Rumah-Rumah Adat Tradisional Paling Aneh Dan Unik Di Dunia, Salah Satunya Dari Indonesia



Kita semua tahu bahwa di dunia ini banyak sekali suku bangsa dengan tradisi yang beraneka ragam. Bahkan mereka juga memiliki gaya arsitektur yang unik dalam membangun rumah. Walapun kini zaman sudah modern, tidak sedikit dari mereka yang tetap mempertahankan model bangunan tradisonal mereka sebagai tempat tinggal. Biasanya rumah-rumah tradisional ini memiliki makna sendiri dalam setiap pembangunannya. Makna yang dimaksud adalah merujuk pada kegunaan, fungsi sosial dan juga arti budaya yang mengilhami pemberian motif dan corak bangunan. Berikut ini rumah-rumah tradisional di dunia yang paling unik :

 

1. Naga Hut – India

Photo Via : handofcolors.me

Desain rumah unik ini adalah tempat tinggal Angami Naga terletak di Desa Naga Heritage, Kohima, Nagaland. Nagaland adalah sebuah negara bagian bukit yang terletak di bagian utara-timur India.

 

2. Bolgatanga Painted – Ghana

Photo Via : commons.wikimedia.org

Selama musim kemarau bila tidak ada pekerjaan, perempuan di desa ini biasanya melukis rumah mereka. Rumah-rumah ini merupakan salah satu objek wisata populer di daerah tersebut.

 

3. Maison Obus – Kamerun

Photo Via : en.wikipedia.org

Rumah-rumah tradisional yang sangat unik yang terletak terletak di Kamerun.

 

4. Ndebele – Afrika

Photo Via : janganignore.blogspot.co.id

Beranjak ke darata Afrika, disana terdapat sebuah suku yang terkenal akan bakatnya dalam bidang seni dan arsitektur. Suku ini berasal dari Afrika Selatan dan juga Zimbabwe yang dikenal dengan nama suku Ndebele. Hal tersebut dapat dilihat dari bangunan rumah tradisional suku ini yang kaya akan corak dan motif artistik berwarna warni. Tradisi melukis rumah warna warni ini sudah ada sejak dahulu ketika suku ini dikenal sebagai prajurit tangguh dalam menakhlukkan kelompok etnis lain. Namun ketika mereka mengalami kekalahan telak dalam peperangan melawan pemukim berbahasa Belanda bernama Boer, orang-orang Ndebele hidup dibawah penindasan suku lain. Maka dari itu mereka mulai menggunakan simbol-simbol ekspresif yang digambar di tembok rumah mereka sebagai alat berkomunikasi dengan orang lain secara diam-diam. Karena orang-orang Boer tidak mengerti maksud dari lukisan itu dan menganggapnya tidak berbahaya maka suku Ndebele tetap bisa melukis corak tersebut hingga sekarang.

 

5. Xinle – Cina

Photo Via : livingtimorously.blogspot.co.id

Rumah tradisional ini didesain saat peradaban Xinle yang berkembang di China 7200 tahun lalu selama periode neolitik di Sungai Liao rendah. Xinle dengan penampilan eksternal yang unik dari arsitektur Xinle neolitik,bentuk bangunan yang berukuran besar sekitar 120 meter persegi,sedangkan menengah sekitar 40-60 meter persegi,struktur hunian yang sempurna dari jaman batu yang digunakan orang 7200 tahun yang lalu. Xinle memberikan kesan rasa otentik bagi wisatawan, sehingga ini dianggap sebagai pemukiman Neolitik yang menjadi ciri khas rumah tradisional daerah Xinle.

 

6. Kanak House – Kaledonia Baru

Photo Via : mare.over-blog.fr

Desain rumah ini adalah rumah bagi Kanak, penduduk asli Melanesia Kaledonia Baru di Pasifik barat daya.

 

7. Yoshinogari Dwellings – Jepang

Photo Via : Pinterest

Yoshinogari Dwellings Jepang Ini adalah desain unik rumah-rumah tempat tinggal direkonstruksi di Yoshinogari,yaitu Yayoi besar dan kompleks arkeologi di Kyushu,Jepang. Hal ini diyakini bahwa rumah seperti itu sudah ada dari abad ke-3 SM sampai abad ke-3. Lingkungan yang komplek dan besar memiliki luas sekitar 40 hektar,rumah ini merupakan daya tarik wisata.

 

8. Toro Pit – Jepang

Photo Via : www.esacademic.com

Tak jauh dari Tokyo, ibukota Jepang, merupakan salah satu situs arkeologi di mana desain rumah tradisional yang unik dapat ditemukan. Terletak di Suzuga-ku kota Shizouka. Lubang rumah di atas diyakini telah dibangun di abad ke 1.

 

9. Hut Fiji – Fiji

Photo Via : freephotooftheday.com

Hut Fiji, pondok indah ini terletak didataran tinggi Nausori dipendalaman pulau utama Viti Fiji dari Levu. Salah satu desa yang paling indah didaerah ini adalah Navala. Rata-rata pribumi Fiji menempati rumah Hut Fiji ini dan bagi mereka ini adalah salah satu tempat terakhir di bumi di mana orang hidup tak tersentuh oleh dunia modern dan itu adalah sesuatu yang mempesona untuk para wisatawan. Dataran tinggi Nausori adalah tempat yang tepat untuk belajar budaya tentang Fiji.

 

10. Beach Hut – Denmark

Photo Via : www.ricksteves.com

Pondok pantai ini berwarna cerah dan terletak di Hale Ero Ero dekat Marstal di Pulau di Denmark.

 

11. Underground – Tunisia

Photo Via : www.amusingplanet.com

Percaya atau tidak, hunian ini sebenarnya hotel. Hal ini disebut Hotel Sidi Driss. Rumah tradisional ini dibangun di bawah tanah terletak di Desa Matmata, Tunisia. Jika kamu menonton film ‘Star Wars’, hotel ini dijadikan sebagai rumah Luke Skywalker di planet Tatooine. Struktur bangunan ini dibuat dengan menggali lubang besar di tanah dan lubang gua buatan ini kemudian digunakan sebagai kamar. Rumah-rumah sekitarnya di hubungkan oleh lorong-lorong seperti parit.

 

12. Thatched – Rumania

Photo Via : dagelan.co

Rumah jerami ini terletak di Desa Museum di Bucharest, ibukota negara bekas komunis Rumania.

 

13. Tradisional Cottage – Kamerun

Photo Via : Hotels.com

Rumah yang indah ini terletak di Desa Barbara di Langma Pantai di Kamerun. Ini adalah sebuah resor gaya tradisional desa.

 

14. Rock – Iran

Photo Via : www.solaripedia.com

Desa ini disebut Kandovan merupakan tempat wisata di Iran dan terkenal dengan rumah unik yang diukir dalam batu. Rumah-rumah ini dibangun sekitar 700 tahun yang lalu dan masih dihuni. Air mineral di daerah ini juga terkenal bagi wisatawan karena percaya bahwa itu dapat menyembuhkan masalah ginjal.

 

15. Turf House – Islandia

Photo Via : Pinterest

Di Islandia karena memiliki musim dingin, karena itu kayu tidak cocok untuk kontruksi rumah sebagai ganti kayu rumah disini sebagian besar terbuat dari rumput.

 

16. Tradisional Hut – Kamerun

Photo Via : adhvara.wordpress.com

Rumah yang terbuat dari bahan adat merupakan Hut Afrika di Bana, sebuah desa kecil Kamerun.

 

17. Rumah Gadang – Indonesia

Photo Via : Home.co.id

Rumah tradisional suku Minangkabau menempati posisi pertama yang masih dilestarikan hingga saat ini. Disebut juga dengan rumah Bagojong karena memiliki bentuk atap yang meruncing atau bergonjong di dalam bahasa Minangkabau. Setiap dinding berhias ukiran warna-warni dengan motif floral atau pun geometris yang dinilai sesuai ajaran Islam.

 

18. Rumah Joglo Kudus – Indonesia

Photo Via : rumah.joglokudus.com

Rumah adat Kudus dinilai sebagai Joglo paling indah di Indonesia. Seluruh bangunan rumah Joglo sendiri umumnya terbuat dari kayu jati dengan pemasangan sistem knock-down/ tanpa paku. Sehingga rumah dengan jenis ini lebih tahan gempa. Interiornya diperindah menggunakan seni ukir campuran ga Persia (Islam), Hindu, Eropa dan Cina.

 

19. Zalfimaniry – Madagaskar

Photo Via : rumhplingantik.blogspot.co.id

Rumah Zalfimaniry ini berada di Madagaskar, keseluruhan bangunannya terbuat dari kayu.

 

20. Ksar Ouleds – Tunisia

Photo Via : looklex.com

Rumah-rumah bertingkat di Tunisia ini terbuat dari tanah liat, hal ini karena disekitar daerah tersebut tidak ada hutan.

 

21. Masai – Tanzania

Photo Via : deflowe.wordpress.com

Rumah Masai ini terletak di Tanzania. Desain rumah yang masih tradisional tetapi atap tidak lagi terbuat dari ilalang tapi terbuat dari lembaran seng.

 

22. Ger – Mongolia

Photo Via : peteniesen.photoshelter.com

Ger merupakan rumah tradisional penduduk Mongolia yang berbentuk lingkaran dan dibangun menyerupai tabung dengan atap yang melengkung. Uniknya dari rumah ini adalah bahwa bangunannya dapat dibongkar pasang hanya dalam satu jam saja. Rumah model ini sepintas nampak seperti rumah tradisional orang Eskimo bernama Iglo. Dinding rumah ini terbuat dari bahan semacam terpal yang terbuat dari kulit binatang. Lubang diatas berfungsi sebagai tempat pembuangan asap yang berasal dari pemanas ruangan yang diletakkan di tengah Ger. Rumah Ger biasanya menghadap ke selatan dan sisi itulah diletakkan pintu. Sedagkan sisi yang berseberangan dengan pintu merupakan tempat yang dianggap paling terhormat.

 

23. Mbaru Niang – Flores

Photo Via : rumahadatdiindonesia.blogspot.co.id

Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki lebih dari seribu suku bangsa sehingga tak heran jika di negara ini juga memiliki banyak jenis rumah tradisional. Salah satunya adalah rumah tradisional Mbaru Niang yang berada di desa Wae Rebo, Flores. Rumah ini termasuk rumah paling unik di dunia dan telah mendapatkan penghargaan tertinggi kategori konservasi warisan budaya dari UNESCO Asia Pasifik pada tahun 2012. Bangunan ini terdiri dari 5 tingkat yang kesemuanya ditutupi atap yang berbentuk kerucut. Tingkat pertama disebut lutur atau tenda adalah tempat tinggal bagi penghuninya. Tingkat kedua, lobo atau loteng digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan barang. Tingkat ketiga adalah lentar yang berfungsi menyimpan benih jagung dan tanaman lain untuk bercocok tanam. Tingkat keempat, lempa rae yaitu tempat menyimpan stok cadangan makanan. Dan tingkat terakhir, hekang kode, yaitu tempat menyimpan sesajian untuk para leluhur.

 

24. Honai Rumah Suku Dani – Papua

Photo Via : www.lihat.co.id

Rumah adat Papua tersebut bernama rumah Honai. Rumah Honai sendiri sebutan bagi rumah para pria Papua dewasa yang berbentuk seperti kerucut dan dibangun dari material yang murni 100% dari alam. Berdasarkan fungsinya sendiri, rumah Honai dapat dibedakan menjadi 3, yaitu rumah bagi Pria (yang disebut Honai), rumah bagi wanita (Ebei), dan rumah yang khusus digunakan untuk kandang hewan atau babi (Wamai). Ketiga jenis rumah Honai ini dari strukturnya terlihat sama persis, hanya saja untuk rumah yang dikhususkan bagi pria ukurannya biasanya lebih tinggi.

 

25. Minka – Jepang

Photo Via : kontemporer2013.blogspot.co.id

Di Jepang, Minka (民家) merupakan nama umum untuk rumah tradisional Jepang dan merupakan hunian untuk rakyat biasa. Gaya arsitektur rumah tradisional Jepang juga populer di negara barat sebagai gaya arsitektur “Zen” karena gayanya yang dapat dengan mudah dikombinasikan dengan gaya minimalis. Hampir semua material rumah Jepang menggunakan kayu dan dibuat sederhana serta tidak terlalu banyak barang. Rumah tradisional Jepang terdiri dari beberapa ruangan utama, yaitu Washitsu (ruang serba guna yang dapat digunakan sebagai ruang tamu, kamar tidur dan ruang keluarga), genkan (area pintu masuk), dapur dan washiki (toilet).

 

Baca Juga :
Dari Kota Alien, 2 Negara Dalam 1 Kota, Kota Terbiru. Berikut 10 Kota teraneh di dunia
Wow, Tradisi Unik Mempercantik Diri Dari Berbagai Belahan Dunia, Kamu Pasti Akan Merinding Saking Kagumnya.
Produk-Produk Dengan Desain Cerdas Yang Membantu Hidupmu Lebih Praktis Dan Mengehemat Waktu

Baca Juga

+ VIDEO PILIHAN MORE >