Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat

3 bulan lalu

Masalah kulit yang nomor satu mengganggu adalah jerawat. Jerawat sendiri adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati sehingga muncul jerawat yang biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Meski jerawat dapat dialami oleh siapa saja, namun sebagian besar kasus jerawat terjadi di masa puber, yaitu pada remaja berusia 10-13 tahun, dan semakin buruk pada orang dengan kulit berminyak. Jerawat pada remaja umumnya akan hilang dengan sendirinya pada awal usia 20 tahun. Namun pada sebagian kasus, masih ada yang mengalami masalah jerawat hingga usia 30 tahun, terutama wanita.

Jerawat sendiri telah menjadi penyakit yang hampir tak bisa disembuhkan. Jika hari ini jerawat diwajah hilang maka dihari berikutnya bisa saja tiba-tiba muncul tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Hal itu karena beberapa faktor yang mempengaruhinya sehingga jerawat bisa berkembang pesat. Faktor penyebab jerawatpun beraneka ragam guys, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Penyebab munculnya jerawat

1. Perubahan hormon

Sebagian besar kasus jerawat pada wanita terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa tertentu, misalnya menjelang menstruasi, tiga bulan pertama masa kehamilan, atau akibat PCOS. PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik sendiri merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Kondisi ini menyebabkan hormon wanita yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang karena hal-hal yang tidak diketahui.

2. Masa pubertas

sebagian besar remaja didunia ini pasti pernah mengalami jerawat. Pada masa pubertas, aktivitas hormon testosteron akan meningkat. Akibatnya kelenjar minyak menghasilkan sebum dalam jumlah lebih banyak dari yang dibutuhkan kulit. Nah kelebihan minyak inilah yang rentan mengakibatkan munculnya jerawat.

3. Radikal bebas

Beraktivitas di dalam ruangan ber-AC ternyata bukanlah jaminan mutlak untuk kulit sehat. Justru, kulit menjadi terasa kering dan kusam karena bakteri dan zat yang terdapat dalam pendingin ruangan tersebut. Selain itu, bagi kamu yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan, kulit akan terasa sangat berminyak akibat keringat, polusi dan radikal bebas. Bila wajahmu tidak rajin dibersihkan, maka polusi dan radikal bebas akan menumpuk diwajahmu dan mengakibatkan timbulnya jerawat

Selain itu, menggunakan make up berlebihan namun tidak dibersihkan juga menjadi salah satu penyebab utama wakah kamu terserang jerawat. Bayangkan saja jika kita menggunakan makeup yang tebal, tapi tidak membersihkannya dengan benar, pasti residunya akan menumpuk dan bersatu dengan minyak dan kotoran lainnya. Sehingga bakteri penyebab jerawat akan berkembang dengan pesat

Maka dari itu bagi pemilik kulit yang mudah bejerawat, membersihkan wajah adalah hal wajib untuk menghindari munculnya jerawat yang baru. Namun kalau sudah rajin membersihkan wajah tapi jerawat tetap timbul, mungkin saja karena kebersihan air dirumahmu kurang baik. Untuk itu, coba gunakan air minum untuk mencuci wajah selama beberapa hari.

Jika memang kulit jadi lebih bersih dan jerawat menjinak setelah menggunakan air minum, artinya air di tempat tinggal kamu kualitasnya kurang baik. Kamu bisa memasang filter agar klorin di dalam air bisa tersaring lebih baik, atau gunakan pembersih wajah dalam bentuk cairan seperti cleanser atau micellar water untuk mengangkat kotoran diwajahmu.

Micellar water sendiri adalah pembersih wajah cair yang berbahan dasar air. Pembersih ini bisa kamu gunakan untuk menghapus makeup, menyegarkan wajah, dan cuci muka. Tak heran jika produk ini langsung menjadi pilihan banyak orang meskipun harganya relatif jauh lebih mahal dari produk-produk pembersih wajah lainnya.

Dikutip dari Hello Sehat, micellar water tidak seperti produk-produk pembersih wajah lain yang mengandung sabun serta alkohol untuk membantu mengangkat kotoran atau makeup namun micellar water kaya akan micelles. Micelles sendiri adalah molekul-molekul minyak berukuran sangat kecil seperti butiran mikro yang tersimpan dalam air yang lembut. Molekul-molekul minyak ini mampu mengikat serta mengangkat berbagai kotoran, debu, kuman, dan minyak kotor yang menempel penyebab jerawat pada wajah. Karena kemampuannya ini, kamu tak perlu membilas lagi dengan air atau sabun wajah. Formulanya juga efektif untuk menghapus makeup dan noda-noda yang cukup membandel. Sifat pembersih micellar yang serbaguna dan praktis inilah yang menjadikannya begitu populer di kalangan pencinta perawatan kulit dan wajah.

Maka dari itu, kali ini Blog Unik akan membahas tentang beberapa macam micellar water yang cocok untuk kulit berjerawat, yang aman kamu gunakan setiap hari. Mau tau apa saja? Berikut daftarnya!

1. Garnier Micellar Water

Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat - Garnier Micellar Water

photo via : www.sociolla.com

Buat kamu yang ingin mengatasi wajah berminyak dan berjerawat, kamu bisa menggunakan Garnier Micellar Water yang berwarna biru. Dalam satu usapan, kamu bisa membersihkan dan menyegarkan wajah tanpa perlu dibilas. Selain bisa membantu mengatasi jerawat, micellar water yang satu ini bisa mengangkat minyak berlebih, mengangkat debu atau kotoran pada wajah, dan menghapus sisa makeup dengan lebih mudah.

Kandungan utama produk ini adalah air, hexylene glycol dan glycerin, yang cocok untuk membersihkan make up, kotoran dan debu pada wajah terutama untuk kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini tidak lengket serta bebas alkohol dan parfum, sehingga mengurangi iritasi pada kulit yang cenderung sensitif. Manfaatnya telah terbukti baik untuk kulit sehingga produk ini diklaim sebagai micellar water terlaris termasuk di Indonesia.

2. Bioderma Sebium H20 Water

Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat - Bioderma Sebium H20 Water

photo via : http://www.healthvalue.gr

Saat ini, produk micellar water memang sedang trend didunia kecantikan. Dan salah satu pionir yang mempopulerkan micellar water adalah Bioderma Sebium H20 Water. Brand asal Prancis bebas alkohol, paraben serta parfum, kandungannya pun memiliki label hypoallergenic, sehingga meminimalisir munculnya alergi pada kulit. Bioderma mengeluarkan beberapa varian produk yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah Bioderma Sebium H20 Water yang ditujukan untuk kulit kombinasi, berminyak, dan berjerawat.

Kandungan di dalam micellar water ini telah diformulasikan agar benar-benar cocok untuk kulit dengan elemen yang menyerupai phospholipids sehingga mampu meregenerasi lapisan lipid kulit secara natural. Hanya dengan sekali usap, micellar water ini bisa menghapus make up kamu dengan mudah dan mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada wajah.

3. La Roche Posay Effaclar Micellar Water

Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat - La Roche Posay Effaclar Micellar Water

photo via : www.ebay.com.au

La Roche-Posay adalah salah satu brand asal Perancis yang berfokus pada perawatan kulit untuk beberapa masalah dan kondisi kulit, terutama eczema. Namun, tidak hanya untuk eczema, La Roche-Posay juga memiliki rangkaian Effaclar yang ditujukan untuk kulit berjerawat. Salah satunya adalah La Roche Posay Effaclar Micellar Water.

Produk ini merupakan salah satu pembersih bagian epidermis kulit, sehingga jika kamu menggunakannya secara rutin, wajahmu tidak akan memproduksi minyak secara berlebih. Dengan begitu, kulit kamu akan lebih terhindar dari jerawat.

Selain itu, produk ini juga bisa digunakan pagi hari untuk menggantikan sabun yang membuat iritasi kulit, karena formulanya bisa lebih menyegarkan. Sedangkan pada malam hari, produk ini bisa digunakan untuk menghapus make up. Produk ini memiliki kandungan zinc di dalamnya membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

4. Maybelline Micellar Water

Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat - Maybelline Micellar Water

photo via : makeupandbeautyforever.com

Rekomendasi micellar water yang cocok untuk kulit berjerawat sekanjutnya adalah Maybelline Micellar Water. Micellar water dari Maybelline ini memiliki formula 4 in 1 yang bisa memberikan segudang manfaat untukmu. Mulai dari membersihkan, mengangkat sisa make up, melembapkan kulit, dan mencerahkan kulit secara berkala. Sehingga produk ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat. Apalagi Maybelline Micellar Water tidak mengandung wangi-wangian, alkohol, bebas minyak, serta no-sting cleansing jadi tidak akan memperparah jerawatmu.

5. Mineral Botanica Micellar Water

Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat - Mineral Botanica Micellar Water

photo via : www.cyanophyta.net

Micellar Cleansing Water dari Mineral Botanica merupakan micellar water pertama keluaran produk lokal. Mineral Botanica-Micellar Cleansing Water mampu mengangkat kotoran, membersihkan kulit, bebas alkohol, menghapus makeup dengan lembut, dan juga melembapkan.

Micelle merupakan molekul yang terdiri dari kepala dan ekor. Bagian kepala bersifat hydrophilic, cenderung tertarik dengan kandungan air, ekor bersifat lipophilic, yaitu cenderung tertarik dengan minyak, lemak, dan sejenisnya. Sementara itu kapas juga bersifat hydrophilic sehingga akan mengikat kepala molekul Micelle, sedangkan bagian ekornya dengan bebas menarik semua kotoran, minyak dan apapun yang bukan air. Micellar Cleansing Water tidak mengandung sabun, alkohol, detergen dan bahan kimia berbahaya lainnya yang tidak cocok bagi kulit sensitif. Sebaliknya, Micellar Water justru meninggalkan sensasi kulit yang lembab, fresh, dan clean feeling.

Penggunaan yang teratur akan membuat wajah anda menjadi lebih bersih serta berkurangnya minyak di wajah penyebab jerawat. kamu akan merasakan kekenyalan kulit wajah anda meningat setiap kali selesai memakai produk ini .

6. Ovale Micellar Cleansing Water Brightening for Acne Skin

Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat - Ovale Micellar Cleansing Water Brightening for Acne Skin

photo via : http://blossomshine.com

Selanjutnya ada Micellar Water dari Ovale guys. Ovale Micellar Water adalah pembersih sisa make up yang berbahan dasar air, tanpa kandungan alkohol dan wewangian. Micellar Water ini diperkaya dengan Magnolia extract, jadi klaimnya membersihkan sisa make up, juga dapat mencerahkan kulit wajah secara natural. Dari dua varian, Ovale Micellar Cleansing Water Brightening for Acne Skin adalah Micellar Water yang ampuh membasmi jerawat.

Mengandung magnolia yang berfungsi untuk mencerahkan kulit serta mencegah iritasi. Varian ini juga mengandung green tea extract yang bermanfaat untuk anti-oksidan dan merawat kulit berjerawat. Karena sudah teruji secara dermatologi & hypoallergenic, jadi aman untuk digunakan sehari-hari, khususnya yang memiliki kulit sensitif, kulit kering, atau kulit beminyak. Bahkan selain aman, Ovale Micellar Cleansing Water ini juga diklaim memberikan kelembapan bagi kulit.

7. Nivea MicellAIR Skin Breathe Micellar Water

Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat - Nivea MicellAIR Skin Breathe Micellar Water

photo via : review.bukalapak.com

Micellar water selanjutnya yang rekomended buat kamu yang jerawatan adalah Nivea MicellAIR Skin Breathe Micellar Water. Nivea MicellAir Skin Breathe memiliki kandungan glycerin dan castrol oil yang tidak hanya menghidrasi kulit, namun sekaligus mengurangi bekas jerawat, mencegah munculnya jerawat baru, serta merangsang produksi kolagen agar terhindar dari gejala penuaan dini. Teknologi partikel Micelles Complex-nya juga efektif bekerja mengangkat semua kotoran, sebum tanpa residu.

Selain itu, Nivea MicellAIR Skin Breathe Micellar Water juga mampu membersihkan make up di wajah, hingga make up yang sulit untuk di hapus (waterproof make up). Sehingga kulit bisa bebas bernapas. Mengandung 0% alcohol sehingga aman untuk kulit sensitive dan tidak membuat iritasi kulit. Terdapat kandungan 3 Black Minerals yang membantu memberikan kelembutan, dan mencerahkan setelah pemakaian.

8. URIAGE Micellar Water – Combination To Oily

Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat - URIAGE Micellar Water – Combination To Oily

photo via : /www.bloglovin.com

Buat kamu yang memiliki masalah kulit berminyak dan berpori-pori besar maka URIAGE Micellar Water ini cocok untuk kalian aplikasikan diwajah. Paslnya produk ini bisa diandalkan untuk kamu yang memiliki kulit kombinasi cenderung berminyak. Diperkaya dengan kandungan apel yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori wajah. Micellar water ini juga bisa membantu kamu untuk menghidrasi, melindungi, dan melembapkan kulit berminyak.

9. SENKA All Clear Water Fresh – Anti Shine

Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat - SENKA All Clear Water Fresh – Anti Shine

photo via : bachhoacc.com

Micellar water yang cocok buat kulit berjerawat selanjutnya adalah Micellar water dari Senka. SENKA All Clear Water Fresh ini hadir dalam dua varian yaitu fresh – anti shine dan white – vibrant white. Untuk kalian yang memiliki kulit berminyak, bisa mencoba variant fresh – anti shine. Varian ini diformulasikan dengan Uji Green Tea yang kaya akan anti-oksidan tinggi sehingga mampu menyegarkan dan menjaga kulit bebas minyak lebih lama. Micellar water ini juga bebas dari pewarna, pewangi, dan kandungan minyak, jadi cocok buat kamu pemilik kulit kombinasi cenderung berminyak, dan berjerawat.

10. Yves Rocher Sebo Vegetal Micellar Water 2 in 1

Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Berjerawat - Yves Rocher Sebo Vegetal Micellar Water 2 in 1

photo via : www.amazon.com

Micellar water selanjutnya adalah Yves Rocher Sebo Vegetal Micellar Water 2 IN 1. Meskipun cara bacanya agak belibet namun manfaat dari micellar water satu ini sangat banyak lho. Micellar Water ini diklaim efektif dalam mengangkat sebum serta kotoran pada wajah. Produk ini diperkaya dengan Baikal Powder, yakni sebuah kandungan khusus yang dapat membersihkan berminyak Selain bekerja sebagai cleanser produk ini juga berfungsi sebagai toner. Dengan penggunaan yang rutin, kulit akan menjadi lebih bersih, tampak lebih sehat, dan terasa lebih segar. Yves Rocher Sebo Vegetal Micellar Water 2in1 juga tidak mengandung paraben, mineral oil, pewarna, dan silikon sehingga aman untuk digunakan.

Nah itu dia beberapa rekomendasi merk micellar water yang cocok buat kamu yang memiliki kulit berjerawat dan cenderung berminyak! Untuk hasil yang maksimal tentunya kamu harus rutin menggunakannya sesuai peraturan pemakaian ya guys!

Baca Juga