Potret Kecantikan Wanita Indonesia Jaman Dulu, Masih Polos, Alami Dan Tak Mengenal Salon

1 tahun lalu

Cantik memang relatif, namun seriap wanita didunia ini pasti dibilang cantik karena gak ada wanita ganteng iya kan?. Nah dari jaman dulu sampai jaman sekarang, standar kecantikan itu juga terus berkembang seperti dunia fashion yang selalu up to date. Jika dulu rambut hitam panjang dibilang cantik, maka sekarang rambut sebahulah yang dikatakan cantik.

Dan dari sanalah kita tahu jika dari jaman dulu hingga jaman modern ini, wanita memang selalu ribet untuk masalah kecantikan bila dibandingkan dengan pria. Berikut beberapa potret standar kecantikan wanita jaman dulu, yang mungkin bisa buat kamu kagum atau mungkin bersyukur kalau kamu gak lahir dijaman dulu.

1. Potret seorang wanita asal Pidie, Aceh. Tahun 1899-an wanita-wanita Aceh menata dirinya dengan balutan kain yang khas dan menggelung rambutnya keatas. Ibu-ibu pejabat jaman dulu mungkin stylenya kayak gini ya?

photo via : panyutro.blogspot.com

2. Wajah cantik khas jawa yang masih traditional, dengan kostum tari ditahun 1899-an, tak ada perbedaan yang cukup besar, mungkin yang berbeda  hanya makeup penari jaman sekarang lebih cetar, dibanding makeup natural penari jaman dulu.

photo via : luk.staff.ugm.ac.id

3. Masih polos dan kental akan budaya, potret perempuan muda asal Jawa ditahun 1885 ini membuktikan jika wanita jawa memang ayu dan cantik dari jaman dulu walaupun dengan pakaian sehari-hari.

photo via : motart1.rssing.com

4. Potret Wanita suku Jawa di tahun 1899, dengan pakaian tradisional yang menawan. Rambut panjang yang digerai belum tersentuh catok rambut maupun pewarna rambut.

photo via : www.old-indische.com

5. Potret gadis penari Bali ditahun 1920 yang masih alami, belum tersentuh makeup tebal seperti jaman sekarang.

photo via : www.old-indische.com

6. Potret wanita-wanita Batak ditahun 1929 dengan pakaian keseharian khas batak yang masih sederhana.

photo via : www.pinterest.com

7. Potret wanita asal Batavia ditahun 1910. Ekspresinya saat difoto manis banget kayak gulali.

photo via : omtutor.tk

8. Potret gadis-gadis Yogya yang sedang membatik di tahun 1913, pada cantik-cantik, masih polos dan tradisional banget.

photo via : commons.wikimedia.org

9. Potret gadis tomboy di Batak tahun 1911, terlihat berkharisma dengan sorotan mata yang tajam. Dan jangan lupakan burung beo yang ikutan pose.

photo via : wongmawot.blogspot.co.id

10. Potret gadis Yogyakarta dengan pakaian khas Yogya jaman dulu lengkap dengan sanggul yang membuatnya terlihat ayu dan anggun.

photo via : wongmawot.blogspot.co.id

11. Potret model Batak Karo yang cantik dengan balutan pakaian tradisionalnya ditahun 1925. Masih polos dan belum tersentuh budaya barat.

photo via : wongmawot.blogspot.co.id

12. Potret gadis penari legong Bali tahun 1920, walaupun kostum dan makeupnya tidak sekeren sekarang, namun gerakannya masih magis banget.

photo via : www.tipsiana.com

13. Potret gadis Bali dengan pakaian tradisional untuk upacara besar di Bali tahun 1910. Kalau glamournya orang sekarang kayak Syahrini, maka glmournya orang jaman dulu di Bali ya kayak potret gadis Bali ini.

photo via : www.tipsiana.com

14. Potret wanita jawa kaya ditahun 1909, Ayu dan anggun secara bersamaan dengan kebaya yang populer jaman dulu dan tanpa makeup yang cetar seperti sekarang.

photo via : carpal-tunnel-syndrome-guide.info

15. Cantiknya gadis pemain wayang orang ditahun 1920 yang masih alami dan polos dengan sorot mata yang sayu.

photo via : www.tipsiana.com

16. Penari Keraton Yogyakarta tahun 1919 yang cantik dan anggun walaupun di jaman sekarang sudah mengalami perubahan dari hiasan rambut, make up dan kostum yang lebih keren.

photo via : hiveminer.com

17. Potret gadis Bali tahun 1930, cantik dan manis dengan pakaian khas Bali jaman dulu. Masih kental dengan budaya dan adat istiadat.

photo via : omtutor.tk

18. Cantiknya penari Janger di Bali tahun 1933. Tampil apa adanya dengan makeup ala kadar dan panggung beralaskar tikar. Bagi orang jaman dulu hal ini udah menjadi pertunjukan yang wow banget!.

photo via : www.tipsiana.com

19. Potret kecantikan wanita Bali jaman dulu, tak kalah dengan model jaman sekarang yang cantik dengan makeup tebal. Wanita jaman dulu malah terlihat cantik tanpa makeup.

photo via : omtutor.tk

20. Potret kecantikan putri raja beserta dayang-dayangnya dengan pakaian kerajaan jaman dulu.

photo via : 123coolpictures.com

21. Potret gadis Jawa penjual kain keliling, pada jaman dulu. Cantik-cantik ya?

photo via : wongmawot.blogspot.co.id

22. Potret gadis Gayo ditahun 1900an, yang cantik dengan berbagai perhiasan yang melekat ditubuhnya.

photo via : keepo.me

23. Potret wanita Dayak tahun 1900an. Wanita Dayak dikatakan cantik jika daun telinganya panjang, jadi semakin panjang daun telinga semakin cantik wanita tersebut.

photo via : www.junglecasa.com.br

24. Potret cantiknya putri dari KGPAA Mangkunegara VII, bernama Gusti Raden Ajeng Siti Nurul Kamaril Ngarasati Kusumawardhani. Cantik, anggun walaupun tanpa makeup.

photo via : www.tipsiana.com

25. Potret wanita Bali tahun 1920an yang hendak menghaturkan sesembahan ke pura.

photo via : keepo.me

 

Baca Juga