Rekomendasi Sofa Bed Terbaik Serta Tips Memilih Dan Merawatnya Tahan Lama Dan Awet

3 minggu lalu, by blogunik

Sofa Bed Terbaik

Setiap rumah pada umumnya memiliki sofa yang digunakan untuk duduk, namun saat ini sofa tidak hanya untuk duduk saja ada juga yang dapat digunakan sebagai tempat tidur. Sofa yang memiliki dua fungsi ini biasanya disebut sebagai sofa bed. Buat kalian yang memiliki ruangan tidak terlalu besar, sofa bed ini bisa kamu jadikan pilihan karena multifungsi dan menghemat ruangan.

Tips Memilih Sofa Bed

Sofa bed merupakan salah satu furniture yang bisa dikatakan tergolong mahal. Sehingga sebelum kamu membelinya ada baiknya kamu memilih dengan teliti dan hati-hati. Berikut ini tips memilih sofa bed

1. Pilih yang sesuai dengan bentuk dan ukuran ruangan

Sebelum membeli sofa bed hal yang harus kamu perhatikan adalah bentuk dan ukuran. Pilihlah bentuk sofa bed yang bentuknya sesuai dengan tubuh kamu. Selain itu ukurlah sofa bed, pastikan ukuran sofa bed tidak terlalu besar untuk ruanganmu.

2. Perhatikan model lipatan

Selain bentuk dan ukuran, kamu juga harus memperhatikan model lipatannya. Sofa bed sendiri memiliki berbagai macam jenis, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda tergantung dari model lipatannya.

  • Sofa bed 2 lipatan : Sofa bed jenis ini kamu hanya perlu menarik sandaran kursi dan jadilah tempat tidur. Kamu juga tidak perlu menggeser sofa untuk mengubahnya menjadi tempat tidur. Pada umumnya sofa bed 2 lipatan ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan bisa ditempati satu atau dua orang.
  • Sofa bed 3 lipatan : sofa bed model ini pada bagian lipatan tempat duduknya dapat dibuka sehingga menjadi lebih panjang. Untuk mengubahnya menjadi tempat tidur, kamu bisa menurunkan bagian sandaran punggung. Sofa bed model ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai sofa, couch atau tempat tidur tergantung dari pengaturannya.
  • Sofa bed 4 lipatan : sofa bed 4 lipatan ini terasa seperti mengatur lipatan matras. Model ini bisa kamu lipat menjadi sofa, couch, tempat tidr dan matras. Namun sayangnya, model ini memerlukan banyak tempat sehingga kurang cocok untuk ruangan yang kecil.

3. Pilih Material Yang Cocok

Sebelum membeli sofa bed kamu juga harus memperhatikan material yang digunakan. Material yang berbeda tentunya dapat memberikan kesan yang berbeda selain itu fungsi dan cara memberishkannya juga pastinya berbeda.

  • Bahan kulit : dipasaran ada banyak sofa bed berbahan kulit sintetis. Meskipun bukan kulit asli, kamu masih bisa mendapatkan kesan mewah dari bahan kulit sintetis yang mengkilap. Selain itu, sofa bed dengan material kulit juga mudah di bersihkan.
  • Bahan Kain : dibandingkan dengan bahan kulit, bahan kain memiliki lebih banyak variasi yang dapat kamu pilih. Buat kalian yang ingin mendapatkan kesan lebih mewah kamu bisa memilih jenis kain velvet atau suede. Namun sayangnya bahan kain mudah kotor dan sulit kering jika terkena air. Tapi kamu tak perlu khawatir karena beberapa produk telah dilengkapi dengan lapisan pelindung pada bagian-bagian yang mudah kotor.

4. Pilih Sofa Bed dengan sandaran punggung yang tinggi

Hal yang perlu kamu perhatikan saat akan membeli sofa bed adalah sandaran punggungnya. Jika sandaran punggungnya rendah maka akan membuat leher serta punggunggmu mudah lelah. Maka dari itu ada baiknya memilih sandaran punggung yang cukup tinggi agar tubuh kita terasa santai dan nyaman.

Cara Merawat Sofa Bed

Jika kalian ingin memiliki sofa bed yang awet tentunya kalian harus merawatnya dengan baik. Berikut ini ada beberapa cara merawat sofa bed

Cara merawat sofa berbahan kulit

1. Pertama-tama hilangkan debu yang menempel di sofa kulit hingga sofa kulit bersih. Jika punya bisa juga menggunakan alat penghisap debu.

2. Kemudian bersihkan bagian yang terlihat lebih kotor menggunakan kain atau lap bersih yang sudah dilembapkan dengan air.

3. Jangan membersihkan sofa dengaan menggunakan sabun yang mengandung sodium laril sulfat karena dapat membuat kulit sofa menjadi kering.

4. Jika ada jamur di kulit sofa, kamu bisa ambil sedikit larutan garam dan cuka. Kemudian semprotkan ke bagian yang berjamur lalu gosok.

5. Jika diperlukan, kamu bisa membersihkan noda yang membandel dengan cairan khusus yaitu saddle soap untuk membersihkan sofa kulit. Namun jika noda masih terlihat kamu bisa minta bantuan jasa pembersih sofa kulit.

6. Sofa dengan jenis kulit harus dibersihkan segera dengan lap kering agar tidak lembap. Jika perlu kamu juga dapat mengeringkannya di luar namun sebaiknya tidak terkena matahari langsung.

Cara merawat sofa berbahan kain

1. Singkirkan debu atau kotoran yang ada di sofa sebelum menggunakan produk pembersih sofa kain. Kamu bisa menggunakan lap, kemoceng, sikat berbulu halus ataupun mesin pengisap debu.

2. Jika ada bercak kotoran, gunakan tisu basah atau kain mikrofiber yang sudah dibasahi dengan sedikit cuka untuk mengelap bercak atau noda tersebut. Sebelumnya, ada baiknya kamu tes terlebih dulu bahan atau produk pembersih itu dibagian kecil yang tersembunyi sebelum menggunakannya di seluruh permukaan sofa.

3. Kemudian bersihkan seluruh permukaan sofa dengan menggunakan kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan larutan detergen. Usap permukaan sofa dengan perlahan dan diamkan beberapa saat agar kandungan larutan detergen bekerja dengan baik. Dalam point ini, kamu hanya perlu membuat kain mikrofibernya lembab saja agar tidak terlalu membasahi sofa.

4. Keringkan sofa secara alami dan untuk mempercepat prosesnya kamu bisa membuka jendela dan membiarkan angin masuk.

Rekomendasi Merek Sofa Bed Terbaik

Berikut ini ada beberapa rekomendasi sofa bed terbaik yang bisa kamu pilih untuk menghiasi rumahmu

1. Bestway Air Furniture 75056

Sofa Bed Terbaik - Bestway Air Furniture 75056

Photo via ebay.com.au

Bestway Air Furniture 75056 adalah salah satu sofa bed terbaik yang memiliki lima fungsi. Sofa bed ini dapat digunakan sebagai sofa, couch, lounger, tempat tidur single dan tempat tidur besar. Dengan hanya satu sofa saja kamu sudah bisa menikmati beragam suasana. Produk ini terbuat dari bahan vinil yang dapat dipompa dan dikempiskan sehingga sangat praktis dibawa berpergian. Kamu juga tak perlu khawatir untuk memompa karena produk ini dilengkapi dengan alat pompa ketika membelinya.

2. Creova Furniture Sofa Bed

Sofa Bed Terbaik - Creova Furniture Sofa Bed

Photo via bukalapak.com

Buat kalian yang memiliki ruangan yang tidak terlalu besar, sofa bed ini bisa kamu jadikan pilihan. Sofa bed ini memiliki model dua lipatan dimana untuk mengubah fungsinya kamu bisa membuka bagian tempat duduk tanpa perlu menggeser sofa. Sehingga sofa bed ini bisa kamu sandarkan ke dinding agar ruangan terasa lebih luas. Sofa bed ini juga menggunakan material yang kuat dan lembut sehingga terasa nyaman digunakan.

3. Homemart Sofa Bed Hanzle

Sofa Bed Terbaik - Homemart Sofa Bed Hanzle Dark Blue

Photo via my-best.id

Homemart Sofa Bed Hanzle adalah sofa bed terbaik yang memiliki desain yang sederhana namun tetap terlihat elegan. Sofa bed ini memiliki bantalan yang kokoh dan juga empuk sehingga sangat nyaman digunakan untuk rebahan. Produk satu ini berbahan kain, meskipun begitu kain yang digunakan berkualitas dan tidak mudah sobek. Sofa bed ini juga dilengkapi dengan laci dibawahnya yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang.

4. IKEA Hammarn

Sofa Bed Terbaik - IKEA Hammarn

Photo via ikea.co.id

Kalian yang mencari sofa bed yang terbuat dari rangka baja, kalian bisa memilih sofa bed dari IKEA ini. Sofa bed ini memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dipindah ataupun digeser. Selain itu, sofa bed ini juga memiliki busa lentur yang juga fleksibel dan elastis sehingga sangat nyaman ketika duduk ataupun tidur. Sarung pembersih sofa ini juga mudah dilepaskan untuk dibersihkan.

5. IKEA Holmsund

Sofa Bed Terbaik - IKEA Holmsund

Photo via ikea.co.id

IKEA Holmsund adalah sofa bed terbaik yang memiliki sandaran yang tingkat ketinggiannya dapat diatur. Sofa bed ini juga dilengkapi sarung pembungkus yang terbuat dari material yang awet dan dapat dilepas sehingga mudah dibersihkan. Sofa bed ini juga memiliki penyimpanan di bagian bawahnya yang bisa kamu gunakan untuk meletakkan selimut atau lainnya.

6. IKEA NYHAMN

Sofa Bed Terbaik - IKEA NYHAMN

Photo via ikea.com

Kalian yang mencari sofa bed yang nyaman untuk tempat duduk ataupun tempat tidur, kalian bisa memilih produk satu ini yaitu IKEA NYHAMN. Sofa bed ini memiliki sarung yang mudah diganti dan dicuci sehingga kamu tak perlu khawatir jika terdapat noda diatasnya. Selain itu, sofa bed ini juga memiliki ruang dibawahnya agar kamu bisa menyimpan kotak penyimpanan dibawahnya.

7. Inoac Yukata Ride Sofa Bed

Sofa Bed Terbaik - Inoac Yukata Ride Sofa Bed

Photo via tokopedia.com

Inoac Yukata Ride Sofa Bed adalah salah satu sofa bed terbaik yang bisa kamu pilih untuk mempercantik ruanganmu. Sofa bed ini memiliki tipe 3 lipatan yang didesain tanpa kaki kursi, sofa ini dapat diubah menjadi sofa, couch dan tempat tidur. Sofa bed ini memiliki kualitas busa dan bahan yang lembut, tentunya kalian akan merasa nyaman menggunakannya.

8. Informa Volkswing Lux Relax Sofa

Sofa Bed Terbaik - Informa Volkswing Lux Relax Sofa

Photo via bukalapak.com

Kamu sedang mencari sofa sekaligus tempat tidur yang nyaman, kamu bisa memilih Informa Volkswing Lux Relax Sofa. Sofa bed ini memiliki desain yang simple dan memiliki warna merah yang membuat interior rumah semakin cerah dan menonjol. Sofa bed ini memiliki kaki yang terbuat dari besi sehingga kamu tak perlu khawatir dengan kekuatannya. Produk ini juga memiliki panjang sekitar 177 cm sehingga terasa kurang untuk kalian yang memiliki tubuh tinggi.

9. JYSK Sofa Bed Maja

Sofa Bed Terbaik - JYSK Sofa Bed Maja

Photo via bukalapak.com

JYSK Sofa Bed Maja adalah merk sofa bed terbaik yang cocok untuk ruangan yang bertema minimalis. Sofa bed ini sangat nyaman digunakan untuk bersantai sambil menonton televisi. Selain itu, sofa ini juga dirancang dengan ruang penyimpanan dibawah kursi sehingga dapat menghemat tempat dengan meletakkan barang keperluan dibagian dalam kursi.

10. JYSK Sofa Bed Annalisa

Sofa Bed Terbaik - JYSK Sofa Bed Annalisa

Photo via bukalapak.com

Buat kalian yang mencaro sofa yang cocok dengan ruangan bergaya modern, kalian bisa membeli JYSK Sofa Bed Annalisa. Sofa bed ini dilengkapi dengan kantong penyimpanan pada bagian sampingnya sehingga kamu tidak perlu beranjak dari sofa. Selain itu, bila bagian bawah sofa ditarik maka kamu bisa tiduran diatasnya dengan nyaman. Sofa bed ini juga dilengkapi dengan roda sehingga sangat mudah untuk dipindahkan.

Itulah beberapa rekomendasi sofa bed terbaik yang bisa kamu pilih untuk interior ruanganmu. Pilihlah model sofa bed yang cocok dengan ruanganmu dan kamu sukai serta belilah yang budgetnya sesuai.

Artikel Terkait