Perubahan Bentuk Televisi Dari Masa ke Masa. Ternyata!!

2 tahun lalu, by blogunik

Perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih dan terus berkembang pesat. Dengan Adanya teknologi, kehidupan kita semakin terbantu, dari kebutuhan komunikasi, transportasi, hingga hiburan. Semuanya bisa kita nikmati dengan mudah karena tekonologi yang semakin berkembang pesat dan semakin canggih, hingga membuat kita sering berdecak kagum. Salah satu produk teknologi yang semakin berkembang pesat adalah televisi. Dijaman dulu, tv hanya dimiliki oleh orang-orang kaya dan itupun tv tabung yang masih hitam putih alias tidak berwarna. Namun sekarang, hampir semua penduduk dunia memiliki tv dirumahnya. Dari flat tv hingga smart tv bisa kalian temukan dengan mudah ditoko-toko elektronik terdekat rumah kalian.

Nah kali ini Blog Unik akan membahas tentang bentuk-bentuk tv dari masa ke masa! Kira-kira tv kalian yang mana nih?

1. TV Era 1930-an

photo via : http://www.vintageinn.ca

TV pada era 1930-an memiliki bentuk seperti radio. Karena pada era ini keberadaan radion masih sangat populer, dan memiliki tv dengan ukuran 14 inch sudah sangat mewah pada saat itu.

2. TV Era 1940-an

photo via : techcrunch.com

Pada tahun 1940-an, keberadaan tv sudah mulai jaya dan menyaingi saingannya radio. Kejayaan tv ini mulai muncul setelah perang dunia ke 2 usai. Meskipun warnanya masih hitam putih, tapi tv saat itu menjadi media hiburan favorit selain radio.

3. TV Era 1950-an

photo via : http://rebrn.com

Di era 1950-an tv sudah mulai berkembang. Jumlah penggemar tv juga sudah mulain meningkat dibandingkan radio. Tv berwarnapun sudah mulain ada, namun yang bisa memilikinya hanya kelas menengah atas. Alasannya ya sudah pasti karena harganya yang kauh lebih fantastis dari tv hitam putih lainnya.

4. TV Era 1960-an

photo via : http://www.curtis-mathes.com

Semakin populernya tv, di era 1960-an semakin banyak siaran tv yang berwarna. Memang tak jauh berbeda dengan tv di era sebelumnya namun, di era 60-an ini tv didesain dengan bingkai yang membentuk meja lengkap dengan kaki-kaki mejanya.

5. TV Era 1970-an

photo via : http://www.curtis-mathes.com

Pada era 1970-an perkembangan tv semakin pesat, bukan hanya itu, acara-acara tv juga semakin banyak. Maka dari itu pada tahun ini tv dilengkapi dengan VCR atau Video Casette Recorder, yang bisa digunakan untuk merekam siaran tv favorit saat itu.

6. TV Era 1980-an

photo via : sonnyangel.info

Di tahun 80-an, tv kabel sudah mulai bermunculan dan semakin populer dan menyebar dengan cepat. Tv kabel sendiri berawal dari seorang warga Amerika yang sedang meninggikan antena tvnya agar bisa mendapat saluran tv yang jernih. Namun tanpa sengaja, dia bisa mendapat siaran lain dari lain kota. Maka dari itu muncullah tv kabel di era ini.

7. TV Era 1990-an

photo via : http://www.ebay.com

Di era 90-an sudah semakin banyak merek-merek tv yang bermunculan. Desain tv di era ini sudah mulai modern walaupun masih menggunakan model tv tabung dan belum berbentuk slim. Namun kemunculan tv di era ini sudah lumayan canggih karena didukung teknologi yang namanya Cathode-Ray Tubes atau CRT. Fitur ini seperti fungsi remote pada jaman sekarang. Tv pada era ini masih memiliki antena yang dipasang diluar rumah sehingga ada himbauan yang turun temurun saat menonton tv ketika kilat dan petir menyambar maka tak boleh menonton tv alias tv harus mati, takutnya tersambar petir.

8. TV Era 2000-an

photo via : http://www.gadgetreview.com

Tahun 2000an tv sudah didesain dengan tampilah yang lebih elegan dan modern. Dinamakan TV LCD, tv ini menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus. Di era ini yang mana kita juga sudah tahu bahwa bisanya semakin tipis tv, semakin bagus juga tampilannya. Kita juga sudah tidak memerlukan antena yang dipasang diluar rumah lagi. Di tahun 2000an ini tv didesain agar lebih praktis.

9. TV Era 2010-an

 

photo via : www.amazon.ca

Makin berkembangnya jaman, teknologipun semakin canggih. Tv di era ini atau bisa dikatakan diera sekarang ini, memang hanya inovasi dari tv era sebelumnya. Hanya saja, ada beberapa fitur tambahan yang membuatnya semakin canggih. Seperti adanya 3DTV yang saat ini sedang populer. Selain tampilan tv yang leboh modern, gambar yang dihasilkan pun semakin jernih dan dilengkapi dengan 3 dimensi yang membuat seakan-akan tampilan tv nyata.

Artikel Terkait