Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

2 minggu lalu

Para ibu-ibu yang sedang hamil, sudahkah kalian memperhatikan makanan yang kalian makan? Atau pola makan kalian masih asal-asalan sama seperti saat belum berbadan dua? Menjaga pola makan dan memperhatikan asupan makanan bagi ibu hamil sangatlah penting lho mom. Pasalnya akan berdampak pada pertumbuhan janin yang ada dalam kandunganmu.

Namun tak bisa dipungkiri jika kebanyakan ibu-ibu pasti akan merasa mual dan sering muntah-muntah pada awal-awal kehamilan, sehingga membuat kebanyakan ibu-ibu hamil kehilangan nafsu makan mereka. Padahal Ibu hamil harus tetap makan makanan yang nutrisinya tepat, karena akan berdampak pada janin yang dilahirkannya.

Tapi sebagai calon wonder mom untuk anak-anakmu kelak, kamu nggak boleh kalah dengan rasa mual tersebut. Jangan pantang menyerah untuk mengatur gizi makanan sehari-hari. Meskipun terdengar sedikit ribet, tapi dalam memilih makanan untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan. Hamil bukan berarti bisa mengonsumsi semua jenis makanan dan makan dengan seenaknya.

Jangan percaya mitos bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lipat karena sedang berbadan dua. Yang benar adalah, makanlah 2 kali lebih bergizi, bukan 2 kali lebih banyak.

Bila kita makan sembarang dan berlebihan, asupan kalori yang kelebihan akan membuat tubuh kegemukan. Ibu hamil yang gemuk belum tentu melahirkan bayi gemuk pula. Akhirnya justru kamu akan kesulitan menurunkan berat badan setelah melahirkan nanti.

Untuk itu, penting halnya untuk memperhatikan makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, berikut ini Blog Unik akan membagikan informasi mengenai jenis-jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya!

1. Telur

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - telur

photo via today.com

Mungkin tak semua orang menyukai telur, tapi buat para ibu-ibu yang sedang hamil, telur adalah salah satu makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Pasalnya telur kaya akan omega 3. Selain itu merupakan sumber folat, zat besi dan juga kolin. Kolin ini sangat baik untuk perkembangan otak dan membantu mengurangi resiko cacat saraf pada janin.

Telur ini sangat direkomendasikan buat para ibu hamil yang sudah memasuki trimester kedua dan ketiga. Kamupun dapat mengonsumsinya dengan cara direbus ataupun digoreng, sesuai selera asalkan jangan mentah. Agar semua manfaatnya bisa didapatkan, kamu harus memakan semua bagiannya baik bagian putih ataupun bagian kuning atau sari telurnya, tapi ingat jangan berlebihan dalam mengkonsumsi telur.

2. Ubi

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - ubi

photo via teen.co.id

Setelah telur, para ibu hamil juga direkomendasikan untuk memakan ubi. Pasalnya ubi merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Ubi penuh dengan serat bergisi dan juga mengandung vitamin B6, potasium, vitamin C, zat besi, serta beta-karoten. Kandungan yang terdapat dalam ubi ini baik untuk perkembangan mata, tulang, dan kulit bayi.Bahkan dapat memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus ataupun digoreng dan mengkonsumsinya setiap pagi sebagai menu sarapan.

3. Kacang-kacangan

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - kacang-kacangan

photo via bobo.grid.id

Selain itu, mengkonsumsi kacang-kacangan juga sangat baik bagi ibu hamil muda. Pasalnya selama masa kehamilan, keseringan beberapa perempuan mengalami masalah pencernaan seperti wasir atau konstipasi (susah BAB). Untuk itu, kamu disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi kacang-kacangan karena banyak mengandung serat.

Selain mengandung serat yang baik untuk pencernaan, makanan sehat untuk ibu hamil ini juga diperkaya dengan zat kalsium, folat, zat besi, dan seng. Jenis kacang-kacangan seperti kedelai, kacang polong dan kacang tanah mengandung asam folat, protein dan kalsium yang berguna untuk mengurangi risiko penyakit dan cacat pada bayi saat dilahirkan.

4. Daging tanpa lemak

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - daging tanpa lemak

photo via edesmeats.com

Buat para ibu-ibu muda yang sedang hamil, selain telur, daging tanpa lemak juga merupakan sumber protein yang baik untuk kesehatan janin dan juga buat kesehatan sang ibu. Ibu hamil sangat membutuhkan protein untuk pertumbuhan bayi dan memastikan otot-ototnya berkembang dengan baik. Daging tanpa lemak ini juga membantu menyuplai dosis vitamin B6 yang baik untuk pertumbuhan jaringan dan otak bayi. Terdapat vitamin B12 juga yang fungsinya membantu menjaga kesehatan syaraf dan sel darah merah. Selain itu daging seperti daging sapi juga mengandung zat besi, kolin,dan vitamin B lainnya yang dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi selama masa kehamilan. Wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi, karena volume darah mereka meningkat, khususnya pada trimester ketiga.

5. Oatmeal

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - oatmeal

photo via frommybowl.com

Buat kamu yang terbiasa sarapan dengan sereal, ada baiknya menu sarapanmu saat hamil diganti dengan oatmel. Pasalnya, oatmeal kaya akan serat, protein, dan vitamin B6. Mengkonsumsi semangkuk makanan sehat berupa oatmeal untuk sarapan pagi hari akan memberikan energi ekstra. Apalagi saat kamu sedang merasa lelang atau mual-mual karena morning sicknes. Nutrisi yang dikandung oatmeal ini juga baik untuk perkembangan bayi. Selain itu oatmel juga merupakan sumber karbohidrat yang kaya akan serat, vitamin B, zat besi, potasium dan mineral lainnya. Serat yang terdapat pada oatmel dapat membantu para ibu hamil untuk melancarkan pencernaan.

6. Ikan salmon

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - ikan salmon

photo via wap.mi.baca.co.id

Buat para pecinta sushi, ikan salmon mungkin sudah nggak asing lagi. Ikan yang lembut dan lezat ini memang mampu membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya. Selain enak, ikan salmon juga merupakan sumber asam lemak omega-3 dan protein yang sangat baik untuk makanan sehat bagi ibu hamil.

Asam lemak omega-3 (alias DHA dan EPA) dalam ikan ini, membantu otak bayi untuk berkembang serta meningkatkan keterampilan motorik, dan mengurangi risiko masalah neurologis pada bayi di kemudian hari. Kandungan pada ikan salmon ini juga bisa meningkatkan IQ pada bayi dikemudian hari. Untuk itu, ibu-ibu hamil sangat disarankan untuk makan ikan salmon setiap minggunya. Kamu bisa memasak salmon dengan cara merebus. Hindari penggunaan MSG atau bahan kimia lain saat mengolah salmon. Selain itu hindari mengonsumsi salmon mentah, karena kemungkinan adanya kontaminasi bakteri pada makanan mentah.

7. Gandum

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - gandum

photo via 1health.id

Lengkapi juga kebutuhan karbohidratmu dengan mengkonsumsi gandum. Gandum merupakan sumber makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung serat, vitamin E, serta selenium yang sangat bagus untuk membantu perkembangan janin di perut. Gandum juga dapat menguragi risiko obesitas dan diabetes saat masa kehamilan. Kandungan serat pada gandum juga dapat membantu proses pencernaan dan mengurangi konstipasi serta diare.

8. Brokoli dan sayuran hijau lainnya

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - Brokoli dan sayuran hijau lainnya

photo via yourgrocer.com.au

Ibu hamil juga memerlukan makanan sehat berupa sayur-sayuran. Salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah brokoli. Pasalnya brokoli mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Nutrisi yang terdapat pada brokoli seperti zat besi, asam folat, dan kasium Kandungan zat besi yang terdapat pada brokoli misalnya bermanfaat dalam mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Selain itu, kandungan asam folat pada brokoli juga bermanfaat dalam melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf.

Selain brokoli, para ibu hamil juga dapat mengkonsumsi sayuran hijau lainnya sebagai makanan sehat untuk ibu hamil karena banyak mengandung serat, vitamin C, K, A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Selain brokoli, sayuran hijau yang bisa ibu hamil konsumsi adalah bayam, sawi hijau, asparagus, kangkung dan lain-lain.

9. Buah-buahan

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - Buah-buahan

photo via cookinglight.com

Selain sayur-sayuran hijau, ibu hamil juga diwajibkan untuk rutin mengkonsumsi buah-buahan. Mengkonsumsi buah-buahan seperti alpukat, delima, bermacam-macam buah berries, jambu, pisang dan apel sangat baik untuk perumbuhan bayi didalam kandungan. Sebab, Buah mengandung berbagai vitamin, mineral dan anti oksidan.

Seperti pisang misalnya, mengandung potasium yang tinggi dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Potasium juga membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam sel-sel tubuh kamu. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang diperlukan dalam metabolisme protein, lemak dan karbohidrat.Vitamin B6 yang terkandung pada pisang juga dapat membantu meredakan mual dan muntah.

Selain itu, menkonsumsi bermacam-macam buah berries secara rutin juga dapat membuat kulit bayi tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh pada anak. Pasalnya buah berries mengandung banyak vitamin C yang baik untuk perkembangan kulit dan daya tahan tubuh bayi.

Nah buah para ibu hamil yang kurang suka dengan buah, kamu bisa mengolahnya menjadi jus. Seperti jus jeruk misalnya. Jus jeruk ini mengandung folat, kalium, dan vitamin C. Nutrisi pada jus jeruk ini dapat mencegah cacat lahir di awal kehamilan, dan memastikan kehamilan yang sehat setelahnya. Kalium yang dikandungnya juga penting untuk menjaga fungsi otot, metabolisme, dan kesehatan selama hamil. Selain itu, dapat membantu tubuhmenyerap zat besi, serta menjaga gigi dan tulang agar tetap kuat dan sehat.

10. Produk susu

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil - Produk susu

photo via klikdokter.com

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah produk susu. Susu mengandung aneka vitamin seperti vitamin B, magnesium dan zat besi. Melalui minum susu, tulang bayi dan ibu tetap terjaga dan kuat. Adapula kandungan probiotik sehingga kandungan juga terhindari dari bakteri, zat anti alergi dan infeksi. Jadi nggak heran kenapa banyak ibu-ibu hamil diwajibkan untuk meminum susu khusus ibu hamil.

Selain itu produk olahan susu lainnya seperti yogurt juga bisa menjadi salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk ibu hamil. Pasalnya yogurt kaya akan kalsium yang membantu pembentukan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu.

Plain yogurt mengandung sedikit lebih banyak kalsium daripada susu. Ditambah lagi, yogurt kaya nutrisi penting seperti vitamin B dan zat besi. Kalsium sangat penting untuk menjaga tulang dan gigi tetap sehat.

Nah itu dia beberapa rekomendasi makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buat para ibu hamil tetaplah semangat untuk memberikan nutrisi yang terbaik untuk bayi dalam perut kalian. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Baca Juga