Penjara-penjara Unik dan Paling Mewah di Dunia Ini Bak Apartemen dan Lebih Bagus Dari Kamarmu Sendiri

    Unik
Iklan

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata “Penjara” ? pasti yang ada dalam pikiranmu adalah tempat yang kumuh, gelap, fasilitas serba terbatas, makanan tidak enak dan dihuni oleh orang-orang yang melakukan kriminal dengan wajah yang menyeramkan. Pokoknya penjara itu mirip sama yang ada di TV dan film-film, iya gak ? Namun tahukah kalian, sebenarnya ada beberapa penjara yang memiliki gedung dan fasilitas mewah bak apartemen. Di dalam penjara itu terdapat kasur empuk, ruang tamu, AC, TV, tempat gym dan masih banyak lainnya. Gak percaya ? daripada penasaran, yuk lihat beberapa penjara-penjara unik dan paling mewah di dunia berikut ini, bahkan kamar kalian sendiri kalah bagusnya dengan penjara ini

 

1. Penjara Halden – Norwegia

Photo Via : www.moma.org

Penjara yang berada di Norwegia ini sama sekali tidak terlihat seperti sebuah penjara yang memiliki kesan kumuh. Penjara ini menjadi salah satu penjara terbaik di Norwegia dan mungkin juga di dunia.

Photo Via : www.moma.org

 

Penjara ini dikelilingi oleh tanaman yang hijau dan pencahayaan yang pas, dan dilengkapi dengan fasilitas hiburan yang sangat memadai seperti ruang TV, Sound system, perpustakaan yang nyaman, dapur dan kamar mandi yang bersih.

Photo Via : www.moma.org

Photo Via : www.moma.org

Photo Via : www.moma.org

Selain itu penjara ini juga memberikan fasilitas khusus bagi para keluarga narapidana yang ada disana.

 

2. Penjara Bastoy – Norwegia

Photo Via : YouTube

Photo Via : http://www.amusingplanet.com

Photo Via : http://edition.cnn.com

Selain penjaraHalden, di Norwegia juga terdapat penjara yang masih terbilang mewah yaitu Penjara Bastoy. Disana mereka semua bisa menikmati berbagai macam kemewahan antara lain main tenis, berkuda, memancing, hingga berjemur. Ya ampun fasilitasnya lengkap ini penjara atau sedang liburan ya ?

 

3. Leoben Justice Centre di Steiermark – Austria

Photo Via : www.mimoa.eu

Photo Via : www.mimoa.eu

Photo Via : http://www.diariovasco.com

Penjara Leoben Justice bisa dibilang sebagai penjara bintang lima, karena gedung dan fasilitasnya tidak kalah dengan hotel berbintang lima pada umumnya. Penjara ini merupakan kreasi arsitek Josef Hohensim dan selesai pada November 2004, penjara ini mampu menampung 250 narapidana. Di penjara ini setiap narapidana diberi satu kamar, dapur, kamar mandi pribadi dan TV. Selain itu terdapat juga fasilitas gym, basket dan bahkan ada lokasi yang mirip untuk tempat piknik.

 

4. HMP Addiewell – Skotlandia

Photo Via : http://www.hlmarchitects.com

Photo Via : http://www.hlmarchitects.com

Photo Via : http://www.hlmarchitects.com

Photo Via : http://www.hlmarchitects.com

Photo Via : http://thaqafawa3loum.blogspot.co.id

 

Penjara ini mengusung konsep pembelajaran. Jadi narapidana bakal dididik buat bisa kembali hidup normal dan membaur dengan masyarakat umum. Untuk mewujudkan itu, penjara ini memiliki banyak fasilitas mewah.

 

5. Penjara Santa Ana – California

Photo Via : http://www.keepbailing.com

Photo Via :  http://www.ocregister.com

Photo Via :  http://www.ocregister.com

Penjara Santa Ana terletak di California, Amerika Serikat. Penjara ini memiliki gedung yang minimalis yang terlihat seperti apartement VIP. Semua narapidana disini difasilitasi dengan sarana yang memadai dan ruangan yang bersih. Bahkan penjara ini memberikan ruang kamar yang luas dan memberi kebebasan untuk semua tahanan disana untuk mengakses alat elektronik mereka.Dipenjara ini juga dilengkapi dengan ruang nonton, perpustakaan dan sarana olahraga. Para narapidana disini juga diperbolehkan untuk memakan menu favorit mereka, namun karena penjara ini terbatas semua fasilitas ini dikenakan biaya mulai dari $75-$175.

 

6. Otago Corrections Facility – Selandia Baru

Photo Via : www.odt.co.nz

Photo Via : http://www.hawkins.co.nz

Photo Via : http://www.hawkins.co.nz

Photo Via : http://www.hawkins.co.nz

Photo Via : http://www.hawkins.co.nz

Di penjara ini keamanannya terbilang ketat, namun para narapidana tetap dapat menikmati fasilitas yang ada. Disini mereka dapat merasakan kamar yang nyaman dan bisa melatih keterampilan. Disini ada beberapa kelas buat para napi antara lain kelas permesinan, pertanian, hingga memasak. Itu dilakukan sebagai bagian dari rehabilitasi untuk para pelanggar hukum dan terbukti efektif.

 

7. Penjara Aranjuez – Spanyol

Photo Via : perfeito.guru

Dari sekian banyak penjara, penjara ini tidak membiarkan sebuah keluarga terpisah maka dari itu disini menyediakan fasilitas dimana bayi boleh tinggal disini bersama orangtuanya yang dipenjara. Di penjara ini sudah disediakan box bayi, dinding yang dihiasi dengan berbagai macam karakter disney dan lainnya.

 

8. JVA Fuhlsbuettel Prison – Jerman

Photo Via : http://www.dnevnik.bg

Photo Via : http://www.dnevnik.bg

Photo Via : http://www.dnevnik.bg

Photo Via : http://www.dnevnik.bg

Penjara ini jadi rumah bagi tahanan yang sudah lama di penjara dan bisa menikmati kemewahan. Penjara ini memiliki fasilitas tempat tidur, sofa dan kamar mandi pribadi. Bahkan penjara ini menyediakan mesin cuci dan ruang buat rekreasi.

 

9. Penjara Sollentuna – Swedia

 

Photo Via : hubpages.com

Photo Via : rebelcircus.com

Penjara Sollentuna, mungkin menjadi penjara termewah di Swedia yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap mulai dari lemari, kasur, dapur, televisi, tempat gym sekalipun ada didalam penjara ini. Selain itu penjara ini juga memiliki kebersihan, kenyaman, dan juga kesan mewah layaknya ruang VIP di hotel berbintang. Para narapidana di penjara ini juga bebas mengguna semua fasilitas yang ada di gedunng penjara tersebut.

 

10. Penjara Champ-Dollon – Switzerlandia

Photo Via : http://www.lenouvelliste.ch

Awalnya, penjara ini sempat menjadi penjara yang sangat padat. Lalu, ada perbaikan yang membuat penjara ini tampil lebih mewah. Ada kamar mandi di setiap sel. Berbagai fasilitas lain juga disediakan sehingga para tahanan malah lebih kelihatan kayak tinggal di asrama mahasiswa daripada di penjara.

Facebook Comment

similar posts