Pesona Keindahan “Negeri di Atas Awan” di Indonesia

3 tahun lalu, by blogunik

Pernahkah kalian mendengar istilah negeri di atas awan. Seperti apakah negeri di atas awan itu ? apakah seperti di dalam dongeng ?. Yang dimaksud dengan negeri di atas awan itu adalah pegunungan. Ada beberapa puncak di Indonesia, ketika kita sampai di atas puncak kita dapat melihat hamparan awan. Terbayangkan betapa bagusnya ? Berikut ini beberapa tempat di Indonesia yang disebut-sebut sebagai negeri di atas awan :

1. Dataran Tinggi Lolai


Di Toraja memiliki negeri diatas awan yang disebut dataran tinggi Lolai. Banyak wisatawan datang ke tempat ini untuk melihat sunrise. Jika cuaca bagus, kita bisa merasakan seolah menginjak awan, karena tingginya sejajar dengan tempat kita berdiri. Untuk mencapai puncak memang medannya menanjak serta banyak tikungan, namun jalannya sudah lumayan bagus untuk dilewati.

2. Mamullu, Mamasa


Kampung Paken, Desa Mamullu, Kecamatan Pana, Mamasa, Sulawesi Barat ini memiliki pemandangan yang indah, sangat indah untuk melihat hamparan awan. Namun sangat disayangkan belum ada pemberdayaan secara optimal dari pemerintah sehingga tidak ada akses jalan yang memadai untuk kesana.

3. Puncak B 29


Puncak Gunung B 29 ini terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Puncak ini bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain dapat menikmati hamparan awan di kaki kita, di tempat ini juga ada Pemandian Selo Kambang dan Pura Mandara Giri Semeru Agung.

 

4. Dataran Tinggi Dieng


Tempat ini terkenal karena ke eksotisannya. Jika ingin melihat hamparan awan yang terpapar sinar matahari maka datanglah ke Bukit Sikunir. Selain itu, Dieng memiliki bebrapa tempat wisata seperti Telaha Warna dan Candi-candi. Jika kamu berkunjung pada bulan Agustus maka kamu bisa menyaksikan Dieng Culture Festival.

5. Bukit Banyon


Bukit Banyon ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Dari ketinggian 1.175 meter, kamu bisa melihat hamparan awan putih yang menutupi perkampungan disini serta kamu bisa melihat sunrise dan sunset. Untuk mencapai puncak bukit ini, kita tidak perlu berjalan kaki, karena bukit ini bisa diakses dengan motor atau mobil dan kita tidak perlu membayar tiket karena tempat ini belum dijadikan objek wisata.

 

6. Desa Pinggan


Desa Pinggan Kintamani Bali merupakan tempat wisata di bali yang terletak di lembah Gunung Batur. Dari ketinggian kamu dapat melihat hamparan kabut dan kita dapat melihat sunrise. Akses wisata melihat kabut di desa pinggan tidak dikenakan biaya tiket masuk. Waktu terbaik untuk melihat pemandangan pegunungan di daerah Kintamani adalah saat matahari terbit. Dari tempat ini, kamu akan menyaksikan kabut tipis menyelimuti bagian bawah area pedesaan dengan latar belakang Gunung Batur, dengan pancaran sinar merah dari matahari terbit yang akan menambah keindahannya. Jika kalian yang tidak kuat dengan hawa dingin, disarankan untuk memakai pakaian tebal dan membawa jaket, karena udara diatas sangat dingin sekitar 16-18 derajat celcius.

 

7. Gunung Andong


Gunung Andong terletak di Magelang Jawa Tengah. Dengan ketinggian 1.463 meter menjadikan tempat ini ramai dikunjungi. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 4.000 per orang, kalian dapat melihat pemandangan yang indah. Meskinpun ketinggiannya termasuk bisa didaki bagi pemula, namun medannya cukup menantang sama seperti gunung lainnya.

 

8. Bukit Panguk Kediwung Dlingo


Bukit ini berada di dusun Kediwung Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta. Dari atas puncak bukit kamu bisa melihat sunrise, dengan deretan bukit hijau dan lekuk aliran sungai oyo. Harga tiket masuknya sangat murah Rp. 2.000 per motor dan Rp. 5.000 per mobil.

Save

Artikel Terkait