20 Tempat Makan Murah dan Enak Di Bandung Yang Kudu Kalian Datengin Biar Gak Nyesel!

    Kuliner

Tempat makan yang enak tapi murah, pasti menjadi incaran setiap orang apalagi buat yang kantongnya pas-pasan. Hampir di setiap pelosok Indonesia memiliki tempat makan yang yang memiliki cita rasa makanan bagai bintang lima namun harga kaki lima. Salah satu kota di Indonesia yang menyediakan banyak tempat makan murah meriah adalah kota Bandung. Bandung tidak saja terkenal dengan surganya belanja pakian yang murah, namun Bandung juga terkenal akan wisata kulinernya. Tak hanya banyak dikunjungi oleh warga lokal, para wisatawanpun banyak mengincar tempat-tempat ini. Kamu yang orang Bandung atau sedang melancong ke Bandung, jangan sampai ketinggalan untuk menyicipi kenikmatan hidangan tempat-tempat makan murah dan enak di bandung berikut ini!

 

1. Warung Bu Eha Bandung

photo via : www.vidio.com

Warga Bandung mungkin sudah banyak yang tau tentang tempat makan murah meriah satu ini!. Warung Bu Eha adalah tempat makan legendaris yang sudah ada sejak tahun 1957, dimanat kemerdekaan Indonesia masih hangat-hangatnya. Bahkan Presiden Soekarno dan istri keduanya Inggit Garnasih merupakan pelanggan tetap warung makan ini selain itu tentara-tentara jaman dulu juga sering mermaikan tempat makan ini.

photo via : www.destinasibandung.co.id

Warung makan ini terletak di dalam Pasar Cihapit, Jl. Cihapit Bandung. Menu andalan di Warung Bu Eha ini adalah gepuk dan rendang daging sapi, perkedel kentang, sayur kepala kakap. Selain itu ada juga beraneka jenis pepes seperti pepes telur asin, pepes ikan mas, hingga pepes jamur. Ikan, ayam dan tempe goreng juga disediakan di tempat makan ini. Harganya juga sangat murah, kamu cukup bawa uang kurang dari 20 ribu aja, kamu udah dapat berbagai makanan dan minuman dingin yang ada disana. Tapi kalau kamu ingin kesana usahakan datang sebelum pukul 12.00, biar gak kehabisan, solanya warung satu ini laris banget.

2. Nasi Bancakan Mang Barna Dan Bi Oom

photo via : www.tanahnusantara.com

Kamu yang ingin merasakan makan ala kampung, cocok banget nih datengin warung satu ini, soalnya mereka menghadirkan konsep makan ala kampung. Kalalu kamu makan disana maka piring dan gelas yang digunakan adalah berbahan seng.

photo via : farizahaqie.blogspot.co.id

Menu yang dihadirkanpun semuanya adalah makanan ala Sunda antara lain petai bakar, pepes peda, nasi liwet, nasi timbel, tumis genjer, oreg tempe, ulukutek leunca, dan masih banyak lagi dan yang pasti rasanya buat lidah kamu bergoyang. Tempat makan ini beralamat di Jl. Trunojoyo No. 62, Ir. Haji Juanda (Dago Bawah). Untuk harganyapun tergolong murah, kamu cuman cukup bawa 30 ribu rupiah aja, perut kamu udah kenyang banget.

3. Rumah Makan Ampera

photo via : www.amperadalemkaum.com

Rumah Makan Ampera ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para warga Bandung, lantaran tempat makan satu ini memiliki banyak cabang sehingga mudah ditemukan dimana saja. Salah satunya terletak di Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 54 Bandung.

photo via : www.amperadalemkaum.com

Makanan di Rumah Makan Ampera ini sudah terkenal lezat loh, apalagi kamu bisa dapet sambal secara gratis jika kamu mau. Menunyapun tak kalah banyak dari rumah makan lainnya seperti ayam goreng, ayam bakar, udang, ati ampela, babat, belut, cumi, gepuk, ikan mas, limpa, otak, pergedel jagung dan kentang, pepes, sop buntut, sayur asem serta karedok. Soal harga gak usah ditanyakan lagi deh, cuman punya uang 20 ribu aja udah cukup buat kamu kenyang, cocok banget nih buat anak kos.

4. Iga Bakar Si Jangkung

photo via : myeatandtravelstory.wordpress.com

Tempat makan murah meriah ini recomended banget loh! Kamu yang pecinta daging iga wajib coba makanan di tempat makan satu ini. Walaupun tempatnya sederhana, hanya tenda kecil, meja kayu dan bangku-bangku plastik, namun tempat ini selalu ramai dikunjungi. Bahkan jika akhir pekan pengunjung tempat makan ini bisa sampai mengantri untuk dapat mencicipi lezatnya iga bakar disini.

photo via : klikalamat.com

Udah enak banget, harganyapun sesuai anak kos-kosan loh! kurang dari 50 ribu kamu udah dapet seporsi iga bakar dan nasi hangat plus minuman. Tempat makan ini buka dari jam 6 sore hingga tengah malem, cocok nih buat menu ngedate bareng doi!.

5. Warung Laos

photo via : kuliner-kuliner-bandung.blogspot.com

Bingung cari tempat dinner romantis, yang cocok di kantong?? dateng aja ke Warung Laos yang terletak di Jl. Dago Golf Raya No,90 dan satu lagi ada di daerah Cihampelas. Walaupun berbeda tempat namun kedua Warung Laos ini mempunyai view dan menu makanan yang enak dan unik. Apalagi kalau kalian datang pas malam minggu, akan ada live acoustic loh!

 

photo via : www.blogbyanindita.com

Warung Laos menyajikan makanan khas Italia seperti Pizza dan Spaghetti, pizza yang ditawarkanpun lebih tipis dan krenyes, beda daripada pizza yang lain. Pizza disini juga bisa dicocol dengan saus BBQ atau dimakan langsung. Kalau kamu lidahnya Sunda banget, si Warung Laos juga menyediakan menu ala Indonesia seperti sop buntut atau nasi goreng buntut. Untuk hargapun kamu gak usah khawatir, namanya aja tempat makan murah meriah, ya pasti terjangkaulah. Cuman kurang dari 100 ribu aja kamu udah dapet beberapa menu makanan dan sambal rahasia yang hanya ada di warung laos. Kalau kamu ke sini, Warung Laos buka dari pukul 11.00 sampai jam 23.00 malam.

6. Suis Butcher

photo via : bullyyourbelly.wordpress.com

Yang pengen makan steak tapi dompet lagi tipis, kamu cobain aja dateng ke Suis Butcher. Tempat makan ini menyajikan berbagai jenis steak mulai dari tenderloin steak, sirloin steak, chiken steak, rib barbeque, beef schnitzel, salsom, dan masih banyak lagi.

photo via : bullyyourbelly.wordpress.com

Untuk harga gak usah ditanya lagi deh, pokoknya ramah dikantong, duit 49 ribu aja kamu udah dapet seporsi beef tenderloin steak. Kamu yang tinggal di Bandung pasti pernah lewat nih tempat makan, letaknya ada di beberapa tempat, ada di Jl. Setiabudi, ada di Jl. RE Martadinata, ada juga di food court TSM. Suis Butcher juga disebut sebagai restoran steak tertua di Bandung karena sudah ada sejak awal tahun 90an.

7. Warung Sitinggil

photo via : seeties.me

Ingin suasana sejuk dan bersih saat makan siang?, mending datengin Warung Sitinggil. Dari namanya aja udah unik ya?. Warung ini terletak di Jl. Dago Giri 90. Diberi nama Warung Sitinggil karena lokasinya berada di sebuah perbukitan yang sangat bersih dan berhawa sejuk, dan karena berada diketinggian, warung ini diberi nama Sitinggil yang artinya di atas tanah. Bangunannyapun berupa rumah tinggal, yang dibangun dari bambu dan kayu, pokoknya khas pedesaan gitu.

photo via : kuliner.panduanwisata.id

Menu masakannyapun berupa masakan rumah, seperti nasi goreng, nasi timbel dan sebagainya. Sedang lauknya ada ayam goreng, aneka sayuran dan tumisan. Untuk hargapun sangat cocok bagi kalian yang duit jajannya masih dibatesin sama emak!. Tak lebih dari 30 ribu, kamu udah dapet seporsi menu makanan yang kamu mau.

8. SKA Dapur Laut

photo via : www.foody.id

Lagi pengen seafood tapi kemahalan, gak usah khawatir deh!. Dateng aja ke SKA Dapur Laut yang terletak di Jl. Setiabudi, bersebelahan dengan Gokana, disana kamu akan menemukan berbagai olahan seafood dengan harga yang murah loh!, rasanyapun enak banget. Hidangan seafood ditempat ini sebagian besar diolah dengan dibakar, dan bumbu-bumbunyapun gak pakek bumbu masakan China, melainkan bumbu khas Indonesia, termasuk rempah-rempahnya.

photo via : storysta.com

Di sana kamu juga bisa milih 3 jenis sambal yaitu sambal dabu-dabu, sambal terasi, dan sambal cabai. Dan selain seafood, disana juga tersedia ikan lele, gurame dan sebagainya. Untuk urusan harga, murah banget deh untuk ukuran seafood, mulai dari 4 ribu sampai 85 ribu untuk yang paling mahal!.

9. Warung Misbar

photo via : iklantravel.com

Ajak orang tua kalian untuk makan bareng di tempat makan ini, pasti deh orang tua kalian akan seneng. Selain ada ratusan menu makanan yang terasa dengan lezat, orang tua kalian dan kalian tentunya dapat menonton film-film bioskop tempo dulu sekalian nostalgia loh!. Warung Misbar sengaja didesain menyerupai bioskop lengkap dengan layar bioskop dan poster-poster film jaman dulu yang dipajang di bagian depan warung misbar ini. Warung Misbar ini bisa kalian temukan di Jl. RE Martadinata atau Jl. Riau No. 28 A Bandung.

photo via : damnitsfood.blogspot.co.id

Gak cuman film-film aja yang tempo dulu, makanan yang disajikanpun membuat kita bernostalgia dengan cita rasa makanan tempo dulu. Untuk nasi kalian bisa memilih mulai dari nasi liwet, nasi putih, hingga nasi merah. Lauk pauknyapun beragam mulai dari tumis usus ayam, ayam goreng laos, bebek sambel hejo, sate paru, mercon daging kambing, sayur tumis paria dan semur jengkol.

photo via : denimulyanasasmita.blogspot.co.id

Minumannya juga beragam loh!, muali dari bandrek, es cingcau hijau, bajigur, jamu, hingga es dung-dung yang jarang kamu temui ditempat lain kamu bisa nikmati di Warung Misbar ini. Untuk harganya pun tergolong murah, cukup bawa uang 40rb aja kamu udah dapet seporsi nasi dan beberapa lauk pauk yang enak banget plus minum yang kamu inginkan.

10. Nasi Kalong

photo via : abigailrental.com

Laper tengah malem?. Dateng aja ke tempat makan satu ini, Nasi Kalong buka dari 7 malem sampai jam 3 dini hari, cocok deh buat kamu yang sering keroncongan tengah malem. Lokasi nasi kalong ini berada di Jl. RE. Martadinata No. 102 Bandung.

photo via : ksmtour.com

Nah yang nanyak-nanyak kenapa namanya nasi kalong? Nasi kalong itu nasinya berwarna hitam yang terbuat dari nasi merah yang dimasak dengan kluwek sehingga hasil akhirnya menjadi berwarna hitam. Kemudian ditambahkan dengan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, daun salam, kelapa parut dan lainnya. Rasanya pokoknya enak banget banget deh, kamu makan tampa lauk aja udah enak banget apalagi isi lauk!. Harganyapun tergolong murah, dari 20-30rb aja kamu udah bisa nikmatin seporsi nasi kalong, rugi deh kalo gak makan nasi kalong jika berada di Bandung.

11. Warung Prasmanan Ceu Mar

photo via : duniakulinerbandung.com

Selain nasi kalong, ada lagi nih tempat makan yang buka sampek dini hari. Warung Prasmanan Ceu Mar ini menyediakan makanan khas sunda dengan konsep prasmanan. Warung ini terletak di Jl. Banceuy, tepatnya sebelum belokan ke Braga, bukanya dari jam 6 sore sampai jam 4 dini hari.

photo via : duniakulinerbandung.com

Warung makan enak ini menawarkan nasi remes dengan berbagai pilihan sayur dan lauk pauk. Menu favoritnya adalah gulai sapi dengan potongan-potongan daging yang empuk dan kuah gulai yang gurih dan nikmat. Selain itu ada juga beragam lauk seperti tempe, tahu, bakwan, aneka olahan telur, ayam dan daging. Untuk sayuran kamu bisa milih aneka tumisan, dan ada juga oseng usus dan babat, bihun dan lalapan, ada juga semur jengkol loh!. Buat harga biasanya dimulai dari 11 ribu kamu udah dapet nasi lengkap lauk-pauknya serta minumannya.

12. Cafe Madtari Bandung

photo via : dajibrown.blogspot.co.id

Yang pengen nongki-nongki cantik nih bareng temen, cocok banget datengin Cafe Madtari yang beralamat di Jl. Rangga Gading No. 12, Bandung, ada juga yang beralamat di Jl. Teuku Umar No.1, Jl. Surapati No. 72 dan Jl. Dr. Otten No 11, Bandung. Cafe Madtari ini selalu banyak pengunjung karena makanannya yang murah meriah, dan bukanyapun 24 jam.

photo via : dolandolen.com

Untuk menu di Cafe ini ada banyak sekali dari olahan roti sampai mie bisa kalian jumpai. Namun yang paling terkenal disini adalah olahan yang terbuat dari pisang dan susu, termasuk didalamnya parutan keju yang luar biasa banyak. Untuk harga sih gak ada yang lebih dari 25 ribuan. Murah banget kan?

13. Warung Bu Imas

photo via : marimangan.com

Yang suka pedas wajib cobain warung Bu Imas yang harganya murah meriah. Salah satu cabang Warung Bu Imas beralamat di Jl. Balong Gede No. 38, Bandung. Hampir sama dengan rumah makan sunda lainnya, ada banyak pilihan lauk yang bisa kamu pilih sendiri mulai dari ayam, lele, jeroan, tahu, tempe, karedok, gepuk, aneka pepes, sop kikil, sayur asem dan lain-lain. Dan yang menjadi andalannya ada ayam bakar.

photo via : www.angkutkoper.com

Selain itu Warung Bu Imas juga memiliki ciri khas sambal yang pedas dan beda dari yang lain, dan menjadi salah satu daya tarik sehingga selalu ramai pengunjung. Ada dua jenis sambel yang ditawarkan yaitu sambal leunca dan sambal dadakan. Untuk harga sih gak usah khawatir karena dengan uang kurang dari 30 ribu kamu udah bisa kenyang makan disana.

14. Nasi Goreng Mafia

photo via : bitenmunch.blogspot.com

Tempat makan yang cocok banget buat kalangan pelajar, selain harga murah, makanan yang dijamin enak, tempatnyapun gak kalah keren dengan temapt makan yang lain. Selain itu konsep yang digunakan juga keren loh. Dari nama tempatnya aja kita udah tahu kalau tempat makan ini memiliki konsep mafia. Nasi goreng yang dijualpun dinamakan dengan hal-hal yang berbau mafia seperti Godfather, Gangster, Preman, Triad, Yakuza, dan Brandal. Kamu juga bisa memilih tingkat kepedasan nasi goreng yang kamu inginkan dimulai dari level menenangkan hingga level mematikan.

photo via : letsgoeatall.blogspot.co.id

Dengan harga 11 ribu sampai 17 ribu rupiah aja kamu udah kenyang banget menyantap hidangan nasi goreng yang memang berporsi besar. Nasi goreng mafia ini bisa kalian temukan di Jl. Dipatiukur No.51 dan Jl. Jalaprang No. 24, Bandung.

15. Mie Merapi

photo via : www.foody.id

Yang suka dengan kuliner mie, ada nih tempat yang murah meriah buat kalian. Dengan nama Mie Merapi, resto ini beralamat di Jalan Pahlawan 24. Resto yang terkenal dengan mie nya ini termasuk salah satu tempat makan yang unik karena menyediakan 3 jenis kuah yaitu kuah kampung, kuah kare dan kuah merapi.

photo via : rajatourbandung.com

Untuk kuah kampung memiliki cita rasa yang gurih, untuk kuah kare agak manis sedangkan untuk kuah merapi rasanya pedas dan berwarna merah. Harganypun murah meriah banget, cocok buat kalian yang anak pelajar dan anak kos, karena seporsi mienya dibanderol dengan harga sekitar 20 ribuan.

16. Restoran Kehidupan Tak Pernah Berakhir

photo via : www.idfipancani.com

Yang vegetarian gak usah khawatir deh gak bisa nemuin tempat makan khusus vegetarian dan pas di kantong kamu. Berkunjung aja ke jalan Pajajaran No. 63, disana kamu bisa menemukan sebuah restauran khusus vegetarian yang murah meriah bernama Restoran Kehidupan Tak Pernah Berakhir. Dari namanya aja udah unik ya?

photo via : thetravelearn.com

Walapun target utamanya hanya untuk mereka yang vegetarian, tapi jangan salah, tempat makan ini selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang non veget loh!. Ada beberapa menu yang paling diminati seperti tumis kangkung, jamur dan capcay. Selain makanannya sehat, makannanyapun terkenal enak untuk ukuran makanan vegetarian. Harganya juga pas buat kantong mahasiswa loh!.

17. Steak Ranjang

photo via : www.qraved.com

Steak enak dengan harga mulai 15 ribu – 20 ribu? Dimana lagi kalau bukan di Steak Ranjang. Yup tempat ini memang menawarkan hidangan steak yang murah meriah, cocok untuk kalangan pelajar yang ingin menikmati olahan daging steak.

photo via : www.qraved.com

Bukan hanya harganya yang murah dan rasa steak yang menggoyang lidah, steak ini juga mempunyai nama-nama yang sedikit nakal dari beberapa menu yang ada seperti steak telanjang, dan spa di ranjang. Steak ranjang ini beralamat di jalan Dipati Ukur No. 68, dan buka dari 12.00 sampai 21.00 WIB.

18. Mangkok Manis

photo via : iklantravel.com

Pengen yang seger-seger untuk cuci mulut? dateng aja ke Mangkok Manis. Disini kamu akan menemukan beragam jenis dessert yang lezat, perpaduan dari cita rasa traditional dan international melalui suguhan cantik. Maksudnya, mangkok untuk penyajiannya memnggunakan batok kelapa sedangkan sajiannya sangat mengunggah selera bagaikan sajian hotel berbintang.

photo via : www.rimma.co

Mangkok Manis berlokasi di jalan Cihampelas, disini kamu bisa menikmati satu mangkok hidangan manis dengan hanya 15 hingga 25 ribu rupiah loh.

19. Mie Kocok Mang Dadeng

photo via : travelingyuk.com

Kalau ngomongin mie kocok, yang paling terkenal di Bandung pastilah Mie Kocok Mang Dadeng. Rasanya memang mampu membuat lidah kalian bergoyang dan membuat kalian ketagihan.

photo via : www.infobdg.com

Mie Kocok Mang Dadeng ini bisa kalian temui di Jalan Banteng No. 67, letaknya berdekatan dengan Hotel Horison. Untuk harga gak usah ditanya lagi, harganya cukup murah dan terjangkau untuk kalangan pelajar.

20. Lotek Macan

photo via : pergikuliner.com

Satu lagi tempat makan murah meriah yang wajib kamu kunjungi saat berada di Bandung adalah Lotek Macan. Di tempat makan ini kamu gak akan khawatir uang kamu bakal habis karena harga makanan disini paling mahal hanya 25 ribuan.

photo via : inspirasikukeni.blogspot.co.id

Walaupun namanya Lotek Macan, tapi menu disini bukan hanya lotek loh!, kamu juga bisa menemukan es kolal yang enak banget dan kamu bisa milih sendiri isi kolak sesuai selera kamu. Lotek Macan ini terletak di jalan Macan No. 1 darehah Lodaya, Bandung.

 

Recent search terms:

Advertisements
Facebook Comment

similar posts

+ VIDEO PILIHAN MORE >