Daftar Peristiwa Penting Dalam Sejarah Yang Terjadi Di Bulan Mei

5 bulan lalu

Memasuki bulan Mei selain hari lahirnya orang-orang yang bernama Mei, bulan Mei ini juga hari penting buat Indonesia karena dibulan ini Indonesia memiliki tiga hari yang harus kamu ingat yaitu 1 Mei Hari Pembebasan Irian Barat, 2 Mei Hari Pendidikan Nasional dan 20 Mei Hari Kebangkitan Nasional. Selain itu bulan Mei juga memiliki segudang peristiwa-peristiwa penting lainnya yang mungkin saja belum kamu ketahui. Mulai dari awal bulan hingga akhir bulan Mei ada beberapa peristiwa yang bisa dibilang sangat bersejarah dan peristiwa ini terjadi di beberapa negara di belahan dunia. Nah, berikut ini daftar peristiwa penting yang terjadi selama bulan Mei

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 1 Mei

Photo via : https://www.bbc.com

Pada tahun 1886

Pada tahun 1886 sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntuk pengurangan jam kerja mereka. Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan pemimpinya dihukum mati. Sebelum peristiwa 1 Mei, diberbagai negara menggelar aksi pemogokan buruh untuk menuntuk perlakuan yang lebih adil dari para pemilik modal. Pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di Amerika Serika pada tanggal 1 Mei sebagai hari buruh sedunia dan mengeluarkan resolusi bahwa “Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis.” Sehingga semenjak itu tanggal 1 Mei diistilahkan dengan May Day yang diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara.

Pada tahun 1963

Pada tahun 1963 terjadi peristiwa bersejarah dan penting bagi rakyat Papua dan Indonesia, dimana proses integrasi Irian Barat (Papua) ke pengakuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui cara dan prosedur yang sah serta demokratis yang kemudian diterima Dunia Internasional.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 2 Mei

Photo via : http://kaltim.tribunnews.com

Pada tahun 1899

Pada tahun 1899, Diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau HARDIKNAS yang hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa

Pada tahun 1964

Pada tahun 1964, Cut Nyak Dien menjadi Pahlawan Nasional. Cut Nyak Dien adalah seorang pahlawan nasional Indonesia dari Aceh yang berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh. Setelah wilayah VI Mukim diserang, ia mengungsi sementara suaminya Ibrahim Lamnga bertempur melawan Belanda. Tewasnya Ibrahim membuat Cut Nyak Dien terjun lebih jauh dalam perlawanannya terhadap Belanda.

Pada tahun 2011

Pada tahun 2011, Osama Bin Laden tewas, Osama Bin Laden pendiri Al Qaeda yang bertanggung jawab atas peristiwa 11 September 2001. Osama Bin Laden tewas dalam serangan komando AS di kompleksnya di Pakistan.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 4 Mei

Photo via : https://www.smithsonianmag.com

Pada tahun 1945

Pada tahun 1945, Partai Nasionalis Sosialis Jerman atau NAZI secara resmi dibubarkan. Partai ini mulai berkuasa di Jemran pada tahun 1932 dan menerapkan diktatorisme, kekerasan dan represi dalam pemerintahan. Cikal bakal Partai Nazi adalah Partai Buruh Jerman. Tak lama setelah Hitler bergabung dengan partai itu, pada Oktober 1920 partai ini berubah menjadi Partai Nazi. Dalam waktu singkat, pada tahun 1921, Hitler berhasil mengambil alih kepemimpinan di Partai Nazi karena kemam[uan orasinya yang hebat. Dalam jangka waktu 3 tahun, Hitler mampu menarik anggota sebanyak enam juta orang dengan mengemukakan isu-isu hiper-inflasi yang diderita Jerman dan nasib kelas buruh. Ketika Jerman kalah dalam Perang Dunia II, Partai Nazi dinyatakan bubar dan dianggap sebagai organisasi terlarang.

Pada tahun 1807

Pada tahun 1807, Iran dan Perancis menandatangani perjanjian Finkenstein. Dalam perjanjian itu disebutkan bahwa segala jenis senjata yang diperlukan Iran dalam melawan Rusia akan diperoleh dari Perancis. Perancis juga berjanji akan mengirimkan sejumlah pewira dan arsitek militernya untuk melatih para tentara Iran. Di pihak lain, Iran berjanji akan menghentikan hubungannya dengan Inggris dan akan mendampingi Perancis dalam pengiriman pasukan ke India. Namun dalam jangka waktu pendek, dengan ditandatanganinya perjanjian persahabatan antara Tsar Rusia dengan Napoleon dan bersatunya mereka dalam melawan Inggris, perjanjian Finkenstein dilupakan sehingga Iran tinggal sendirian dalam menghadapi invasi Rusia.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 5 Mei

Photo via : https://www.reddit.com

Pada tahun 1981, seorang pejuang kemerdekaan Irlandia bernama Bobby Sands meninggal dunia setelah melakukan aksi mogok makan. Bobby Sands hidup bersama orang tuanya disebuah tempat penampungan. Sepanjang hidupnya ia dan keluarganya banyak mendapat tekanan dan intimidasi dari kelompok pro Inggris dan kondisi hidup yang berat membuat semangat nasionalismenya bangkit untuk memperjuangkan kemerdekaan Irlandia. Ketika usianya masih 18 tahun dia bergabung dengan Gerakan Republik. Pada tahun 1972, ia ditahan selama empat tahun dan kemudian dibebaskan, namun ia tetap meneruskan perjuangannya dan enam bulan kemudian ia kembali ditahan. Selama dia berada di penjara, dia mulai menulis artikel perjuangan yang dimuat di Republican News. Pada tanggal 27 Oktober 1980, menyusul macetnya perundingan antara penguasa Inggris dan pemimpin Katolik Irlandia, Bobby dan tujuh tawanan lainnya memulai aksi mogok makan. Selama 17 hari masa mogoknya, Bobby menulis buku harian secara rahasa yang berisi pemikiran dan pandangan perjuangannya. Setelah 65 hari mogok makan, Bobby meninggal.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 7 Mei

Photo via : https://satujam.com

Pada tahun 1949, senuah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda yang dimulai pada tanggal 14 April 1949 akhirnya di tanda tangani pada 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta, perjanjian tersebut bernama Perjanjian Roem-Roijen.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 9 Mei

Photo via : https://www.independent.co.uk

Pada tahun 1653

Pada tahun 1653, Taj Mahal yang merupakan salah satu bangunan terindah di dunia selesai dibangun. Taj Mahal ini dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan sebaga pengingat akan meninggalnya sang istri yang sangat dia cintai itu. Istrinya ini bernama Mumtaz Mahal yang merupakan istri ke-3, istrinya ini meninggal saat proses melahirkan anak keempat belasnya. Pembangunan Taj Mahal ini dimulai pada tahun 1632 setelah setahun Mumtaz Mahal meninggal. Bangunan ini baru selesai dibangun pada tahun 1653 dimana diperlukan sekitar 22 tahun untuk membangun sebuah bangunan yang berarsitekstur megah ini.

Pada tahun 2012

Pada tahun 2012, kecelakaan Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) di Gunung Salak. Pada tanggal 9 Mei 2012 sebuah pesawat Sukhoi Superjet 100 menghilang dalam penerbangan demonstrasi yang berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pada tanggal 10 Mei 2012, reruntuhan Superjet Sukhoi terlihat di tebing Gunung Salak. Karena bidang yang luas dimana puing-puing pesawat menabrak gunung, penyelamat menyimpulkan bahwa pesawat langsung menabrak sisi berbatu gunung.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 11 Mei

Photo via : http://cerita-siotong.blogspot.com

Pada tahun 1939, untuk pertama kalinya sebuah pemancar televisi dioperasikan di kota Berlin Jerman. Sehingga dengan begitu, dunia mulai berkenalan dengan alat komunikasi secara visual. Stasiun televisi itu kemudian diberi nama Nipko, sebagai penghargaan terhadap Powel Nipko ilmuwan terkenal Jerman dan salah seorang penemu alat televisi. Peranan besar Nipko dalam penemuan televisi terkait dengan penemuannya terhadap cara mengubah gambar menjadi gelombang dan pengubahan kembali gelombang menjadi gambar.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 12 Mei

Photo via : https://id.wikipedia.org

Pada tahun 1998, peristiwa penembakan terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta dan puluhan orang luka. Mahasiswa yang tewas di dalam kampus ini, terkena peluru tajan di tempat-tempat vital seperti kepala, tenggorokan dan dada. Awalnya ekonomi Indonesia mulai goyah, mahasiswa pun melakukan aksi demonstrasi besar-besaran ke Gedung Nusantara termasuk mahasiswa Universitas Trisakti. Mereka melakukan aksi damai dari kampus Trisakti menuju Gedung Nusantara pada pukul 12.30. Namun aksi mereka dihambat oleh blokade dari Polri dan militer datang kemudian. Beberapa mahasiswa mencoba bernegosiasi dengan pihak Polri. Akhirnya pada pukul 17.15 para mahasiswa bergerak mundu diikuti bergerak majunya aparat keamanan. Aparat keamanan pun mulai menembakkan peluru ke arah mahasiswa, para mahasiswa panik dan bercerai berai, sebagian besar berlindung di Universitas Trisakti. Namun aparat eamanan terus melakukan penembakan sehingga korban banyak berjatuhan.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 13 Mei

Photo via : http://www.globalindonesianvoices.com

Pada tahun 1969

Pada tahun 1969, terjadi kerusuhan rasial antara etnis Tionghoa dan orang Melayu yang terjadi di Kuala Lumpur, Malaysia. Peristiwa ini menelan korban sebanyak 184 orang meninggal. Pada tahun 1963, Malaysia menderita akibat ketimpangan kekayaan antara golongan keturunan Tionghoa yang umumnya pedagang yang menguasai sebagian besar ekonomi Malaysia. Kerusuhan rasial di Singapura juga merupakan salah satu penyebab keluarnya negara itu dari Malaysia dan ketegangan rasial terus berlangsung. Kebanyakan orang Melayu tidak puas dengan negara yang baru saja merdeka itu yang berkeinginan untuk menenangkan etnis Tionghoa dengan pengeluaran mereka.

Pada tahun 1998

Pada tahun 1998, kerusuhan rasial terhadap etnis Tionghoa terjadi di Indonesia dima terjadi pada 13 Mei hingga 15 Mei 1998. Kejadian ini terjadi khususnya di ibukota Jakarta namun terjadi juga di daerah lainnya. Kerusuhan ini diawali oleh krisis finansial Asia dan dipicu oleh tragedi Trisakti dimana empat mahasiswa Universitas Trisakti ditembah dan terbunuh dalam demonstrasi 12 Mei 1998. Hal inipun mengakibatkan penurunan jabatan Presiden Soeharto. Kerusuhan ini terjadi di banyak toko dan perusahaan yang diamuk massa terutaman milik warga Indonesia keturunan Tionghoa. Kosentrasi kerusuhan terbesar terjadi di Jakarta, Medan dan Surakarta, dimana terdapat ratusan wanita keturunan Tionghoa diperkosa dan mengalami pelecehan seksual dalam kerusuhan tersebut. Sebagian bahkan diperkosa beramai-ramai, dianiaya secara sadis kemudian dibunuh.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 14 Mei

Photo via : https://www.biography.com

Pada tahun 1948, David Ben Gurion adalah salah seorang tokoh zionis internasional secara resmi memproklamasikan berdirinya negara Zionis yang kawasannya meliputi setengah dari kawasan Palestina. Proses pendirian negara ilegal ini dimulai sejak tahun 1917, setelah perang dunia I berakhir ketika Inggris menduduki Palestina. Pada masa itu, penduduk asli Palestina yang terdiri dari kaum muslim, Yahudi dan Kristen hidup berdampingan dengan damai. Setelah itu, lima tahun kemudian Liga Bangsa-Bangsa menyetujui didirikannya negara khusus untuk kaum Yahudi diatas tanah yang diduduki Inggris tersebut. Sejak saat itu, organisai-organisasi Zionis melakukan pengiriman kaum Yahudi dari berbagai penjuru dunia ke Palestina agar pergi meninggalkan tanah air mereka. Pada november 1947, PBB mengeluarkan resolusi tentang pembentukan dua pemerintahan di Palestina yaitu Arab, Yahudi dan Baitul Maqdis dijadikan zona internasional. Sementara itu, Inggris mengumumkan akan keluar dari Palestina pada tanggal 15 Mei 1948, namun beberapa jam sebelumnya Ben Gurion memproklamasikan berdirinya negara Israel di tanah bekas penduduk Inggris.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 15 Mei

Photo via : https://www.chasse-maree.com

Pada tahun 1948

Pada tahun 1948, Pasukan Mesir, Yordania, Lebanon, Suriah, Irak dan Arab Saudi mulai menyerang Israel. Penyerangan itu mereka lancarkan sehari setelah Israel mendeklarasikan kemerdekaannya karena negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab memang menolak pendirian negara Israel.

Pada tahun 1957

Pada tahun 1957, untuk kali pertama Inggris menguji coba bom hidrogen di Pulau Christmas, dimana pulau ini berada di sebelah selatan Indonesia. Pengujian bom hidrogen ini dipicu negara-negara lain yang berlomba memperbanyak senjata selama Perang Dingin.

Pada tahun 1972

Pada tahun 1972, Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengembalikan kepulauan Okinawa yang dikuasai sejak tahun 1945 kepada Jepang. Semasa dikuasai Amerika Serikat, kepulauan Okinawa dijadikan sebagai pangkalan pesawat temput.

Pada tahun 1776

Pada tahun 1776, kapal uap petama dibangun oleh seorang bangsawan Perancis bernama Marquis de Jouffroy d’Abbans. Sebenarnya ada banyak perselisihan pendapat mengenai siapa sesungguhnya yang membuat kapal uap pertama karena Inggris, Perancis dan Amerika sama-sama mengklaim bahwa mekanik dari negara merekalah yang pertama kali membuatnya. Tapi sebagian besar sepakat jika pembuatan kapal uap dilakukan oleh Marquis de Jouffroy d’Abbans. Awalnya Marquis de Jouffroy d’Abbans belajar dibidang filsafat dan sastra, namun kemudian bergabung dalam militer Perancis dan disanalah ia banyak mempelajari navigasi uap. Dan pad atahun 1775. ia pergi ke Paris untuk mempelajari mesin uap yang diciptakan oleh James Watt dan akhirnya dia membuat kapal eksperimen dengan menggunakan mesin uap yang berhasil berlayar di sungai Doubs di Perancis pada tahun 1776.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 16 Mei

Photo via : http://www.awardsdaily.com

Pada tahun 1929, Ajang Academy Awards atau yang disebut Piala Oscar untuk pertama kalinya diselenggarakan. Academy Awards pertama ini digelar di Hotel Hollywood Roosevelt, Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS).

Pada tahun 1974, pesawat tempur milik Israel mengebom daerah pengungsian warga Palestina di Lebanon. Serangan tersebut menewaskan 27 orang dan melukai 138 lainnya.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 17 Mei

Photo via : https://www.itu.int

Pada tahun 1865

Pada tahun 1865, berdirilah International Telegraph Union dengan ditandatanganinya perjanjian oleh wakil dari 20 negara yang berkumpul di Paris. Hari pendirian organisasi telegraf internasional ini hingga kini diperingati sebagai Hari Komunikasi Internasional. Tahun 1906, berdiri juga organisasi nternasional lain dibidang telekomunikasi dengan nama International Radiotelegraph Union. Akhirnya pada 1934, kedua organisasi ini menjadi satu dengan nama International Telecommunication Union yang kini menjadi salah satu badan resmi PBB.

Pada tahun 1426

Pada tahun 1426, sekolah maritim pertama di dunia didirikan di Portugis. Sekolah ini didirikan dengan tujuan untuk mendidik dan mencetak pelaut-pelaut yang berkemampuan tinggi dalam rangka mendukung berbagai ekpedisi pencarian wilayah baru yang saat itu tengah ramai dilakukan oleh negara-negara Eropa. Banyak sekali pelaut yang berhasil menemukan wilayah-wilayah baru di luar Eropa yang merupakan lulusan dari sekolah ini.

Pada tahun 1939

Pada tahun 1939, pemerintah Inggris menerbitkan sebuah buku berjudul Buku Putih yang merupakan salah satu langkah persiapan didirikannya negara Zionis. Dalam buku itu disebutkan rencana pembentukan negara Palestina yang independen dengan dua kewarganegaraan yaitu muslim dan yahudi. Tak hanya itu saja, di buku itu juga mempresiksikan bahwa hingga tahun 1944 seratus ribu warga yahudi akan hijrah ke Palestina dan sejak saat itu kedatangan Yahudi harus mendapatkan persetujuan dari bangsa Arab. Palestina menolak rencana yang tertuang dalam buku tersebut, begitu pula kaum Zionis. Pada tahun 1942 dalam konfrensi di AS kaum Zionis secara resmi merencanakan pendirian negara Zionis diatas tanah milik bangsa Palestina.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 18 Mei

Photo via : https://www.sumber.com

Pada tahun 1804

Pada tahun 1804, atas pengesahan senat Perancis Napoleon Bonaparte resmi diangkat menjadi kaisar di negara itu. Dengan demikian, 15 tahun setelah kemenangan revolusi Perancis, Perancis kembali dikuasai oleh sistem kerajaan. Selama masa pemerintahannya, Napoleon berambisi untuk memperluas wilayah kekuasaannya dan untuk itu dia mengorbarkan perang terhadap berbagai negara di Eropa.

Pada tahun 1974

Pada tahun 1974, India berhasil melaksanakan uji coba bom nuklir untuk pertama kali. Keberhasilan itu menjadikan India sebagai negara keenam yang memiliki kekuatan nuklir setelah Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, Tiongkok dan Prancis.

Pada tahun 1980

Pada tahun 1980, Gunung Saint Helen di Washington, Amerika Serikat meletus dan memuntahkan lava setinggi 1.300 kaki dari mulut kawah. Meletusnya gunung ini menewaskan sembilan orang dan 48 orang lainnya hilang. Letusan Gunung Saint Helen ini juga menyebabkan hujan abu tebal dikawasan Washington yang menyebabkan beberaoa kawasan di negara bagiajn tersebut tidak terkena sinar matahari.

Pada tahun 1991

Pada tahun 1991, Astronot wanita asal Inggris bernama Helen Sharman meluncur ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat ulang alik milik Uni Soviet, Soyuz TM-12. Terbangnya ia sekaligus menjadikan dirinya sebagai orang pertama asal Inggris yang berhasil mencapai luar angkasa.

Pada tahun 1998

Pada tahun 1998, pada ujung dari rangkaian demontrasi besar-besaran di Indonesia. Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berhasil menerobos masuk ke Gedung DPR/MPR di Jakarta, hal ini pun kali pertama mahasiswa berhasil menduduki Gedung DPR/MPR.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 19 Mei

Chelsea menang Liga Champions 19 Mei 2012

Photo via : fourfourtwo.com

Pada tahun 2012, untuk pertama kalinya dalam sejarah klub sepak bola Chelsea menjadi juara dalam kompetisi paling bergengsi di tanah Eropa yaitu Liga Champions UEFA. Chelsea behasil menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan klub raksasa asal Jerman, Bayern Munchen di babak final secara dramatis melalui adu pinalti dengan skor 4-3 setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal dan perpanjangan waktu.

Pada tahun 2018, Pernikahan antara Pangeran Harry dan Meghan Markel berlangsung di Kastil Windsor di Inggris.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 20 Mei

Photo via : https://www.volcanodiscovery.com

Pada tahun 1883

Pada tahun 1883, Gunung Krakatau meletus dengan sangat dahsyatnya. Akibat meletusnya gunung ini awan panas dan tsunami menewaskan sekitar 36.000 jiwa dan tsunami ini menjadi terdahsyat dikawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar di ALice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hirosima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II. Letusannya juga menyebabkan perubahan iklim global, dunia sempat gelap selama sua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya, hamburan debu tampak di langit Nowergia hingga New York.

Pada tahun 1902

Pada tahun 1902, diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional. Periode pada paruh pertama abad ke-20 dimana banyak rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai “orang Indonesia”. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo dan ikrar Sumpah Pemuda, masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.

Pada tahun 1910

Pada tahun 1910, Jepang secara resmi menjadikan Korea sebagai wilayah jajahannya. Penjajahan yang berlangsung selama 35 tahun itu memberikan pengaruh yang ambivalen bagi rakyat Korea. Di satu sisi, Jepang melakukan represi militer yang keras sehingga menimbulkan korban jiwa dipihak Korea. Tentara Jepang menjadikan rakyat Korea sebagai pekerja paksa atau tentara untuk bertempur membela Jepang serta melakukan pelecehan terhadap puluhan ribu perempuan Korea. Disisi lain 35 tahun masa penjajahan Jepang adalah periode munculnya modernisasi di Korea termasuk pertumbuhan kota, perdagangan, industri serta media massa seperti radio dan bioskop. Tidak seperti sebagian besar penjajah Eropa yang hanya ingin menguras habis-habisan kekayaan koloninya, Jepang justru mendorong pembangunan industri di Korea. Ketika Jepang menyerah kepada sekutu pada tahun 1945, Korea menjadi negara paling modern kedua di Asia setelah Jepang.

Pada tahun 2002

Pada tahun 2002, Timor Timur menjadi negara Timor Leste setelah resmi lepas dari Indonesia pada tahun 1999.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 21 Mei

Photo via : https://www.era.id

Pada tahun 1904

Pada tahun 1904, Federation Internationale de Football Association (FIFA) atau Federasi Sepak Bola Internasional didirikan di Paris, Prancis. Selain untuk mempromosikan sepak bola ke seluruh dunia, FIFA juga bertugas membuat aturan dalam permainan sepak bola, mengatur transfer pemain antar-klub, memberikan gelar pemain terbaik dunia dan menertibkan daftar peringkat klub maupun tim nasional di seluruh dunia setiap bulannya.

Pada tahun 1998

Pada tahun 1998, Presiden ke-2 Indonesia yaitu Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya setelah menjabat selama 32 tahun. Ia lantas digantikan oleh B.J. Habibie yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 22 Mei

Photo via : https://www.npr.org

Pada tahun 1960, Gempa bumi skala 9,5 ritcher di selatan Chili tengah terjadi dan menjadi gempa bumi paling kuat yang pernah tercatat sejarah. Gempa bumi ini menghasilkan tsunami yang menyebabkan sekitar 2.000 orang tewas dan kerusakan yang luas tidak hanya di Chili tetapi di Hawaii, Filipina dan Jepang.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 23 Mei

Photo via : http://sejarah-kelam-indonesia.blogspot.com

Pada tahun 1997, kerusuhan meletus di Banjarmasin, Kalimantan Selatan saat Partai Golkar menggelar kampanye hari terkahir menjelang pemilu 1997. Kejadian yang kemudian dikenang sebagai Jumat Kelabu itu diyakini menewaskan banyak orang. Namun karena ketertutupan pemerintah, tidak ada laporan yang akurasinya bisa dipercaya penuh mengenai kejadian di lapangan pada waktu itu.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 25 Mei

Photo via : http://time.com

Pada tahun 2009, Korea Utara mengumumkan telah berhasil melakukan uji coba senjata nuklir di Hamgyong Utara dalam beberapa bulan terakhir. Penyataan pihak Korea Utara ini menimbulkan kekhawatiran Dewan Keamanan PBB terhadap perang nuklir yang kemungkinan bisa terjadi.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 27 Mei

Photo via : http://ernestwidtar.blogspot.com

Pada tahun 2006

Pada tahun 2006, Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala richter mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Indonesia. Kejadian ini menewaskan sekitar 5.800 orang dan membuat sekitar 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal mereka.

Pada tahun 2006

Pada tahun 2006, Banjir lumpur panas Sidoarjo atau dikenal dengan Lumpur Lapindo terjadi. Peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur ini terjadi sejak 29 Mei 2006. Semburan lumpur panas selama beberapa bulan ini menyebabkan tergenangnya kawasan pemukiman, pertanian dan perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya serta mempengaruhi aktivitas perekonomian di Jawa Timur.

Peristiwa Penting Dalam Sejarah Pada Tanggal 30 Mei

Photo via : http://www.strangehistory.net

Pada tahun 1853, Menara jam yang didirikan di Istana Westminster, London, Inggris yang akrab disebut Big Ben untuk pertama kalinya berdentang. Tepat pada perayaan 60 tahun Ratu Elizabeth II memimpin Kerajaan Inggris Raya pada 2012, menara jam tersebut berganti nama menjadi Elizabeth Tower.

Itulah berbagai kejadian penting dalam sejarah yang terjadi di bulan Mei dari yang tragis hingga yang membahagiakan.

Baca Juga