Resep Cara Mudah Membuat Nasi Lemak Khas Malaysia

2 minggu lalu, by blogunik

Jika Indonesia punya nasi uduk ataupun nasi liwet, maka negara tetangga yakni Malaysia memiliki nasi lemak. Sama seperti seperti nasi uduk yang populer di Indonesia, nasi lemakpun menjadi salah satu kuliner Asia Tenggara yang sangat populer, khususnya bagi masyarakat Malaysia. Bagi suku melayu seperti Malaysia, hidangan nasi lemak ini dianggap sebagai salah satu hidangan nasionalnya. Sehingga ketika bulan Ramadhan, nasi lemak menjadi salah satu menu berbuka puasa yang wajib ada disetiap harinya. Bukan hanya di Malaysia, nasi lemak juga populer di Kepulauan Riau Indonesia, Singapura hingga Brunei Darussalam.

Kini nasi lemak populer dikonsumsi sebagai hidangan pagi atau menu sarapan, tapi sebenarnya nasi lemak dulunya bukanlah untuk menu sarapan guys! Kebiasaan memakan nasi lemak ini sebenarnya dimulai dari kebiasaan suku Melayu yang membungkus bekal makanan untuk bekerja. Umumnya bagi mereka yang bekerja sebagai petani padi ataupun para pekerja perkebunan seperti karet, kelapa sawit, sayur-sayuran dan lain-lain. Pasalnya nasi lemak mampu memberi tenaga lebih kepada para pekerja keras tersebut.

Nasi lemak Malaysia sendiri merupakan hidangan yang hampir mirip dengan nasi uduk betawi. Sama-sama terbuat dari beras yang dimasak dengan air santan dan diberi daun pandan sebagai penambah aroma wangi. Istilah lemak dalam bahasa melayu atau yang sering disebut lamak dalam bahasa minangkabau adalah rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan dari santan kelapa yang melepaskan kandungan lemak nabatinya ke dalam nasi yang tengah dimasak.

Resep Cara Mudah Membuat Nasi Lemak Ala Malaysia

photo via thestar.com.my

Hayo, siapa yang sudah pernah mencoba menikmati lezatnya nasi lemak dari negeri jiran Malaysia ni? Rasanya yang enak dengan gurihnya santan memang selalu menggoda selera. Nasi lemak yang komplit biasanya disajikan dengan ayam percik malaysia, telur, sambal, teri goreng, kacang tanah, irisan timun dan ikan bilis. Nah buat kamu yang penasaran dengan rasa lezatnya nasi lemak, nggak usah jauh-jauh datang ke Negeri Jiran hanya untuk mencicipi seporsi nasi lemak, sebab kamupun dapat membuatnya dengan mudah dirumah. Caranya bagaimana? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Sebenarnya bahan-bahan yang perlu kamu siapkan sangat sederhana, bahkan kemungkinan besar telah tersedia didapur kamu guys. Untuk membuat nasi lemak ada 3 pengelompokan bahan yang harus kamu ketahui. Pertama kamu harus menyiapkan bahan-bahan untuk membuat nasi lemaknya. Kedua adalah bahan-bahan untuk membuat sambal, karena nasi lemak juga identik dengan sambalnya yang khas. Dan yang ketiga adalah bahan-bahan untuk lauk yang disesuaikan dengan selera kalian. Umumnya sih ayam percik malaysia, telur, teri goreng, kacang tanah, irisan timun dan ikan bilis. Untuk lebih lengkapnya berikut bahan-bahan yang harus kamu siapkan!

Resep Cara Mudah Membuat Nasi Lemak Ala Malaysia

1. Bahan untuk membuat nasi lemak

  • 500 gr beras
  • 500 ml santan
  • 2 buah bawang merah diiris halus
  • 1 ruas jahe geprek
  • 1 lembar daun pandan simpulkan
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

2. Bahan untuk membuat sambal

Resep Cara Mudah Membuat Nasi Lemak Ala Malaysia

  • 15 cabe merah besar (rebus, blender atau diulek sampai halus )
  • 3 buah bawang merah haluskan
  • 2 siung bawang putih haluskan
  • Segenggam ikan teri (sebagian di tumbuk, sebagian lagi di goreng sebagai lauk)
  • 1/4 bagian gula merah
  • 1 sdt air asam jawa
  • 1 sdt terasi
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya

3. Jenis-jenis lauk pelengkap (Sesuai selera)

Resep Cara Mudah Membuat Nasi Lemak Ala Malaysia

  • Daging ayam
  • 1 mangkuk kecil kacang tanah
  • telur
  • Ikan bilis

Langkah-langkah mudah membuat nasi lemak yang lezat

1. Tahap mengolah nasi

Resep Cara Mudah Membuat Nasi Lemak Ala Malaysia

photo via youtube.com (iCookAsia)

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memasak nasi lemak adalah mencuci beras hingga bersih, kemudian rendam dalam air selama 1 jam. Setelah itu tiriskan, kemudian siapkan panci dan masukan beras yang telah ditiriskan tadi dan campurkan dengan santan, bawang merah yang telah diiris halus, jahe yang telah digeprek, daun pandang, dan garam secukupnya. Jika santan terlalu kental, kalian bisa menambahkan air secukupnya agar nasi bisa matang dengan sempurna.

Masak di atas api kecil selama 10 menit sampai santan habis terserap atau siap diaron. Angkat nasi tersebut kemudian kukus beras aron dalam dandang panas sampai matang kurang lebih selama 30 menit.

2. Tahap mengolah sambal

Resep Cara Mudah Membuat Nasi Lemak Ala Malaysia

photo via youtube.com (Cooking Ah Pa)

Sambil menunggu nasi lemaknya matang, buatlah sambal yang nikmat dari bahan-bahan sambal tadi. Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan beserta dengan sebagian teri yang telah ditumbuk. Tumis hingga harum kemudian masukan cabe yang telah dihaluskan. Masak terus hingga minyak pecah. Kemudian masukan air asam jawa.

Beri tambahan air sedikit agar tidak terlalu kental. Beri gula merah, garam dan kaldu bubuk secukupnya. Masak sampai mendidih masukkan sebagian ikan teri yang sudah digoreng. Dan jangan lupa untuk mencicipinya untuk mengoreksi rasa.

3. Siapkan lauk pauk

Setelah sambal jadi, siapkan lauk pauk pelengkap nasi lemak guys. Salah satunya yang tidak bisa digantikan dari nasi lemak adalah kacang tanah dan irisan mentimun. Jadi pastikan 2 item tersebut selalu ada.

Terlepas dari itu, kamu bisa menyiapkan lauk pauk lain sesuai selera seperti ayam goreng, telur bisa didadar dijadikan telur mata sapi, ataupun bisa dijadikan telur rebus. Kamu juga bisa menambahkan ikan bilis atau ikan teri yang digoreng garing. Pokoknya sesuai selera guys!

Resep Cara Mudah Membuat Nasi Lemak Ala Malaysia

photo via jajajapan.wordpress.com

Cara penyajian

Setelah nasi lemak matang, dan sambal beserta lauk pauknya siap, sajikan nasi lemak diatas piring atau ingka yang telah dilapisi dengan daun pisang. Berikan sambal secukupnya dan berbagai lauk pauk pelengkapnya sesuai selera kalian. Nasi lemak ini akan terasa nikmat saat dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Cara membuat nasi lemak dengan rice cooker

photo via asianfoodchannel.com

Nasi lemak juga bisa dimasak dengan rice cooker lho guys. Tentunya cara ini akan lebih mudah daripada cara tradisional tadi. Buat kamu yang nggak punya banyak waktu ada baiknya menggunakan rice cooker untuk membuat nasi lemak. Caranyapun sangat mudah.

1. Langkah awal, didihkan terlebih dahulu santan cair dari 180 mililiter santan dengan ditambahkan air 700-800 mililiter bersama bawang merah yang telah diiris halus, jahe yang telah digeprek, daun pandang, dan garam secukupnya didalam panci dengan menggunakan api sedang. Kenapa santan harus didihkan terlebih dahulu? Tujuannya adalah agar wangi santan sedapnya keluar dan rasanya tidak hambar.

2. Setelah itu masukkan santan yang telah dimasak dengan rempah-rempah ke dalam rice cooker dan beras. Masak dengan rice cooker seperti memasak nasi biasa hingga matang.

Nah itulah resep dan cara mudah dalam membuat nasi lemak ala Malaysia. Tapi meskipun nikmat, kamu nggak boleh terlalu sering mengkonsumsinya lho. Pasalnya nasi lemak dinilai tinggi kalori dan kadar lemaknya oleh pakar makanan. Bahkan kini di Malaysia nasi lemak hanya diperbolehkan dijual di sekolah-sekolah hanya dua kali seminggu untuk mencegah masalah kegemukan dan diabetes yang semakin meningkat di kalangan anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *