Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Di Semarang

Dibuat oleh blogunik

Indonesia dikenal dengan wisata kulinernya yang melimpah mulai dari makanan tradisional, makanan modern hingga makanan ringan ada. Salah satu kotanya yang juga memiliki tempat wisata kuliner yang enak dan lezat yaitu Semarang. Di Semarang secara umum kulinernya di dominasi dengan berbagai masakan khas Jawa, namun meskipun begitu masih banyak makanan lainnya di Semarang yang enak-enak. Jika kamu berkunjung ke Semarang jangan lupa mengunjungi tempat kuliner ini. Nah dimana saja itu? Berikut ini rekomendasi ada beberapa tempat wisata kuliner di Semarang yang wajib kamu kunjungi versi Blog Unik.

1. Angkringan Kemebul

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Angkringan Kemebul

Photo via instagram.com/angkringankemebul

Angkringan Kemebul adalah salah satu tempat wisata kuliner di Semarang. Tempat makan satu ini menyediakan aneka menu seperti jajanan pasar, nasi bakar, gorengan, wedang jahe, sate telur dan lainnya.

Photo via instagram.com/angkringankemebul

Selain itu Angkringan Kemebul ini juga menyediakan fasilitas seperti free wiFi dan live musik yang biasanya ada setiap hari selasa, rabu, jumat, sabtu serta minggu.

Untuk masalah harga, jangan kawatir karena harga disini cukup terjangkau kok.

Alamat : Jalan Bendungan Raya 115 C. Semarang, Jawa Tengah

2. Asem-asem Koh Liem

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Asem-asem Koh Liem

Photo via ksmtour.com

Jika kamu ingin memakan sesuatu yang rasanya asam-asam enak, kamu bisa datang ke Asem-asem Koh Liem. Asem-asem adalah kuliner yang berbahan daging sapi yang dipotong dadu dengan kuah berwarna bening kecoklatan yang menghasilkan rasa asam dan pedas yang menyegarkan.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Asem-asem Koh Liem Menu

Photo via travelingyuk.com

Tempat makan satu ini cukup populer di Semarang sehingga tak heran jika banyak dipadati pengunjung. Selain itu, disini juga terdapat hidangan pendamping seperti cah petai udang, cah kacang panjang, cah bayam dan cah sawi putih.

Alamat : Jl. Karang Anyar No.28- C4, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

3. Bebek Goreng Pak Thori

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Bebek Goreng Pak Thori

Photo via yufegidinasti.wordpress.com

Tempat wisata kuliner di Semarang ini bisa kamu jadikan pilihan jika ingin mencicipi enaknya olahan bebek goreng. Bebek Goreng Pak Thori ini adalah salah satu tempat makan bebek paling populer di Semarang dimana bebek gorengnya terkenal dengan cita rasanya yang khas.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Bebek Goreng Pak Thori Menu

Photo via jatenglive.com

Tak hanya itu saja, daging bebeknya juga dikenal sangat empuk dan bumbunya meresap hingga ke tulang. Selain menu bebek, disini juga terdapat menu lainnya seperti ayam goreng, lele goreng dan nasi goreng yang tak kalah enaknya.

Alamat : Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Sadeng, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah

4. Bakmi Jowo Pak Gareng

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Bakmi Jowo Pak Gareng

Photo via blog.negerisendiri.com

Bakmi Jowo Pak Gareng adalah tempat wisata kuliner di Semarang yang mulai dibuka pada tahun 1970. Bakmi Jowo Pak Gareng ini menjadi tempat favorit banyak orang serta beberapa selebriti. Tempat makan ini memiliki menu andalan yaitu mie dimana mie-nya ini memiliki cita rasa khas Jawa.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Bakmi Jowo Pak Gareng Menu

Photo via blog.negerisendiri.com

Varian mienya pun ada dua yaitu bakmi kuah dan bakmi goreng. Selain bakmi, tempat makan ini juga memiliki menu lainnya seperti nasi ruwet. Nasi ruwet ini adalah olahan nasi goreng yang dicampur dengan mie, sate ayam atau sate kambing.

Alamat : Jl. Wotgandul Dalam No.171, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

5. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Photo via ksmtour.com

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar adalah tempat wisata kuliner yang wajib kamu datangi ktika berkunjung ke Semarang. Tempat makan ini terlihat sederhana namun menu makanannya banyak disukai oleh banyak orang.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar Menu

Photo via masvay.com

Menu andalan disini yaitu gulai kambing dimana rasanya sangat enak dan kamu tidak akan menyesal setelah mencicipinya. Karena tempat makan ini sangat populer sehingga jika kamu tidak ingin berdesakan kamu bisa datang ketika tidak jam makan siang.

Alamat : Jalan MT. Haryono, Bustaman, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah

6. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Photo via loker-restoran.blogspot.com

Tiba-tiba kamu ingin makan gulai kepala ikan? Datang saja ke Gulai Kepala Ikan Pak Untung. Di tempat makan ini terdapat berbagai menu gulai kepala ikan yang bisa kamu cicipi mulai dari kepala ikan kakap, nila hingga salmon.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Gulai Kepala Ikan Pak Untung Menu

Photo via tripadvisor.co.id

Selain ikan terdapat juga menu udang, kerang, cumi dan lainnya. Tak hanya menu makanan, menu minuman pun juga ada mulai dari es teh hingga es manisan mangga.

Alamat : Jl. Singosari Raya No.79, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah

7. Kampung Laut

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Kampung Laut

Photo via pusvitasari.com

Buat kamu yang ingin makan ditemani dengan pemandangan yang indah, kamu bisa datang ke Kampung Laut. Kampung Laut adalah salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang menawarkan menu makanan seafood.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Kampung Laut Menu

Photo via jejakpiknik.com

Namun terdapat juga makanan dengan olahan ayam ataupun iga sapi. Tempat makan ini juga memiliki fasilitas kolam pemancingan, arena bermain khusus anak seperti ayunan, seluncuran dan jungkat-jungkit.

Alamat : Jl. Puri Anjasmoro Raya, Tawangsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah

8. Lumpia Gang Lombok

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Lumpia Gang Lombok

Photo via travelblog.id

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang tanpa mencoba makanan khasnya yaitu lumpia. Di Semarang ada banyak sekali tempat makan lumpia namun yang patut kamu coba yaitu Lumpia Gang Lombok.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Lumpia Gang Lombok Menu

Photo via travelingyuk.com

Lumpia Gang Lombok ini dikenal dengan rasanya yang autentik dan jenis lumpia yang ditawarkannya beragam mulai dari lumpia goreng hingga basah. Satu biji Lumpia Gang Lombok ini dibandrol dengan harga Rp. 15.000, terbilang cukup mahal namun kamu tidak akan menyesal setelah mencicipinya.

Alamat : Jalan Gang Lombok No.11, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

9. Leker Paimo

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Leker Paimo

Photo via akhsadew.blogspot.com

Berkunjung ke Semarang tentunya tidak lengkap jika belum mencicipi kuliner tradisionalnya yaitu kue leker. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati kue satu ini yaitu Leker Paimo. Tempat wisata kuliner di Semarang satu ini berada di depan SMA Loyola dan buka dari Senin hingga Sabtu setiap pukul 11.00 – 17.00.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Leker Paimo Menu

Photo via phinemo.com

Kuliner satu ini dibuka sejak tahun 1993 dan tempat ini cukup legendaris di Semarang. Kue ini memiliki banyak topping mulai dari yang asin hingga yang manis. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan seleramu. Menu leker yang paling laris disini yaitu leker tuna, jagung manis, sosis dan mozarella.

Alamat : Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

10. Mie Siang Kie

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Mie Siang Kie

Photo via tripadvisor.com

Buat kalian yang menyukai olahan mie, kalian bisa datang ke tempat wisata kuliner di Semarang satu ini yaitu Mie Siang Kie. Tempat makan Mie Siang Kie ini sudah ada sejak zaman Belanda dimana memiliki menu andalan mie pangsit.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Mie Siang Kie Menu

Photo via tripadvisor.com

Satu porsi mie pangsit ini disajikan dengan serpihan telur dadar, pangsit rebus berisi daging babi, irisan tipis daging ayam, tahu bakso, bakso ikan dan kekian udang. Kemudian disajikan dengan semangkuk kuah yang berisi sawi hijau. Tempat makan satu ini memang selalu dipadati pengunjung karena memang terkenal enak.

Alamat : Jalan Gg. Lombok No.10, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

11. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Mie Kopyok Pak Dhuwur

Photo via bungeko.com

Mie Kopyok Pak Dhuwur adalah salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang harus kamu cicipi. Mie Kopyok Pak Dhuwur ini disajikan dengan campuran mie basah yang telah direbus dahulu, potongan tahu goreng, irisan lontong, remukan kerupuk gendar, tauge, bawang goreng dan irisan daun seledri.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Mie Kopyok Pak Dhuwur Menu

Photo via travelingyuk.com

Lalu disiram dengan kuah coklat yang membuat makanan ini semakin lezat. Mie Kopyok Pak Dhuwur ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Alamat : Jl. Tanjung No.18A, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

12. Pisang Plenet

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Pisang Plenet

Photo via fahmi-artcolection.blogspot.com

Kamu yang menyukai olahan pisang wajib mencicipi makanan satu ini yaitu pisang plenet. Pisang plenet ini adalah pisang bakar yang dibuat dengan cara ditekan hingga pipih. Di Semarang ada tiga tempat yang menyediakan pisang plenet ini yaitu pisang plenet Pak Tuko, pisang plenet Pak Yuli dan pisang plenet Pak Subandi.

Pisang plenet ini dijajakan mulai pukul 13.00 hingga 20.00 agar kamu tidak kehabisan datanglah lebih awal untuk mendapatkan makanan populer satu ini.

Alamat :

  • Jl. Pemuda, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Jl. Gajahmada No.13, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

13. Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong

Photo via seputarsemarang.com

Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong adalah salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang wajib kamu kunjungi. Disini ada berbagai macam menu yang bisa kalian cicipi, namun menu spesialisasinya ayam adalah hidangan andalan tempat makan ini.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Soto Ayam dan Ayam Goreng Bangkong Menu

Photo via travelingyuk.com

Tempat makan ini buka dari jam 06.00 hingga 21.00 sehingga tak perlu takut kehabisan.

Alamat : Jl. Setia Budi No.229, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah

14. Tahu Gimbal Pak H. Edy

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Tahu Gimbal Pak H. Edy

Photo via jateng.tribunnews.com

Berkunjung ke Semarang tak lengkap rasanya jika belum mencicipi Tahu Gimbal Pak H. Edy. Tahu Gimbal Pak H. Edy ini berisi irisan lontong, saur kol, telur, tauge, potongan gimbal udang, bawang goreng, kerupuk.

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Tahu Gimbal Pak H Menu

Photo via travelingyuk.com

Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang agak encer yang lezat. Jika kamu ingin yang pedas kamu bisa memesannya sesuai dengan tingkat kepedasan yang kamu suka.

Alamat : Jl. Menteri Supeno I / 2 Semarang No.1, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah

15. Waroeng Semawis

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang - Waroeng Semawis

Photo via dotsemarang.blogspot.com

Tempat wisata kuliner di Semarang ini memang hanya buka pada malam hari saja. Disini kamu akan menemukan pasar malam yang dikenal dengan nama Waroeng Semawis. Disini ada banyak sekali makanan kaki lima khas Semarang mulai dari jajanan, makanan berat hingga minuman. Disini kamu bisa menikmati nasi gudeg, sate sapi, dan lainnya serta terdapat minuman seperti wedang ronde dan aneka teh.

Alamat : Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

Nah, itulah rekomendasi tempat wisata kuliner di Semarang dengan berbagai menu makanan yang enak dan lezat yang harus kamu cicipi. Jika berkunjung ke Semarang jangan lupa mampir ke tempat makan diatas ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.