Pentingnya Ilmu Parenting Sebelum Menikah

Dibuat oleh blogunik

BlogUnik.com – Jangan asal nikah dan punya anak, karena mempelajari ilmu parenting sebelum menikah sangatlah penting untuk membentuk karakter anak yang baik lho!

Seperti yang kita tahu, selain untuk mencari pasangan hidup yang diajak menua bareng, menikah juga bertujuan untuk memiliki anak atau keturunan. Sayangnya banyak pasangan yang hanya fokus dengan persiapan pernikahan tanpa menyadari kalau persiapan pra nikah juga sangatlah penting. Salah satu persiapan pra nikah yang penting adalah mempelajari ilmu parenting.

Ilmu parenting sendiri merupakan ilmu tentang mengasuh, mendidik, dan membimbing anak dengan baik dan benar. Jadi jangan heran jika para ahli saat ini menyarankan agar para pasangan yang berencana menikah, untuk menguasai ilmu parenting terlebih dahulu.

Tentu kamu tidak ingin menjadi orang tua yang gagal dalam mengasuh dan mendidik anak dengan baik bukan? Maka dari itu sudah seharusnya ilmu parenting ini dikuasai sebelum kamu dan pasangan memutuskan menikah dan memiliki anak.

Untuk detailnya, simak ulasannya berikut ini.

1. Mempersiapkan diri menjadi orang tua yang baik

Pentingnya Ilmu Parenting Sebelum Menikah

photo via outwittrade.com

Menjadi orang tua bukanlah perkara memberi makan dan menyekolahkan anak-anak saja. Lebih dari itu ada banyak hal yang wajib diberikan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Mulai dari kasih sayah, perlindungan, hingga memberikan pendidikan karakter dan penanaman nilai budi pekerti pada anak. Nggak kalah penting, orang tua juga wajib mengarahkan anak-anaknya agar dapat tumbuh sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat yang disukainya.

Mengetahui tanggung jawab sebagai orang tua sangatlah berat, maka penting untuk memahami ilmu parenting agar kamu dan pasangan tidak membesarkan anak secara asal-asalan. Namun diharapkan agar kamu dapat mencetak generasi yang berkarakter positif.

2. Sebagai persiapan mental untuk menghadapi tantangan menjadi orang tua dan pasangan yang baik

Dengan mempelajari ilmu parenting sebelum menikah, kamu juga bisa menyiapkan mental kamu ketika nantinya kamu sudah berumah tangga dan memiliki anak. Seperti yang kita tahu, menjaalani kehidupan berumah tangga tidaklah selalu mulus. Pasti akan selalu ada tantangan dan masalah ketika kamu sudah berstatus suami istri ataupun berstatus orang tua.

Mulai dari perselisihan antara suami dan istri, orang tua dan anak dan sebagainya. Dengan belajar ilmu parenting, mental kamu akan lebih siap untuk menghadapi itu semua. Serta mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul dengan baik dan bijak. Jika kamu sudah siap mental untuk menikah, maka segala masalah akan mudah dilalui.

3. Meningkatkan keterampilan sebagai orang tua yang baik

Pentingnya Ilmu Parenting Sebelum Menikah

photo via theladders.com

Menjadi orang tua juga butuh keterampilan sehingga kamu tidak membesarkan anak-anak kamu secara asal-asalan. Dengan mempelajari ilmu parenting, kamu dapat memahami berbagai pengetahuan, mulai dari cara tepat mengasuh hingga mengontrol emosi anak. Kamu juga dapat menggali sebanyak-banyaknya wawasan dan pengetahuan dalam proses pengasuhan anak sehingga dapat meningkatkan keterampilan kamu sebagai orang tua.

Seperti yang kita tahu, orang tua merupakan guru pertama si kecil. Ia akan meniru semua hal dari orang tua. Maka dari itu, untuk memberikan contoh yang baik pada anak, kamu harus memahami cara mengasuh anak yang baik dari ilmu parenting.

Setidaknya dengan mempelajari ilmu parenting, kamu dapat mengetahui cara mengasuh anak dengan baik dan benar, serta mengetahui bagaimana menggunakan kata-kata yang tepat untuk anak usia dini agar mereka mengerti. Kamu juga bisa memiliki keterampilan dalam mengatasi anak yang sedang tantrum tanpa memarahinya ataupun mengatakan kata-kata kasar yang dapat menyakiti hati anak. Dan yang lebih penting, para orang tua dapat lebih mengenal dan memahami karakter anak dalam perkembangannya dengan mempelajari ilmu parenting.

4. Lebih baik belajar parenting sebelum menikah karena setelah menikah kamu tidak akan memiliki waktu untuk itu

Setelah menikah dan memiliki anak, maka sebagian besar waktu dan tenaga kamu dan pasangan pasti akan tersita dengan segala urusan sang anak. Kamu dan pasangan mungkin sudah nggak bisa memikirkan hal lain selain mengurusi si bayi kecil yang memang membutuhkan perhatian. Meskipun ilmu parenting bisa dipelajari lewat internet dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, tapi tentu saja pemahamannya tidak akan maksimal dibanding kamu mengikuti kelas parenting dari seorang yang ahli dibidangnya.

Karena kondisi inilah, kenapa belajar ilmu parenting sebaiknya dilakukan sebelum kamu menikah. Sehingga ketika kamu memiliki anak, kamu dan pasangan sudah memiliki bekal yang cukup untuk mengasuh anak dengan baik.

5. Kamu tidak akan kaget dan kewalahan ketika dianugerahi momongan dengan cepat

Pentingnya Ilmu Parenting Sebelum Menikah

photo via uganic.com.au

Menguasai ilmu parenting meskipun tidak sampai tahap profesional dapat menunjukkan kalau kamu sudah siap untuk menjadi orang tua. Jadi, ketika kamu dan pasangan dikaruniai momongan lebih cepat daripada waktu yang kalian rencanakan, maka kalian tidak akan kaget dan kewalahan.

Setidaknya dengan mengetahui ilmu parenting kamu mengetahui bagaimana cara memperlakukan anak usia dini dengan baik. Hal ini juga dapat menghindari kamu dari stres setelah melahirkan.

6. Dapat menerima perbedaan karakter manusia

Manfaat belajar parenting berikutnya adalah membuat kita menerima perbedaan karakter manusia termasuk karakter anak. Ketika kamu memiliki anak, kamu bisa membaca bagaimana karakter anak kamu dan memikirkan cara yang tepat untuk mendidiknya tanpa harus membandingkannya dengan anak lain. Kamu juga dapat memahami kalau setiap anak perlu mendapatkan perlakuan berbeda menyesuaikan karakter individual mereka sehingga dapat menunjang perkembangan emosional mereka di masa depan.

7. Dapat belajar menjadi pasangan dan orang tua yang baik

Pentingnya Ilmu Parenting Sebelum Menikah

photo via canr.msu.edu

Manfaat lain ketika kamu belajar parenting yaitu kamu akan lebih siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi dalam rumah tangga. Entah itu masalah dengan pasangan, keluarga, atau anak. Dengan belajar parenting, setidaknya kamu telah memahami banyak teori untuk dipraktekkan ketika sewaktu-waktu ada masalah yang terjadi di kehidupan rumah tangga kamu. Entah itu masalah anak, masalah pasangan ataupun masalah dari mertua yang selalu ingin ikut campur dalam pola asuh yang kamu terapkan pada anak.

8. Dapat belajar mengatur keuangan yang baik dan tepat

Ilmu parenting tidak hanya sekedar pola asuh anak. Dalam kelas-kelas parenting, kamu juga akan diajarkan bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan tepat. Seperti yang kita ketahui, mengasuh anak biayanya memang sangat mahal. Maka dari itu, kamu dituntut untuk mampu mengelola keuangan keluarga dengan baik. Disarankan agar kamu memiliki kemampuan ini sebelum kamu memutuskan untuk menikah.

9. Dapat mengetahui perkembangan ilmu parenting

Pentingnya Ilmu Parenting Sebelum Menikah

photo via
parenting.firstcry.com

Ilmu parenting selalu berkembang. Sehingga dengan mengikuti kelas parenting, kita bisa selalu mengupgrade diri kita untuk menjadi contoh yang lebih baik untuk anak sesuai dengan zamannya.

Seperti kata pepatah yakni “Didiklah anak sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan dizamanmu”. Jadi jangan sekali-kali menyamakan bagaimana cara orang tua kamu mendidik kamu dengan bagaimana kamu mendidik anak kamu. Sadari bahwa zamanmu dengan anak-anak kamu berbeda, jadi cara asuh dan cara mendidik juga harus selalu diupdate agar sesuai dengan zamannya.

Nah itu dia pentingnya ilmu parenting sebelum menikah yang wajib kalian ketahui sebelum memutuskan melangkah ke jenjang yang lebih serius dengan pasangan kalian. Secara garis besar, ilmu parenting dapat menjadi bekal awal kalian untuk menciptakan keluarga yang bahagia dengan anak-anak yang tumbuh cerdas, sehat dan berkarakter positif. Semoga artikel kali ini bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.