utama dari perjalanan ke luar negeri. Tapi bukan berarti kamu harus menghabiskan uang dengan makan di restoran-restoran mewah. Saat berada di negara orang jangan mudah masuk ke restoran-restoran yang biasa dikunjungi turis sebab sudah tentu harga yang diberikan adalah harga yang jauh lebih tinggi dari harga aslinya. Cobalah menelusuri jalanan dan temukan aneka street food khas negara tujuan yang dijual oleh penduduk lokal. Selain harganya lebih murah, kamu juga bisa mencicipi cita rasa asli dari kuliner setempat.

 

6. Perbanyak Jalan Kaki

Photo via : http://www.skynews.com.au

Kamu mungkin tak menyadari, biaya naik bus atau taksi di luar negeri memerlukan dana yang tak sedikit. Daripada kamu mengeluarkan duit yang tak sedikit itu, ada baiknya kamu mencoba mengurangi naik kendaraan umum dan perbanyak berjalan kaki. Selain hemat kamu juga bisa menikmati pemandangan negara tujuan dari dekat. Namun kamu juga harus menyiapkan fisik sebelum berangkat.

 

7. Menjelajahi Satu Kawasan

Photo via : trvl.com

Di luar negeri kamu bisa berhemat dengan hanya mengunjungi satu kawasan saja, seperti jika kamu ke Cina tetapkan untuk menjelajahi Beijing saja, ini akan lebih hemat daripada menjelajah keseluruhan wilayah negaranya. Karena itu sbelum kamu pergi, pilihlah destinasi mana yang akan kamu kunjungi di luar negeri dengan googling di internet. Usahakan mencari tempat-tempat wisata yang gratis.

 

8. Jangan Asal Belanja

Photo via : http://cyneats.com

Perlu diingat, karena kamu memiliki dana yang terbatas jangan melakukan aktifitas konsumtif seperti belanja. Jika kamu ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman, sebagiknya kamu berhati-hati karena banyak barang yang sebenarnya ada di Indonesia dan harganya lebih murah. Namun jika ada barang yang tidak ada di Indonesia dan harganya cukup murah, maka sah-sah saja kamu untuk membelinya.