Prestasi Terbaru BTS, Salah Satunya Menjadi #1 di Billboard Hot 100

BTS No. 1 Billboard Hot 100

Sepertinya nggak berlebihan memang mengatakan kalau BTS (Bangtan Boys) adalah salah satu grup KPop yang paling bersinar sepanjang tahun ini. Tak hanya bersinar di negara asalnya, Korea Selatan, namun BTS juga menorehkan segudang prestasi dikancah internasional yang membuat namanya semakin bersinar dan mendunia. Nggak heran deh kalau Army, sebutan untuk penggemar BTS ini semakin mengidolakan grup dengan 7 personil tersebut.

Kebahagiaan BTS dan Army bahkan kembali bertambah dengan deretan prestasi terbaru yang sukses diraih oleh BTS setelah merilis album baru mereka “BE” yang merupakan album kelima mereka yang mengusung lagu utama “Life Goes On”. Nah penasaran prestasi terbaru apa saja yang dicapai BTS belakangan ini? Berikut ulasannya!

1. Menduduki posisi #1 dalam chart Billboard Hot 100 untuk minggu ini

Deretan Prestasi Terbaru BTS

photo via allkpop.com

Prestasi membanggakan BTS yang sukses mereka dapatkan minggu ini adalah sukses debut di posisi #1 dalam chart Billboard Hot 100 dengan title track untuk album terbaru mereka, “BE”, bertajuk “Life Goes On”.

Ini membuat “Life Goes On” berhasil menjadi lagu non-bahasa Inggris pertama sejak “Despacito” milik Luis Fonsi dan Daddy Yankee, yang memuncaki Billboard Hot 100 dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Tak hanya itu, BTS juga berhasil menduduki posisi #1 dalam chart Billboard 200 dengan album mereka, “BE”.

Dengan ini, BTS resmi bergabung dengan Taylor Swift, sebagai musisi yang berhasil menaklukan dua chart utama Billboard dalam kurun waktu yang bersamaan.

2. Berhasil menjadi musisi tercepat secara akumulasi, yang mendapatkan posisi #1 di Billboard Hot 100

Yang lebih membuat Army makin bangga adalah BTS juga berhasil menjadi musisi tercepat secara akumulasi, yang mendapatkan posisi #1 di Billboard Hot 100 dengan tiga lagu sekaligus.

Bagaimana tidak, grup yang beranggotakan 7 orang pria tampan ini berhasil menempatkan ‘Dynamite’, ‘Savage Love (BTS Remix)’, dan ‘Life Goes On’ di posisi nomor satu hanya dalam kurun waktu tiga bulan saja lho.

3. Menaklukkan Billboard Global 200 dan Billboard Global (exclude US).

Deretan Prestasi Terbaru BTS

photo via tribunnews.com

Bukan hanya berhasil menaklukan chart Billboard Hot 100, BTS juga berhasil menaklukan dua chart Billboard lainnya yakni chart Billboard Global 200 dan Billboard Global (exclude US) dengan lagu “Life Goes On” dan “Dynamite”.

4. BTS menjadi artis pertama yang menyapu enam tempat teratas dari chart Digital Song Sales secara bersamaan

Tak berhenti disitu, BTS juga sukses membuat Army semakin bangga karena telah membuat sejarah tangga lagu dengan menjadi artis pertama yang menyapu enam tempat teratas dari chart Digital Song Sales secara bersamaan. Chart ini sendiri mengukur penjualan digital di Amerika Serikat.

BTS menyapu enam tempat teratas di bagan Penjualan Lagu Digital semua lagu baru dari album terbaru mereka “BE”. “Life Goes On” memasuki chart di No 1, “Blue & Grey” di No 2, “Stay” di No 3, “Telepathy” di No 4, “Dis-ease” di No 5, “Fly to My Room” di No. 6, dan “Dynamite” di No 8.

5. Sukses mendominasi chart World Digital Song Sales minggu ini

Deretan Prestasi Terbaru BTS

photo via indianexpress.com

Seperti tak habis-habis mengukir prestasi, BTS juga mendominasi chart World Digital Song Sales minggu ini. Grup ini sukses mengklaim No. 1 dengan “Life Goes On”, No. 2 dengan “Blue & Grey”, No. 3 dengan “Stay”, No. 4 dengan “Telepathy”, No. 5 dengan “Dis-ease”, No. 6 dengan “Fly to My Room”, No. 7 dengan “Filter”, No. 9 dengan “My Time”, No. 12 dengan “Euphoria”, No. 17 dengan “ON”, dan No. 18 dengan “Boy With Luv”.

7. Berhasil masuk nominasi Grammy Award 2021

Mendulang popularitas di Amerika dan banyak negara lainnya, baru-baru ini BTS berhasil masuk ke dalam nominasi Grammy Award yang akan diselenggarakan pada tahun 2021 mendatang. Seperti yang kita tahu, Grammy Award penghargaan bergengsi dimana hanya musisi-musisi terbaik dunia yang bisa masuk nominasi tersebut.

Ini bukan pertama kalinya nama BTS muncul di Grammy Award, pasalnya pada awal tahun 2020, BTS telah mengemparkan para fans dengan tampil mengisi acara untuk pertama kalinya di Grammy Awards. Penampilan tersebut menjadi sejarah baru grup Kpop pertama yang tampil di acara tersebut.

8. No. 1 di chart Top Album Sales

Deretan Prestasi Terbaru BTS

photo via kabarjoglosemar.pikiran-rakyat.com

Album terbaru BTS, “BE” juga sukses menempati posisi No.1 di chart Top Album Sales (yang mengukur penjualan album fisik murni) dan Independent Albums chart. Sementara itu, di tangga lagu radio Lagu Pop Billboard, yang mengukur total pemutaran mingguan di sekitar 160 stasiun radio Top 40 utama, BTS mencetak rekor baru dengan mempertahankan posisi mereka di No. 6 dimana posisi tersebut merupakan peringkat tertinggi yang pernah diraih oleh semua musisi Korea Selatan.

9. Album “BE” (Deluxe Edition) yang sukses terjual lebihd ari 2 juta album dalam kurun waktu kurang dari 24 jam

Memiliki popularitas yang nggak main-main, BTS sukses menjual jutaan keping album kurang dari 24 jam lho. Menurut data dari Hanteo Chart, album BE (Deluxe Edition) berhasil terjual lebih dari 2 juta keping hanya dalam 20 jam setelah perilisan. Bahkan, dalam waktu 30 menit, album tersebut telah terjual lebih dari 1 juta keping.

10. Life Goes On raih peringkat tertinggi di iTunes Chart

Selain di Billboard, BTS dengan lagu terbarunya “Life Goes On” juga merajai daftar lagu di iTunes Chart. Di lebih dari 90 negara, lagu Life Goes On berada di peringkat pertama. Lagu-lagu lainnya yang ada di album BE juga meraih peringkat 10 besar di daftar tersebut.

11. MV Life Goes On ditonton sebanyak 67,9 juta kali dalam 24 jam

Deretan Prestasi Terbaru BTS

photo via youtube.com (Big Hit Labes)

Nggak cuman album yang terjual jutaan keping dalam 24 jam, MV Life Goes On juga sangat ditunggu-tunggu penggemar hingga ditonton sebanyak 67,9 juta kali dalam 24 jam. Gak hanya itu, MV tersebut juga berhasil mencatatkan likes sebanyak 6,42 juta setelah perilisan, dan masih bertambah hingga saat ini.

12. BTS jadi artis nomor 1 yang paling banyak didengarkan di Spotify

Seperti nggak ada habisnya, BTS juga mengukir prestasi dengan mencatatkan rekor sebagai artis yang paling banyak didengarkan di Spotify pada 20 November 2020 dengan lagu “Life Goes On”. BTS dengan album BE tersebut berhasil didengarkan sebanyak 62,1 juta kali.

Itulah beberapa prestasi terbaru BTS yang pastinya sangat membanggakan bagi Army. Benar-benar pencapaian yang luar biasa, ya! Selamat, BTS!

Artikel Terkait