35 Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia

2 minggu lalu, by blogunik

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Tacos, Meksiko

Street food atau makanan kaki lima adalah makanan atau minuman siap santap yang dijual di jalanan atau area publik. Pada umumnya street food ini digemari oleh para traveler yang ingin menikmati cita rasa khas lokal melalui street food. Street food ini biasanya banyak ditemui di pinggir jalan dengan gerobak-gerobak, kos ataupun kedai. Street food juga diidentikkan dengan makanan yang murah meriah sehingga tak heran banyak para traveller yang memburunya selain itu rasanya pun juga enak. Di setiap negara tentunya memiliki street food yang berbeda-beda dan tentunya memiliki cita rasa tersendiri. Nah, buat kamu yang doyan travelling tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi beberapa street food ini. Berikut ini daftar street food terenak dan terpopuler dari seluruh dunia

1. Aloo chaat – India

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Aloo chaat, India

Photo via steemkr.com

Aloo chaat atau alu chaat adalah salah satu street food terenak dan terpopuler di India Utara. Makanan ini dibuat dengan potongan kentang rebus dan goreng yang dicampur dengan rempah-rempah dan chutney. Makanan ini biasanya dimakan sebagai camilan atau lauk dan Aloo chaat juga memiliki bumbu dan chutney yang bervariasi berdasarkan wilayahnya.

2. Anticucho – Peru

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Anticucho, Peru

Photo via culturamerindia.pe

Anticucho adalah makanan yang terbuat dari daging yang populer dan murah, makanan ini terdiri dari segala jenis daging namun yang paling populer terbuat dari daging sapi. Daging yang digunakan ini direndam dalam cuka dan rempah-rempah seperti bawang putih, jinten dan aji lada sebelum dipanggang seperti sate. Anticucho ini biasanya disajikan dengan saus tradisional yang dibuat dengan bawang putih, ketumbar, jus lemon, bir dan cuka serta sepotong roti atau kentang rebus. Anticucho ini menjadi salah satu street food terenak dan terpopuler di Peru.

3. Arepa – Kolombia dan Venezuela

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Arepa, Kolombia dan Venezuela

Photo via citymatters.london

Arepa adalah salah satu street food terenak dan terpopuler di Kolombia dan Venezuela. Dimana roti lembut dan tebal ini terbuat dari biji jagung, tepung jagung yang dicampur dengan air dan garam. Terkadang roti ini juga dicampur dengan mentega, telur, susu atau minyak. Arepa ini dapat digoreng atau dikukus dan memiliki variasn dalam ukuran, warna dan rasa. Untuk isiannya, Arepa sering diisi dengan tomat, telur, keju atau daging. Selain itu, areoa juga dapat dijadikan sebagai roti sandwicj dan sering disajikan dengan alpukat, keju atau cuajada sejenis susu didih.

4. Bubble Tea – Taiwan

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Bubble Tea, Taiwan

Photo via penangfoodie.com

Bubble tea adalah street food terenak dan terpopuler di Taiwan, dimana minuman ini terdiri dari teh dan boba yang terbuat dari tepung tapioka. Minuman satu ini sangat populer bahkan kepopulerannya hingga ke Korea, Filipina, Indonesia, Amerika Serikat, Eropa dan Kanada. Bubble tea ini memiliki berbagai macam varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

5. Banana Cue – Filipina

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Banana Cue, Filipina

Photo via tipicyw.pw

Banana cue adalah street food terenak dan terpopuler di Filipina, dimana makanan ini terbuat dari pisang saba. Pisang ini digoreng dan dilapisi dengan gula karamel sebelum ditusuk dengan bambu. Jika kamu sedang berlibur ke Filipina tak ada salahnya kamu mencicipi banana cue yang memiliki rasa manis ini.

6. Banh mi – Vietnam

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Banh mi, Vietnam

Photo via taste.com.au

Banh mi adalah roti baguette khas Vietnam yang terbuat dari tepung gandum dan beras. Dimana didalamnya di beriisian seperti daging, sayur-sayuran dan lainnya. Makanan ini menjadi makanan pokok di Vietnam pada awal abad ke-20 dan pada tahun 1950-an banh mi muncul di jalan Saigon sekarang kota Ho Chi Minh. Saat ini, banh mi menjadi salah satu street food terenak dan terpopuler di Vietnam.

7. Beguni – Bengal dan Bangladesh

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Beguni, Bengal dan Bangladesh

Photo via youtube.com

Beguni adalah street food terenak dan terpopuler di Bengal dan Bangladesh, dimana makanan ini terbuat dari terong yang diiris. Terong yang diiris ini kemudian di goreng dengan minyak panas. Beguni ini camilan yang dapat juga ditemui di provinsi Benggala Barat di India. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan makanan ini juga menjadi makanan pokok Ramadhan di kalangan masyarakat muslim di Bengali.

8. Bungeoppang – Korea Selatan

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Bungeoppang, Korea Selatan

Photo via favy-jp.com

Bungeoppang adalah kue berbentuk ikan yang didalamnya diisi dengan pasta kacang merah manis. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, baking powder dan air, lalu adonan ini dituangkan ke dalam panggangan yang berbentuk ikan. Pasta kacang merah kemudian dotambah sebelum menuangkan adonan selanjutnya. Selain isian kacang merah, ada juga coklat, krim kue dan lainnya. Bungeoppang ini menjadi salah satu street food terenak dan terpopuler yang paling umum di Korea Selatan.

9. Bunny chow – Afrika Selatan

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Bunny chow, Afrika Selatan

Photo via lentils.org

Bunny chow atau yang sering disebut bunny oleh penduduk sekitar adalah street food terenak dan terpopuler di Afrika Selatan yang berasal dari komunitas India di kota Durban. Makanan ini berupa roti yang dilubangi dan kemudian diisi dengan kari dan biasanya daging domba, ayam, kambing atau kacang. Makanan ini juga secara tradisional dimakan dengan tangan dan biasanya disertai dengan salad dengan wortel parut, cabai dan bawang.

10. Calzone – Italia

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Calzone, Italia

Photo via hellofresh.com

Calzone adalah makanan yang berbentuk seperti pastel yang memiliki ukuran yang jumbo. Calzone sendiri merupakan makanan asli dari Italia dan masih satu varian dengan pizza. Makanan ini dibuat dengan adonan roti asin yang diisi dengan ham, salami atau sayuran, ricotta, mozzarella, parmesan atau keju pecorino dan dipanggang dalam oven. Makanan ini bisa dikatakan memiliki ukuran yang besar namun para pedagang kaki lima sering menjualnya dalam ukuran lebih kecil. Calzone sendiri termasuk street food terenak dan terpopuler di Italia yang harus kamu cicipi jika datang ke sini.

11. Chapli kebab – Pakistan

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Chapli kebab, Pakistan

Photo via nydailynews.com

Chapli kebab adalah street food terenak dan terpopuler di Pakistan, dimana kebab cincang gaya Pashtun yang dipengaruhi Mughlai ini biasanya dibuat dari daging sapi atau daging kambing giling. Lalu dicampur dengan bunga gandum, bawang, tomat, telur, jahe, ketumbar dan rempah-rempah lainnya. Setelah itu adonan di bentuk bulat dan digoreng hingga matang. Makanan ini sangat populer di seluruh Pakistan, selain itu makanan ini juga dimakan di India dan Afganistan timur.

12. Chuan – China

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Chuan, China

Photo via theculturetrip.com

Chuan adalah makanan china yang berupa potongan kecil daging yang ditusuk dengan bambu. Makanan ini dibumbui dengan lada hitam, biji jintan dan wijen lalu dipanggang diatas arang. Street foot satu ini memang dikenal sebagai salah satu street food terenak dan terpopuler di China.

13. Crepe – Prancis

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Crepe, Prancis

Photo via lidl.com

Siapa yang tidak mengetahui makanan satu ini yaitu Crepe, Crepe sendiri adalah street food terenak dan terpopuler yang berasal dari wilayah Prancis di Brittany. Crepes sendiri merupakan kue tipis yang populer seperti pancake yang populer di seluruh Prancis serta Kanada dan Belgia. Crepe sendiri pada umumnya dimakan untuk sarapan atau hidangan penutup. Selain itu, crepe sendiri memiliki banyak varian isian, ada yang menggunakan Nutella, irisan buah, whipped cream dan es krim. Namun crepe juga ada yang memiliki isian seperti keju, daging, sayuran dan lainnya.

14. Currywurst – Jerman

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Currywurst, Jerman

Photo via ecotravel.pl

Currywurst adalah street food terenak dan terpopuler di Jerman, dimana makanan ini menggunakan sosis sebagai bahan utamanya. Makanan ini menggunakan sosis babi yang dikukus atau digoreng kemudian dipotong-potong lalu dibumbui dengan saus kari atau saus tomat dan ditaburi dengan bubuk kari. Makanan ini biasanya disajikan dengan kentang goreng, selain itu makanan ini juga dapat ditemui diseluruh Jerman dengan beberapa variasi.

15. Doubles – Trinidad dan Tobago

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Doubles, Trinidad dan Tobago

Photo via nationalpost.com

Doubles adalah street food terenak dan terpopuler yang paling umum kamu temukan di Trinidad dan Tobago ini. Makanan ini memiliki pengaruh etnis India dimana makanan ini dibuat dengan dua baras yang diisi dengan kari channa makanan yang populer dalam masakan Asia Selatan. Banyak yang menikmati topping camilan street food ini dengan bumbu seperti asam, saus lada, mentimun atau mangga.

16. Fish and chips – Inggris

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Fish and chips, Inggris

Photo via dailymail.co.uk

Fish and chips adalah makanan yang paling terkenal yang berasal dari Britania Raya. Makanan ini terdiri dari ikan yang dtepungi dengan tepung roti dan dimakan bersama kentang goreng. Makanan ini juga sering disajikan dengan kacang polong, saus kari atau saus tomat. Secara tradisional, fish and chips ini dibungkus dengan koran namun saat ini banyak yang menggunakan kertas anti minyak atau terkadang menggunakan cetakan koran palsu. Fish and chips ini menjadi salah satu street food terenak dan terpopuler hampir si seluruh Inggris.

17. Focaccia – Italia

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Focaccia, Italia

Photo via realfood.tesco.com

Focaccia adalah jenis roti Italia yang terbuat dari tepung gluten tinggi, minyak, garam, air dan ragi. Lalu roti ini dipangga dalam oven batu atau perapian. Sebelum di oven diatas adonan dilumuri dengan minyak zaitun lalu setelahnya dibumbui bersama garam. Focaccia ini sering ditutupi dengan bumbu dan bahan lainnya seperti keju atau bawang. Focaccia ini termasuk street food terenak dan terpopuler yang berasal dari Italia.

18. Gelato – Italia

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Gelato, Italia

Photo via sardatur-holidays.co.uk

Gelato adalah es krim yang berasal dari Italia, mungkin banyak yang tidak menyadari jika gelato italia itu sangat berbeda dari es krim. Gelato ini terbuat dari susu, krim dan gula, lalu ditambah kacang, buah atau bahan lainnya. Gelato sendiri jauh lebih rendah lemak daripada es krim. Tak heran jika street food Italia ini tergolong street food terenak dan terpopuler di seluruh dunia.

19. Gyro – Yunani

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Gyro, Yunani

Photo via vita.gr

Gyro adalah salah satu street food terenak dan terpopuler di Yunani. Makanan ini menggunakan daging tradisional domba, ayam atau babi yang dimasak di rotisserie vertikal dan kemudian diiris untuk disajikan dalam bungkus roti datar diisi dengan tomat, bawang dan saus tzatziki dan terkadang ketang goreng. Daging gyro juga bisa dibuat dengan daging sapi dan biasanya dibumbui dengan paprika, oregano, lada, bubuk bawang putih, peterseli dan lainnya.

20. Hot dog – Amerika Serikat

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Hot dog, Amerika Serikat

Photo via awarenessdays.com

Hot dog adalah salah satu street food terenak dan terpopuler di Amerika Serikat. Hot dog merupakan jenis sosis yang dimasak atau diasapi dan memiliki tekstur yang lebih halus serta rasa yang lebih lembut dari kebanyakan sosis. Sosis ini biasanya disajikan dengan roti panjang yang didalamnya diisi dengan berbagai macam bahan seperti bawang, keju, cabai dan lainnya. Di Amerika ada banyak sekali varian hot dog yang bisa kamu temui.

21. Khachapuri – Georgia

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Khachapuri, Georgia

Photo via culturecheesemag.com

Khachapuri adalah roti isi keju dengan banyak variasi di seluruh negeri. Roti beragi yang dibentuk dengan cara yang berbeda ini diisi dengan keju ditengahnya dan keraj roti dicabut dan dicelupkan ke dalamnya. Khachapuri ini termasuk salah satu street food terenak dan terpopuler dari Georgia yang harus kamu coba.

22. Ketan Mangga – Thailand

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Ketan Mangga, Thailand

Photo via pinterest.com

Ketan Mangga adalah salah satu hidangan penutup Thailand yang sangat populer. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan lalu ditambahkan garam dan gula, setelah matang nasi ketan ini disajikan dengan beberapa irisan mangga dan santan diatasnya. Ketan mangga ini sangat populer selama bulan April dan Mei dimana bulan-bulan ini usim panas di Thailand dan musim mangga disana. Buat kamu yang berkunjung ke Thailand, coba cicipi street food terenak dan terpopuler dari negeri gajah putih ini.

23. Martabak – Indonesia

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Martabak, Indonesia

Photo via usaharumahan.id

Martabak adalah salah satu street food terenak dan terpopuler di Indoensia, martabak ini memiliki dua jenis yaitu martabak telur dan martabak manis. Martabak telur sendiri biasanya memiliki isian yang cukup beragam yaitu seperti jamur, sosis, ayam dan lainnya. Untuk martabak manis sendiri memiliki varian seperti coklat, keju, kacang dan lainnya. Makanan ini sangat murah meriah dan mudah sekali menemukannya di seluruh penjuru Indonesia.

24. Obwarzanek krakowski – Polandia

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Obwarzanek krakowski, Polandia

Photo via podroze.onet.pl

Obwarzanek krakowski adalah roti yang berbentuk cicin yang dikepang lalu ditaburi dengan garam, biji wijen dan biji poppy sebelum dipanggang hingga renyah di liar namun masih kenyal di dalam dan lembab. Makanan ini adalah street food terenak dan terpopuler di Krakow, kota Polandia tempat asalnya. Namun Obwarzanek krakowski juga dapat ditemukan di toko-toko roti.

25. Pani câ mèusa – Italia

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Pani câ mèusa, Italia

Photo via lovefood.com

Pani câ mèusa adalah street food terenak dan terpopuler di ibukota Sisillia. Dimana makanan ini dibuat dengan merebus paru-paru sapi dan limpa sebelum menggorengnya di lemak babi dan kemudian diletakkan diantara dua potong roti yang lembut. Jika dilihat-lihat makanan ini hampir mirip dengan burger.

26. Pommes frites – Belgia

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Pommes frites, Belgia

Photo via blog.mainstreethub.com

Pommes frites atau yang dikenal dengan kentang goreng adalah salah satu street food terenak dan terpopuler di Belgia. Dimana makanan ini sangat digemari banyak orang. Kentang ini digoreng dua kali dan disajikan dalam bentuk kerucut dan diberi berbagai saus yang enak.

27. Poutine – Kanada

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Poutine, Kanada

Photo via seriouseats.com

Poutine adalah street food terenak dan terpopuler di Kanada, dimana makanan ini berasal dari provinsi Quebec yang sebagian besar penduduknya berbahasa Perancis. Makanan ini terdiri dari kentang goreng dengan taburam keju dan siraman saus coklat. Poutine ini sangat digemari sehingga makanan ini bisa ditemui di beberapa restoran kelas atas.

28. Ramen – Jepang

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Ramen, Jepang

Photo via osakahacks.com

Siapa yang tak mengenal street food satu ini yaitu ramen, makanan ini dikenal sebagai salah satu street food terenak dan terpopuler di Jepang. Makanan ini terdiri dari mie yang disajikan dengan kaldi yang biasanya berbasis daging atau ikan dan kepap atau miso digunakan sebagai penyedap. Makanan ini juga memiliki beberapa topping seperti telur rebus, daging babi iris, daun bawang dan rumput laut kering. Makanan ini dapat kamu temui di hampir seluruh negara sakura ini.

29. Shawarma – Timur Tengah

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Shawarma, Timur Tengah

Photo via staging-rte.recipetineats.com

Shawarma adalah hidangan daging murah yang populer di seluruh Timur Tengah. Makanan ini mirip dengan gyro, makanan ini terdiri dari daging domba, ayam atau daging lainnya yang ditumpuk dengan lapisan lemak yang kemudian diletakkan secara vertikal dan dipanggang selama berjam-jam. Setelah matang, makanan ini siap disajikan dan biasanya para penjual akan mengiris daging tersebut untuk disajikan dalam piring atau roti. Shawarma ini menjadi salah satu street food terenak dan terpopuler yang harus kamu cicipi.

30. Chou doufu – China

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Chou doufu, China

Photo via avocadobanane.com

Chou doufu atau yang lebih dikenal dengan tahu busuk adalah salah satu makanan tradisional Tionghoa. Chou doufu sendiri merupakan tahu fermentasi dimana cara membuatnya bervariasi berdasarkan wilayah. Pada umumnya makanan ini dibuat dengan menambahkan tahu ke air garam, susu fermentasi, daging dan sayuran terkadang juga ditambah dengan racikan bumbu China. Setelah itu tahu ini dibiarkan selama beberapa bulan sebelum di sajikan.

Tahu ini memiliki rasa yang renyah diluar namun lunak di dalam. Selain itu makanan ini dapat dimakan dingin, dikukus atau direbus tapi yang paling populer adalah digoreng. Setelah itu dibagian atasnya ditaburi dengan saus cabai atau acar kol. Jika kamu berkunjung ke China tak ada salahnya mencicipi street food terenak dan terpopuler di China satu ini.

31. Tacos – Meksiko

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Tacos, Meksiko

Photo via lintasusaha.com

Tacos adalah makanan khas Meksiko yang terdiri dari gulungan atau lipatan tortilla yang di dalamnya berisi berbagai macam isian. Isianya bisa berupa daging ayam, sapi, babi, keju, sayuran, alpukat dan lainnya. Makanan ini juga banyak dikonsumsi diseluruh Kanada dan Amerika Serikat. Jalan-jalan ke Meksiko tentunya tak lengkap tanpa mencicipi street food terenak dan terpopuler ini.

32. Takoyaki – Jepang

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Takoyaki, Jepang

Photo via akibanation.com

Takoyaki adalah street food terenak dan terpopuler yang ada di Jepang. Makanan ini dibuat dari tepung terigu yang dimasak dengan wajan khusus berbentuk bulat dan didalamnya berisi gurita cincang ketika matang diatasnya disiram dengan saus mayones dan taburan katsuobushi. Tempat terbaik di Jepang untuk mencoba makanan ini yaitu Osaka.

33. Tanghulu – China

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Tanghulu, China

Photo via aimyqi.com

Tanghulu adalah manisan buah tradisional China yang biasanya tersedia di berbagai kota di China. Manisan ini disajikan dengan cara ditusuk batang bambu yang panjangnya sekitar 20 cm. Manisan ini biasanya terdiri dari hawthorn Cina yang dicekupkan ke dalam sirup gula dan dapat juga dilapisi dengan coklat atau taburan wijen. Untuk varisi buahnya cukup beragam ada pisang, blueberru, anggur, jeruk mandarin, nanas, stroberi dan lainnya. Ketika datang ke China jangan lupa mencicipi street food terenak dan terpopuler satu ini.

34. Twist Potato – Korea Selatan

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Twist Potato, Korea Selatan

Photo via livingnomads.com

Twist Potato adalah salah satu street food terenak dan terpopuler di Korea Selatan, dimana aslinya dikembangkan oleh Jeong Eun Suk of Agricultural Hoeori Inc. Makanan ini terdiri dari sebuah kentang utuh yang dipotong spiral ditusuk dengan bambu kemudian digoreng. Setelah matang, kentang ini diberi berbagai macam bumbu seperti bawang bubuk, madu, keju dan lainnya. Kentang ini juga memiliki beberapa variasi salah satunya terdapat sosis yang dikelilingi dengan kentang spiral ini.

35. Vada pav – India

Daftar Street Food Terenak dan Terpopuler Dari Seluruh Dunia - Vada pav, India

Photo via tasteofcity.com

Vada pav adalah patty kentang pedas yang digireng isi roti, makanan ini salah satu street food terenak dan terpopuler di India. Makanan ini menggunakan kentang rebus yang dihaluskan kemudian dicampur dengan rempah-rempah. Kemudian dilapisi dengan adonan yang terbuat dari tepung dan digoreng setelah itu dibungkus dengan roti. Vada pav ini juga bisa dikatakan sebagai burger-nya Bombay.

Itulah beberapa street food terenak dan terpopuler dari seluruh dunia. Jika kalian traveling ke negara lainnya, kamu tidak hanya bisa mengunjungi tempat wisatanya saja. Namun kamu juga bisa mencoba wisata kuliner dan mencicipi beberapa street food yang ditawarkan oleh negara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait