Tahukah Kamu ? Suku-suku Pedalaman Di Indonesia Ini Masih Terasing dan Hampir Punah Lho

3 tahun, by blogunik

Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai macam keindahan alam, budaya dan mempunyai adat istiadat, tradisi serta suku bangsa yang mampu membuat orang terpesona. Indonesia memiliki seribu suku bangsa dan tersebar dari sabang hingga merauke, salah satu suku yang tidak asing dari suku-suku yang ada di Indonesia adalah jawa dan batak. Selain suku-suku yang sudah banyak dikenal, Indonesia juga memiliki suku-suku yang tinggal di pedalaman, jauh dari kehidupan modern pada zaman sekarang ini.

1. Suku Mante

Photo Via : news.indopos.co.id

Masih ingatkah kalian dengan video sesosok misterius di pedalaman hutan Aceh. Sosok ini dikaitkan dengan salah satu suku yang tinggal di hutan-hutan terdalam Aceh. Suku Mante sudah lama menjadi legenda karena keberadaanya yang tidak diketahui pasti. Suku asli Indonesia ini memiliki ciri-ciri fisik tertentu yaitu salah satunya adalah memiliki ukuran tubuh yang kecil atau kerdil.

 

2. Suku Kombai

Photo Via : versesofuniverse.blogspot.co.id

Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang banyak memiliki suku terasing. Pulau paling timur di Indonesia ini menyimpan ratusan suku yang masih terisolasi. Suku Kombai merupakan salah satu suku di Papua yang memiliki keistimewaan sendiri walapun terasing. Suku ini tinggal di sebuah rumah pohon yang sangat tinggi, selain itu suku ini juga dikenal sebagai salah satu suku kanibal yang ada di Indonesia.

 

3. Suku Samin

Photo Via : www.kopi-ireng.com

Pernahkah kamu mendengar orang-orang Samin yang berhuang mempertahankan tanah adatnya ? Orang-orang Samin ini adalah salah satu suku yang banyak menetap di Blora dan Bonjonegoro, suku Samin ini hidup dengan cara sederhana. Kamu bisa mengetahui orang Samin dari pakaiannya, biasanya para laki-laki menggunakan baju lengan panjang tanpa kerah berwarna hitam dan wanita menggunakan kebaya. Satu hal yang tidak diperbolehkan orang Samin adalah tidak menggunakan celana panjang.

 

4. Suku Togutil

Photo Via : news.prokal.co

Di pedalaman hutan Tayawi Sulawesi, masih terdapat suku terisolasi yaitu Suku Toguil atau yang sering dikenal sebagai Suku Tobelo Dalam. Suku terdalam ini sudah lama diketahui sebagai penjaga hutan Tayawi, karena bagi suku Tayawi ini hutan sangat berarti bagi kelompoknya. Jika kalian sempat bertemu dengan kelompok orang Toguli jangan menyebutnya dengan sebutan Toguli, orang-orang Toguli menggaggap sebutan ini berkonotasi negatif dan menunjukkan keterbelakngan.

 

5. Suku Laut

Photo Via : id.wikipedia.org

Di Kepulauan Riau juga ada suku primitif yang terancam punah. Suku Laut yang hidup nomaden di laut lepas dan sungai-sungai Kepulauan Riau. Kalau melihat dari sejarahnya, Suku Laut dahulu adalah sekelompok perompak yang berperan penting saat Kerajaan Sriwijaya berkuasa.

 

6. Suku Kajang

Photo Via : www.libmagz.com

Pedalaman Bulukumba, Sulawesi Selatan masih dihuni oleh kelompok Suku Kajang. Suku Kajang banyak tinggal di Tana Toraja yang mempunyai arti tanah yang dituakan. Walaupun masih hidup dengan cara-cara tradisonal Suku Kajang sudah memilki aturan-aturan yang harus ditaati oleh semua anggota suku. Sama seperti kebanyakan suku yang ada di Indonesia, Suku Kajang ini hidup dengan cara yang sangat sederhana.

 

7. Suku Polahi

Photo Via : www.hipwee.com

Pernahkah kamu mendengar Suku Polahi yang hidup di Gorontalo. Dibandingkan dengan suku-suku lainnya Suku Polahi merupakan salah satu yang sangat terasing. Suku primitif ini hidup secara nomaden di hutan-hutan Boliyohato dan masih belum mengenal pakaian. Bahkan Suku Polahi ini tidak mengenal hari dan masih hidup dengan cara primitif yaitu berburu.

 

Nah, suku-suku pedalam di Indonesia tersebut pasti masih asing ditelinga kamu dan semoga suku-suku ini tidak cepat punah karena perkembangan zaman.

 

Baca Juga :
5 Peristiwa perang besar yang pernah terjadi di Indonesia
Kudeta pertama dalam sejarah Indonesia berdiri
Pesona Keindahan “Negeri di Atas Awan” di Indonesia

Artikel Terkait