Rumah Terkecil Di Dunia Berikut Ternyata Cukup Nyaman Untuk Ditempati Lho!

5 bulan lalu, by blogunik

Memiliki rumah yang besar dan nyaman pastinya menjadi impian semua orang, namun terkadang karena keterbatasan lahan mau tidak mau rumah dengan ukuran kecil pun menjadi pilihannya. Rumah yang memiliki ukuran kecil biasanya diidentikkan dengan sempit, pengap dan panas. Tapi berbeda dengan rumah-rumah dibawah ini, meskipun rumah berikut berukuran kecil ternyata tidak terkesan pengap, sempit dan tidak nyaman. Kira-kira seperti apa ya rumah terkecil di dunia, berikut ulasannya.

1. Quay House – Britania Raya

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Quay House

Photo via : https://www.remonline.com

Quay House adalah salah satu rumah yang memiliki ukuran kecil yang terletak di Conwy, Wales. Rumah ini memiliki lebar bangunan 1,8 meter dan panjang 3,05 meter saja, selain itu rumah ini dibangun pada abad ke-16 yang dulunya ditinggali oleh seorang nelayan. Rumah ini memiliki dinding yang berwarna merah dan di dalamnya memiliki dua ruangan yaitu ruang tamu di lantai dasar dan kamar tidur diatasnya.

2. Rumah Tumbleweed – Amerika Serikat

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Rumah Tumbleweed

Photo via : https://www.dekoruma.com

Rumah Tumbleweed merupakan salah satu rumah yang dapat menampung hingga 4 penghuni sekaligus dalam satu rumah. Rumah ini memiliki panjang sekitar 20 hingga 30 kaki saja, tak hanya itu saja rumah ini juga terdapat ruangan yang lengkap. Rumah terkecil di Amerika Serikat ini memiliki kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu. Bahkan pada bagian depan rumah terdapat teras yang dapat digunakan untuk duduk-duduk.

3. The Keret House – Polandia

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - The Keret House

Photo via : https://www.archdaily.com

The Keret House merupakan salah satu rumah terkecil di dunia, dimana hanya memiliki lebar 1,2 meter saja. Hanya dengan lebar lahan sedemikian, di rumah ini terdapat sebuah kamar tidur, dapur, kamar mandi dan ruang tamu. Rumah ini dibangun oleh seorang arsitek bernama Jakub Szczęsny yang didedikasikan untuk seorang penulis dan pembuat film asal Israel bernama Etgar Keret.

4. Tiny House – Barnsbury

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Tiny House Barnsbury

Photo via : https://www.independent.co.uk

Rumah terkecil di dunia selanjutnya berada di Barnsbury, London. Rumah yang berada dikawasan elite di London ini memiliki bentuk persegi dimana hanya terdiri satu ruangan saja. Meskipun terlihat kecil tapi di dalam rumah ini terbilang cukup komplit, pada bagian bawahnya terdapat ruang tamu yang menyambung dengan dapur mini tak hanya itu saja terdapat sebuah kamar mandi di dalamnya. Sedangkan kamar tidurnya terdapat diatas, dimana untuk mengaksesnya terdapat tangga yang ada di dekat dapur.

5. Little House – Toronto

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Little House Toronto

Photo via : https://hookedonhouses.net

Pada awalnya seorang kontraktor bernama Arthur Weede melihat ada sisa tanah diantara dua rumah. Setelah itu pada tahun 1939, ia membangunsebuah rumah dan menjadi salah satu rumah terkecil di dunia. Rumah kecil ini terletak di Toronto, Kanada, dimana rumah ini berukuran lebar hanya 2,2 meter yang terselip diantara rumah tetangganya yang berukuran normal. Rumah ini memiliki ruang tamu, kamar mandi, dapur dan kamar tidur.

6. Diogene House – Jerman

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Diogene House

Photo via : https://www.dailymail.co.uk/sciencetech

Diogene House merupakan rumah terkecil di dunia yang di desain oleh seorang arsitek asal Italia bernama Renzo Piano, rumah tersebut diberi nama “Diogene”. Rumah ini memiliki luas hanya 7,3 meter persegi saja, namun di dalamnya terbilang cukup lengkap. Di dalam rumah ini terdapat ruang keluarga minimalis, kamar mandi dengan shower dan tempat tidur. Selain itu rumah ini juga memiliki teknologi tenaga surya yang dapat memasuk energi cahaya dari matahari.

7. Hollensbury Spite House – Virginia

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Hollensbury Spite House

Photo via : http://www.allthatsnews.com

Pada tahun 1830, John Hollensburry membangun rumah ini karena tidak suka dengan prilaku orang yang lalu lalang dan memarkirkan mobil di gang sebelah rumahnya. Kemudia ia memutuskan membangun sebuah rumah di gang tersebu yang kemudian dikenal dengan nama Hollensburry’s Spite House. Rumah ini hanya memiliki lebar 2,1 meyer saja, namun di dalam rumah ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman.

8. House in Idaho – Idaho

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - House in Idaho

Photo via : https://www.businessinsider.com.au

Rumah terkecil selanjutnya yaitu berada di Idaho, rumah ini dibangun oleh Miller. Dimana beberapa tahun yang lalu Miller mengalami perceraian dan sedang menghadapi penyitaan di rumah seluas 2.500 kaki persegi. Kemudian ia mengeluarkan 11.400 USD untuk membangun sebuah rumah seluar 196 kaki persegi atau 59,7 meter. Meskipun berukuran kecil, namun rumah ini memiliki fasilitas yang tergolong lengkap. Di dalam rumah ini terdapat, ruang tidur, kamar mandi, duang tamu dan dapur, selain itu terdapat teras juga di depan rumah untuk bersantai.

9. Tiny Victorian Cottage – New Yorks

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Tiny Victorian Cottage

Photo via : https://www.nytimes.com

Seorang wanita mengubah Carskill hunting cabin menjadi sebuah pondok bergaya Victoria yang indah. Pondok ini memiliki fasilitas seperti teras pada bagian depan, ruang tamu dan ruang tidur. Rumah ini di dominasi dengan warna putih dan dihiasi dengan bunga-bunga yang cantik.

10. A Frame House – Tennessee

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - A Frame House

Photo via : http://relaxshacks.blogspot.com

Seorang arsitek memutuskan untuk melakukan sesuatu hal yang berbeda karena bosan dengan pekerjaannya sendiri. Arsitek tersebut memutuskan untuk membangun sebuah rumah yang mirip dengan kabin liburan, pembangunan ini pun dibantu oleh seorang temannya.

11. Seelenkiste – Jerman

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Seelenkiste

Photo via : https://www.treehugger.com

Seelenkiste adalah sebuah rumah yang dirancang oleh sekelompok siswa, dimana rumah ini dapat direlokasi. Sementara membangun, mereka berpikir akan menjadi ide bagus untuk menjadikan rumah ini sebuah pondok semangat. Rumah ini akan ditempatkan di tempat terpencil dan pedesaan untuk memberikan waktu tenang bagi penghuninya.

12. Twelve Cubed Mini Home

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Twelve Cubed Mini Home

Photo via : https://inhabitat.com

Rumah terkecil selanjutnya yaitu rumah yang dibuat oleh perusahaan Twelve Cubed. Rumah ini terlihat sangat sempit diluar, tapi di dalamnya terbilang cukup luas. Di dalam rumah ini terdapat fasilitas seperti kamar tidur, dapur, kamar mandi dan ruang tamu.

13. Tiny Texas House – Texas

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Tiny Texas House

Photo via : https://www.fourstjames.com

Tiny Texas House merupakan rumah terkecil yang dibangun dengan memanfaatkan bahan daur ulang. Perusahaan yang membuat rumah ini berharap dapat menyelamatkan lingkungan dan menginspirasi orang agar lebih sadar terhadap pentingnya kelestarian sumber daya alam. Di rumah ini terdapat ruang keluarga, dapur dan kamar mandi. Untuk kamar tidurnya sendiri terdapat di lantai dua.

14. Rumah Mungil – Roma

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - Rumah Mungil Roma

Photo via : https://www.treehugger.com

Seorang arsitek dari Italia bernama Marco Pierazzi berhasil membangun rumah dengan ukuran 6,9 meter disebuah gang sempit di Roma, Italia. Rumah ini memiliki ukuran yang kecil dan disebut rumah terkecil di Italia. Rumah ini memiliki desain interior yang minimalis dan fungsional sehingga terkesan luas.

15. The Matchbox – Washington DC

Daftar Rumah Terkecil Di Dunia - The Matchbox Washington DC

Photo via : https://www.cheatersutopia.com

Jay Austin merupakan seorang seniman dan fotografer memutuskan untuk membangun “harmonious home”. Rumah ini memiliki luas 140 kaki persegi atau sekitar 42.6 meter yang seluruhnya netral karbon, tidak sejajar dan mandiri yang disebut “The Matchbox”.

Itulah beberapa rumah terkecil yang ada di dunia, meskipun memiliki lahan yang kecil bukan berarti kita tidak bisa memiliki rumah yang nyaman. Rumah diatas tersebut membuktikan jika rumah dengan lahan sempit pun bisa menjadi rumah yang nyaman dengan fasilitas yang tergolong lengkap seperti rumah dengan ukuran normal lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *