Rahasia panjang umur orang Jepang

2 tahun lalu

Jepang dikenal sebagai negara dengan pola hidup yang sehat, banyak manula yang berumur lebih dari 90 tahun masih hidup dengan sehat dan dapat melakukan aktifitas sehari-hari tanpa bantuan orang lain. Tentu pola hidup sehat ini adalah salah satu faktor yang dihasilkan dari makanan-makanan sehat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Apa saja makanan sehat ala Jepang ini yang membuat penduduknya berumur panjang? yuk kita simak!

1. Matcha atau Teh Hijau

Teh hijau dari Jepang ini memiliki banyak manfaat seperti Sumber antioksidan dan vitamin C yang tinggi, menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah, membantu proses pembakaran lemak, mencegah dan menghancurkan sel-sel kanker, mencegah serangan jantung dan penyumbatan arteri, penghalau stress dan mengendurkan syaraf, mencegah bau mulut dan kerusakan gigi, melindungi dari penyakit Diabetes dan Hepatitis, mencegah influenza, pilek, dan batuk, memperkuat sistem imun tubuh, mencegah penyakit Demensia dan Amnesia, meredakan gejala menopause dan gangguan tidur, membuat kulit bersinar, rambut sehat, dan yang paling penting adalah mengurangi tanda-tanda penuaan.

2. Miso soup

Sama dengan teh hijau sup miso Jepang ini juga dikenal dengan berbagai manfaat kesehatannya seperti kandungan asam linoleat di dalam miso yang mampu menekan pembentukan melanin, mencegah munculnya noda dan bintik hitam, serta memberikan brightening effect pada kulit, hidangan miso soup ini dikatakan memiliki kandungan vitamin E. Kandungan vitamin ini memiliki fungsi untuk mencegah pembentukan lipid dalam darah atau membran sel, serta menghambat terjadinya oksidasi kolesterol. Hal ini membuat bagian dalam pembuluh darah tetap bersih sehingga memperlancar peredaran darah. Karena oksidasi dapat memicu proses penuaan tubuh serta penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup, maka vitamin E dalam miso soup ini dinilai berperan sebagai anti-aging.

Selain itu, terdapat kandungan isoflavon dan juga kolin di dalam miso soup. Kedua elemen ini juga dianggap memiliki fungsi antioksidan serta memberikan efek anti-aging yang baik.

3. Rumput laut

Menurut hasil penelitian penduduk Jepang bisa mengkonsumi 500 ton rumput laut spiral dalam 1 tahun. Tak heran jika penduduk Jepang bisa mempunyai tubuh yang sehat karena rumput laut memiliki khasiat seperti mencegah anemia karena kandungan zat besi yang sangat tinggi, dapat mencegah kanker, rumput laut juga sangat dianjurkan bagi mereka yang melakukan diet karena serat yang dikandung didalam rumput laut dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah perut cepat lapar.

Rumput laut juga bagus dikonsumsi bagi orang-orang yang sering terkena polusi atau racun, kandungan klorofilnya dapat melakukan detoks pada tubuh secara alami. Bagi mereka yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi, rumput laut ini cocok dijadikan sebagai pengganti garam.

Jika mereka bertanya-tanya kenapa manula di Jepang masih sangat kuat dan energik mungkin ini adalah salah satu jawabannya, menurut penelitian rumput laut dapat mencegah keropos tulang atau osteoporosis. Kandungan kalsium 5x lipat lebih banyak dari pada susu ini bisa mencegah keropos tulang dan gigi.

4. Ikan

Kita semua tahu bahwa penduduk Jepang sangat menggemari mengkonsumsi ikan mentah-mentah, biasanya mereka mengolah ikan menjadi sushi ataupun sashimi. Tak hanya enak dan segar saat dimakan langsung mentah-mentah namun manfaatnyapun  sangat banyak, kandungan omega 3 dapat berfungsi baik bagi kecerdasan otak, mencegah terjadinya penyakit jantung dan kolesterol, menyehatkan sistem kardiovaskuler, menstabilkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko stroke, mata dan kulit menjadi lebih sehat, mengurangi risiko adanya kanker dan mengurangi resiko terkena alzheimer.

5. Acar sayur

Acar sayur bagus untuk mengontrol gula darah dan mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh. Selain itu, acar sayur juga baik untuk mencegah sembelit maupun susah buang air besar karena kaya akan serat.

Nah itulah beberapa resep rahasia panjang umur dan awet muda penduduk Jepang yang mudah untuk ditiru, bagaimana? apakah kalian tertarik memulai pola hidup sehat ala orang Jepang?

Baca Juga