Putri Asal NTB Raih Gelar Miss Indonesia 2017, Namun Tak Diakui NTB?

2 tahun lalu, by blogunik

Predikat Miss Indonesia 2017  baru-baru ini diraih oleh Achintya Nilsen, dari Nusa Tenggara Barat tepatnya  pada Minggu dinihari 23 April 2017.

Achintya unggul dari 33 peserta lain dari seluruh Indonesia di ajang kontes kecantikan ini. Achintya mengalahkan Miss Bengkulu, Astrini Putri, dan Miss Sulawesi Utara, Ivhanrel Etrisna Sumerah.

Achintya menang lantaran pernyataan yang memukai ketika menjawab pertanyaan juri tentang visi jika terpilih menjadi Miss Indonesia. Dengan lugas dia mengatakan misinya nanti adalah mengentaskan kemiskinan.

“Jika saya terpilih menjadi Miss Indonesia 2017, my hope it to start working my Beauty With a Purpose project yaitu untuk mengentaskan kemiskinan sehingga kesetaraan atau equality bisa terwujud dan itu bisa kita tunjukkan ke mata dunia,” jawab Achintya kepada dewan juri. Keberhasilan Achintya sebagai Miss Indonesia 2017 akan membawanya mewakili Indonesia di ajang Miss World 2017, yang akan berlangsung di China pada Desember mendatang

Achintya Holte Nilsen lahir di Denpasar, 1 Januari 1999. Perempuan 18 tahun ini adalah putri dari pasangan Terje Holte Nilsen (Norwegia) dan Ni Nyoman Parvati. Dia memiliki dua orang adik bernama Gayatri Holte Nilsen dan Ananda Holte Nilsen.

Di dunia model, Achintya pernah menjadi finalis Gadis Sampul 2013. Di dunia olahraga, ia juga memiliki beragam prestasi seperti Regional Finals Tennis 2009-2011, BSSA Soccer 15+ Girls 1st Place 2015, BSSA Volleyball 15+ Girls 1st Place 2014 & 2016.

Prestasi lain yang dimiliki Achintya adalah menjadi Delegate of Colombia BaliMUN III tahun 2013, Delegate of Ukraine BaliMUN IV tahun 2014, dan Delegate of Indonesia TAIMUN XIII tahun 2015. Achintya mahir memainkan alat musik marimba juga aktif di berbagai kegiatan sosial.

Achintya pernah menjadi sukarelawan pada berbagai kegiatan sosial kemanusiaan, kepedulian lingkungan dan pariwisata. Achintya mewakili provinsi Nusa Tenggara Barat dalam pemilihan Miss Indonesia 2017 dan terpilih sebagai finalis 15 besar melalui jalur cepat Beauty with A Purpose.

Miss Indonesia 2017 ini selain cantik dan pintar, ia juga memiliki segudang prestasi seperti :
– Finalis Gadis Sampul 2013 Regional
– Finals Tennis 2009-2011
– BSSA Soccer 15+ Girls 1st Place 2015
– BSSA Volleyball 15+ Girls 1st Place 2014 & 2016
– Delegate of Colombia BaliMUN III 2013
– Delegate of Ukraine BaliMUN IV 2014
– Delegate of Indonesia TAIMUN XIII 2015

Namun siapa sangka Miss Indonesia 2017 mendapatkan penolakan dari NTB, dimana NTB adalah kota yang diwakili oleh Achintya Nilsen.

 

Penolakan Achintya sebagai wakil NTB didasari beberapa alasan. Pertama Achinya Nilsen tidak bermukim di NTB seperti yang dipersyaratkan kepada setiap peserta ajang Miss Indonesia. Kedua, pemerintah provinsi NTB tidak pernah mengetahui proses pemilihan Miss Indonesia. Ketiga, penyelenggara Miss Indonesia tidak berkoordinasi langsung dengan pemerintah daerah dalam menyematkan nama NTB kepada yang bersangkutan. Kalau memakai nama NTB, Yusron meminta itu adalah bentuk keterlibatan pemerintah daerah NTB.

Kemenangan Achintya Nilsen itu memancing perdebatan di kalangan masyarakat NTB. Dian Sandi Utama, 31 tahun asal Bondir Kabupaten Lombok Tengah yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda NTB-Jakarta menyatakan keikutsertaan Achintya adalah sepihak mengatas namakan NTB.

Kalau menurut readers gimana nih?