15 Rumah Makan Khas Sunda di Bandung Yang Enak Dan Murah

Dibuat oleh blogunik

Nyesel banget deh kalau ke Bandung tapi nggak mampir ke rumah makan khas Sunda untuk memanjakan lidah kamu dengan makanan-makanan khas Sunda yang super lezat. Makanan khas Sunda biasanya populer dengan cita rasanya yang segar dan sederhana, serta jangan lupakan rasa pedas yang membuat selera makan makin bertambah. Nggak hanya makanan yang lezat, namun beberapa rumah makan khas Sunda di Bandung juga menawarkan suasana yang asri dan khas pedesaan yang tentunya akan membuat acara makan menjadi lebih nyaman dan tenang. Nah jika kalian berlibur ke Bandung atau kebetulan sedang berada di Bandung, berikut rekomendasi 15 rumah makan khas Sunda yang enak di Bandung. So let’s check it out guys!

15 Rumah Makan Khas Sunda di Bandung

1. Nasi Bancakan

Rumah Makan Khas Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/nasibancakan.bdg

Rumah makan khas Sunda di Bandung yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Bandung adalah Nasi Bancakan. Di rumah makan ini, kamu akan dimanjakan dengan segudang lauk pauk khas sunda yang sederhana namun super lezat. Mulai dari tahu tempe goreng, ayam goreng, sate, lalapan, ati ampela, udang, ikan, serta aneka sambal yang bisa diambil sepuasnya. Nggak hanya makanan yang akan memuaskan lidah dan perut kamu, namun tempat makannya pun sangat nyaman. Terdapat beberapa area lesehan yang bisa kamu pilih untuk makan bersama keluarga dengan nyaman. Menariknya lagi, makan di rumah ini nggak akan bikin kantong kamu bolong lho karena rumah makan ini juga merupakan salah satu tempat makan murah di bandung yang recommended!

Lokasi : Jl. Trunojoyo No.62, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Warung Nasi Ibu Imas

Tempat Makan Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/warungnasi_ibuimas

Selanjutnya ada Warung Nasi Ibu Imas yang bisa dibilang merupakan salah satu rumah makan sunda paling populer di Bandung. Tempat makan ini sangat terkenal dengan sambal terasi dan karedok leunca-nya yang super pedas dan menggoyang lidah. Ada juga sambal dadak yang menjadi ciri khas dari warung makan satu ini. Selain itu, pilihan menu lainnya sangat beragam, mulai dari ayam bakar, ayam goreng, pepes ikan, pepes teri, ikan mas goreng, paru, telur dadar, sayur asem hingga sop kikil. Nggak usah khawatir dengan harga, karena semua menu yang ditawarkan dibanderol dengan harga yang ramah dikantong.

Lokasi : Jl. Balonggede No.67, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. Raja Sunda

Rumah Makan Khas Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/rajasunda.official

Raja Sunda bisa menjadi alternatif berikutnya buat kamu yang ingin makan masakan sunda dengan rasa yang otentik. Raja Sunda ini adalah rumah makan sunda di Bandung yang konsepnya restoran. Maka dari itu bagian dalam rumah makan ini sangat bersih dan tentunya nyaman.

Rumah makan Raja Sunda menyediakan aneka masakan Sunda mulai dari nasi timbel komplit, ikan bakar dan goreng, sayur asem, aneka macam pepes, tumis kangkung, dan masih banyak lagi.

Menariknya, olahan ikan gurame yang menjadi menu andalan di rumah makan ini diolah dengan khusus sehingga hanya bisa kamu temukan di Raja Sunda. Rumah makan ini selalu ramai pengunjung nggak hran pasalnya dengan rasa yang memuaskan, Raja Sunda membanderol menu makanannya dengan harga yang terjangkau.

Lokasi : Jl. Dr. Djunjunan No.63, Pajajaran, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40242

4. RM Sangkan Hurip Punclut

Tempat Makan Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/rm.sangkanhurip

Selanjutnya ada rumah makan Sangkan Hurip yang terletak di daerah Punclut. Di daerah Punclut memang berjejer tempat makan Sunda sederhana yang bisa kamu coba. Salah satu yang paling terkenal dan ramai dikunjungi pengunjung adalah Rumah Makan Sangkan Hurip ini.

Rumah makan ini menyediakan menu makanan khas sunda seperti pada umumnya dengan cita rasa yang nggak kalah dari yang lain. Kamu bisa memesan aneka gorengan ayam, sate usus, ikan, dan lainnya dengan aneka jenis sambal. Salah satu sambal yang paling favorit di rumah makan ini adalah dadaknya yang pedas. Selain itu, rumah makan ini juga menawarkan tempat makan lesehan dengan pemandangan alam yang tidak bisa kamu dapatkan di restoran Sunda di perkotaan.

Lokasi : Jl. Punclut No.571, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142

5. Alas Daun Restaurant

Rumah Makan Khas Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/alas.daun

Sesuai namanya, makan di rumah makan khas sunda satu ini, kamu tidak akan diberi piring melainkan menggunakan alas daun pisang untuk alas makan. Selain cara penyajiannya yang unik, kamu juga akan dimanjakan dengan kelezatan berbagai macam menu khas sunda mulai orak-arik bunga pepaya, ayam bumbu hejo, sambal goreng kentang, sate maranggi, hingga aneka sambal seperti sambal dadak, sambal halilintar, dan sambal gorengr yang tentunya akan membuat selera makan makin bertambah.

Lokasi : Jl. Citarum No.34, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116

6. Warung Nasi Alam Sunda

Tempat Makan Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/alamsundabandung

Rumah makan khas Sunda yang enak dan wajib dikunjungi di Bandung berikutnya adalah Warung Nasi Alam Sunda. Rumah makan, ini menyajikan aneka makanan khas Tatar Sunda yang lezat. Menu makanan yang disajikan di sini beragam. Ada gepuk, aneka perkedel, ikan bakar, pepes sampai karedok dengan sambal yang rasanya nendang. Tak kalah dari rumah makan sunda lainnya, Warung Nasi Alam Sunda juga memiliki tempat yang cukup luas dan nyaman. Dengan harha yang terjangkau, Warung Nasi Alam Sunda ini selalu dipadati pengunjung saat jam makan siang.

Lokasi : Jl. Otto Iskandar Dinata No.267, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251

7. Kampoeng Sawah

Rumah Makan Khas Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/kampoengsawahbandung

Buat kamu yang ingin berwisata kuliner khas sunda sambil menyenangkan anak-anak, maka Kampoeng Sawah bisa menjadi pilihan yang tepat. Ruma makan ini berdiri di atas areal pesawahan yang terbilang sangat luas, dengan ciri khas bangunan yang sangat indah berupa ornamen bangunan khas Sunda yang sangat luar biasa. Terdapat saung-saung kecil yang ditempatkan di tepi danau buatan, bahkan ada juga kolam renang anak untuk bersantai. Ini membuat pengalaman bersantap kamu menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Kamu juga bisa menikmati berbagai aneka makanan khas sunda yang terkenal sangat enak seperti ayam goreng, ayam bakar, berbagai olahan ikan yang tentunya akan disajikan bersama sambel yang mantap lengkap dengan lalapnya.

Lokasi : Jl. Gandasari No.152, Cangkuang, Kec. Cangkuang, Bandung, Jawa Barat 40238

8. Sambara Authentic Food

Tempat Makan Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/sambara_resto

Ngomongin soal rumah makan sunda terenak di Bandung, maka Sambara Authentic Food tidak boleh dilewatkan. Rumah makan ini memadukan konsep modern dan lawas pada interiornya yang membuat penampilan rumah makan menjadi lebih unik. Di tempat makan ini kamu bisa memilih sederet menu lezat, seperti ikan patin bakar bumbu, kailan dua rasa, dan ayam bakar madunya. Untuk harganya sudah sangat terjangkau untuk ukuran fasilitas dan kelezatan makanan yang bintang lima tersebut.

Lokasi : Jl. Trunojoyo No.64, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

9. Sindang Reret Bandung

Rumah Makan Khas Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/sindangreretbandung

Sindang Reret merupakan tempat makan sekaligus tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga besar. Suasana tempat makan Sunda terbaik di Bandung ini sangat alami dengan iringan gemercik air yang menenangkan. Tempat makannya bisa berupa saung atau perahu yang langsung ke kolam ikan. Banyak menu yang recommended di Sindang Reret, seperti tahu pedas, gurame goreng, peps ikan teri, hingga jengkol goreng yang rasanya sedap abis. Jangan lupakan tempat ini juga menyediakan flying fox dan juga outbond.

Lokasi : Jl. Surapati No.53, Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40133

10. Rumah Makan Cikawao

Tempat Makan Sunda Terbaik di Bandung

photo via d.foursquare.com & carimakanaja.com

Rumah Makan Cikawao bisa dibilang menjadi salah satu rumah makan khas sunda terbaik di Bandung yang sudah legendaris dan terkenal di kalangan warga Bandung. Ada berbagai menu makanan khas sunda yang bisa kamu nikmati. Namun jangan lupa memesan sambal khas RM Cikawao yang menjadi salah satu menu andalan di tempat ini. Cita rasanya khas, pedasnya pas, dan terasa enak di lidah.

Uniknya, rumah makan Cikawao ini sedikit berbeda dengan rumah makan lainnya. Saat kamu masuk dan menempati sebuah meja, pramusaji rumah makan ini tidak akan menawarkan daftar menu ataupun mencatat pesanan kamu. Sebaliknya, pramusaji akan langsung membawa aneka makanan yang ada pada saat itu. Jadi kamu tinggal pilih saja mau makan apa.

Lokasi : Jl. Cikawao No.7, Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40261

11. Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Rumah Makan Khas Sunda Terbaik di Bandung

photo via pergikuliner.com

Rumah makan khas sunda terbaik di Bandung berikutnya adalah Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk. Konsep rumah makan ini sangat kental dengan gaya khas sundanya dan cocok untuk makan bersama keluarga besar. Di sini tersedia juga tempat lesehan, untuk kamu yang ingin menikmati makanan khas sunda sambil bersantai. Seperti rumah makan sunda lainnya, rumah makan ini juga menyajikan beragam menu khas sunda yang menggoyang lidah dengan sambel khasnya lengkap dengan lalapannya.

Lokasi : Jl. Soekarno-Hatta No.508, Batununggal, Bandung Kidul, Bandung 40266

12. Nasi Timbel Bawean

Tempat Makan Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/kuliner_nasi_bandung

Buat kamu yang ingin mencicipi nasi timbel, maka melipirlah ke Jl. Bawean untuk menikmati enaknya nasi timbel khas rumah makan Nasi Timbel Bawean. Nasi timbel sendiri adalah nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan kemudian diletakkan di tengah-tengah lauk pauk yang beragam, seperti ayam, tahu, tempe, sambal beserta lalapannya. Nasi Timbel Bawean menjadi salah satu tempat makan khas sunda favorit anak muda di Bandung, karena nasi timbel di sana dihargai cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 25.000 saja. Selain nasi timbel, ada juga menu makanan sunda lezat lainnya yang bisa kamu cicipi.

Lokasi : Jl. Bawean No.3, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113

13. Dapoer Pandan Wangi

Rumah Makan Khas Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/dapoerpandanwangi

Selanjutnya ada Dapoer Pandan Wangi yang merupakan salah satu rumah makan khas sunda terbaik di Bandung yang wajib kamu kunjungi. Banyak pelanggan yang mengatakan kalau semua menu makanan sunda di tempat ini tidak ada yang mengecewakan, nggak heran Dapoer Pandan Wangi selalu dipadati pengunjung. Di tempat makan ini kamu bisa menikmati aneka makanan khas sunda yang menggoyang lidah seperti ayam ungkep, gurame bakar kecap, daging sapi goreng, karedok, perkedel kentang, jengkol goreng, dan yang menjadi andalan adalah terong raos-nya.

Lokasi : Jl. Patuha No.38, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

14. Sapulidi Resto, Resort, & Gallery

Tempat Makan Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/pakwaw_holiday & instagram.com/wawan_soeharto

Sapulidi Resto, Resort, & Gallery juga menjadi salah satu tempat makan sunda di Bandung yang layak untuk dikunjungi. Nggak kalah dari rumah makan sunda lainnya, resto ini menyediakan beragam menu khas sunda yang lezat dari Hayam Kahaseupan hingga Nasi timbel. Bersantap di tempat ini juga semakin menyenangkan karena berada di tengah sawah yang menyejukkan mata.

Lokasi : Kompleks Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

15. Purbasari, Dusun Bambu

Rumah Makan Khas Sunda Terbaik di Bandung

photo via instagram.com/purbasari_dusunbambu & instagram.com/fennfey

Satu lagi tempat makan khas sunda terbaik di Bandung yang wajib untuk dikunjungi adalah rumah makan Purbasari yang terletak di Dusun Bambu. Dusun Bambu sendiri terkenal sebagai objek wisata terbaik di Bandung dengan pesona alam yang menyejukkan mata. Selain pesona alamnya, Dusun Bambu juga memiliki restoran yang bernama Purbasari yang menyajikan sensasi bersantap di tepi danau. Rumah kayu berjejer rapi yang membuatnya semakin indah dan unik. Rumah makan ini menyajikan menu yang beragam mulai dari aneka pepes, nasi liwet hingga aneka lauk yang menggoda.

Lokasi : Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat

Nah itu dia 15 rekomendasi rumah makan khas sunda di Bandung yang enak dan wajib dikunjungi saat berlibur ke Bandung. Jadi tertarik menyantap makanan khas sunda di tempat makan yang mana guys?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *