Perhatian! Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan Ternyata Banyak Lho

7 bulan lalu

Madu adalah cairan yang sekilas menyerupai gula namun teksturnya lebih kental dan rasanya lebih manis. Pastinya kalian sudah tahu kan darimana asalnya madu ini. Madu telah digunakan sebagai obat alami sejak berabad-abad lalu. Madu mengandung zat antibakteri alami serta memiliki kemampuan menyembuhkan luka dan bersifat anti-peradangan. Madu tidak hanya digunakan sebagai bahan olesan makanan atau campuran untuk makanan saja, madu juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan dasar karena memang memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

1. Memicu Hormon Tidur

Meminum madu sebelum tidur dapat menyebabkan kadar insulin meningkat dalam jumlah kecil. Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak, nantinya tryptophan ini diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi serta suasana hati yang baik akan membuat tidur nyenyak.

2. Menjaga Hati

Madu juga berfungsi untuk menjaga hati agar tetap sehat. Kandungan antioksidan pada madu memungkinkan hati memiliki kekebalan tubuh yang baik, sehingga hati tidak akan mudah terinfeksi oleh zat racun dan zat berbahaya lain yang masuk kedalam tubuh khususnya zat beracun yang disebabkan oleh bakteri.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Madu juga bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan lho. Kamu hanya perlu mengkonsumsi madu sebelum tidur agar tubuh kamu membakar lebih banyak lemak selama jam-jam awal tidur. Kamu bisa menggunakan madu sebagai pengganti gula pada makanan dalam diet. Madu memiliki indeks glikemik rendah dan karena itu tidak menambah kalori.

4. Sebagai Obat Batuk

Madu juga bermanfaat untuk mengobati batuk dan biasanya diminum sebelum tidur. Biasanya madu untuk menyembuhkan batuk ini dilakukan pada anak-anak karena rasa yang manis membuat anak lebih mudah minum. Madu sebagai obat batuk ini akan lebih terasa efeknya pada anak kecil ketimbang orang dewasa. Sejak dulu memang madu digunakan sebagai bahan penyembuh alami yang cenderung aman. Madu mengandung lebih dari 181 nutrisi dan zat antioksidan yang berkhasiat sebagai antimikroba karena itulah madu cukup efektif meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

5. Sumber Nutrisi Yang Lengkap

Manfaat madu sebagai sumber energi dan peningkat stamina sudah dikenal sejak zaman dahulu. Kandungan madu yang terdiri dari kombinasi karbohidrat yang juga dilengkapi juga dengan sedikit kandungan mineral dan vitamin membuat madu menjadi sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan nutrisi pada tubuh kamu.

6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Madu dapat membantu mempercepat metabolisme yang membantu tubuh lebih banyak membakar lemak. Madu juga dapat membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik), sehingga dapat menurunkan berat badan. Manfaat madu sangat baik untuk perkembangan tubuh yang sempurna.

7. Meningkatkan Stamina

Madu juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina karena nutrisi yang tercukupi sehingga metabolisme tubuh meningkat. Madu menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk membantu mendapatkan energi, selain itu madu juga sebagai sumber zat besi, kalium dan kalsium yang berkhasiat menguatkan tulang dan otot.

8. Memusnahkan Bakteri Dalam Tubuh

Madu bermanfaat untuk membasmi bakteri yang dapat menyerang tubuh dan membuat tubuh sakit. Bakteri yang dapat menyerang tubuh yaitu E.coli, salmonella, methicillin-resistant staphylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa yang keduanya mungkin terdapat di rumah sakit atau klinik.

9. Meningkatkan Daya Ingat

Buat kamu yang sering lupa atau mengalami gangguan short term memory, kamu bisa memanfaatkan madu lho. Kamu bisa mengkonsumsi madu setiap harinya, agar dikemudian hari ketika menjelang masa senja, daya ingat kamu tidak akan menurun secara drastis.

10. Mencegah Kanker

Dalam madu terdapat zat mengandung flaconoid, antioksidan yang membantu mengurai risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari untuk mengurangi dan mencegahnya di kemudian hari.

11. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Salah satu sumber diabetes adalah gula dan pemanis buatan. Salah satu untuk mencegah diabetes adalah mengkonsumsi gula yang minim. Madu meskipun manis namun tidak sama dengan gula atau pemanis buatan. Kombinasi dari fruktosa dan glukosa yang tepat dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik rendah sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah.

12. Mengobati Luka Luar

Madu juga bermanfaat untuk mengobati luka, dengan mengoleskan madu murni atau madu yang belum diproses maka luka akan sembuh dengan cepat. Nutrisi dan bahan kimia lainnya pada madu dipercaya bisa mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangi rasa sakit, mengurangi infeksi, meningkatkan kinerja sel-sel yang terlibat dalam penyembuhan luka, mengurangi nanah serta bau tidak sedap pada luka.

13. Membantu Mengobati dan Menghilangkan Alergi

Selain mengobati luka, madu juga bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan alergi. Madu terdiri dari serbuk sari dan bahan-bahan lain yang efektif. Madu yang diproduksi secara lokal lebih disarankan karena mengandung serbuk sari tanaman yang melawan reaksi alergi dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

 

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

1. Sebagai Pelembab Alami Kulit Wajah

Kamu memiliki kulit kering ? kamu bisa melembabkan kulit wajahmu dengan menggunakan madu. Madu bisa digunakan sebagai pelembab alami karena molekul gula dapat menahan kandungan air pada kulit.Kamu bisa menggunakan madu secara teratur untuk mendapatkan kulit yang lembab.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain dapat melembabkan kulit, madu juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Madu dikenal dengan kandungan nutrisinya yang banyak dan baik untuk kulit. Selain itu madu juga dapat meremajakan kulit.

3. Menghilangkan Komedo

Madu juga ternyata dapat menghilangkan komedo lho. Kamu hanya perlu memanaskan bagian bawah sendok dengan menggunakan api hingga madu menjadi hangat, lalu kamu bisa mengaplikasikannya pada hidung dan biarkan mengering. Setelah itu kamu bisa mengosok hidung yang sudah dilumuri dengan madu.

4. Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Madu juga bisa digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Kandungan anti-bakteri pada madu ini membuat jerawat dapat terangkat. Kamu bisa mengoleskan madu ke jerawat secara langsung, kamu bisa mengaplikasikannya setiap malam secara teratur.

5. Menyamarkan Flek Hitam

Selain digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Madu juga bermanfaat untuk menyamarkan flek hitam di wajah. Madu mengandung banyak sekali mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, aluminium, besi, fosfor dan kalium. Kandungan tersebut bermanfaat untuk perawatan kecantikan untuk menghilangkan flek hitam karena dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang akan membuat kulit kamu lebih cerah.

6. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Manfaat madu untuk kecantikan memang banyak salah satunya yaitu mengecilkan pori-pori wajah. Madu mengandung kalium tinggi dimana dapat membantu membersihkan bakteri yang menyumbat pori-pori. Kamu bisa mengoleskan madu pada bagian wajah yang berpori-pori besar lalu diamkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.

7. Menghaluskan Wajah

Madu juga bermanfaat untuk menghaluskan wajah, madu memiliki antibakteri yang sangat baik. Sehingga madu bisa menjadi penghambat masuknya bakteri ke kulit dan dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada madu yang cukup baik membuat kulit lebih kencang dan terlihat awet muda.

8. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Madu juga membantu mencegah jerawat karena madu mengandung berbagai zat yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik berkat kandungan hidrogen peroksida di dalamnya. Madu memiliki efek anti radang untuk mengurangi kemerahan pada jerawat.

9. Melembabkan Bibir

Madu juga bermanfaat untuk mengatasi bibir pecah-pecah maupun bibir kering. Selain itu kamu juga bisa memerahkan warna bibir dengan madu. Madu memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin B, vitamin C, kalsium, natrium, zat besi, fosfor, kalium, glukosa, magnesium serta folat. Kamu bisa langsung mengoleskan madu ke bibirmu dan diamkan selama 15 – 20 menit, setelah itu bilas dengan bersih.

10. Menangkal Radikal Bebas

Madu juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Hal ini karena madu memiliki kandungan yang dapat menangkal radikal bebas. Kamu bisa menggunakan madu sebagai toner dengan mencampurkan dua sendok teh lemon dan aplikasikan ke wajah.

11. Merawat Rambut

Madu juga bermanfaat untuk perawatan rambut. Madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti beragam vitamin, protein, antioksidan alami, antiseptik dan nutrisi. Banyaknya kandungan dalam madu bermanfaat untuk menyuburkan rambut, melembabkan rambut, mengatasi rambut rontok, mengatasi ketombe dan lainnya.

Facebook Comments

Baca Juga