Tahukah Kamu ? Ternyata Peralatan Makan Atau Memasak Bisa Membuatmu Sakit

2 tahun lalu, by blogunik

Tak banyak yang tahu, bahwa beberapa perlatanan makan atau memasak memiliki bahan yang justru berbahaya kalau digunakan untuk memasak atau menyimpan makanan bisa menyebabkan kita sakit. Bahan-bahan apa saja ya ? yang dapat menyebabkan kita sakit

1. Tembaga

Serupa dengan aluminium, jika terdapat makanan yang terlalu asam seperti cuka, tembaga bisa mengeluarkan zat berbahaya. Tembaga sendiri memang bisa menjadi mineral untuk tubuh, namun jika terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit juga.

 

2. Stainless Stell

Peralatan makan ini memang aman digunakan, namun jika sudah terdapat goresan atau sedikit cacar, maka jangan digunakan lagi. Stainless stell yang sudah cacat bisa mengeluarkan zat-zat beracun seperti kromium, besi ataupun nikel yang akan tercampur di makanan.

 

3. Teflon

Umumnya teflon digunakan di beberapa peralatan masak seperti wajan. Namun, tahukah kamu kalau teflon mengandung karsinogen ? Bahkan, aroma dari teflon saja sudah bisa membunuh biantang seperti burung. Jadi lebih baik hindari penggunaan teflon.

 

4. Talenan Plastik

Talenan berbahan plastik belakangan ini sering dijumpai dan memiliki berbagai variasi. Selain warna yang memuakau dan bentuknya pun lucu-lucu. Memang, tidak masalah menggunakan talenan berbahan plastik, namun kamu harus segera menggantinya bila sudah digunakan terlalu lama dan jadi kasar, karena banyak bakteri yang tumbuh.

 

5. Aluminium

Buat para ibu-ibu biasanya membeli panci yang lebih murah, rata-rata harga panci yang berbahan aluminium lebih murah dan mudah didapatkan. Namun berhati-hatilah saat membeli alat masak berbahan aluminium, jika belum dilapisi dengan lapisan oksida, pelindung bisa mengkontaminasi makanan-makanan yang asam seperti tomat.

 

6. Plastik

Peralatan memasak dari plastik seringkali terlihat lebih menarik dan berwarna. Mulai dari sendok, garpu, spatula, piring dan sebagainya. Namun peralatan-peralatan tersebut justru berbahaya, terutama jika digunakan untuk makanan panas karena berpotensi meleleh. Sehingga, bisa mengeluarkan racun dan tercampur bersama makanan. Maka lebih baik gunakan yang berbahan stainless.

Save

Artikel Terkait