Thunder Child, Kapal Boat Keren Yang Tidak Akan Tenggelam Walapun Diterjang Ombak Besar Dan Badai

5 bulan lalu, by blogunik

Didunia ini ada 3 kategori tranportasi yakni transportasi darat, udara dan laut. Ketiga kategori transportasi tersebut memang sangat kita butuhkan untuk memudahkan kita pergi kemanapun. Namun masing-masing transportasi sama-sama memiliki resiko. Transportasi darat yang beresiko terjebak macet, dan juga dapat mengalami kecelakaan. Transportasi udara juga memiliki resiko yang berbahaya seperti terjatuh dari ketinggian yang kita tahu sangatlah fatal. Transportasi laut juga tak lepas dari resiko tenggelam.

Seperti yang kita tahu, penumpang kapal laut tidak seintens pesawat, namun kapal laut menjadi salah satu transportasi yang bisa diandalkan. Sebagian besar wilayah pesisir di Indonesia misalnya yang bisa dijangkau dengan hanya kapal. Namun salah satu permasalahan pada transportasi laut adalah adanya potensi kebocoran dan tenggelam disaat cuaca sedang buruk seperti kasus yang seing kita dengar selama ini.

Tapi guys, baru-baru ini sebuah perusahaan kapal laut membuat terobosan baru yang sangat mutkhir guys! Pasalnya mereka menciptakan kapal boat yang tidak akan bisa tenggelam meskipun dihantam hujan badai.

Adalah sebuah perusahaan kapal laut bernama Safehaven Marine, yang berbasis di Irlandia. Perusahaan ini mengembangkan kapal anti tenggelam yang disebut dengan XSV-17 Thunder Child. Kapal ini diklaim tidak bisa tenggelam di cuaca yang sangat buruk karena dirancang khusus untuk ombak yang ganas.

photo via : www.youtube.com

XSV-17 Thunder Child merupakan kapal pencari dan penyelamatan revolusioner yang hampir tidak mungkin tenggelam. Bahkan saat terbalik di air, kapal ini mampu membalikan dirinya ke posisi semula.

Dikutip dari Liputan6, karena kecanggihannya, kapal XSV-17 Thunder Child ini digunakan oleh Angkatan Laut Irlandia. XSV-17 Thunder Child dapat mencapai kecepatan hingga 54 knot (100 km/jam). Kapal penyelamat ini bisa menampung hingga 10 orang dan dirancang untuk menghadapi ombak yang ganas. Ada juga ruang tambahan untuk 6 orang yang bisa digunakan saat kondisi genting, sehingga kapal ini dapat mengangkut total 16 penumpang.

Keunggulan yang paling mengesankan dari kapal ini adalah kemampuannya untuk bangkit kembali ke posisi tegak dalam situasi apa pun, yang membuatnya tidak mungkin tenggelam. Hal ini membuat Thunder Child begitu berbeda dari kapal-kapal lainnya.

photo via : www.youtube.com

Frank Kowalksi selaku managing direktur Safehaven Marine menyatakan kalau XSV-17 Thunder Child adalah kombinasi dari tiga faktor, pusat gravitasi yang sangat rendah, daya apung kabin dan kabin juga benar-benar kedap air. Untuk memastikan bahwa kapal ini terus mengambang diatas permukaan air, lubang masuk udara akan tertutup secara otomatis.

Bukan hanya sulit terbalik dan mampu berbalik keposisi normal dengan sendirinya saja keunggulan dari kapal ini. Pada kondisi yang sama, gelombang yang kuatpun dapat dilaluinya. Ketika berada di bawah air, pusat gravitasi bergeser ke bagian paling atas kapal, hal ini membuatnya mampu kembali ke posisi normalnya.

Untuk membuktikan kemampuan Thunder Child, salah satu perusahaan Irlandia baru-baru ini melakukan demonstrasi dimana mereka menggunakan derek untuk membalikkan perahu. Hasilnya perahu tersebut membalikkan dirinya secara langsung ke posisi yang normal. Selain itu, Thunder Child juga terlihat mampu menaklukkan gelombang ombak tinggi tanpa terbalik.

photo via : www.youtube.com

Selain itu, dikutip dari The Drive, perusahaan Safehaven Marine juga akan melakukan pembuktian untuk desain Thunder Child dengan melakukan perjalanan laut, menyeberangi laut terbuka 1.000 km ke Atlantik Utara. Dimana Atlantik Utara merupakan salah satu lautan yang terkenal paling kasar di planet ini. Mereka yakin, Thunder Child akan membuat rekor baru dan memiliki perjalanan yang aman meskipun kemungkinan besar mereka akan menghadapi kondisi alam yang sangat berbahaya yang pastinya memberikan tekanan luar biasa pada kapal dan juga pada para awak kapal.

Nah itu dia sekilas tentang XSV-17 Thunder Child, kapal termukhtakhir abad ini yang diklaim tidak akan bisa tenggelam meski digoncang gelombang yang tinggi dan akan tetap aman meski dihantam badai. Semoga artikel ini semakin menambah wawasan para sobat Blog Unik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *