Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

Dibuat oleh blogunik

Buat kamu yang hobi baca novel romantis, jangan lewatkan rekomendasi novel romantis terbaik Indonesia berikut ini!

Seperti menonton film, kisah yang ditawarkan dalam novel-novel romantis terbaik memang mampu membuat pembaca terhanyut dengan perasaaan yang dihadirkan dalam cerita. Sehingga nggak heran ketika membaca novel romantis, kita bisa senyum-senyum sendiri bahkan menangis. Membaca novel romantis bahkan memberikan sensasi yang berbeda ketika menonton film. Nah buat kamu yang gemar membaca novel dan sedang mencari rekomendasi novel romantis yang menarik untuk dibaca, berikut ini Blog Unik berbagi beberapa rekomendasi novel romantis terbaik Indonesia yang best seller dan wajib untuk dibaca. So let’s check it out guys!

15 Novel Romantis Terbaik Indonesia

1. Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 – Pidi Baiq

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via ebooks.gramedia.com

Novel romantis terbaik Indonesia diawali dengan novel karya Pidi Baiq yang populer yakni Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990. Novel yang terbit pada tahun 2014 ini memiliki halaman yang cukup tebal yakni 332 halaman dan becerita tentang percintaan sepasang anak SMA dengan latar tahun 1990.

Didalamnya, selain kisah cinta yang penuh dengan keindahan, terdapat juga beberapa puisi-pusisi super romantis dan gombal ala Dilan yang bakal sial membuat pembacanya baper. Kesuksesan novel Dilan ini juga, membuat rumah produksi Max Pictures mengangkat ceritanya ke layar lebar. Bahkan versi layar lebarnya juga mendulang kesuksesan yang luar biasa.

2. Konspirasi Alam Semesta – Fiersa Besari

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via lazada.co.id

Fiersa Besari, seorang musisi dan juga penulis juga menghadirkan karya novel romantis bertajuk Konspirasi Alam Semesta yang diterbitkannya pada tahun 2017 lalu. Novel 244 halaman ini menceritakan tentang perjalanan cinta antara Juang dan Ana. Mereka dipertemukan oleh takdir dan harus menghadapi dilema cinta dan lika-liku kehidupan dalam mempertahankan hubungan asmara mereka.
Menariknya, novel karya Fiersa Besari ini menampilkan nuansa romantis yang elegan dan tidak kekanak-kanakan, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

3. Critical Eleven – Ika Natassa

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via gramedia.com

Selanjutnya ada novel romantis bertajuk Critical Eleven karya Ika Natassa. Novel ini merupakan salah satu novel romantis terbaik Indonesia dan juga merupakan novel best seller yang terbit tahun 2015 lalu.

Novel karya Ika Natassa ini merupakan novel berjenis fiksi yang bercerita tentang pertemuan antara Ale dan Anya yang begitu spesial. Keduanya bertemu dalam waktu 11 menit saat berada di pesawat yang membawa mereka dari Jakarta menuju Sydney, Australia. Kedua insan ini jatuh cinta pada waktu yang sangat singkat yaitu hanya dalam 11 menit saja. Dimana 3 menit bersifat kritis dan 8 menit sebelum berpisah. Nggak heran jika novel ini diberi judul Critical Eleven.

Karena kesuksesan novel romantis ini, Critical Eleven juga diangkat menjadi film layar lebar yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan Adinia Wirasti.

4. Angan Senja dan Senyum Pagi – Fahd Pahdephie

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via shopee.co.id

Angan Senja dan Senyum Pagi juga merupakan salah satu novel best seller karya Fahd Pahdephie. Novel yang terbit pertama tahu 2017 ini menceritakan tentang kisah cinta dan perjalanan hidup antara Angan Senja dan Senyum Pagi. Kisah mereka berawal manis tapi harus berujung pada kepahitan.

Kisah cinta mereka akan membawa kalian kedalam petualangan tak biasa. Namun perpisahan tak bisa dihindari dan membuat mereka akhirnya bertemu kembali setelah 17 tahun. Meski telah bertemu, namun hubungan mereka rasanya sangat terlambat untuk diperbaiki.

5. Dear Nathan – Erisca Febriani

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via lazada.co.id

Novel romantis terbaik Indonesia yang wajib kamu baca selanjutnya adalah novel Dear Nathan karya Erisca Febriani. Novel terbitan tahun 2015 ini merupakan adaptasi dari cerita yang dikembangkan pada sebuah platform bernama “Wattpad” karya penulis yang sama.

Novel ini mengangkat kisah asmara antara Nathan dan Salma. Salma yang sangat polos dan Nathan yang nakal dan pembuat onar. Perbedaan tersebut membuat mereka saling melengkapi. Salma selalu bisa mengendalikan Nathan yang nakal, dan Nathan selalu menjaga Salma dengan sekuat tenaga. Jalan ceritanya sangat menarik, nggak heran jika novel ini menjadi salah satu novel best seller dan diangkat menjadi film layar lebar yang disutradarai oleh Indra Gunawan.

6. Autumn in Paris – Ilana Tan

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via ebooks.gramedia.com

Autumn in Paris juga merupakan salah satu novel romantis terbaik Indonesia yang sayang jika tidak dibaca. Novel bergenre chicklit ini berkisah tentang hubungan asmara Tara dan Tatsuya yang berjalan rumit. Awalnya semua berjalan dengan indah, namun sebuah rahasia besar menghancurkan segalanya.

Selain jalan ceritanya yang menarik, novel terbitan tahun 2007 ini juga memiliki banyak kutipan tentang cinta yang romantis yang bakal membuat kamu ikut masuk kedalam cerita dan menguras emosi kamu.

7. Rindu – Tere Liye

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via lpmperspektif.com

Diterbitkan pada tahun 2014, novel karya dari Tere Liye bertajuk Rindu juga menjadi salah satu novel romantis terbaik yang wajib kamu baca. Novel ini memiliki 544 halaman dengan alur cerita yang sangat menarik dan tak pasaran.

Novel Rindu ini memuat konflik percintaan romantis dengan alur mundurnya yang khas. Menceritakan tentang kisah perjalanan sebuah kapal uap yang mengangkut jamaah haji dari pelabuhan Makassar. Banyak pesan yang disampaikan oleh penulis tersampaikan dengan sangat baik. Nggak heran jika novel romantis ini mendapatkan gelar buku islami kategori fiksi dewasa terbaik tahun 2015.

8. Bumi Manusia – Pramoedya Ananta Toer

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via shopee.co.id

Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer juga menjadi salah satu novel romantis yang wajib untuk dibawa. Novel yang diterbitkan tahun 1980 ini memiliki halaman yang cukup tebal yakni 535 halaman dan berisikan kisah cinta romantis yang tak biasa dan juga menguras emosi.

Novel Bumi Manusia ini mengisahkan tentang kisah cinta antara Minke dan Annelies pada era pendudukan Belanda di Indonesia. Kisah cinta mereka terhalang restu orang tua. Namun kegigihan Minke dalam memperjuangkan cintanya pada Annelies membuat novel ini layak disebut dengan novel romantis terbaik.

Saking menariknya novel ini, Bumi Manusia juga diangkat kedalam layar lebar pada 2019 lalu bertajuk sama yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Mawar Eva de Jongh.

9. Garis Waktu – Fiersa Besari

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via bukukita.com

Fiersa Besari memang dikenal dengan karya tulisnya yang selalu best seller, salah satunya adalah novel bertajuk Garis Waktu. Novel romantis ini diterbitkan tahun 2016 dan memiliki 216 halaman.

Memiliki cerita cinta yang romantis tentang perjalanan menghapus luka, Garis Waktu sendiri berkisah tentang sosok tokoh “Aku” dan “Kamu” yang menyajikan rangkaian perasaan mulai dari mengagumi kemudian memendam perasaan, berharap, kasmaran, jatuh cinta hingga akhirnya patah hati dan dikhianati. Namun tak sampai disitu, kisah novel ini juga berlanjut hingga tokoh “Aku” dan “Kamu” bisa bangkit kembali dengan rasa ikhlas.

10. Bad Romance – Equita Millianda

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via shopee.co.id

Rekomendasi novel romantis terbaik Indonesia selanjutnya adalah novel Bad Romance karya Equita Millianda. Novel ini diterbitkan oleh Mizan Publishing dan mengisahkan tentang Nathaniel Adriano Wirasetya atau akrab disapa Nathan, seorang cowok yang hobi membuat kerusuhan di sekolah. Tapi statusnya sebagai cucu pemilik yayasan seolah membuat semua peraturan tak berlaku bagi Nathan yang sok berkuasa. Sampai akhirnya ia bertemu dengan Katya, seorang gadis yang berani menentang kelakuan Nathan yang menjengkelkan. Sampai pada satu hari, mereka memutuskan untuk membuat sebuah perjanjian yang bakal membuat hubungan mereka menjadi dekat.

11. Sebuah Usaha Melupakan – Boy Candra

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik Indonesia

photo via mojokstore.com

Selanjutnya ada novel dengan judul Sebuah Usaha Melupakan karya Boy Candra. Novel romantis terbaik ini diterbitkan pada tahun 2016 dan memiliki 306 halaman dengan jalan cerita yang menarik.

Novel romantis ini bercerita tentang sudut pandang Aku yang sangat mencintai pasangannya walaupun mereka berhubungan dalam jarak jauh. Namun keindahan hubungan mereka rusak gara-gara Aku dikhianati oleh kekasih yang dia cintai.

Karena pengkhianatan tersebut, Aku pun menjadi seorang pembenci dan gemar berkata kasar pada pasangannya. Novel romantis ini seolah mengajarkan para pembacanya untuk menemukan sebuah cinta yang baru ketika seseorang telah dikhianati cinta.

12. Friend Zone – Vanessa Marcella

Novel Romantis Terbaik Indonesia

Photo via tokopedia.com

Friend Zone merupakan novel romantis karya Vanessa Marcella yang rekomended untuk dibaca. Novel 264 halaman ini diterbitkan oleh Mizan pada tanggal 3 Agustus 2016 lalu. Novel Friend Zone bercerita tentang persahabatan antara seorang remaja perempuan bernama Abel Asterella dan David Lucian. Persahabatan mereka telah terjalin sejak mereka berumur 5 tahun. Abel yang tomboi ternyata memendam rasa pada sahabat baiknya sendiri, David. Namun David tak pernah tahu jika Abel memiliki rasa padanya. Bakal bagaimana akhir kisah mereka? Langsung saja baca novelnya ya!

13. Jingga dan Senja – Esti Kinasih

Novel Romantis Terbaik Indonesia

Photo via goodreads.com

Selanjutnya adalah novel bertajuk Jingga dan Senja karya Esti Kinasih. Novel bergenre Teenlit ini diterbintkan pada tahun 2020 lalu oleh Gramedia Pustaka Utama dan memiliki 312 halaman yang sangat menarik dibaca perlembar demi per lembar.

Novel best seller karya Esti Kinasih ini bercerita tentang dua remaja bernama Tari dan Ari. Keduanya terlibat dalam hubungan percintaan yang rumit, dan diperparah dengan kemunculan Angga yang berhasil membuat alurnya semakin menarik untuk diikuti. Selain menyajikan kisah yang romantis, Jingga dan Senja juga memiliki nilai moral yang bisa kamu jadikan pelajaran.

14. Architecture of Love – Ika Natassa

Novel Romantis Indonesia

Photo via ebooks.gramedia.com

Novel Architecture of Love karya Ika Natassa juga menjadi salah satu novel romantis terbaik Indonesia yang wajib kamu baca. Novel ini memiliki 304 halaman dengan jalan cerita yang amat menarik. Novel Architecture of Love sendiri menceritakan tentang kisah cinta yang romantis antara River dengan Raia yang berlatar tempat kota New York.

Raia merupakan seorang penulis muda yang kehilangan muse setelah bercerai dengan suaminya, Alam. Iapun memutuskan pergi ke New York untuk mencari inspirasi dan melupakan semua kenangan bersama mantan suaminya. Namun di kota tersebut, ia bertemu dengan River, sosok pria misterius yang perlahan akan merubah jalan cerita kehidupan Raia.

15. Mariposa – Luluk HF

Novel Romantis Terbaik Indonesia

Photo via shopee.co.id

Satu lagi rekomendasi novel romantis terbaik Indonesia yang menarik untuk dibaca adalah novel Mariposa karya Luluk HF. Mariposa sendiri awalnya ditulis di platform Wattpad. Namun karena pembacanya sangat banyak, akhirnya kisah Mariposa ini diterbitkan dalam bentuk novel romantis dan memiliki 496 halaman dengan jalan cerita yang menarik.

Mariposa sendiri bercerita tentang sepasang anak muda bernama Iqbal dan Acha. Acha mempunyai cinta yang tulus kepada Iqbal, dan terus melakukan berbagai cara agar Iqbal membalas cintanya. Sayangnya Iqbal merupakan orang yang sangat dingin dan introvert. Namun Acha pantang menyerah, bagi Acha, selagi Iqbal masih berwujud manusia, ia pasti bisa mendapatkan hatinya.

Namun seiring berjalannya waktu Acha mulai lelah mengejar Iqbal dan menerima cinta tulus dari Juna sang ketua OSIS. Namun tak disangka, ternyata Iqbal juga mencintai Acha sehingga Iqbal mencegah Acha agar tidak menerima cinta dari Juna. Novel ini juga diangkat menjadi layar lebar pada tahun 2020 lalu dan dibintangi oleh Adhisty Zara dan Angga Yunanda.

Nah itu dia beberapa rekomendasi novel romantis terbaik Indonesia yang wajib kamu baca untuk mengisi waktu luang. Novel-novel diatas tidak hanya meyuguhkan jalan cerita romantis, namun juga bakal membuat kalian terhanyut ke dalam alur ceritanya yang menguras emosi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.