Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 4

2 minggu, by blogunik

Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 4

Oppo Electronics Corp adalah sebuah perusahaan elektronik konsumen dan komunikasi seluler Tiongkok yang berkantor pusat di Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Smartphone merk Oppo ini menjadi salah satu merk hp yaang paling populer di Indonesia dan banyak peminatnya. Oppo baru-baru ini meluncurkan produk smarphone seri Reno teranyarnya yaitu Reno 4. Dimana smartphone ini merupakan generasi penerus dari Oppo Reno 3 yang telah dipasarkan terlebih dahulu. Dibandingkan dengan pendahulunya, tentunya Oppo Reno 4 memiliki sejumlah peningkatakan yang lebih baik dari segi desain maupun spesifikasinya.

Spesifikasi Oppo Reno 4

Spesifikasi Oppo Reno 4 - AI Color Potrait

Photo via oppo.com

AI Color Potrait

Oppo Reno 4 ini dibekali dengan AI Color Portrait warna di semua tempat yang tepat. Fitur ini akan membuat subjek akan bersinar dalam warna cerah dengan latar belakang hitam-putih. Gaya khas ini memastikan semua mata tertuju pada orang yang kamu rekam atau foto. Untuk mengambil efek lebih jauh dalam foto, kamu juga dapat menyempurnakan tingkat kekaburan latar belakang.

Monochrome Video

Pilih dan pertahankan warna terbaikmu pada warna merah, hijau atau biru dalam merekam video dan ubah warna lainnya seperti hitam-putih.

960fps AI Slow-motion¹

Oppo Reno 4 ini juga dibekali dengan 960fps AI Slow-motion¹, dimana fitur ini kamu bisa membuat sebuah momen bahkan saat-saat yang paling singkat. Fokus tetap terkunci secara otomatis pada objek yang bergerak sehingga kamu tidak akan melewatkan apa pun.

Front Steady Video

Smartphone ini juga telah menghadirkan Ultra Steady Video yang populer dengan menambahkan Front Steady Video. Sehingga buat kalian yang gemar membuat video atau vlog tidak perlu khawatir akan menghasilkan video yang blur berkat fitur ini.

Ultra Steady Video 3.0

Oppo Reno 4 ini juga menghaluskan klip yang diambil dengan tangan yang bergetar menggunakan EIS, sehingga membuat video yang diambil dengan kamera belakang stabil seperti biasa.

Spesifikasi Oppo Reno 4 - Night Flare Portrait

Photo via oppo.com

Night Flare Portrait

Pada saat malam terkadang pengambilan foto terlihat tidak bagus, namun berbeda jika menggunakan Oppo Reno 4 ini. Oppo Reno 4 ini dibekali dengan fitur Night Flare Portrait yang akan membuat foto menakjubkan dengan latar belakang malam yang jelas.

Ultra Night Selfie

Selain itu dengan menggunakan smartphone ini, meskipun di lingkungan dengan cahaya redup kamu masih bisa mengambil foto selfie dengan hasil yang bagus berkat Ultra Night Selfie yang terdapat di smartphone ini.

Ultra Dark Mode

Selain Ultra Night Selfie, Oppo Reno 4 ini juga dibekali dengan Ultra Dark Mode. Dimana fitur ini akan membuat foto yang kamu abadikan terlihat sempurna bahkan saat cahaya minim.

108MP Ultra-clear Image

Oppo Reno 4 ini hanya dibekali dengan kamera beresolusi 48 MP saja, namun berkat Ultra-clear Image foto yang kamu bidik memiliki resolusi 108 MP sehingga tidak ada yang terlewatkan dari foto kamu.

Spesifikasi Oppo Reno 4 - Kamera

Photo via oppo.com

Kamera Belakang Oppo Reno 4

Quad kamera menghadirkan empat kali kekuatan untuk pengalaman fotografi kamu. Abadikan perspektif kamu tentang dunia dibawah pencahayaan apapun dengan gaya apapun dengan kualitas tingkat profesional.

Spesifikasi Oppo Reno 4 - Body Slim

Photo via oppo.com

Ultra Slim Body

Smartphone ini memiliki dimensi 7.7 mm dan berat 165g yang mengesankan. Dengan bodi seramping ini, smartphone ini memiliki banyak sekali fitur yang menarik.

Spesifikasi Oppo Reno 4 - Dual Punch-hole Display

Photo via oppo.com

Dual Punch-hole Display

Rasio layar ke-bodi 90,7%, warna cerah dan Sertifikiasi TUV Rheinland Low Blue Light menjadikan tampilan aman yang bisa dilihat sepanjang hari.

Netflix HD Streaming Certification

Buat kalian yang gemar menonton Netflix, kini smartphone Oppo Reno 4 telah dibekali dengan Sertifikasi Streaming Netflix HD. Tentunya acara menonton Netflix di hp menjadi lebih mudah dan seru.

Performa Oppo Reno 4

Performa dari Oppo Reno 4 ini tidak boleh kamu sepelekan karena smartphone ini memiliki kualitas yang gahar dan menggunakan fitur modern.

AI-enhanced Smart Sensor

Oppo Reno 4 ini dibekali dengan AI-enhanced Smart Sensor, yang dapat mengenali postur dan gerakan tangan kamu. Tentunya hal ini akan membawamu pada pengalaman yang sangat modern dan smart.

Smart Spying Prevention

Terkadang saat teman meminjam smartphone kita dan kebetulan ada notifikasi yang masuk. Mungkin tak sengaja pesan tersebut terbaca, tapi dengan adanya Smart Spying Prevention di Oppo Reno 4 ini. Secara otomatis pesan detailnya akan tertutup sehingga kamu dapat membukanya secara pribadi.

Smart AirControl

Fitur satu ini tentunya dapat memudahkan kamu ketika ada pesan ketika kamu sibuk maka. Tanpa harus mengotori layar ponsel, kamu dapat menggunakan gerakan untuk mengontrol ponsel tersebut tanpa menyentuhnya.

Spesifikasi Oppo Reno 4 - Pengisian Baterai

Photo via oppo.com

Pengisian Baterai

Oppo Reno 4 ini dibekali dengan 30W VOOC Flash Charge 4.0 yang terkemuka. Sehingga dapat membuat hp kamu mengisi dari 1% hingga 50% dalam waktu kurang dari 20 menit. Untuk kapasitas baterainya sendiri sekitar 4015 mAh yang mendukung penggunaan sepanjang hari. Untuk menghemat daya, hp ini dibekali dengan Super Power Saving Mode. Bahkan dengan sisa baterai 5% kamu masih bisa menggunakannya untuk bersosial media hingga 1,5 jam.

Spesifikasi Oppo Reno 4 - Prosesor Oppo Reno 4

Photo via serbagadget.id

Prosesor Oppo Reno 4

Smartphone ini dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 720G dengan kinerja terbaik dari gaming ke streaming. Bekat teknologi tinggi ini, kamu dapat duduk santai sambil menikmati pengalaman yang mulus saat melakukan berbagai macam aktifitas di hp. Untuk mendukungnya, hp ini juga dibekali dengan RAM 8 GB dan penyimpanan sebesar 128 GB.

Warna yang ditawarkan

Spesifikasi Oppo Reno 4 - Color

Photo via buzzsetter.com

Oppo Reno 4 ini menawarkan dua varian warna yang bisa kamu pilih yaitu Galactic Blue dan Space Black. Warna Galactic Blue akan membuat mata kamu menjelajahi gradien biru yang mempesona uang terinspirasi dari galaksi berbintang. Sedangkan Space Black menawarkan kedalaman ruang dengaan rona gelap bertatahkan pola reflektif yang mempesona

JaringanGSM / HSPA / LTE
Dirilis29 Juli 2020
Ukuran160,3 x 73,9 x 7,7 mm (6,31 x 2,91 x 0,30 inci)
Bobot165 g (5,82 oz)
SIMSIM Ganda (Nano-SIM, dual stand-by)
LayarSuper AMOLED, 6,4 inci (rasio layar ke body 83,5%)
Resolusi Layar1080 x 2400 pixel
OSAndroid 10
ChipsetQualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
CPUOcta-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
GPUAdreno 618
Memori & RAM128GB 8GB RAM
Kamera Belakang48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF

8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm

2 MP, f/2.4, (macro)

2 MP, f/2.4, (depth)

Kamera Depan32 MP, f/2.4, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
Video4K@30fps, 1080p@30fps
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
SensorsFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiLi-Po 4015 mAh, non-removable (fast charging 30W)
ColorsGalactic Blue, Space Black

 

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 4

Setelah kalian mengetahui spesifikasi dari Oppo Reno 4 ini, tentunya ada baiknya juga kalian mengetahui apa kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 4 ini.

Kelebihan Oppo Reno 4

Oppo Reno 4 bisa dikatakan membawa cukup banyak perubahan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Berikut ini kelebihan Oppo Reno 4

1. Desain fresh dan berkarakter

Jika dilihat desain smartphone Oppo Reno 4 ini lebih mencolok jika dibandingkan dengan pendahulunya. Kamera vertikal dibagian belakang dengan bulatan tegas serta pilihan warna ikonik membuat ponsel ini lebih berkarakter. Selain itu, untuk packagingnya sendiri kalian akan mendapatkan box unik yang colorfull berbeda dari yang lainnya.

2. Material kokoh dan premium

Hp Oppo Reno 4 ini juga terlihat menarik berkat penggunaan material premium yang melekat padanya. Penutup belakang hp ini bukan plastik melainkan kaca Gorilla Glass 3. Tak hanya itu saja, kaca bagian depannya dilindungi Gorilla Glass 5 yang juga besutan Corning. Selain itu bingkai Oppo Reno 4 ini juga dibangun dari material metal agar lebih kokoh dan anggun.

3. Chipset yang canggih dan powerfull

Oppo Reno 4 ini menyematkan otak yang lebih canggih dan kencang dari pendahulunya dimana ia menggunakan Snapdragon 720G buatan Qualcomm. Menggunakan Snapdragon 720G, hp ini mampu mencatat skor sekitar 280.000. Selain performa lebih bagus, Snapdragon 720G juga dibangun dengan proses fabrikasi yang lebih cangih dan efisien yaitu 8 nanometer (nm). Buat kalian yang gemar bermain game, hp satu ini bisa kamu andalkan.

4. Jepretan memuaskan di Low-light

Hasil dari jepretan Oppo Reno 4 ini bisa dikatakan memiliki kualitas yang lebih baik dan rapi. Hal ini salah satunya karena berkat bukaan lensa yang sedikit lebih besar, penyempurnaan teknologi kecerdasan buatan (AI) serta fitur image processing bawaan yang tersemat pada chipset-nya. Selain itu, ada beberapa fitur yang memabntu menangkap gambar dengan helas di malam hari yaitu Night Flare Portrait (bokeh di malam hari), ultra night selfie dan ultra dark mode. Tak hanya itu saja, meskipun resolusi kamera bawaannya hanya 48 MP. Hp ini dibekali dengan fitur Ultra Clear Image yang memungkinkan pengguna menjepret foto beresolusi 108 MP.

5. Perekaman video yang berkualitas

Selain dapat mengambil foto dalam kondisi minim cahaya, Oppo Reno 4 ini juga bisa merekam video dengan beberapa fitur yang keren. Oppo Reno 4 ini memiliki mode perekaman video AI Slow Motion yang mampu menangkap 960 frame per second (fps). Dimana fitur ini hanya terdapat pada jajaran smartphone flagship. Selain itu, hp ini juga memiliki monochrome video yang memungkinkan warna objek dan latar bisa dipisahkan menjadi berwarna berpadu hitam-putih atau sebaliknya. Tak hanya itu saja, Oppo Reno 4 ini juga dilengkapi dengan fitur Front Steady Video untuk kamera depan dan Ultra Steady Video 3.0 berbekal electronic image stabilization (EIS).

6. Fitur tanpa sentuhan yang helpful

Yang menarik pada Oppo Reno 4 ini yaitu fitur Smart AirControl dimana fitur ini berguna untuk kamu yang tidak ingin menyentuh ponsel saat sedang makan atau tangan kotor. AirControl ini juga berfungsi untuk menerima panggilan telepon secara lebih praktis dan mendukung beberapa aplikasi media sosial.

7. Storage yang cukup besar dan Fast Charging

Media penyimpanan Oppo Reno 4 ini terbilang cukup besar dimana hp ini memiliki kapasitas ruang sebanyak 128 GB dan RAM 8GB. Kapasitas ini bisa dikatakan cukup besar untuk memenuhi semua kebutuhanmu melalui smartphone. Sedangkan untuk kapasitas baterainya sendiri terbilang cukup besar yaitu 4.015 mAh dan didukung dengan pengisian cepat Oppo VOOC 4.0 berdaya 30 Watt. Dengan fitur fast charging ini memungkinkan baterai Oppo Reno 4 ini bisa terisi penuh hanya dalam waktu satu jam saja.

Kekurangan Oppo Reno 4

Selain memiliki banyak kelebihan, Oppo Reno 4 ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini kekurangan Oppo Reno 4

1. Tidak ada lensa telephoto

Meskipun dibekali dengan 4 kamera, Oppo Reno 4 ini tidak dibekali dengan lensa telephoto. Dimana lensa ini sangat jarang ditemukan pada smartphone menengah dengan jenis lensa tersebut. Meskipun begitu kualitas foto dari smartphone ini tetap menjanjikan.

2. Tanpa NFC

Selain tidak memiliki lensa telephoto, Oppo Reno 4 ini juga tidak memiliki fitur near field communication (NFC). Namun bagi sebagian orrang fitur ini masih belum diperlukan sehingga untuk menekan budget fitur ini lebih baik dihilangkan.

Itulah spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 4, bagaimana apa kamu tertarik untuk membelinya?

Artikel Terkait