Peristiwa-Peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2017

2 tahun lalu

Tak terasa tahun 2017 akan mendekati akhir, berbagai kisah senang, sedih, suka maupun duka telah kita hadapi di tahun 2017. Dimulai dari cuaca ekstrim, bencana alam, kematian tokoh-tokoh terkenal hingga kerusuhan yang menyedot perhatian publik telah mewarnai tahun 2017.

Seperti beberapa peristiwa besar berikut ini yang Blog unik rangkum dalam Peristiwa-peristiwa Besar Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2017.

 

1. Serangan di Klub Malam Istanbul (Januari 2017)

photo via :  www.nbcnews.com

photo via :  abcnews.go.com

Tahun 2017 dibuka dengan peristiwa berdarah. Tepat di hari pertama tahun yang baru. Pria bersenjata melepaskan tembakan di dalam sebuah klub malam di Istanbul, selama perayaan malam Tahun Baru. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas penembakan yang terjadi di kelab malam tersebut. Peristiwa ini menyebabkan 39 orang tewas dan puluhan lainnya terluka.

 

2. Pelantikan Donald Trump (Januari 2017)

photo via :  www.politifact.com

Donald Trump resmi berkuasa tanggal 20 Januari 2017. Sederet isu menunggu keputusan sang presiden, mulai dari hubungan Amerika Serikat dengan Rusia, Perjanjian Iklim, perang di Suriah dan Ukraina, hubungan Transatlantik dan perang dagang dengan Cina. Kehadiran Trump diyakini akan banyak mengubah tatanan politik dunia di 2017.

 

3. Cuaca Dingin Yang Ekstrim – Eropa (Januari 2017)

photo via :  www.ibtimes.co.uk

photo via :  www.ibtimes.co.uk

Bulan Januari 2017 lalu sebagian negara di benua Eropa di terjang cuaca dingin yang sangat ekstrim. Hujan salju lebat disertai embun beku dan angin kencang. Suhu turun hingga 25-29 derajat celcius di bawah nol, dan di beberapa tempat bahkan sampai minus 31-34 derajat celcius.

Jumlah korban tewas akibat cuaca dingin ekstrem di kawasan Eropa lebih dari 200 orang. Kebanyakan dari mereka yang tewas adalah warga miskin atau penduduk pedesaan yang tinggal di rumah tanpa sistem pemanas yang memadai.

 

4. Kematian Kim Jong Nam (Februari 2017)

photo via :  www.nbcnews.com

Kim Jong-nam adalah putra sulung dari Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un. Dia tadinya disebut-sebut bakal menjadi pemimpin Korut selepas Kim Jong-il wafat. Kim Jong-nam selama ini hidup bersembunyi karena khawatir adik tirinya, Kim Jong-un, memandang dia sebagai ancaman. Namun pada 13 Februari 2017 Kim Jong Nam ditemukan tewas di Bandara Kuala Lumpur setelah diserang 2 orang wanita dengan mengusap wajah Kim Jong Nam menggunakan gas beracun yang telah dilumuri di tangan mereka. Sontak peristiwa ini mengegerkan dunia dan sempat menjadi viral di tahun 2017.

 

5. Serangan di Jembatan Westminster Inggris (Maret 2017)

photo via :  businessinsider.com

photo via :  zerohedge.com

Pada Rabu, 22 Maret 2017 jelang sore, teror terjadi di Inggris. Seorang pria menabrakkan mobil ke arah para pejalan kaki di Jembatan Westminster, London. Setelah itu, pria yang sama mengarahkan mobil ke Gedung Parlemen Inggris. Ia menabrak pagar dan menikam seorang anggota polisi, setelah menikam polisi tersangka itu ditembak mati usai menikam seorang anggota polisi menggunakan pisau panjang.

 

6. Insiden Truk Maut Swedia (April 2017)

photo via :  www.nydailynews.com

photo via :  www.straitstimes.com

Teror truk maut melanda Swedia. Dua orang diduga terkait peristiwa itu pun ditangkap pihak berwenang. Sebanyak empat orang tewas ketika sebuah truk menabrak Ahlens department store pada Jumat 7 April 2017. Sekitar 15 orang terluka, termasuk dua orang dalam kondisi kritis.

 

7. Serangan ke Stasiun Kereta Bawah Tanah Rusia (April 2017)

photo via :  www.timesofisrael.com

photo via :  www.timesofisrael.com

Pada 3 April 2017, masyarakat Rusia dikejutkan atas serangan yang dilancarkan di stasiun kereta bawah tanah di Saint Petersburg. Serangan itu berupa bom bunuh diri mampu membuat masyarakat Rusia trauma.

 

8. Tanah Longsor – Kolombia (April 2017)

photo via :  www.newindianexpress.com

photo via :  floodlist.com

Sebuah tanah longsor yang cukup mematikan terjadi di kota Mocoa, Kolombia dan menewaskan setidaknya 300 jiwa, dan melukai sekitar 200 orang lainnya. Dua minggu kemudian daerah ini kembali terkena musibah tanah longsor akibat dilanda hujan terus menerus, dan menewaskan sekitar 17 jiwa, dan puluhan orang luka-luka.

 

9. Fenomena Hujan Meteor Lyrid – Indonesia (April 2017)

photo via :  www.skyandtelescope.com

Hujan meteor Lyrid akan sangat menarik untuk dilihat pada tahun ini, karena bertepatan dengan iklim Indonesia yang mengalami musim kemarau di bulan tersebut. Pada tengah malam hari, hujan meteor ini bakal berada di puncaknya, yaitu sekitar 20 meteor setiap satu jamnya, dan berlangsung hingga matahari terbit. Keindahan momen ini semakin menarik karena bulan sedang berada di fase sabit. Cocok bagi para fotografer untuk mengabadikan momen indah ini.

 

10. Kematian Nicky Hayden (35), pembalap Amerika Serikat (Mei 2017)

photo via :  www.motorpasionmoto.com

Nicholas “Nicky” Patrick Hayden dijuluki The Kentucky Kid, adalah pembalap sepeda motor profesional asal Amerika Serikat yang memenangkan Kejuaraan Dunia MotoGP pada 2006. Hayden menghembuskan nafas terakhir lima hari usai dia ditabrak oleh sebuah mobil saat latihan menggunakan sepeda di Italia

 

11. Teror Bom Kampung Melayu, Kami Tidak Takut! (Mei 2017)

photo via :  www.rappler.com

Ledakan bom bunuh diri  yang terjadi di area Terminal Kampung Melayu tanggal 24 Mei 2017 lalu menyita perhatian netizen. Korban berjatuhan. Tiga polisi gugur. Lima polisi dan lima warga terluka. Adapun dua terduga pelaku peledakan tewas di lokasi. Ramai-ramai netizen memposting meme mengecam aksi teror itu. Kecaman terhadap pelaku peledakan bom Kampung Melayu ini pun langsung berdengung di media sosial. Tanda pagar #KamiTidakTakut pun sontak berkumandang, menyusul hashtag yang lebih “senior” seperti #PrayForJakarta.

 

12. Vonis 2 Tahun Penjara Ahok (Mei 2017)

photo via :  www.aktual.com

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama divonis hukuman 2 tahun penjara atas kasus dugaan penodaan agama. Kisah ini bermula dari peristiwa pada 27 September 2016, ketika Ahok berpidato saat melakukan kunjungan kerja di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, yang lalu dianggap menghina agama. Penetapan vonis ahok ini pun mengegerkan para netizen dan sebagian warga Indonesia tidakterima atas hukuman yang diberikan pada Ahok, pasalnya Ahok dikenal sebagai orang yang jujur, apa adanya, dan dapat bergaul pada siapa saja, bahkan anak muda sekalipun.

 

13. Meletusnya Gunung Sinabung (Mei 2017)

photo via :  www.edupublik.com

Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara meletus kembali dengan menyemburkan material vulkanik mencapai ketinggian 4 kilometer, pada tanggal 20 Mei 2017 lalu, seperti disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB. Gunung api satu ini sudah dalam kondisi awas sejak tahun 2015 lalu, hingga tahun 2017 ini gunung Sinabung ini sudah mengalami 7 kali erupsi. Dan hingga saat ini belum dapat dipastikan kapan gunung sinabung akan berhenti erupsi.

 

14. Serangan di Konser Ariana Grande (Mei 2017)

photo via :  www.billboard.com

photo via :  www.youredm.com

Masyarakat internasional dikejutkan oleh berita tragis yang mana sebuah bom meledak di lokasi konser penyanyi Ariana Grande di Manchester Arena, Manchester, pada tanggal 23 Mei 2017.

Ledakan yang diduga kuat oleh kepolisian didalangi oleh bomber bunuh diri dan berafiliasi dengan kelompok teroris itu dikonfirmasi menewaskan 22 orang dan 59 korban luka. Sedangkan ribuan peserta konser dibuat trauma, dan masyarakat dunia dibuat geram oleh dalang di balik serangan nahas tersebut.

 

15. Keindahan Oposisi Planet Cincin, Saturnus (Juni 2017)

photo via :  projectavalon.net

Juni lalu warga Inddonesia beruntung dapat menikmati keindahan cincin dari planet saturnus. Pada tanggal tersebut matahari menyinari dengan intensitas yang maksimal di permukaan Saturnus dan berada paling dekat dengan posisi bumi. Kecantikan Saturnus bisa dinikmati siapa saja yang berada di Indonesia.

 

16. Kematian Julia Perez (Juni 2017)

photo via :  www.brilio.net

Artis Julia Perez meninggal dunia. Jupe diketahui menderita penyakit kanker serviks dan dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Jupe mengembuskan napas terakhir setelah menjalani perawatan intensif selama lima bulan. Kematian Julia Perez yang dikenal dengan sosok ramah dan penuh cinta membuat semua orang yang mengenalnya begitu kehilangan dan merasa tidak percaya bahwa sosok Julia Perez menghembuskan nafas terakhir di umur yang masih muda.

 

17. Kematian Chester Bennington (41), penyanyi dan penulis lagu Amerika Serikat (Juli 2017)

photo via :  www.telegraph.co.uk

Chester Charles Bennington adalah musisi dan penulis lagu asal Amerika Serikat yang paling dikenal sebagai vokalis dari grup musik rock Linkin Park. Sebelumnya, Bennington juga menjadi vokalis “Dead By Sunrise” dan pernah tergabung ke dalam band “Grey Daze” dan Stone Temple Pilots dari 2013 hingga 2015. Vokalis Linkin Park, Chester Bennington ini ditemukan tewas di kediamannya, 20 Juli 2017. Dikabarkan mengalami depresi, Chester Bennington pun memilih mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

 

18. Banjir Monsun – Asia Selatan (Juli-Agustus 2017)

photo via :  www.nytimes.com

photo via :  www.nytimes.com

Banjir dan tanah longsor akibat hujan mosun telah mempengaruhi setidaknya 41 juta orang di Bangladesh, India dan Nepal pada musim panas ini. Diperkirakan di India sekitar 600 orang tewas dan hampir 2000 tenda telah didirikan untuk menampung korban yang kehilangan rumahnya.

 

19. Banjir & Tanah Longsor – Sierra Leone (Agustus 2017)

photo via :  www.reuters.com

photo via :  www.dailymail.co.uk

Pada bulan Agustus lalu, banjir dahsyat yang diikuti dengan tanah longsor menghantam ibu kota Sierra Leone. Banjir yang menerjang kota berpenduduk 1,2 juta disebabkan karena hujan lebat yang mengguyur wilayah itu. Sedikitnya 600 orang terbunuh dan lebih dari 2.000 orang kehilangan tempat tinggal saat banjir besar dan tanah longsor melanda ibu kota Sierra Leone.

 

20. Kematian Dr. Ryan Thamrin (Agustus 2017)

photo via :  www.suratkabar.id

Ryan Thamrin, pemandu acara program kesehatan Dr. OZ, meninggal dunia di rumah saudara kandungnya di Jalan Kesadaran, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, Riau, tepatnya tanggal 4 Agustus 2017 lalu. Kabar duka tersebut begitu menggegerkan masyarakat Indonesia. Pasalnya, dokter yang memandu acara kesehatan di sebuah televisi swasta itu dikenal sebagai sosok yang sangat menginspirasi. Tak hanya informasi kesehatan yang sangat berguna bagi masyarakat, kemunculan Dr Ryan Thamrin juga berhasil menarik perhatian kaum hawa berkat parasnya yang tampan.

 

21. Krisis Rohingya (Agustus 2017)

photo via :  theintercept.com

Penindasan terhadap Muslim Rohingya masih terjadi. Pada Agustus 2017 pemerintah Myanmar mengerahkan pasukannya ke Provinsi Rakhine. Puluhan orang tewas saat pasukan pemerintah menyerbu kampung-kampung. Konflik antara etnis Rohingya dan mayoritas penduduk Myanmar yang mayoritas beragama Budha seolah tak berkesudahan. Puluhan ribu warga Rohingya terlunta-lunta mengungsi ke negara lain, termasuk Indonesia.

 

22. Badai Harvey – Amerika Serikat (Agustus 2017)

photo via :  www.curbed.com

photo via :  www.keloland.com

Badai Harvey menerjang Texas dengan kecepatan angin hingga mencapai 130mph, menghantam wilayah pesisir. Sedikitnya 30 orang dinyatakan tewas akibat badai Harvey di negara bagian Texas dan masih banyak lainnya yang hilang. Sekitar 2.000 orang sudah diungsikan di sekitar Houston, Amerika Serikat, karena hantaman Badai Harvey yang juga menyebabkan hujan lebat hingga beberapa tempat dilanda banjir dahsyat. Badai ini adalah badai paling kuat yang melanda Texas lebih dari 50 tahun.

 

23. Gerhana Matahari – Amerika Serikat (Agustus 2017)

photo via :  eclipse.siu.edu

photo via :  nsjonline.com

Gerhana matahari adalah peristiwa alam ketika Surya, Bulan, dan Bumi berada dalam satu baris lurus. Bulan, berdiri tepat di antara Matahari dan Bumi, menghasilkan bayangan di Planet Biru.

Amerika Serikat beruntung karena dapat melihat fenomena alam yang kembali terjadi sejak hampir 100 tahun lalu itu. Gerahana matahari menyisir Negeri Paman Sam secara diagonal dari tepi pantai barat hingga ke tepi pantai timur.

24. Badai Maria – Republik Dominika (September 2017)

photo via : www.newscientist.com

photo via : money.cnn.com

Badai Maria menghantam Pulau Dominika di Karibia disertai angin berkecepatan 264 kilometer perjam. Badai Maria menghancurkan gedung-gedung dan melumpuhkan beberapa pulau kecil termasuk St. Croix di Kepulauan Virgin Amerika Serikat dan Dominika.

Maria merupakan badai kedua yang menerjang Kepulauan Karibia setelah Badai Irma. Sedikitnya 15 orang tewas dan 20 lainnya hilang di Dominika setelah diterjang Badai Maria. Badai tersebut mendapat peringkat Kategori 4. Saat menghantam Puerto Riko pada Rabu (20/9) diketahui sebagai badai terkuat yang pernah menghantam pulau tersebut dalam 90 tahun terakhir.

 

25. Gempa Bumi – Mexico (September 2017)

photo via : www.nbcnews.com

photo via : www.nbcnews.com

Gempa berkekuatan 7,1 besar mengguncang Kota Meksiko pada 19 September, menewaskan sedikitnya 225 orang. Gempa tersebut melanda pada tanggal yang sama dengan gempa bumi dahsyat tahun 1985 yang menewaskan ribuan orang di Mexico, dan terjadi kurang dari dua minggu setelah gempa besar lainnya menewaskan setidaknya 96 orang dan menyebabkan 2,5 juta orang membutuhkan bantuan.

 

26. Badai Irma – Amerika Serikat & Karibia (September 2017)

photo via :  www.businessinsider.sg

photo via :  newsroom.gy

Badai Irma adalah badai tipe Tanjung Verde yang sangat dahsyat dan menimbulkan bencana besar, Badai Irma merupakan badai Atlantik terkuat dalam satu dekade dan menyebabkan kerusakan luas di Karibia dan Amerika Selatan pada tahun 2007. Badai ini telah memakan setidaknya sekitar 50 korban jiwa di Amerika Serikat dan sekitar 40 korban jiwa di Karibia, selain itu badai dahsyat ini juga menyebabkan kerusakan total pada jaringan listrik yang menyebabkan hampir seluruh daerah yang terkena bencana hidup tanpa listrik selama berhari-hari, lebih dari 60 % rumah hancur lebur diluluhlantahkan oleh badai Irma ini.

 

27. Hujan Meteor Kedua, Orionid (Oktober 2017)

photo via :  www.almanac.com

Setelah Lyrid, di Indonesia pada oktober lalu dihampiri pemandangan Hujan meteor Orionid pada awal musim penghujan. Seperti halnya Lyrid, hujan meteor Orionid juga bisa dinikmati pada tengah malam sampai fajar menjelang.

 

28. Kematian Laila Sari (November 2017)

photo via :  breakingnews.co.id

Siapa yang tidak tahu dengan Nenek Laila Sari? Nenek yang dikenal lincah di usianya yang sudah senja ini menghembuskan nafas terakhirnya tanggal 20 November lalu. Dilansir dari akun Instagram @lambe_turah, nenek Laila Sari meninggal dunia di usia 82 tahun. Kabar duka tersebut pun sontak membuat orang-orang terkejut pasalnya nenek Laila adalah seorang artis senior yang sudah berkecimpung didunia hiburan selama 3 zaman atau 6 dekade lebih.

 

29. Meletusnya Gunung Agung (November 2017)

photo via :  sindonews.com

Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, meletus pada tanggal 21 November 2017 lalu. Dimana Gunung Agung memang sudah memperlihatkan keaktifannya sejak bulan Oktober 2017 lalu. Banyak warga sudah mengungsi dari daerah rawan bencana. Letusan terjadi pada pukul 17.05 Wita ditandai dengan asap berwarna kelabu dan abu vulkanik tipis yang membumbung dari puncak kawah. Hingga saat ini Gunung Agung masih sangat dipantau karena dikhawatirkan akan ada erupsi susulan.

 

30. Kematian Bondan Winarno (November 2017)

photo via :  www.tribunpos.com

Presenter kuliner Bondan Haryo Winarno yang terkenal dengan kata maknyus ini wafat diumurnya yang menginjak 67 tahun. Presenter kuliner yang akrab disapa sebagai Pak Bondan ini meninggal karena gagal jantung tanggal 29 November 2017 lalu dan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan dan dunia kuliner indonesia.

Baca Juga